Bacaterus / Kacang / 10 Olahan Makanan dari Kacang Hijau yang Wajib Kamu Coba

10 Olahan Makanan dari Kacang Hijau yang Wajib Kamu Coba

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Desember 2019

Kacang hijau merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang sudah dikenal di seluruh Indonesia bahkan di dunia. Sesuai dengan namanya, kacang yang bernama latin Vigna Radiata ini berwarna hijau dengan bentuk bulat berukuran kecil. Kacang hijau dikenal sebagai salah satu jenis kacang yang memiliki protein nabati tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Kacang hijau mengandung fosfor, kalsium, kaya akan mineral, juga protein di dalamnya. Kandungan-kandungan tersebut memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh seperti menjaga kesehatan tulang dan menjaga kesehatan jantung. Selain kaya akan kandungan baik di dalamnya, kacang hijau juga memiliki rasa yang lezat sehingga banyak dijadikan olahan makanan, lho!

Kacang hijau ini bisa diolah menjadi berbagai macam olahan makanan yang memiliki cita rasa lezat lagi menyehatkan. Penasaran kan apa saja sih olahan makanan berbahan dasar kacang hijau yang populer di Indonesia? Yuk simak baik-baik pemaparannya di bawah ini!

1. Bubur kacang hijau

Bubur kacang hijau (Copy)

* sumber: www.happyfresh.id

Olahan kacang hijau yang pertama ada bubur kacang hijau. Makanan yang satu ini mungkin semua orang sudah kenal, bukan? Ya, sebagaimana namanya, pada olahan makanan yang satu ini, kacang hijau diolah menjadi bubur yang lezat dengan campuran santan, gula, jahe, dan pandan sebagai penambah kelezatan saat disantap.

Bubur kacang hijau ini menjadi makanan khas nusantara yang dapat ditemukan hampir di seluruh daerah di Indonesia karena mudah dibuat dan memiliki rasa yang lezat. Bubur kacang hijau lebih nikmat disantap ketika masih dalam kondisi hangat. Terlebih saat musim dingin, bubur kacang hijau ini menjadi makanan yang sangat direkomendasikan.

2. Sekoteng

Sekoteng (Copy)

* sumber: id.tastemade.com

Sekoteng merupakan minuman khas Indonesia khususnya Jawa Tengah yang cukup populer. Sekoteng ini adalah minuman berbahan dasar kacang hijau yang disiram dengan air jahe hangat. Selain kacang hijau, beberapa bahan lainnya juga ikut hadir memperlezat sekoteng itu sendiri seperti kacang tanah, roti tawar, dan pacar cina.

Sekoteng memiliki rasa manis dan hangat yang ditimbulkan dari air jahe. Rasa hangat dan manis tersebut menjadikan sekoteng ini cocok dikonsumsi ketika musim dingin atau malam hari. Sekoteng biasanya dijual dengan cara berkeliling di malam hari dengan gerobak pikul atapun gerobak dorong.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, tak sedikit dari kedai-kedai di perkotaan yang menjajakan minuman hangat khas Jawa Tengah ini. Harganya pun cukup terjangkau sehingga semua kalangan dapat merasakan kelezatan dari sekoteng.

3. Es lilin kacang hijau

Es lilin kacang hijau (Copy)

* sumber: www.agrowindo.com

Es lilin merupakan makanan menyegarkan dengan bentuk memanjang yang menyerupai lilin. Es lilin ini menjadi salah satu es yang sangat mudah dalam membuatnya. Menjadi makanan yang dingin dan menyegarkan, es lilin sangat cocok disantap saat siang hari karena dapat menyegarkan tubuh.

Es lilin ini dapat kamu buat sesuai selera dengan berbagai macam bahan. Salah satunya adalah kacang hijau. Kamu bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai bahan membuat es lilin ini karena selain mudah didapatkan, es lilin kacang hijau memiliki rasa yang lezat, menyegarkan, juga menyehatkan! Tertarik untuk mencoba?

4. Bakpia

Bakpia (Copy)

Kacang hijau juga menjadi bahan utama pembuatan bakpia khas Indonesia yang terkenal dengan cita rasa manis legitnya yang khas. Bakpia ini merupakan olahan kacang hijau yang dicampur dengan gula yang kemudian dibungkus dengan kulit tepung lalu dipanggang.

Bakpia sendiri adalah makanan yang populer dikalangan masyarakat Cina atau Tionghoa. Di Indonesia, bakpia banyak diperjual belikan sebagai oleh-oleh khususnya di daerah Yogyakarta yang tekenal dengan bakpianya yang super lezat. Meski isian bakpia kini sudah beragam, tetapi tetap saja bakpia kacang hijau menjadi varian yang paling unggul.

5. Es kacang hijau kelapa

Es kacang hijau kelapa (Copy)

* sumber: tyasiandesserts.com

Tak hanya bisa dibuat menjadi es lilin, kacang hijau juga dapat dibuat menjadi es dalam bentuk lain, lho! Ya, es kacang hijau kelapa namanya. Tentu saja es kacang hijau kelapa ini tak kalah enak dan menyegarkan jika dibandingkan dengan es lilin kacang hijau sehingga sama-sama recommended.

Sesuai dengan namanya, kacang hijau dipadukan dengan kelapa lalu disiram dengan kuah santan yang gurih. Tak lupa juga serutan es dibubuhkan sehingga es kacang hijau kelapa menjadi sajian yang dingin dan menyegarkan yang dapat mengusir dahaga di siang hari.

6. Kue satu

Kue Satu (Copy)

* sumber: parenting.orami.co.id

Kue satu merupakan salah satu kue kering yang paling populer di Indonesia. Kehadiran kue satu ini identik dengan perayaan hari lebaran atau hari besar lainnya. Kue satu biasanya terbuat dari tepung sagu. Tak hanya tepung sagu, kue satu juga banyak dibuat dengan kacang hijau sebagai bahan utamanya.

Kue satu kacang hijau dibuat dengan cara menghaluskan kacang hijau hingga menjadi tepung lalu campurkan dengan gula, vanili, dan air. Setelah itu kemudian cetak adonan menggunakan cetakan lalu panggang hingga matang. Kue satu kacang hijau biasanya memiliki rasa manis yang khas sehingga cocok dijadikan hidangan keluarga saat lebaran.

7. Onde-onde

Onde-onde (Copy)

* sumber: craftlog.com

Onde-onde adalah salah satu kue yang cukup populer di Indonesia. Onde-onde ini banyak dijajakan di pasar tradisional hingga bahkan pada pedagang kaki lima. Onde-onde memiliki bentuk bulat yang didalamnya memiliki isian. Isian onde-onde yang paling populer adalah kacang hijau. Sementara untuk bagian kulit luarnya dihiasi dengan biji wijen.

Memiliki rasa manis dan gurih yang lezat, onde-onde bisa kamu nikmati sebagai camilan dimanapun dan kapanpun. Kacang hijau yang ada didalamnya biasanya dicampur dengan gula sehingga menghasilkan rasa manis yang sangat enak. Onde-onde ini banyak dikreasikan dengan berbagai warna seperti hijau dan merah muda.

8. Gandasturi

Gandasturi (Copy)

* sumber: webgram.life

Gandasturi menjadi salah satu bukti bahwa Indonesia merupakan negeri yang kaya akan wisata kuliner. Gandasturi merupakan makanan khas Indonesia yang memiliki rasa manis dan gurih serta lezat. Kue yang satu ini terbuat dari kacang hijau padat yang dibungkus dengan adonan tepung kemudian digoreng hingga matang.

Gandasturi ini mudah kamu temukan di pasar-pasar tradisional. Akan tetapi bagi kamu yang ingin membuaat gandasturi ini sendiri di rumah, juga merupakan pilihan yang tepat karena gandasturi mudah dibuat. Kue gandasturi adalah jenis kue yang memiliki umur cukup tua sehingga menjadi warisan dari tahun ke tahunnya yang harus dilestarikan.

9. Sari kacang hijau

Sari kacang hijau (Copy)

* sumber: abiummi.com

Kacang hijau adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak kandungan baik bagi kesehatan seperti protein, fosfor, dan kalsium sehingga kacang hijau termasuk pada makanan yang menyehatkan. Kandungan gizi tinggi pada kacang hijau ini banyak dimanfaatkan menjadi berbagai olahan menyehatkan pula.

Salah satu olahan menyehatkan dari kacang hijau adalah sari kacang hijau. Sari kacang hijau dibuat dengan cara merebus kacang hijau terlebih dahulu. kemudian blender air rebusan kacang hijau tersebut. Setelah itu, kemudian saring sari kacang hijau yang telah dihaluskan. Dan yang terakhir rebus kembali sari kacang hijau tersebut lalu tiriskan.

Sari kacang hijau menjadi minuman yang sangat cocok bagi perawatan kesehatan tubuh karena memiliki banyak kandungan baik di dalamnya. Selain menyehatkan, sari kacang hijau juga memiliki rasa lezat terebih jika diberi campuran gula di dalamnya.

10. Pudding kacang hijau

Pudding kacang hijau (Copy)

* sumber: www.idntimes.com

Pudding adalah salah satu makanan yang termasuk sebagai dessert. Pudding biasanya memiliki rasa manis dengan tekstur kenyal yang khas. Pudding memiliki beragam varian rasa yang berbeda-beda. Bagi kamu yang menginginkan pudding dengan varian unik yang menyehatkan, pudding kacang hijau adalah jawabannya.

Kamu bisa memanfaatkan kacang hijau sebagai bahan utama pembuatan pudding yang lezat dan penuh nutrisi. Cara membuatnyapun cukup sederhana sehingga dapat dengan mudahnya kamu buat sendiri di rumah. Pudding kacang hijau ini sangat cocok disantap bersama keluarga karena memiliki rasa yang sangat lezat dan baik bagi kesehatan.

Itu dia beberapa olahan makanan berbahan dasar kacang hijau yang paling populer di Indonesia. Tentu saja berbagai olahan makanan dari kacang hijau sebagaimana yang telah kami paparkan di atas memiliki cita rasa yang sangat lezat sehingga wajib kamu coba dan nikmati kelezatannya. Tak hanya lezat, tentu saja olahan makanan tersebut memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, lho!

Semoga informasi mengenai olahan kacang hijau sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan serta pengetahuan dalam dunia kuliner di Indonesia. Selain itu, semoga sederet makanan berbahan dasar kacang hijau di atas dapat menjadi referensi bagi kamu yang hendak berburu kuliner, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *