Bacaterus / Mie Instan / 12 Olahan Mie yang paling Populer dari Seluruh Dunia

12 Olahan Mie yang paling Populer dari Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu penggemar hidangan olahan mie? Kalau iya, tentu kamu sudah hafal dengan ramen, pho, pad thai atau mie goreng khas Indonesia. Apakah kamu tahu olahan mie dari Eropa selain pasta? Atau olahan mie dari Amerika Selatan? Kalau penasaran, artikel berikut akan membahas olahan mie di seluruh dunia yang pasti rasanya enak.

1. Pho, Vietnam

Pho

* sumber: www.eater.com

Bagi orang Vietnam salah satu olahan mie di seluruh dunia ini sudah seperti pasta bagi orang Italia. Kamu akan melihat penduduk setempat menyeruput semangkuk pho di kota-kota seperti Hanoi dan Ho Chi Minh, setiap jam setiap harinya.

Pho dibuat dari bihun berbentuk linguine, kaldu daging sapi atau ayam, dan sejumlah rempah-rempah termasuk jahe, adas bintang, dan biji ketumbar. Bagian terbaik dari semangkuk pho adalah garnish atau tambahnnya, yang mengubahnya jadi semacam makanan ‘buat sendiri’.

Garnish-nya terdiri dari saus hoisin, kecap ikan, basil Thailand, mint, ketumbar, cabai, daun bawang, tauge, dan jeruk nipis segar yang banyak. Kamu bisa menemukan pho di seluruh Vietnam, tapi tempat terbaik untuk menikmatinya yaitu di restoran lokal dengan tempat duduk di pinggir jalan.

Umumnya, semakin sederhana tampilan tempat tersebut, pho-nya akan semakin baik. Pho Binh adalah salah satu tempat sederhana di Kota Ho Chi Minh, yang menyajikan semangkuk pho yang tradisional dan rasanya lezat.

2. Tallarines Verdes (Mie Hijau Amerika Selatan)

Tallarines Verdes

* sumber: walac.pe

Secara harfiah tallarines verdes berarti “mi hijau”. Tampilannya luar biasa cerah dan rasanya segar. Tallarines verdes merupakan pasta lezat dari Amerika Selatan. Pasta hijau Peru ini sering disajikan dengan gaya khas Peru bersama daging dan kentang.

Tallarines verdes dari Peru memberikan sentuhan pada pesto tradisional. Pasta ini dibuat dari bayam dan kemangi yang dihaluskan dengan ditambah susu evaporasi sehingga membuatnya lebih lembut dan sedikit manis. Pasta ini bisa menjadi teman untuk ayam panggang.

3. Saimin, Hawaii

Saimin

* sumber: lifeandthyme.com

Olahan mie di seluruh dunia terkadang saling berhubungan. Contohnya saimin yang berasal dari Hawaii. Asal mie ini sebenarnya dari Cina, kemudian dikembangkan dan disempurnakan oleh orang Hawaii, mengikuti masuknya imigran Jepang dan Cina di tahun 1800-an.

Saimin isinya mie telur, daun bawang, dashi (kaldu ala Jepang), dan pilihan tambahan, seperti Spam, yaitu kornet yang terbuat dari daging bahu babi cincang dicampur dengan ham. Saimin diyakini telah dipopulerkan sebagai hidangan makanan cepat saji selama era perkebunan di Hawaii.

Semenjak itu saimin berkembang menjadi makanan pokok penduduk Hawaii. Kepopuleran mie ini sangat nyata sampai McDonalds Hawaii menambahkannya ke dalam menu mereka. Pada dasarnya saimin adalah makanan kaki lima, yang artinya semakin otentik tempatnya, semakin baik.

4. Laghman, Asia Tengah

Laghman

* sumber: silkroadchef.com

Kalau kamu penasaran dengan olahan mie di seluruh dunia yang jarang terdengar, mungkin kamu bisa mencoba laghman. Hidangan mie ini adalah makanan dasar di Asia Tengah seperti Kazakhstan, Uzbekistan, Kyrgyzstan, Tajikistan, Uyghur dan Dungan China, dan sebagian Afghanistan utara.

Laghman bisa disajikan kering dengan ditumis bersama daging domba atau daging sapi dan sayuran umbi atau dalam sup berbahan dasar tomat  yang encer dengan banyak bumbu dan bahan yang sama dengan versi kering.

Mienya merupakan mie variasi lokal yang dibuat dengan cara ditarik dengan tangan. Bahan dasarnya adalah tepung terigu, telur, garam, dan air. Ini bukan mie telur seperti yang ada di Italia. Teksturnya lebih lembut dengan sedikit lebih kenyal.

5. Mie Wonton, Hong Kong

Mie Wonton

* sumber: seonkyounglongest.com

Mie wonton merupakan mie dan pangsit. Hidangan khas Kanton yang dibuat dari mi telur, kaldu panas, beragam sayuran berdaun hijau pilihan, dan pangsit wonton. Biasanya pangsit diisi dengan udang atau babi, atau kombinasi, dan hidangan disajikan dalam mangkuk kecil.

Dengan disajikan dalam mangkuk kecil, mie jadi tidak terlalu matang dan menjadi basah. Mie wonton bisa ditemukan di seluruh Hong Kong, tapi ada dua tempat terbaik yang menawarkan sentuhan segar pada masakan tradisional Kanton, yaitu Ho Hung Kee dan Meen and Rice yang berbintang Michelin.

6. Kluski z Makiem, Polandia (Mie Biji Poppy)

Kluski z Makiem

* sumber: www.thespruceeats.com

Disajikan saat Wigilia, yaitu makan malam Natal tradisional Polandia, mie biji poppy Polandia atau kluski z makiem dihidangkan untuk menyambut tahun baru yang lebih makmur, tetapi mie ini tetap lezat untuk dimakan sepanjang tahun.

Hidangan perayaan yang rasanya manis ini mencakup kacang-kacangan, madu, kismis, dan manisan kulit jeruk. Kamu bisa membuat kluski z makiem hanya dalam 30 menit. Jangan lupa untuk memberikan waktu untuk merendam biji poppy semalaman.

Baca juga: 10 Jenis Mie di Asia yang Populer di Kalangan Pencinta Mie

7. Mie Goreng, Indonesia, Malaysia dan Singapura

Mie Goreng

* sumber: hot-thai-kitchen.com

Orang Indonesia tentu hafal sekali dengan mie goreng. Makanan ini tersedia dalam di pinggir-pinggir jalan bahkan sampai di restoran besar. Mie goreng juga bisa ditemukan di Singapura, dan tentu paling banyak ditemukan di Indonesia dan Malaysia.

Bahan  yang digunakan adalah mie kuning telur yang teksturnya kenyal dan dimasak bersama bawang merah, bawang putih, telur, sawi putih, tomat, dan pilihan protein dan dihidangkan dalam wadah yang besar. Kalau mau cari mie goreng yang asli, kamu bisa cari di pedagang kaki lima atau restoran.

Di Malaysia, mie goreng otentik bisa ditemui dijual di kedai makan. Kalau ingin yang sedikit mewah, saat ke Singapura, mampirlah ke Chopsuey Cafe yang dipenuhi cahaya yang menyajikan mie goreng kepiting yang lezat dengan udang raja dan kepiting segar.

8. Pad Thai, Thailand

Pad Thai

* sumber: www.willflyforfood.net

Mirip dengan kwetiau goreng, pad thai merupakan olahan mie dari Thailand yang populer. Kalau ingin merasakan pad thai yang sesungguhnya memang harus datang ke Thailand. Tidak ada yang bisa menyamai seperti makan sepiring pad thai yang baru dibuat di jalanan Bangkok yang sibuk.

Hidangan ini biasanya terdiri dari mie beras, telur, tahu, kecap ikan, air asam, udang kering, gula aren, bawang merah, bawang putih, dan ayam atau udang. Untuk membuat hidangan ini benar-benar hidup, tambahankan garnish berupa kacang cincang, air jeruk nipis segar, tauge, ketumbar, dan serbuk cabai.

Di Bangkok, kamu akan menemukan banyak gerobak makanan dengan juru masak yang memasukkan bahan-bahannya ke dalam wajan panas berasap di jalan-jalan di Jalan Khao San. Kalau kamu suka ketenangan, pergilah ke Thip Samai, ini restoran legendaris untuk Pad Thai yang manis dan asam.

9. Memil Guksu, Korea Selatan

Memil Guksu

* sumber: www.tasteatlas.com

Memil guksu merupakan sup mie soba tradisional Korea Selatan, maka nama makanan ini adalah memil yang artinya soba serta guksu yang artinya mie kuah. Hidangan ini terdiri dari mie soba, daun bawang, telur, dan rumput laut. Mie direbus dalam kaldu yang berasal dari guksijangguk dan hondashi Jepang.

Mie ini akan diberi telur dan irisan rumput laut panggang ketika disajikan. Untuk memperkaya hidangan ini, bisa juga ditambahkan jus lemon, dan terkadang disajikan dengan saus celup yang dibuat dari campuran tsuyu. Mie memil guksu selalu disajikan dingin.

10. Luosifen, Tiongkok

Luosifen

* sumber: indonesian.alibaba.com

Luosifen adalah hidangan yang berisi kaldu berbahan dasar siput, bihun, dan beragam bahan tambahan, biasanya ada kacang tanah, acar rebung, kulit tahu, dan sayuran hijau. Mie ini berasal dari Liuzhou di Provinsi Guangxi,Tiongkok.

Rasa pedas berasal dari ramuan beragam bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kaldu, serta minyak cabai dalam jumlah yang cukup banyak yang ditambahkan ke dalam sup yang sudah jadi di akhir.

Biasanya Luosifen dijual oleh pedagang kaki lima dan jarang disajikan di restoran dan di setiap tempat mereka memiliki resep rahasianya sendiri-sendiri. Akhir-akhir ini mulai bermunculan restoran khusus luosifen di banyak kota di Cina, dan juga di luar negeri.

11. Ramen, Jepang

Ramen

* sumber: www.aniwotajp.com

Salah satu olahan mie di seluruh dunia yang terkenal adalah ramen. Di Jepang kamu akan mendapati banyak kedai ramen lokal dan rasanya lebih enak. Semangkuk sup dan mie beraroma ini telah menjadi sangat populer di seluruh dunia.

Maka tak heran jika hampir di tiap restoran bergaya Asia sekarang kamu akan menjumpai menu ini. Ramen memiliki banyak variasi, ada shio yang berarti garam atau versi shoyu yang berarti kecap asin.  Untuk mencicipi ramen yang legendaris, kamu bisa mengunjungi kota Tokyo.

Mungkin kamu mau mencoba ramen di Kagari, yaitu sebuah restoran yang tersembunyi di gang kecil di Ginza di Tokyo, terkenal dengan ramen tori-paitan, yaitu berupa kaldu mie ayam yang lezat, kaya dan lembut.

12. Hokkien Mee, Singapura

Hokkien Mee

* sumber: danielfooddiary.com

Hokkien mee merupakan hidangan yang umumnya terdiri dari mie telur bundar dan mie beras yang digoreng bersama dengan telur, udang, babi, dan tauge. ketika ditumis, semua bahan diberi kaldu yang beraroma, biasanya terbuat dari udang, babi, dan jenis makanan laut lainnya.

Tambahan standar yaitu udang, fish cake, cumi-cumi, daun bawang, lemak babi, ini opsional, dan daun bawang. Biasanya sebagai tambahan disajikan saus sambal dan jeruk nipis. Hidangan ini asal muasal diyakini dari komunitas Hokkien, kelompok dialek yang sebagian besar asalnya dari Provinsi Fujian.

Ternyata dari Benua Eropa sampai Amerika pun memiliki olahan mienya masing-masing. Mungkin yang sering kamu dengar adalah olahan mie dari Asia. Nah, sekarang kamu bisa mencoba olahan mie lainnya dari negara yang kurang terkenal dengan hidangan mie-nya. Tertarik untuk masak salah satu olahan mie ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *