Bacaterus / Kacang / 10 Olahan Kacang Merah yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

10 Olahan Kacang Merah yang Bisa Kamu Bikin Sendiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 April 2020

Selain kacang hijau, kacang merah merupakan kacang-kacangan lainnya yang lazim diolah. Sudah banyak makanan dan minuman yang diolah dari kacang satu ini. Beberapa di antaranya merupakan hidangan yang populer di Indonesia.

Beberapa olahan populer itu akan kami paparkan di artikel ini. Siapa tahu kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah. Penasaran apa saja olahan-olahan tersebut? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Sup Kacang Merah

Sup Kacang Merah

* sumber: www.winnetnews.com

Ini merupakan olahan kacang merah yang lazim dibuat. Pada olahan ini, kacang merah biasanya diolah bersama daging sapi atau daging lainnya. Untuk membuatnya, kacang merah yang telah direndam semalaman harus direbus bersama daging sapi.

Rebusan kacang merah dan daging lantas diberi pala, merica, garam, seledri, serta tumisan bawang putih dan bawang merah. Masak rebusan tersebut selama 30 menit dengan api kecil. Kalau sudah, masukkan wortel dan masak lagi selama 1 menit saja.

Angkat dan tiriskan sejenak. Setela itu, berilah bawang goreng dan seledri sesuai selera. Sup Kacang Merah pun siap disantap.

2. Onde-Onde Kacang Merah

Onde-Onde Kacang Merah

* sumber: lifestyle.okezone.com

Onde-onde tak hanya bisa diisi kacang hijau. Kacang merah pun juga bisa menjadi isian onde-onde. Seperti halnya membuat onde-onde umumnya, membuat onde-onde isi kacang merah juga harus dimulai dari membuat kulit onde.

Caranya, campur tepung beras dengan tepung ketan, gula pasir, vanilla bubuk, dan sedikit garam. Campur semua bahan itu hingga betul-betul rata. Bila sudah, tuangkan air panas ke adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil diuleni secara perlahan.

Selesai membuat adonan kulit onde, kini saatnya membuat isian ondenya. Untuk membuatnya, kacang merah sebagai bahan utamanya harus direndam dulu selama 3 sampai 4 jam. Kalau sudah, kukus kacang tersebut hingga empuk.

Campurkan kacang merah itu dengan garam, vanilla bubuk, dan gula hingga merata.

Ambil sedikit adonan kulit dan bentuklah menjadi pipih. Masukkan isian kacang merah ke adonan tersebut, lalu bentuklah adonan kulit itu menjadi bulat. Celupkan adonan yang telah diisi itu ke dalam air dingin, lalu gulingkan pada taburan wijen.

Goreng adonan onde tersebut di atas penggorengan hingga terapung dan berwarna kecokelatan. Angkat dan tiriskan sejenak. Onde-Onde Kacang Merah pun siap disajikan.

3. Bubur Kacang Merah

Bubur Kacang Merah

* sumber: cookpad.com

Selain dijadikan onde, kacang merah pun juga bisa dijadikan bubur. Untuk membuatnya, kacang merah yang sudah direndam mesti direbus bersama dengan rebusan berbahan dasar air, jahe, garam, dan daun pandan.

Tambahkan gula ke dalam rebusan tersebut. Aduk hingga gulanya larut. Setelah itu, tuang santan ke dalamnya. Pastikan santan tidak pecah saat berada dalam rebusan. Masukkan larutan tepung sagu ke dalamnya, aduk hingga mengental.

Angkat dan sajikan bubur ke dalam mangkuk atau piring. Tiriskan sejenak, dan beri hiasan santan di bagian permukaannya. Bubur Kacang Merah pun siap disantap.

4. Bakpao Kacang Merah

Bakpao Kacang Merah

* sumber: cookpad.com

Kacang merah pun juga bisa dijadikan isian bakpao. Untuk membuatnya, kacang merah harus dipresto terlebih dulu, lantas diblender dengan santan. Setelahnya, kacang merah itu lantas dimasak di dalam wajan bersama dengan cokelat bubuk, gula, dan garam.

Adonan kacang merah yang telah menjadi isian bakpao itu lantas dimasukkan ke dalam kulit bakpao. Kulit bakpao sendiri dibuat dari tepung terigu, ragi, susu bubuk, gula pasir, baking powder, garam, mentega putih, dan tepung tangmien.

Kalau sudah, masukkan kulit bakpao ke dalam kukusan. Kukus selama 10 menit dengan api sedang hingga kulit bakpao mengembang. Angkat dan tiriskan sejenak bila sudah matang.

5. Sayur Kacang Merah

Sayur Kacang Merah

* sumber: cookpad.com

Olahan satu ini merupakan sajian khas dari Tanah Sunda. Cara membuatnya terbilang mudah. Kacang merah yang sudah direbus lantas direbus kembali dalam panci berisi air hingga mendidih. Setelah itu, masukkan sejumlah bahan seperti bawang putih, bawang merah, dan buncis.

Masak hingga bahan-bahan itu agak layu. Bila sudah, masukkan garam, gula merah, asam jawa, tomat, dan terasi. Masak hingga matang. Sajikan olahan kacang merah ini bersama dengan nasi, sambal, dan ikan asin.

6. Es Cendol Kacang Merah

Es Cendol Kacang Merah

* sumber: lifestyle.okezone.com

Selain dijadikan makanan berat ataupun ringan, kacang merah pun juga bisa menjadi olahan es. Es Cendol Kacang Merah salah satunya. Olahan ini dibuat dari kacang merah yang diolah bersama dengan cendol berbahan dasar tepung beras.

Cendol dan kacang merah tersebut lantas diberi kuah berbahan santan, serta diberi es dan susu kental manis secukupnya. Olahan ini sangat cocok disantap siang hari. Atau, juga bisa dijadikan menu takjil di bulan Ramadan.

7. Es Kacang Merah

Es Kacang Merah

* sumber: www.inibaru.id

Ini adalah sajian es lainnya yang berbahan dasar kacang merah. Sajian ini lazim ditemui di sejumlah daerah, terutama Manado dan Palembang. Olahan ini seri sekali disantap sebagai makanan penutup di berbagai acara makan-makan.

Olahan ini dibuat dari kacang merah yang dicampur dengan gula pasir, daun pandan, dan garam. Campuran kacang merah itu lantas disiramkan ke es serut yang sebelumnya telah diberi susu kental manis dan saus pandan.

8. Es Krim Kacang Merah

Es Krim Kacang Merah

* sumber: www.hipwee.com

Kacang merah juga enak diolah menjadi olahan es krim. Untuk membuatnya, kamu hanya perlu menyediakan susu cair, kacang merah, whipped cream, dan gula pasir. Khusus untuk kacang merah, pastikan bahan tersebut telah kamu rendam dan rebus hingga lunak.

Kacang merah dan sejumlah bahan itu lantas diblender sampai tercampur rata, lalu didiamkan dalam sebuah wadah tertutup. Lalu, dimasukkan ke dalam freezer hingga mengeras. Sajikan es krim di atas wadah bila sudah mengeras. Agar lebih mantap, sajikan Es Krim Kacang Merah itu dengan sejumlah topping. Misalnya taburan kacang tanah ataupun susu kental manis.

9. Es Stik Kacang Merah

Es Stik Kacang Merah

* sumber: www.hipwee.com

Cara membuat olahan ini tak jauh beda dengan Es Krim Kacang Merah. Adapun letak perbedaannya adalah bahan pendukungnya saja. Pada olahan ini, kacang merah bakal diolah bersama dengan santan, daun pandan, gula pasir, sedikit garam.

Semua bahan tersebut dicampur rata, lalu dimasukkan ke dalam cetakan es loli. Pastikan cetakan tersebut sudah kamu beri stik es krim di dalamnya. Bekukan dalam freezer selama beberapa waktu hingga mengeras.

10. Patbingsoo

Patbingsoo

* sumber: sethlui.com

Ini merupakan dessert khas Korea yang kini populer di Indonesia. Sudah ada beberapa tempat yang menyajikan olahan ini. Salah satunya adalah Patbingsoo – Korean Dessert House yang ada di Bintaro Jaya Xchange Mall.

Adapun olahan ini dibuat dari kacang merah yang disajikan bersama dengan sejumlah bahan lainnya, semisal susu cair, es krim, kue beras ketan, fruit cocktail dan buah-buahan segar. Sebelum dengan bahan-bahan tersebut, kacang merah mesti direbus bersama air, garam, dan gula pasir hingga airnya menyusut.

Itulah sepuluh olahan kacang merah terpopuler di Indonesia yang bisa kamu bikin sendiri. Bagaimana, kamu tertarik untuk membuat salah satunya? Atau, kamu punya olahan kacang merah populer lainnya yang tidak tercantum di sini? Apa pun itu, yuk cerita ke kami via komentar! Baca juga artikel makanan olahan kacang hijau ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *