Bacaterus / Buah / 10 Olahan Kolang-Kaling yang Paling Populer di Indonesia

10 Olahan Kolang-Kaling yang Paling Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kolang-kaling merupakan salah satu jenis makanan yang mudah ditemui di Indonesia dan berasal dari biji buah aren. Kolang kaling berasal dari buah aren yang direbus kemudian dikupas dan diambil bijinya. Biji dari buah aren inilah yang biasa diolah menjadi beragam makanan pembuka atau cemilan, terutama ketika menjelang bulan Ramadhan.

Kolang kaling memiliki banyak kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, kalsium, serta antioksidan. Selain itu, kolang kaling juga memiliki kandungan kadar air yang cukup tinggi dan bisa menjadi menu untuk kamu yang sedang diet.

Bagi kamu yang ingin mengolah kolang kaling ini menjadi aneka sajian lezat, berikut beberapa sajian dari olahan kolang-kaling yang bisa kamu coba buat di rumah.

1. Kolak kaling-kaling

Kolak kaling-kaling

* sumber: cemilan-rakyat.blogspot.com

Salah satu sajian kolang-kaling yang cukup terkenal di kalangan masyarakat yaitu kolak kolang-kaling. Setiap bulan ramadhan dan menjelang berbuka puasa, kamu bahkan bisa dengan mudah menemukan kolak kolang-kaling dijual oleh para pedagang kaki lima di sepanjang jalan. Sajian kolak kolang-kaling yang manis memang cocok untuk dijadikan menu berbuka puasa.

Kolak kolang-kaling juga bisa kamu campurkan dengan bahan lain seperti pisang atau ubi. Caranya yaitu dengan merebus santan, gula merah, garam, dan vanili hingga mendidih. Kemudian masukkan satu persatu bahan mulai dari kolang-kaling, pisang, dan ubi. Aduk perlahan hingga mendidih dan matang. Kolak kolang-kaling kemudian siap disajikan.

2. Manisan kolang-kaling

Manisan kolang-kaling

* sumber: www.mediaresep.site

Manisan kolang-kaling juga menjadi olahan kolang-kaling yang cukup populer. Rasa manis dari manisan ini memang menjadi sajian pembuka atau penutup yang lezat. Manisan kolang-kaling biasanya dicampurkan dengan sirup sehingga kolang-kaling tampak berwarna merah dan lebih menggiurkan. Manisan ini akan lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Untuk membuat manisan kolang-kaling yang tidak lengket dan berlendir, kamu bisa merendam kolang-kaling dalam cucian beras. Kemudian rebus hingga mendidih dan campurkan dengan sirup dan pewarna. Setelah itu, rebus kembali kolang-kaling hingga air rebusan meresap kemudian dinginkan manisan kolang-kaling sebelum disajikan.

3. Es campur

Es campur

Es campur menjadi salah satu sajian yang menyegarkan untuk dinikmati ketika cuaca terik di siang hari atau menjadi menu pembuka saat berbuka puasa di bulan Ramadhan. Seperti namanya, es campur terbuat dari berbagai bahan-bahan yang dicampur menjadi satu, salah satu bahan yang sering ada pada sajian es campur adalah kolang-kaling.

Cara untuk membuat es campur juga cukup mudah. Kamu cukup mencampurkan bahan-bahan seperti kolang-kaling, nata de coco, biji selasih, serta buah-buahan sesuai selera ke dalam mangkuk atau gelas dan tambahkan es batu yang sudah diserut. Tuangkan sirup dan susu kental manis ke atas mangkuk yang berisi bahan-bahan tadi dan es campur siap untuk dinikmati.

4. Wedang kolang-kaling

Wedang kolang-kaling

Selain bisa menjadi sajian yang menyegarkan, kolang-kaling juga bisa menjadi sajian yang menyehatkan dan menghangatkan badan dengan menambahkannya pada minuman wedang. Wedang kolang-kaling akan sangat nikmat ketika disajikan dalam kondisi hangat dan diminum saat cuaca dingin di malam hari.

Untuk membuat wedang kolang-kaling, kamu perlu merebus kolang-kaling bersama air kelapa, gula pasir, dan daun pandan. Di tempat lain, rebus bahan-bahan untuk kuah wedang seperti serai, jahe, cengkeh, kayu manis, dan kayu secang hingga air rebusan tersisa ¾ bagian. Siapkan gelas saji, masukkan kolang-kaling kemudian tuangkan kuah wedang dan susu kental manis.

5. Sekoteng

Sekoteng

Selain wedang, cara lain menikmati kolang-kaling dalam sajian hangat adalah membuatnya menjadi bahan sekoteng. Sekoteng adalah minuman khas dari Jawa Tengah yang terbuat dari air jahe dan ditambah aneka bahan lainnya, salah satunya adalah kolang-kaling. Sekoteng biasa disajikan dalam keadaan hangat.

Cara membuat sekoteng yaitu dengan membakar jahe kemudian merebusnya hingga mendidih dan air rebusan berubah kecoklatan dan tambahkan gula aren. Siapkan wadah, isi dengan kolang-kaling, roti tawar yang dipotong bentuk kotak, kacang tanah sangrai, serta pacar cina kering yang sudah direbus. Tuangkan air jahe dan tambahkan susu kental manis.

6. Setup kolang-kaling

Setup kolang-kaling

Setup kolang-kaling juga seringkali menjadi pilihan orang-orang untuk menikmati kolang-kaling dalam sajian hangat. Dalam istilah memasak, setup merupakan teknik memasak dalam bahan cairan yang tidak terlalu banyak dengan api kecil sehingga memerlukan waktu memasak yang cukup lama. Cara memasak ini membuat aroma kolang-kaling dapat keluar lebih sempurna.

Setup kolang-kaling biasanya juga dipadukan dengan aneka buah-buahan lain seperti pisang kepok. Cara membuatnya yaitu dengan merebus jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula dalam air hingga mendidih, Kemudian masukkan kolang-kaling dan pisang. Masak hingga mendidih dan matang.

7. Puding kolang-kaling

Puding kolang-kaling

Kolang-kaling juga bisa menjadi sajian penutup yang lezat dengan mengolahnya menjadi puding kolang-kaling. Sajian puding kolang-kaling ini juga cocok untuk kamu yang mengalami keluhan konstipasi karena bisa memberi efek melancarkan pencernaan. Puding kolang-kaling lebih nikmat disajikan dalam keadaan dingin.

Bahan pertama untuk membuat pudding kolang-kaling adalah agar-agar, air kelapa, dan gula pasir yang direbus sampai mendidih dan dituang kedalam loyang. Masukkan kolang-kaling pada loyang dan biarkan setengah beku. Kemudian rebus bahan-bahan kedua berupa agar-agar, susu cair, gula pasir, dan kuning telur kemudian tuangkan diatas bahan pertama dan dinginkan.

8. Bubur kolang-kaling

Bubur kolang-kaling

Kolang-kaling juga bisa diolah menjadi bubur dan biasa disantap menjadi menu makanan penutup. Bubur kolang-kaling akan memiliki cita rasa manis dengan paduan rasa gurih yang berasal dari bahan-bahan tambahan seperti gula dan santan. Sementara tekstur buburnya berasal dari tepung maizena yang dilarutkan dengan air.

Untuk membuat bubur kolang-kaling pertama-tama kamu perlu merebus santan, gula merah, gula pasir, garam, dan daun pandan hingga larut. Masukkan kolang-kaling hingga terlihat lembut dan meresap. Kemudian tambahkan tepung maizena dan rebus kembali hingga mendidih. Angkat bubur kolang-kaling yang sudah matang dan sajikan dalam mangkok.

9. Es kolang-kaling

Es kolang-kaling

Es kolang-kaling juga menjadi salah satu olahan kolang-kaling yang bisa kamu buat dengan mudah. Es kolang-kaling memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan yang sangat nikmat untuk disajikan ketika cuaca terik di siang hari. Es kolang-kaling juga bisa kamu kreasikan dengan aneka bahan lain sesuai dengan seleramu.

Cara membuat es kolang-kaling yaitu dengan merebus kolang-kaling dengan gula dan pewarna merah hingga matang dan gula meresap kedalam kolang-kaling. Kemudian masukkan kolang-kaling tersebut dalam gelas. Tambahkan agar-agar, leci, buah leci, sirup, dan susu kental manis. Tambahkan es serut atau masukkan kedalam kulkas dalam beberapa saat.

10. Asinan kolang-kaling

Asinan kolang-kaling

Ingin mencoba olahan kolang-kaling dalam sajian yang lain dari biasanya? Kamu bisa mengolah kolang-kaling menjadi asinan kolang-kaling yang memiliki cita rasa pedas dan menyegarkan. Asinan kolang-kaling ini bisa menjadi sajian yang menyegarkan untuk kamu santap di siang hari dan disajikan dalam keadaan dingin.

Cara membuat asinan kolang-kaling yaitu dengan merebus cabai merah, cabai rawit, gula, dan garam hingga air mendidih. Kemudian masukkan kolang-kaling dan simpan dalam lemari es selama kurang lebih empat jam hingga dingin. Setelah dingin, tambahkan perasan air jeruk lemon dan aduk rata.

Itulah beberapa olahan kolang-kaling yang lezat dan bisa kamu coba di rumah. Adakah diantaranya yang menjadi menu favoritmu? Atau kamu memiliki kreasi olahan kolang-kaling lainnya? Bagikan kreasi kolang-kaling buatanmu di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *