Bacaterus / Sayuran / 10 Olahan Labu Kuning yang Enak Dan Populer di Indonesia

10 Olahan Labu Kuning yang Enak Dan Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Desember 2019

Selain kentang, labu kuning merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diolah menjadi beragam makanan yang enak. Di Indonesia ada beraneka makanan yang terbuat dari labu kuning yang biasanya diolah menjadi makanan tradisional.

Bacaterus telah merangkum makanan tradisional yang terbuat dari labu kuning. Berikut sepuluh olahan labu kuning yang enak dan populer di Indonesia.

1. Kolak Labu Kuning

Kolak Labu Kuning

* sumber: bisnisbandung.com

Makanan yang sering dijumpai ketika sedang bulan puasa di Indonesia adalah kolak. Makanan yang biasanya dihidangkan untuk takjil atau buka puasa. Umumnya kolak yang sering ditemukan adalah kolak pisang. Tapi labu kuning pun bisa diolah menjadi kolak yang enak, lho.

Untuk membuat kolak labu kuning pada dasarnya sama dengan kolak yang lainnya. Caranya adalah dengan mencampur santan, gula pasir atau gula merah, garam  dan memasukkan potongan labu kuning yang sudah dicuci. Dimasak hingga labu kuning dirasa sudah lunak atau matang.

Kolak labu kuning ini pun bisa dicampur dengan pisang atau kolang kaling untuk memberikan variasi rasa pada kolak.

2. Candil Labu Kuning

Candil Labu Kuning

* sumber: www.idntimes.com

Candil atau dikenal juga dengan sebutan biji salak adalah makanan yang kenyal juga enak. Biasanya candil terbuat dari adonan tepung sagu. Tapi bisa juga, lho, membuat candil dengan bahan labu kuning, rasanya tetap sama-sama enak dan kenyal.

Untuk pembuatannya mirip dengan pembuatan candil pada umumnya, hanya saja ditambahkan dengan labu kuning. Caranya dengan mengukus labu kuning kemudian dihaluskan. Lalu ditambahkan dengan campuran tepung tapioka dan dibentuk bulat-bulat dan rebus dalam air mendidih sampai matang.

Setelah matang bisa dicampurkan dengan larutan gula merah yang dipanaskan sambil terus diaduk hingga larutan gulanya mendidih. Untuk sajiannya bisa ditambahkan dengan santan yang sudah dimasak. Bisa juga dicampurkan dengan kolak supaya rasanya lebih nikmat.

3. Bingka Labu Kuning

Bingka Labu Kuning

* sumber: link-came.blogspot.com

Bingka labu kuning atau dikenal juga dengan bingka waluh adalah makanan khas dari Banjar, Kalimantan. Cara pembuatannya cukup mudah, pertama-tama labu harus dikupas, dibuang kulitnya kemudian direbus atau dikukus. Setelah matang barulah haluskan labu kuning tersebut.

Selanjutnya labu kuning yang sudah dihaluskan itu dicampur dengan terigu, gula pasir, telur, santan, garam dan margarin dan diaduk merata. Setelah tercampur rata bisa dituangkan ke cetakan dan panggang hingga matang.

Tips ketika membuat bingka labu kuning ini, jangan kocok telur terlalu lama karena akan mengempis ketika diangkat. Kemudian diamkan bingka labu kuning hingga betul-betul dingin agar bentuknya stabil.

4. Kue Timpan Labu Kuning

Kue Timpan Labu Kuning

* sumber: blog.traveloka.com

Kue timpan adalah kue tradisional dari Aceh. Biasanya kue timpan ini mudah dijumpai ketika lebaran tiba. Rasanya manis, legit juga memiliki wangi yang khas.

Kue timpan berbahan dasar labu kuning kukus yang dihaluskan dan dicampur dengan tepung ketan. Campuran tersebut diuleni dan dibuat pipih. Biasanya kue timpan ini berisi srikaya yang sudah dimasak. Kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus hingga matang.

5. Bubur Manado

Bubur Manado

* sumber: www.minumkopi.com

Makanan khas Indonesia lainnya yang berbahan labu kuning ini ada dari Manado. Bubur Manado atau dikenal juga dengan tinutuan merupakan salah satu bubur yang terkenal di Indonesia.

Bubur ini terbuat dari campuran beras, labu kuning, ubi jalar kuning, jagung manis, bayam, kangkung, irisan daun bawang, daun kemangi dan garam. Biasanya untuk menyantap bubur ini disajikan juga dengan sambal roa dan juga ikan asin jambal.

Bubur Manado karena kaya akan sayuran di dalamnya, cocok banget buat dijadikan pilihan untuk kamu yang sedang berdiet. Bubur Manado memiliki aroma yang khas karena berbagai campuran sayuran yang ada didalamnya dan rasanya lezat.

6. Puding Labu Kuning

Puding Labu Kuning

* sumber: review.bukalapak.com

Makanan selanjutnya yang terbuat dari olahan labu kuning adalah puding labu kuning. Untuk membuat puding labu pertama-tama harus dikukus atau direbus dan dihaluskan.

Kemudian campurkan dengan susu atau santan, agar-agar atau dengan maizena. Saring adonan tersebut agar teksturnya menjadi lembut. Kemudian masak hingga mendidih di api kecil dan tambahkan gula hingga rasanya dirasa cukup manis. Setelah matang bisa dicetak ke dalam cetakan dan tunggu hingga dingin atau adonan mengeras.

Puding yang segar dan manis ini juga bisa dimakan oleh balita karena teksturnya lembut. Cara membuatnya juga mudah. Ada yang pernah membuat puding labu kuning? Jika ingin membuatnya, cek cara membuatnya di artikel resep puding labu kuning ini.

7. Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

* sumber: id.tastemade.com

Ada yang pernah makan kue lumpur? Salah satu jajanan pasar yang lembut dan meleleh di dalam mulut ini memang menggoda untuk dimakan.

Labu kuning bisa dijadikan salah satu bahan untuk membuat kue lumpur, lho. Dengan mencampurkan labu kuning yang sudah dikukus, santan, daun pandan, telur, gula, garam, terigu kemudian haluskan.

Setelah adonan jadi, barulah dimasak diatas Loyang yang sudah dipanaskan. Tambahkan kismis sebagai topping nya dan masak hingga matang. Kue lumpur yang lembut dan meleleh di mulut pun siap menjadi camilan sore harimu.

8. Donat Labu Kuning

Donat Labu Kuning

* sumber: nakita.grid.id

Biasanya donat itu terbuat dari kentang atau ubi, tapi labu kuning pun bisa dibuat untuk olahan donat. Untuk bahan dan cara pembuatannya pun sama dengan donat kentang atau ubi.

Donat labu kuning ini terdiri dari labu kuning kukus yang dihaluskan, dicampur dengan terigu, air hangat, susu bubuk, mentega, garam, susu bubuk, telur, gula dan ragi. Campurkan semua bahan dan tunggu hingga adonan mengembang.

Cetak adonan, kemudian goreng adonan donat hingga berwarna coklat keemasan. Setelah matang bisa disajikan dengan topping sesuai selera.

9. Kue Talam Labu Kuning

Kue Talam Labu Kuning

* sumber: bolakeluarga.com

Selain kue lumpur, kue talam termasuk ke salah satu makanan tradisional atau jajanan pasar yang sudah terkenal dan mudah ditemukan. Biasanya kue talam terdiri dari dua lapis. Lapisan atasnya ada yang rasa gurih ada juga yang manis.

Untuk kue talam labu kuning campuran bahannya adalah labu kuning kukus yang dihaluskan, gula pasir, tepung beras, tepung sagu dan santan matang. Cetak adonan ke dalam cetakan yang sudah dilapisi minyak dan kukus. Campuran ini menjadi lapisan ke-1.

Kemudian tuangkan campuran lapisan ke-2 yang terbuat dari santan, tepung beras, tepung sagu dan garam ke atas adonan lapisan satu dan kukus kembali hingga matang. Baru deh bisa dihidangkan setelah kue talam ini agak dingin.

10. Pais Waluh

Pais Waluh

* sumber: sajiansedap.grid.id

Olahan labu kuning yang terakhir adalah pais waluh atau dikenal juga dengan nagasari labu kuning. Makanan ini merupakan makanan khas Kalimantan Selatan.

Pais waluh ini terbuat dari campuran labu kuning kukus yang dihaluskan, tepung beras, gula pasir, santan dan garam. Campurkan hingga merata, cetak adonan ke dalam daun pisang, dan bungkus. Kemudian kukus hingga adonan matang. Pasi waluh ini terasa manis dan legit. Sekilas mirip dengan kue timpan khas Aceh tapi berbeda lho.

Itulah 10 olahan makanan yang terbuat dari labu kuning yang terkenal di Indonesia. Olahan manakah yang jadi favoritmu? Silakan tulis di kolom komentar dan jika ada yang mau menambahkan olahan labu kuning yang lainnya bisa tulis di kolom komentar di bawah ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *