Bacaterus / Daging / 10 Rekomendasi Olahan Jeroan untuk Idul Adha yang Lezat

10 Rekomendasi Olahan Jeroan untuk Idul Adha yang Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seluruh muslim di dunia merayakan dua kali lebaran, yaitu Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Jika Idul Fitri dirayakan setelah berpuasa ramadhan selama satu bulan penuh, Idul Adha (عيد الأضح) dirayakan untuk memperingati peristiwa kurban, yaitu ketika Nabi Ibrahim AS diuji kesabarannya oleh Allah SWT dengan diminta mengurbankan putranya untuk disembelih.

Nabi Ibrahim AS dan anaknya pun menyanggupi perintah Allah SWT. Namun, posisi anak Nabi Ibrahim AS ternyata digantikan oleh-Nya dengan seekor domba. Semenjak itu, orang muslim merayakan Hari Idul Adha dengan mengurbankan domba/kambing/sapi/unta (bagi yang mampu).

Di Indonesia, rata-rata orang mengurbankan sapi atau kambing. Daging hewannya sendiri akan dibagikan kepada warga sekitar dan pada daerah lain yang warganya kurang mampu. Tapi, orang yang mengurbankan juga suka dapat jatah, kok. Biasanya jatah setiap orang terdiri dari daging dan jeroan.

Nah, kali ini Bacaterus mau membahas 10 olahan jeroan untuk Idul Adha. Tapi, sebelum itu, kami mau memberi tahu Anda beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi jeroan. Yuk, disimak!

Manfaat & Risiko Makan Jeroan

Jeroan merupakan bagian organ dalam hewan yang sering dijadikan bahan baku makanan. Dan, walaupun terlihat mengerikan, jeroan terasa lezat dan kuliner dari jeroan sangat populer di Indonesia. Walaupun begitu, akan selalu ada sisi positif dan sisi negatif dari segala sesuatu. Untuk itu, ketahuilah hal-hal berikut:

Manfaat

  • Usus sapi mengandung zinc, kalori, protein, lemak total (hanya sedikit lemak jenuh), vitamin B-12, dan fosfor.
  • Hati sapi mengandung vitamin B-12, tembaga, dan vitamin A.
  • Otak sapi mengandung protein, lemak sehat, DHA, asam lemak, Omega-3, selenium, tembaga, vitamin B-5, dan B-12.

Risiko

  • Usus sapi mengadung kolesterol.
  • Hati sapi dapat mengandung zat sisa pestisida lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya dari sapi. Terlalu banyak mengonsumsi hati sapi dapat menyebabkan penumpukan vitamin A dan tembaga di tubuh Anda.
  • Otak sapi tinggi kolesterol. Otak sapi yang terkena virus bovine spongiform encephalitis (sapi gila) dapat menimbulkan masalah kesehatan serius (gangguan neurodegeneratif mematikan).

Ya, itulah beberapa manfaat dan risiko mengonsumsi jeroan. Walaupun ada risikonya, jangan jadi takut makan jeroan juga. Intinya, jeroan itu bagus untuk tubuh tapi tetap jangan berlebihan mengonsumsinya, oke? Bagaimana pun juga, segala hal yang berlebihan itu tidak pernah baik.

Nah, sudah tahu mau dijadikan apa jatah daging dan jeroan yang akan Anda terima di Idul Adha nanti? Biasanya di hari tersebut orang-orang berkumpul bersama keluarga dan makan bersama. Untuk itu, Anda harus masak makanan yang enak-enak. Inilah beberapa olahan jeroan untuk Idul Adha versi Bacaterus sebagai referensi untuk Anda.

10 Olahan Jeroan untuk Idul Adha

1. Gulai Kambing

Gulai Kambing

* sumber: www.youtube.com

Olahan jeroan yang enak untuk Idul Adha yang pertama adalah gulai kambing. Makanan ini datangnya dari Aceh, tapi di setiap daerah pun pasti punya versinya masing-masing. Gulai kambing dibuat dengan rempah-rempah yang melimpah, embuat dagingnya terasa lezat dan kuahnya kental serta gurih. Gulai kambing biasa disantap dengan ketupat, lontong, nasi, roti canai, atau roti jala.

2. Kari Kambing

Kari Kambing

* sumber: selerasa.com

Agak mirip dengan gulai, kali ini ada kari kambing. Hari raya memang identik dengan makanan kuah bersantan. Kalau Anda bosan dengan gulai, boleh dong sekali-kali daging jeroannya dimasak kari? Biasanya kari kambing dimasak pedas.

3. Rendang

Rendang

* sumber: pomacikitchen.com

Makanannya favorit semua orang dan sudah terkenal hingga mancanegara, adalah rendang, olahan jeroan yang cocok untuk Idul Adha yang selanjutnya. Walaupun biasanya dibuat dari dagingnya, Anda bisa juga menggunakan atau menambahkan jeroan ke dalam resep rendang.

4. Sate Kambing

Sate Kambing

Kalau orang yang tidak mau ribet dan ingin seru-seruan bareng keluarga biasanya lebih memilih membuat sate kambing. Selain seru karena harus bakar-bakaran, sate kambing mudah dibuat dan rasanya sudah dijamin pasti enak tidak akan gagal. Tidak perlu menambahkan bumbu yang rumit, cukup garam dan kecap manis saja sudah bisa menambahkan cita rasa pada sate. Anda bisa menyelipkan jeroan di antara daging sapi atau kambing.

5. Tengkleng Kambing

Tengkleng Kambing

* sumber: id.openrice.com

Referensi olahan jeroan lezat untuk Idul Adha yang selanjutnya adalah tengkleng kambing. Tengkleng merupakan makanan khas Kota Solo. Tengkleng dibuat dengan daging yang masih menempel dengan tulangnya, serta jeroan kambing tentunya. Agak mirip dengan gulai kambing, tapi tengkleng memiliki kuah yang lebih tipis.

6. Oseng Mercon

Oseng Mercon

* sumber: kabarwisata.com

Penggemar pedas ayo merapat! Ada olahan jeroan untuk Idul Adha yang enak dan nyegerin banget, nih, namanya oseng mercon. Makanan ini datang dari Kota Yogyakarta. Biasanya oseng mercon dibuat dari daging sapi, tapi orang banyak yang berinovasi dengan daging dan bahan lainnya seperti ceker ayam, daging kambing, dan jeroan. Intinya, sih, oseng mercon itu harus pedas pakai banget!

7. Nasi Kebuli

Nasi Kebuli

* sumber: notepam.com

Bikin olahan jeroan untuk Idul Adha khas Timur Tengah, yuk? Nasi kebuli adalah nasi yang dimasak dengan kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin. Biasanya nasi kebuli disajikan dengan daging kambing goreng, tapi Anda bisa menggantinya juga dengan jeroan. Jangan lupa beri taburan potongan kurma atau kismis supaya ada seger-segernya.

8. Torpedo Kambing

Torpedo Kambing

* sumber: www.diahdidi.com

Olahan jeroan untuk Idul Adha yang satu ini agak geli dan sebagian orang tidak berani memakannya. Adalah torpedo kambing, dari namanya mungkin Anda sudah tahu bagian apa yang dipakai dari kambing? Ya, benar, yang digunakan adalah alat kelamin kambing jantan.

Memasak torpedo butuh skill, karena torpedo termasuk bahan yang sulit diolah. Tapi, sekalinya Anda berhasil, masakan ini bisa jadi favorit Anda sekeluarga. Katanya, rasa torpedo kambing ini sedap banget, gurih-gurih enyoy~

9. Asem-asem Daging Kambing

Asem-asem Daging Kambing

* sumber: infokuliner.com

Masak asem-asem daging kambing khas Semarang, yuk. Tapi, kali ini Anda ganti dagingnya dengan jeroan. Makanan ini bisa jadi alternatif buat Anda yang bosan makan makanan bersantan. Cita rasa asem-asem daging kambing itu tentunya asam, manis, dan agak pedas. Rasa asamnya biasanya didapatkan dari belimbing wuluh.

10. Tongseng Kambing

Tongseng Kambing olahan jeroan untuk idul adha

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Rekomendasi olahan jeroan untuk Idul Adha yang terakhir adalah tongseng kambing. Tongseng merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia. Ada dua tipe tongseng, yaitu tongseng dengan santan dan tanpa santan.

Ya, itulah sepuluh referensi olahan jeroan untuk Idul Adha nanti dari Bacaterus. Jika Anda bosan dengan makanan bersantan, Anda bisa memasak jeroan kambing/sapi jadi sop, soto, atau ditumis. Dan, semua makanan di atas bisa menggunakan jeroan kambing maupun sapi, ya. Apakah Anda punya resep turun-temurun untuk olahan jeroan untuk Idul Adha? Bagikan di kolom komentar, yuk!

Oh iya, jika Anda punya permasalahan soal bau amis daging kurban yang melekat di tangan, Anda bisa temukan solusi cepatnya melalui artikel Cara Menghilangkan Bau Amis di Tangan ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *