Bacaterus / Sayuran / Yuk, Cobain 10 Olahan Kacang Panjang yang Bikin Nagih!

Yuk, Cobain 10 Olahan Kacang Panjang yang Bikin Nagih!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Penggemar makan sayuran pasti tahu dong dengan jenis kacang-kacangan yang satu ini, yaitu kacang panjang. Kacang panjang yang sering kita temukan dalam menu sayuran ini merupakan tanaman asli dari Asia, khususnya Indonesia. Tidak heran ya jika kita dapat dengan mudah menemukan kacang panjang.

Tanaman yang tumbuh secara merambat atau melilit ini memiliki kandungan kesehatan yang baik untuk tubuh. Kacang panjang merupakan sumber protein yang baik, vitamin A, vitamin C, fosfor, folat, magnesium, zat besi, dan nutrisi lainnya.

Bentuknya yang sederhana dan mudah ditemukan ini membuat banyak orang senang mengolah kacang panjang menjadi beragam masakan. Buat kamu yang punya kacang panjang di dapur tapi masih bingung mau diolah menjadi masakan apa, intip yuk beberapa olahan kacang panjang yang pasti bikin kamu ketagihan berikut ini.

1. Tumis Kacang Panjang Pedas

Tumis Kacang Panjang Pedas

* sumber: www.fimela.com

Menu pertama olahan kacang panjang yang paling umum dibuat adalah tumis kacang panjang pedas. Tidak heran kalau masyarakat kita banyak yang suka pedas, jadi apapun bahannya, tidak akan lepas dari rasa pedas. Buat kamu yang sedang ingin makan tumis kacang panjang pedas, kamu bisa membelinya di warung makan atau membuatnya sendiri di rumah.

Jika kamu ingin memasaknya di rumah, sebaiknya pilih kacang panjang yang masih muda karena memiliki serat yang empuk dan teksturnya yang renyah saat dimakan. Rasa pedas, gurih, dan renyah menyatu dalam satu gigitan dari tumis kacang panjang pedas ini. Paling nikmat disantap dengan nasi putih hangat dan sambal sesuai selera kamu.

2. Tumis Kacang Panjang Tahu

Tumis Kacang Panjang Tahu

* sumber: selerasa.com

Buat kamu yang suka tahu dan ingin dikreasikan dengan kacang panjang, kamu bisa membuat tumis kacang panjang tahu. Tesktur renyah dari kacang panjang yang dipadukan dengan tahu lembut, akan menjadi kombinasi masakan yang pas!

Untuk tahunya, kamu bisa pilih sesuai selera. Ada tahu putih atau tahu kuning, dua-duanya dijamin enak. Umumnya, tumis kacang panjang tahu akan lebih nikmat jika dicampur dengan kecap manis maupun asin. Sehingga akan menghasilkan rasa yang gurih, manis, dan sedikit asin. Sajikan dengan nasi putih hangat, cocok untuk menu makan siang atau makan malammu.

3. Tumis Kacang Panjang Tempe

Tumis Kacang Panjang Tempe

* sumber: www.pinterest.com

Selain tahu, kamu juga bisa membuat olahan kacang panjang dengan tempe. Tempe yang kaya akan protein ini sangat cocok dipadukan dengan kacang panjang. Umumnya, tumis ini dicampur dengan kecap manis, irisan cabai dan bawang.

Kecap yang meresap ke dalam tempe dan gurihnya kacang panjang, akan membuat rasanya manis, gurih, pedas, sekaligus menghasilkan aroma bawang yang menggugah selera. Olahan tumis ini paling enak disantap dengan nasi putih hangat, sambal, atau dimakan bersama kerupuk.

4. Tumis Kacang Panjang Ayam

Tumis Kacang Panjang Ayam

* sumber: www.fimela.com

Buat kamu yang ingin makan daging ayam dengan variasi yang berbeda, kamu juga bisa membuat olahan kacang panjang dengan ayam. Jika kamu ingin membuatnya di rumah, kamu bisa memvariasikan daging ayam yang dipotong kecil-kecil atau daging ayam cincang.

Sudah terbayang ‘kan rasa daging ayam yang enak dan lembut, ditambah renyahnya kacang panjang yang akan membuat siapa pun sulit menolaknya. Olahan ini juga cocok dijadikan sebagai bekal untuk anak atau untuk bekal ke kantor. Yang pasti akan memuaskan rasa laparmu.

5. Tumis Kacang Panjang Hati Ampela Ayam

Tumis Kacang Panjang Hati Ampela Ayam

* sumber: cookpad.com

Salah satu bagian ayam yang populer untuk diolah adalah hati ampela ayam. Salah satu jenis jeroan ini umumnya dijadikan sebagai bahan untuk sate, atau dicampurkan ke dalam gulai saat Lebaran. Tapi kali ini kamu juga bisa membuat olahan kacang panjang dengan hati ampela ayam.

Jika kamu tertarik untuk membuatnya di rumah, sebaiknya potong hati ampela menjadi bentuk kecil-kecil supaya seluruh anggota keluarga di rumah bisa kebagian. Jika ditanya rasanya, sudah tidak perlu diragukan lagi, perpaduan rasa gurih dari kacang panjang, lembutnya hati ampela dan bumbu yang kental, dijamin akan membuat selera makanmu bertambah.

6. Tumis Kacang Panjang Ikan Tongkol

Tumis Kacang Panjang Ikan Tongkol

* sumber: cookpad.com

Buat kamu yang senang makan ikan, kamu bisa mencicipi tumis kacang panjang ikan tongkol. Ikan tongkol dipilih karena mudah ditemukan dan rasanya yang sudah pasti enak. Kamu bisa membuat olahan ini dengan suwiran ikan tongkol atau ikan tongkol yang dipotong kecil-kecil.

Lebih nikmat jika tumis ini diberi cabai merah yang akan membuat rasanya semakin menarik. Rasa pedas dan gurih dari tumis kacang panjang ikan tongkol akan membuat suasana makan di rumah semakin nikmat. Penasaran ‘kan dengan rasanya? Yuk, cobain langsung di rumah.

7. Sayur Lodeh Kacang Panjang

Sayur Lodeh Kacang Panjang

* sumber: foodizz.id

Selain tumisan, kacang panjang juga umumnya diolah menjadi sayur lodeh kacang panjang. Olahan yang satu ini biasanya kita temukan saat membeli lontong sayur atau saat lebaran. Tapi jika kamu ingin makanan yang berkuah, kamu bisa memilih sayur lodeh kacang panjang ini.

Lodeh merupakan jenis sayur berkuah dengan campuran santan yang cocok dinikmati bersama nasi maupun lontong. Rasa manis dan gurih dari kuah santan, serta renyahnya kacang panjang dijamin akan membuat rasanya apik. Biasanya olahan ini dicampur dengan jagung muda kecil untuk membuat tampilannya lebih menarik.

8. Gulai Kacang Panjang

Gulai Kacang Panjang

* sumber: www.pinterest.com

Gulai tidak harus berisi daging, kamu juga bisa membuat gulai kacang panjang. Mungkin sekilas hampir mirip dengan lodeh kacang panjang. Bedanya gulai ini memiliki kuah yang lebih kental dan rasa bumbunya yang lebih kuat. Warnanya pun lebih tebal dibanding sayur lodeh kacang panjang. Biasanya, gulai ini dicampur dengan telur rebus atau tempe dan disantap dengan lontong. Jangan lupa santap dengan sambal sesuai selera supaya menambah kenikmatan makanmu.

9. Pencok Kacang Panjang

Pencok Kacang Panjang

* sumber: uniek88.wordpress.com

Apakah kamu pernah mencicipi pencok kacang panjang? Jika belum, kamu wajib mencoba olahan kacang panjang yang satu ini. Jika sebelumnya olahan kacang panjang disajikan untuk menu utama. Kali ini kacang panjang dibuat menjadi jenis sambel yang disebut pencok kacang panjang.

Sambal khas Sunda ini adalah sambal yang terbuat dari kacang panjang yang dicampur dengan bumbu kacang. Sehingga menghasilkan rasa yang pedas sekaligus gurih dari kacang  panjang dan bumbu kacang tanah. Pencok kacang panjang paling nikmat disantap dengan daun kemangi dan dipadukan dengan lauk sesuai seleramu.

10. Kacang Panjang Crispy

Kacang Panjang Crispy

* sumber: www.pinterest.com.au

Mau buat camilan enak sekaligus sehat? Kamu bisa membuat kacang panjang crispy. Olahan kacang panjang yang satu ini bisa menjadi solusi buat kamu yang kurang suka dengan kacang panjang. Sesuai dengan namanya, kacang panjang ini diiris menjadi dua potong dan dibalut dengan tepung kemudian digoreng hingga crispy.

Rasa gurih dan asin dari olahan ini memang paling cocok dinikmati sebagai camilan sore hari. Kamu juga bisa menikmatinya dengan cocolan saus sambal atau mayonaise. Menarik bukan?

Itulah beberapa rekomendasi olahan kacang panjang. Jadi sudah tidak bingung lagi kan mau diolah menjadi masakan apa kacang panjangmu di rumah. selamat mencoba!

Jika kamu tahu olahan kacang panjang lainnya, silahkan berbagi dengan kami di kolom komentar ya! Baca juga artikel resep sayur bobor kacang panjang ini, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *