Bacaterus / Kacang / 12 Olahan Kacang Tanah yang Terpopuler, Semuanya Enak!

12 Olahan Kacang Tanah yang Terpopuler, Semuanya Enak!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kacang tanah adalah salah satu jenis kacang yang banyak digemari, terutama dijadikan sebagai camilan. Karena kacang tanah tetap enak diolah menjadi apa pun, mulai dari asin, pedas, hingga manis. Olahan dari kacang tanah biasanya kita temui sebagai oleh-oleh di suatu daerah.

Selain itu sering juga disediakan sebagai camilan di hari lebaran. Tapi olahan kacang tanah juga bisa kamu buat sendiri di rumah. Bahan bakunya yang mudah didapat dan rasanya yang enak, membuat olahan kacang tanah banyak digemari. Berikut beberapa olahan kacang tanah yang terpopuler.

1. Kacang Goreng

Kacang Goreng

Kacang goreng adalah olahan paling gampang yang bisa kamu buat di rumah. Kacang goreng cocok banget dijadikan sebagai stok camilan, nih. Cukup bersihkan kacang tanah dari kulitnya lalu goreng dengan cara sangrai di atas wajan hingga berwarna kecokelatan.

Supaya lebih nikmat, tambahkan sedikit garam atau penyedap rasa. Kacang goreng juga cocok untuk menemani marathon film di saat weekend.

2. Peyek

Peyek

* sumber: bisnisukm.com

Peyek atau yang populer disebut rempeyek ini merupakan makanan khas Jawa Tengah. Peyek biasanya disajikan dengan nasi dan sayur pecel. Yang membuat makanan ini enak adalah rasanya yang gurih dan renyah. Bikin tidak berhenti mengunyah! Peyek terbuat dari tepung yang dicairkan dengan bumbu-bumbu kemudian digoreng hingga kering.

Selain dicampur kacang, peyek juga biasanya dicampur dengan ikan teri atau udang kecil. Peyek memang paling enak disantap dengan nasi dan lauk atau dimakan langsung sebagai camilan.

3. Kacang Telur

Kacang Telur

Kacang telur juga merupakan camilan dari olahan kacang tanah yang banyak digemari. Disebut kacang telur karena dibalut dengan telur yang dilapisi dengan tepung. Supaya hasilnya maksimal, kacang telur ini dibalut dengan telur secara berulang-ulang.

Sampai akhirnya kacang tanah ini terbalut hingga membentuk bulat. Kacang telur biasanya memiliki rasa yang gurih dan asin. Tapi juga bisa dibuat manis jika kamu suka.

4. Kacang Bawang

Kacang Bawang

Buat kamu yang suka dengan aroma bawang putih, kamu bisa coba mengolah kacang tanah menjadi kacang bawang. Disebut kacang bawang karena menggunakan bumbu bawang putih yang digoreng hingga kering. Sehingga menghasilkan aroma yang harum, nikmat, dan menggoda.

Rasanya pun gurih dan asin. Supaya lebih nikmat, kamu bisa menambahkannya dengan potongan daun jeruk lho! Cocok banget, nih dibungkus sebagai camilan untuk di perjalanan.

5. Kacang Rebus

Kacang Rebus

Olahan kacang tanah yang satu ini juga simple banget! Kamu pasti sudah pernah coba kacang rebus ‘kan? Kacang tanah yang basah harus dicuci bersih terlebih dahulu. Kemudian direbus sampai matang bersama dengan kulitnya.

Makanan ini paling enak buat menemani nobar atau nonton TV di rumah. Rasanya yang manis dan gurih bisa bikin ingin nambah lagi. Supaya rasanya lebih gurih, jangan lupa tambahkan garam ke dalam air rebusannya ya!

6. Enting-Enting Kacang

Enting-Enting Kacang

Kamu sudah pernah mendengar tentang enting-enting kacang belum? Olahan kacang tanah yang satu ini memiliki rasa manis karamel yang lezat lho! Kacang yang sudah dibuang kulitnya harus dibersihkan terlebih dahulu. Kemudian kacang disangrai dan ditumbuk kasar. Lalu dicampur dengan adonan karamel gula.

Kemudian dipadatkan seperti membuat kue. Rasanya yang manis dan renyah ini biasanya disukai oleh anak-anak. Kamu juga bisa membuat enting-enting kacang untuk sajian di hari spesial, nih.

7. Bumbu Kacang

Bumbu Kacang

Bumbu kacang adalah sejenis saus berbahan dasar kacang tanah yang digoreng kemudian dihaluskan. Diberi bumbu-bumbu supaya lebih nikmat. Biasanya bumbu kacang sering ditemukan pada camilan seperti cilok, gorengan, siomay, dan batagor.

Olahan kacang tanah yang satu ini sudah tidak diragukan lagi karena cocok dinikmati sebagai pelengkap makanan gurih. Buat kamu yang suka pedas, bisa menambahkan sambal atau cabai rawit yang dihaluskan ke dalam bumbu kacang ini.

8. Sambal Pecel

Sambal Pecel

Sekilas terlihat mirip dengan bumbu pecel. Namun sambal pecel memiliki tekstur yang lebih kental daripada bumbu pecel. Biasanya dicampur tomat dan cabai yang lebih banyak. Pasti kamu sudah gak asing lagi ‘kan dengan sambal pecel?

Buat kamu yang pernah atau sering makan di tenda pecel lele kaki lima pasti bakal ketagihan dengan sambal pecel. Dinikmati dengan lele goreng atau ayam goreng, nasi hangat, dan lalapan. Hmm.. sudah pasti menggugah selera makan, nih.

9. Ampyang Kacang

Ampyang Kacang

Mungkin kamu masih agak asing dengan makanan yang satu ini. Ampyang kacang adalah olahan dari kacang tanah atau disebut gula kacang. Makanan khas Jawa ini sering diburu oleh para wisatawan lho!

Ampyang kacang diproses dengan cara mengolah kacang tanah yang disangrai dengan gula merah. Kemudian dicairkan di atas loyang dan biarkan hingga dingin. Rasanya yang manis dan renyah sangat disukai banyak orang. Makan satu saja tidak cukup!

10. Kering Kacang Teri

Kering Kacang Teri

Kering kacang teri merupakan olahan kacang tanah yang bisa tahan lama. Cocok banget nih buat kamu anak kosan. Makanan ini terbuat dari campuran kacang tanah, ikan teri, cabai, bawang merah, dan bumbu lainnya. Dimasak hingga kering sehingga membuat makanan ini awet.

Cocok banget dinikmati dengan nasi putih hangat plus kerupuk. Bisa juga dijadikan sebagai camilan jika suka. Rasanya gurih dan pedas, sudah kebayang ‘kan bagaimana enaknya kering kacang teri ini?

11. Kacang Goreng Pedas Manis

Kacang Goreng Pedas Manis

Selain kacang goreng biasa, kamu juga bisa membuat kacang goreng pedas manis. Olahan kacang tanah ini terbuat kacang tanah yang digoreng dengan bumbu-bumbu dan ditambah gula pasir hingga lengket.

Makanan ini cocok dinikmati sebagai lauk atau camilan di rumah. Daripada kamu jajan di luar lebih baik buat stok camilan kacang goreng pedas manis ini ‘kan? Jangan lupa letakkan di dalam toples rapat supaya lebih tahan lama. Buat langsung yuk di rumah!

12. Cokelat Kacang

Cokelat Kacang

Cokelat kacang bisa jadi ide untuk memberi hadiah pada orang tersayang, nih. Daripada beli cokelat yang mahal, kamu bisa membuat cokelat kacang sendiri di rumah. Cokelat kacang terbuat dari dark chocolate yang dicairkan. Kemudian tambahkan kacang tanah matang yang sudah dipotong-potong.

Lalu ditambah gula halus atau pemanis lainnya. Masukkan ke dalam loyang dingin dan bisa dinikmati saat sudah mengeras. Supaya lebih menarik, kamu bisa menambahkan topping seperti rasa vanilla, strawberry atau sesuai selera kamu. Menarik ‘kan?

Itulah beberapa makanan Indonesia dari olahan kacang. Bisa kamu jadikan sebagai camilan maupun sebagai lauk untuk dinikmati dengan nasi. Dari beberapa olahan kacang tanah di atas, kira-kira ada favoritmu kah?

Jika kamu tahu olahan kacang tanah lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Jangan lupa untuk turut serta membaca artikel olahan kacang merah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *