Bacaterus / Mie Instan / Ini Dia 10 Olahan Mie Instan Unik yang Anti-Mainstream

Ini Dia 10 Olahan Mie Instan Unik yang Anti-Mainstream

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 September 2019

Semua orang pasti pernah menyantap mi instan. Bahkan, menjadi penggemar beratnya. Rasanya yang bervariatif dan cara membuatnya yang mudah adalah alasan mengapa makanan ini disukai. Secara umum, mi instan lazim dibuat dengan ara direbus ataupun digoreng.

Namun, orang-orang yang kreatif berhasil menyulap makanan berbahan tepung ini menjadi olahan yang lezat dan tak biasa. Beberapa di antaranya malah sudah menjadi olahan populer di Indonesia. Penasaran apa saja hidangan mie instan yang unik dan anti-mainstream? Simak ulasan Bacaterus berikut ini, yuk!

1. Cake Mie Goreng

* sumber: www.kompasiana.com

Ini adalah olahan mi yang unik dan sempat viral beberapa waktu lalu. Sesuai namanya, olahan ini merupakan sebuah cake yang dibuat dari bahan dasar mi instan goreng. Mi instan goreng sendiri dipilih lantaran teksturnya yang mudah dibentuk menjadi apapun, termasuk cake.

Setelah dibentuk, mi instan goreng yang telah menjadi cake itu nantinya bakal diberi sejumlah topping. Misalnya: kornet, keju, dan bakso. Barulah kue tersebut di-torch dengan api. Cake Mie Goreng sendiri sangat cocok untuk dijadikan sebagai kue ulang tahun ataupun pernikahan.

2. Sosis Gulung Mie

* sumber: www.idntimes.com

Olahan mi instan ini sering sekali dijadikan bekal anak-anak saat ke sekolah. Hal itu dikarenakan bentuk hidangan ini yang menarik, dan cita rasanya yang tentu saja enak. Cara membuat olahan mi ini juga tergolong mudah.

Pada olahan ini, mi instan akan direbus dahulu hingga matang. Setelah ditiriskan sejenak, mi lantas dililitkan dengan sosis, dan kemudian digoreng hingga matang. Olahan ini bisa disantap langsung, atau juga bisa dengan cocolan sambal dan mayonaise.

3. Pizza Mie

* sumber: www.masakapahariini.com

Tak hanya dibentuk menjadi cake, mi instan pun juga ternyata bisa dibentuk laiknya pizza. Dan Pizza Mie adalah buktinya. Olahan ini dibuat dengan cara merebus mi instan bersama telur dan bumbu bawaan mi instan tersebut.

Setelah itu, mi dimasak lagi hingga teksturnya agak kering. Barulah di bagian atasnya diberi topping khas pizza seperti keju mozzarella, daging asap, dan sebagainya. Tak seperti pizza lazimnya, Pizza Mie memiliki tekstur yang lebih lembek dan harus dimakan dengan memakai garpu.

4. Omelet Mie

* sumber: mesinmie.id

Omelet rupanya tak hanya dibuat dari telur semata. Mi instan pun bisa dibuat menjadi olahan lezat tersebut. Untuk membuat Omelet Mie sendiri tidaklah sulit. Pertama, kamu hanya perlu merebus mi instan hingga matang lalu mencampurkannya dengan bumbu-bumbu mi instan tersebut.

Kemudian, campurlah mi instan dengan telur, bawang merah, bawang putih, bawang daun dan cabai di dalam sebuah mangkuk. Aduklah hingga tercampur rata dan tuanglah adonan tersebut di atas wajan berminyak panas.

Masaklah adonan hingga matang atau hingga warnanya kuning kecokelatan. Bolak-baliklah adonan sedikit agar tidak gosong. Dan, Omelet Mie pun sudah siap untuk disantap.

5. Burger Mie Instan

* sumber: www.idntimes.com

Pada olahan ini, mi instan akan dibentuk laiknya seperti roti burger. Jadi, olahan burger satu ini tidaklah memakai roti burger sama sekali dalam pengolahannya. Adapun cara membentuk mi instannya sendiri adalah dengan dimasukkan ke dalam cetakan bulat atau alumunium foil yang berbentuk bundar.

Setelah bentuknya mirip roti burger, mi instan pun lalu bakal diisi dengan isian khas burger. Seperti: daging burger; keju; tomat; selada; mayonaise; dam sambal. Karena rotinya diganti dengan mi instan. Selain enak, olahan burger ini juga bergizi karena isian burger-nya yang kaya akan gizi.

6. Mie Instan Toast Keju

* sumber: www.qraved.com

Selain dijadikan burger, mi instan juga bisa dijadikan toast alias olahan roti panggang. Tak seperti burger mi, mi instan pada olahan satu ini tak akan dijadikan sebagai pengganti roti panggang. Tetapi, menjadi isian dari roti panggang itu sendiri.

Cara membuatnya sendiri tak terlalu sulit. Kamu hanya perlu merebus mi dan memanggang roti secara terpisah. Sesudah keduanya jadi, mi instan pun langsung dimasukkan ke dalam tumpukkan roti panggang bersama sejumlah topping lainnya. Seperti: paprika, sayur-sayuran, dan tentu saja keju. Olahan yang memadukan roti panggang dan mi instan ini cocok disantap sebagai menu sarapanmu nanti.

7. Mie Instan Carbonara

* sumber: www.warungkhasbatu.com

Tak seperti Carbonara lainnya yang berbahan dasar spageti, Carbonara satu ini justru berbahan dasar mi instan. Adapun cara membuatnya sendiri adalah dengan merebus mi instannya seperti biasa. Setelah itu, tuangkanlah bumbu mi-nya di tempat yang terpisah.

Mi yang sudah direbus nantinya bakal direbus bersama dengan susu putih tawar dan telur. Lalu, dituang ke dalam mangkuk yang berisi bumbu-bumbu mi instan. Carbonara Mie Instan pun siap disajikan bersama sosis atau nugget sebagai pelengkap. Olahan ini sangat cocok untuk yang ingin membuat atau merasakan Carbonara dengan versi yang lebih bersahaja.

8. Salad Mie Instan

* sumber: www.inibaru.id

Siapa bilang salad tidak bisa dibuat dari bahan dasar mi instan? Olahan satu ini adalah buktinya! Salad Mie Instan dibuat dengan cara mencampurkan mi dengan sayuran yang sudah direbus sebelumnya. Setelah itu, diberi jeruk nipis; garam; merica; dan minyak zaitun di bagian atasnya. Lalu, aduklah hingga merata.

Agar lebih mantap, berilah taburan biji wijen di atasnya, serta potongan jeruk nipis di bagian sampingnya. Kamu pun juga bisa menambahkan beberapa potong daging asap pada olahan mi instan plus salad ini, supaya rasanya semakin mantap.

9. Donat Mie

* sumber: review.bukalapak.com

Sama seperti Cake Mie Instan, olahan mi ini juga sempat viral di dunia maya. Bagaimana tidak, olahan ini dibuat dengan tampilan seperti donat. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Donat Mie ini dibuat dengan mencampurkan adonan mie goreng dan telur pada cetakan donat.

Setelah itu, adonan dikukus sebentar, dan dilepaskan dari cetakan donat. Tiriskan sejenak, lalu balurlah dengan tepung bumbu, serta celupkan ke dalam sisa kocokan telur dan tepung roti. Goreng adonan donat mi hingga warnanya cokelat keemasan. Tiriskan sejenak, dan Donat Mie pun siap untuk disantap.

10. Snack Kering Mie Instan

* sumber: www.idntimes.com

Pada sejumlah olahan sebelumnya, mi instan harus direbus dahulu sebelum digubah menjadi olahan lezat yang unik. Namun, pada olahan satu ini, mi instan tak harus direbus sama sekali. Kamu hanya perlu meremas mi instannya terlebih dahulu laiknya mi kremes.

Setelah itu, tambahkan sejumlah makanan kering lainnya seperti pilus; keripik kentang; dan kacang atom. Barulah setelahnya diberi bumbu mi instan dan diaduk hingga rata. Olahan mi instan satu ini sangat cocok untuk dijadikan camilan atau teman menonton DVD kesayanganmu nanti.

Mi instan rupanya tak hanya sekadar direbus atau digoreng saja. Makanan ini juga bisa dibuat menjadi sejumlah olahan yang unik dan tentu saja lezat. Sepuluh olahan mi instan yang unik dan populer di atas adalah buktinya.

Di antara sepuluh olahan di atas, mana yang menurutmu menarik? Yuk, beritahu kami di kolom komentar! Kunjungi artikel merk mie instan paling enak ini untuk memperoleh bahan utama jika ingin membuat makanan-makanan di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *