bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Bahan Dapur / 10 Olahan Labu Siam yang Terkenal dan Menggugah Selera

10 Olahan Labu Siam yang Terkenal dan Menggugah Selera

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 6 April 2021

Labu siam atau dikenal juga dengan Jipang merupakan sejenis sayuran yang buah dan juga pucuk mudanya dapat dimakan. Labu siam ini merupakan tumbuhan yang merambat, dan biasanya dibudidayakan di kebun, di pekarangan rumah atau bahkan di dekat kolam.

Meskipun labu siam ini tidak seterkenal sayuran lainnya, tapi ternyata labu siam ini memiliki kandungan nutrisi yang penting untuk tubuh. Salah satunya adalah zat besi, mangan, fosfor, vitamin B1, B2, B6, vitamin C dan juga kaya akan serat.

Labu siam juga sering disarankan untuk dimakan untuk yang sedang menjalankan program diet atau yang ingin menurunkan kolesterol karena kandungan kalori nya yang rendah. Untuk mengkonsumsinya biasanya labu siam kecil hanya direbus saja, tapi rasanya cukup manis.

Selain dijadikan lalapan, labu siam ini ternyata sering dijadikan berbagai olahan masakan lho. Berikut ini bacaterus akan membahas olahan labu siam yang terkenal dan menggugah selera.

1. Tumis Labu Siam

Tumis Labu Siam
*

Tumis labu siam merupakan olahan yang cukup mudah dibuat dan tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama untuk membuatnya. Bahan yang dibutuhkan adalah, labu siam potong korek api, tempe potong persegi panjang, telur puyuh rebus jika ada, daun salam, lengkuas yang dimemarkan, cabai merah, garam, kaldu bubuk, santan, air dan minyak untuk menumis.

Untuk bumbu halusnya siapkan cabe merah, bawang putih, bawang merah dan ebi. Ebi bisa di skip jika tidak ada atau ada alergi. Panaskan minyak dan tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan juga daun salam, dan lengkuas.

Kemudian masukkan labu siam, tempe dan juga telur puyuh. Tambahkan air secukupnya, santan, garam juga kaldu bubuk aduk rata hingga mendidih kemudian koreksi rasa dan sajikan ketika labu siam berubah warnanya hijau cerah.

2. Tumis Labu Siam Cabai Hijau

Tumis Labu Siam Cabai Hijau
*

Jika kamu adalah pecinta makanan pedas, kamu bisa mencoba membuat olahan labu siam berikut ini. Bahannya labu siam, cabai hijau, buncis, dan air. Untuk bumbunya siapkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah besar, daun salam, daun jeruk, kemiri, garam, gula, kaldu jamur dan minyak untuk menumis.

Untuk mengolahnya, pertama bersihkan labu siam dari getahnya dan kupas kulitnya. Kemudian iris sepanjang korek api. Taburi irisan labu siam dengan garam untuk menghilangkan sisa-sisa getah, diamkan hingga lemas dan cuci bersih.

Langkah selanjutnya bisa iris buncis dan cabai hijau. Haluskan bumbu kecuali daun jeruk dan daun salam. Tumis bumbu halus hingga wangi, masukan daun jeruk dan daun salam. Kemudian tambahkan garam, gula, kaldu, air dan tunggu hingga mendidih.

Terakhir setelah airnya mendidih masukan labu siam, buncis dan juga cabai hijau. Masak hingga matang sempurna, koreksi rasa dan sajikan. Mudah bukan  membuatnya?

3. Tumis Labu Siam Udang

Tumis Labu Siam Udang
*

Olahan labu siam yang tak kalah mudah membuatnya ada tumis labu siam udang. Bahan yang diperlukan adalah labu siam, udang, minyak, dan air. Untuk bumbu siapkan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit, daun salam, gula, garam, dan saus tiram.

Cara membuatnya, bersihkan labu siam dari getahnya kemudian potong korek api dan taburi dengan garam supaya getahnya benar benar hilang diamkan beberapa saat dan cuci bersih. Bersihkan udang, kalau tidak suka bisa kupas dahulu cangkang dan kotoran yang ada di punggungnya.

Iris atau bisa juga haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah keriting dan cabai rawit. Tumis bumbu yang sudah disiapkan hingga harum. Kemudian masukan udang masak sebentar dan masukan labu siam dan berikan sedikit air. Masukan garam, gula dan saus tiram. Aduk merata, koreksi rasa dan sajikan.

Jika tidak ada udang, kamu bisa menggantinya dengan telur puyuh dan telur ayam. Jika tidak ada juga bisa kamu skip saja tambahannya.

4. Sayur Lodeh Labu Siam

Sayur Lodeh Labu Siam
*

Kamu suka dengan sayur bersantan? Labu siam ini cocok sekali untuk dijadikan sayur bersantan seperti sayur lodeh. Bahannya tentu ada labu siam, kacang panjang, terong, melinjo dan jagung. Potong-potong semua bahan ini jangan terlalu besar atau terlalu kecil kemudian bersihkan.

Sedangkan untuk bumbunya haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar dan kemiri. Agar semakin sedap bisa juga ditambahkan terasi. Kemudian didihkan air, masukan dahulu sayur yang keras diantaranya jagung dan melinjo. Jika sudah mendidih baru masukan sisa sayur yang lainnya dan masukan bumbu halusnya.

Tambahkan garam, gula, dan santan secukupnya aduk hingga merata. Koreksi rasa dan sajikan selagi hangat.

Baca juga: Resep Sayur Labu Siam Santan Khas Lebaran

5. Sayur Asem Labu Siam

Sayur Asem Labu Siam
*

Ingin makan sayur yang segar? Sayur asem labu siam bisa menjadi pilihannya. Meskipun ada beberapa versi sayur asam, tapi rasanya tetap sama-sama segar. Kamu bisa membuat sayur asem versi jawa ataupun sunda.

Bahan dan bumbunya yang diperlukan pun hampir mirip dengan bahan-bahan pada sayur lodeh labu siam. Diantaranya ada labu siam, jagung, kacang panjang, terong dan melinjo. Untuk bumbunya ada bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan gula haluskan tambahkan lengkuas geprek, dan daun salam. Jika kamu suka sayur asam yang agak pedas bisa menambahkan cabai merah besar.

Cara membuatnya, potong-potong semua sayuran kemudian cuci bersih. Didihkan air dan masukan sayuran yang keras terlebih dahulu. Kemudian masukan bumbu halus ketika sudah mendidih dan masukan sisa sayuran lainnya. Tambahkan garam dan gula, aduk merata dan koreksi rasa kemudian sajikan.

6. Sayur Bobor Labu Siam dan Bayam

Sayur Bobor Labu Siam dan Bayam
*

Sayur bobor merupakan salah satu sayur yang terkenal di sekitar jawa tengah. Biasanya bahan utamanya dari daun daun bayam atau daun singkong dengan kuah santan yang encer. Tapi labu siam pun bisa dijadikan sayur bobor dengan dipadukan sayur bayam.

Bahan yang dibutuhkan labu siam dipotong dadu, bayam, santan, daun salam, lengkuas yang dimemarkan. Bumbu halusnya terdiri dari bawang putih, bawang merah, kencur, ketumbar garam dan gula secukupnya.

Untuk membuatnya, rebus air secukupnya tambahkan bumbu halus lengkuas dan daun salam, masak hingga mendidih. Kemudian masukan santan dan aduk rata, tunggu hingga agak mendidih lalu tambahkan garam dan gula. Baru masukan labu siam beserta bayam, aduk rata masak hingga sayuran empuk, koreksi rasa dan sajikan.

7. Sayur Bening Labu Siam

Sayur Bening Labu Siam
*

Tidak hanya sayur bayam yang bisa dijadikan sayur bening, tapi labu siam pun bisa diolah menjadi sayur bening. Cara membuatnya mudah, bahan yang dibutuhkan adalah labu siam dipotong kotak kemudian cuci dan sisihkan.

Siapkan bumbu dan iris bawang putih, bawang merah, cabai merah, geprek lengkuas dan daun salam. Didihkan air dan masukkan bumbu yang telah disiapkan tunggu hingga mendidih baru masukan labu siam yang telah dipotong-potong.

Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk jika perlu, aduk rata dan masak hingga labu siam empuk. Koreksi rasa dan sajikan sayur bening labu siam yang telah matang.

8. Gulai Labu Siam

Gulai Labu Siam
*

Gulai merupakan makanan yang identik dengan daging, tapi labu siam pun bisa diolah menjadi gulai lho rasanya pun tak kalah enaknya. Bahan yang dibutuhkan adalah, labu siam dipotong korek api, daging sapi dipotong kecil-kecil dan pete (opsional), santan, daun salam, serai, lengkuas memarkan, minyak untuk menumis, garam, gula dan kaldu bubuk.

Untuk bumbunya siapkan bawang merah, bawang putih, kunyit, ketumbar dan cabai merah keriting kemudian haluskan. Lalu tumis bumbu halusnya, tambahkan serai, daun salam dan lengkuas aduk terus hingga wangi.

Tambahkan air secukupnya, masukan daging sapinya aduk terus hingga merata dan daging empuk. Kemudian masukan labu siam dan juga santan, gula, garam dan juga kaldu bubuk, aduk hingga merata. Masak hingga labu siam empuk, cek rasa dan sajikan.

9. Bakwan Labu Siam

Bakwan Labu Siam
*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=QDgNgQPqhi8&ab_channel=ResepMasakanNusantara

Tidak hanya ditumis dan dijadikan sayur, labu siam juga bisa dijadikan kudapan seperti bakwan. Siapkan labu siam, wortel, bawang daun, tepung terigu dan air. Untuk bumbunya siapkan bawang putih, garam, kaldu bubuk dan lada.

potong korek api labu siam, berikan taburan garam diamkan sebentar hingga keluar airnya. Kemudian cuci bersih dan keringkan. Iris tipis wortel dan juga bawang daun, kemudian haluskan bumbunya dan campurkan ke semua adonan yang disiapkan.

Tambahkan terigu dan juga air sedikit demi sedikit sampai tingkat kekentalan yang pas. Panaskan minyak, dan goreng sedikit demi sedikit adonan hingga matang berwarna coklat keemasan. Setelah matang sajikan bakwan labu siam dengan saus yang kamu sukai.

10. Lumpia Labu Siam

Lumpia Labu Siam
*

Tidak hanya dijadikan bakwan, labu siam juga bisa diolah menjadi kudapan yang tak kalah enak yaitu lumpia labu siam. Bahan yang dibutuhkan, labu siam potong korek api, bawang merah, bawang putih, saus tiram, kecap asin, wortel, garam, gula dan kulit lumpia. Bisa juga menambahkan campuran daging atau telur jika mau.

Cara membuatnya iris tipis labu siam dan wortel, tambahkan garam dan aduk rata. Haluskan bawang merah, bawang putih dan lada. Tumis bumbu halus dan masukan sayuran yang telah diiris tadi, tambahkan saus tiram, kecap asin dan gula. Koreksi rasa dan sisihkan untuk isiannya.

Ambil kulit lumpia, masukan isian tadi yang sudah ditumis. Lalu lipat sampai kulit lumpia menutupi isiannya hingga tertutup rapat. Kemudian panaskan minyak, dan goreng lumpia labu siam hingga warnanya coklat keemasan. Kemudian tiriskan dan sajikan selagi hangat, bisa ditambahkan saus jika suka.

Itulah beberapa olahan labu siam yang terkenal dan mudah untuk dibuat. Untuk membuat sayur ataupun tumis labu siam, sebaiknya jangan terlalu lama supaya teksturnya tidak terlalu lembek. Cukup hingga warna labu siam menjadi berwarna hijau cerah.

Untuk menghilangkan getah pada labu siam, bisa dengan memberikan taburan garam setelah labu siam dipotong-potong. Dan jangan lupa untuk cuci bersih sebelum labu siam diolah. Kira-kira olahan labu siam yang mana nih yang jadi favorit kamu?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram