Bacaterus / Kelapa / 10 Aneka Olahan Kelapa Muda yang Menyehatkan dan Lezat!

10 Aneka Olahan Kelapa Muda yang Menyehatkan dan Lezat!

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Januari 2020

Membicarakan kelapa muda, tentu kita akan otomatis terbayang segarnya es kelapa muda. Minuman dingin dari campuran air kelapa, daging kelapa muda dan susu kental manis paling pas untuk menghilangkan dahaga kita pada siang hari yang terik. Es kelapa muda juga merupakan menu populer untuk buka puasa.

Selain dijadikan es kelapa muda, biasanya daging kelapa muda juga dimanfaatkan untuk menjadi minuman segar lainnya seperti es kuwut dan es doger. Tapi, tahukah Anda kalau daging kelapa muda bisa dimanfaatkan menjadi makanan? Yuk, berkreasi di dapur bersama Bacaterus menggunakan kelapa muda! Berikut adalah olahan kelapa muda yang unik dan lezat.

1. Avo-Coco Soup

* sumber: healthyhappylife.com

Di Indonesia, sup yang bercita rasa manis kurang populer dibandingkan sup yang gurih dan asin. Karena, kita biasanya makan sup dengan nasi. Tapi, di luar negeri biasanya sup dijadikan appetizer (makanan pembuka), dan dinikmati begitu saja, atau kadang ditambah potongan roti kering. Makanya, sup yang terasa manis juga populer di luar negeri.

Untuk orang Indonesia mungkin tidak akan terpikirkan untuk membuat sup dari alpukat dan daging kelapa muda, tapi resep ini benar adanya dan disukai banyak orang. Jika Anda penasaran ingin mencobanya juga bisa, kok.

Anda akan membutuhkan daging kelapa muda dan juga air kelapanya. Sup ini cukup mengenyangkan, kaya akan lemak baik (dari alpukat) dan menghidrasi (dari daging kelapa dan airnya). Anda bisa lihat resepnya di sini.

2. Kue Brownis Gulung Kelapa Muda

* sumber: cookpad.com

Daging kelapa muda bisa banget kita buat aneka kue juga, loh. Seperti brownies gulung isi krim dan kelapa muda ini. Brownies gulung itu sama saja dengan brownis kotak tanpa filling yang lebih kita kenal. Bedanya ini digulung saja seperti bolu, dan ada isiannya. Rasanya tentu lebih menarik dibandingkan brownies biasa. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di sini, ya.

3. Klapertaart Manado

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Mungkin ada di antara Anda yang menyangka klappertaart merupakan kue asal Belanda? Padahal, kue isi kelapa muda ini asli Indonesia, walaupun memang terinspirasi dari Belanda. Kue ini berasal dari Kota Manado, Sulawesi Utara. Klappertaart sendiri berarti “kue kelapa” atau “tart kelapa”. Kue ini dibuat dari tepung, gula, susu, mentega, air dan daging kelapa muda.

Untuk membuat klapertaart Manado, Anda harus mendidihkan susu cair, gula dan bubuk vanili sampai sedikit mendidih. Sambil menunggu, Anda bisa mengaduk susu bubuk, tepung terigu, tepung maizena dan kentang kukus. Nanti, satukan adonan dengan susu yang Anda didihkan. Pokoknya cara membuatnya mudah sekali. Untuk takaran resep dan langkahnya bisa dilihat di artikel ini.

4. Srikaya Kelapa Pandan

* sumber: catatandapurnyavero.blogspot.com

Sarikaya atau srikaya merupakan hidangan yang populer di Indonesia. Biasanya makanan manis semacam puding ini diburu ketika bulan puasa untuk dijadikan takjil. Srikaya juga cocok dijadikan hidangan untuk arisan atau sekedar camilan saat weekend.

Anda lebih suka srikaya yang masih mengepul hangat atau yang sudah dingin karena dimasukkan ke kulkas dulu? Dua-duanya sama lezat, sih, apalagi kalau Anda menambah daging kelapa muda di dalamnya.

5. Puding Jeruk Kelapa Muda

* sumber: id.carousell.com

Kalau Anda tak mau ribet, buatlah puding atau jelly dengan bubuk agar-agar instan, lalu tambahkan daging kelapa muda, selesai! Tapi, supaya lebih segar, Anda bisa membuat dua macam rasa untuk jelly-nya, yaitu yang satu plain dan yang satu lagi rasa jeruk.

Karena jeruk itu cocok banget ketika dipadukan dengan kelapa muda, kan? Kalau tidak ada perasan jeruk murni, Anda bisa pakai yang instan seperti Nutrisari, misalnya.

6. Poffertjes Kelapa Muda

* sumber: dutchieindelhi.com

Poffertjes adalah snack tradisional Belanda. Bentuknya menyerupai panekuk kecil dan lembut, memiliki tekstur yang ringan dan kenyal. Biasanya poffertjes dibuat manis, disajikan dengan gula bubuk dan mentega, dan kadang-kadang sirup atau advocaat.

Walaupun begitu, hidangan serupa dan yang ada daging kelapa mudanya bisa Anda temukan dengan mudah di Thailand. Kalau di sana namanya adalah khao nom kok.

Jika Anda pernah ke Thai atau menonton video wisata kuliner di negara gajah putih itu, Anda mungkin menyadari betapa banyaknya kelapa muda yang dijajakan sebagai street food. Baik itu kelapa muda untuk diminum langsung, dijus, dan dagingnya yang dimanfaatkan untuk berbagai makanan.

Kue pancake mini ini juga beken di Indonesia, walaupun kalau di jual di abang-abang depan sekolah biasanya asin, ditambah telur puyuh terus diberi saos. Anyway, karena kita sedang membahas menu kelapa muda, Anda bisa membuat poffertjes berisi daging kelapa muda tentunya. Anda akan membutuhkan cetakan telur goreng yang ada banyak cekungannya untuk membuat kudapan ini.

7. Buko Salad

* sumber: panlasangpinoy.com

Buko salad adalah salad yang terbuat dari daging kelapa muda. Ini adalah salad yang sangat spesial dari Filipina. Walaupun sejenis salad, kadang makanan ini disediakan sebagai dessert juga pada acara-acara ulang tahun atau bahkan pesta rakyat.

Bahan yang diperlukan adalah daging kelapa muda serut, kolang kaling, nata de coco, buah cocktail kalengan, buah nanas (segar/kalengan), susu kental manis dan table cream (krim dengan kandungan lemak minimum 15–18%). Anda bisa juga menambah bahan-bahan yang Anda sukai, seperti buah segar, jelly, keju, atau mungkin granola.

8. Pisang Goreng Lapis Kelapa

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Pernah kepikiran membuat pisang goreng yang disatukan dengan daging kelapa? Kalau belum, buat lah sekarang juga, karena dish ini enak banget! Pisang kaya akan kalium dan rasanya disukai semua orang dari berbagai usia.

Ditambah dengan daging kelapa muda yang mengandung lemak baik, kalori dan vitamin C, tentu camilan goreng-goreng ini jatuhnya jadi sehat. Cara membuatnya, apit daging kelapa muda di antara pisang, balur dengan adonan tepung, lalu goreng!

9. Vegan Thai Coconut Soup

* sumber: www.thespruceeats.com

Daging kelapa muda enak juga dijadikan makanan asin dan gurih, loh. Biasanya orang Indonesia memanfaatkan daging kelapa tua parut untuk dijadikan santan, tapi kalau di Thailand ada sup bernama tom kha kai, yang menggunakan santan sekaligus daging kelapa muda. Segar, manis, gurih dan asin, pas banget makan ini buat lunch pakai nasi putih pulen!

10. Young Coconut Ceviche

* sumber: www.onegreenplanet.org

Ceviche, cebiche, seviche, atau sebiche, adalah hidangan makanan laut yang berasal dari Peru, biasanya dibuat dari ikan mentah segar yang dikucurkan sari jeruk, seperti lemon atau jeruk nipis, dan dibumbui dengan ají, cabai dan bumbu lainnya termasuk bawang, garam dan ketumbar.

Nah, ceviche kelapa muda ini merupakan hidangan pembuka segar dan sehat yang sempurna untuk musim panas. Daging kelapa muda di sini menggantikan resep aslinya yang menggunakan seafood, makanya dia jadi hidangan vegan. Resep selengkapnya bisa Anda amati di sini.

Unik banget, kan, beberapa olahan kelapa muda yang kami rekomendasikan di atas? Mau coba masak salah satu ide masakan tadi atau punya resep lebih menarik lagi? Silakan tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *