Bacaterus / Jamur / Inilah Beberapa Olahan Jamur Tiram Terenak dan Mudah Ditiru

Inilah Beberapa Olahan Jamur Tiram Terenak dan Mudah Ditiru

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jamur merupakan tumbuhan yang sering dikonsumsi. Selain dijadikan tumisan, gorengan, atau sayur sup, jamur juga dianggap sebagai pengganti daging ayam, ikan, bahkan sapi, bagi para vegetarian. Karena, kalau diolah dengan tepat, tekstur dan rasa jamur bisa jadi mirip seperti daging hewan.

Jamur mudah ditemukan di mana-mana, baik itu di swalayan, pasar tradisional, hingga tukang sayur keliling. Apalagi jamur tiram, yang rasanya lebih familiar dan harganya sangat terjangkau. Jamur tiram bisa disulap menjadi banyak variasi masakan dan kandungan gizi jamur pun tak kalah baik. Karena itulah, Bacaterus akan memberi tahu Anda beberapa olahan jamur tiram yang lezat dan mudah dibuat.

Macam-Macam Olahan Jamur Tiram

Suka makan jamur tiram dan bingung mau mengolahnya seperti apa? Tenang saja, Bacaterus punya beberapa ide olahan jamur tiram yang enak dan mudah dibuat di rumah.

1. Jamur Krispi

* sumber: resepkoki.id

Resep yang paling mudah memang jamur krispi. Jamur memiliki tekstur kenyal, dipadu dengan adonan tepung yang gurih akan menghasilkan perpaduan kriuk + chewy yang amazing di mulut. Jamur krispi biasanya dijadikan camilan, bahkan ada juga yang menjualnya di gerobak pinggir jalan. Tapi, Anda bisa juga menjadikannya pendamping lauk dan nasi.

Untuk membuatnya, Anda membutuhkan 250 gr jamur tiram, 2 sdm tepung terigu, 3 siung bawang putih halus, 1 sdt garam, 1/2 sdt lada bubuk dan 150 ml air. Itu tadi untuk bahan basahnya, ya. Untuk pelapisnya, sediakan 250 gr tepung terigu, 2 sdm tepung beras, 1/2 sdt baking powder, 1/2 sdt merica dan 1 sdt garam.

Cara membuatnya, cuci bersih jamur, lalu tiriskan. Kalau bisa keringkan jamur dengan menggunakan tisu dapur, supaya jamur krispinya maksimal (jangan diperas, nanti jamurnya jadi hancur). Belah-belah jamur menggunakan tangan hingga menjadi tipis-tipis memanjang. Dalam satu wadah, buatlah bahan pencelup. Di satu wadah lainnya, buat bahan pelapis.

Panaskan minyak (yang banyak). Jika sudah panas, ambil sepotong jamur, lalu celupkan ke pencelup. Langsung gulingkan ke pelapis hingga rata, tepuk-tepuk, lalu cemplungkan ke minyak panas. Lakukan satu per satu agar jamur tidak menempel. Goreng hingga jamur berwarna kecoklatan.

2. Tumis Jamur Tiram

* sumber: www.palmia.co.id

Menu yang paling populer memang tumis jamur tiram. Selain mudah dibuat, ini merupakan lauk yang enak buat makan nasi. Tumis jamur saja sudah cukup, tinggal dinikmati dengan nasi hangat.

Untuk membuatnya pun mudah, Anda tinggal menumis bawang putih dan jamur, jangan lupa beri bumbu. Selesai, deh! Kalau mau lebih sehat dan bertekstur, Anda bisa menambahkan batang daun bawang, wortel dan sayuran lainnya.

3. Pepes Jamur

* sumber: resepkoki.id

Kalau makan di rumah makan Sunda, biasanya ada menu pepes jamur. Nah, Anda tak perlu pergi makan di luar, karena pepes jamur sangat bisa Anda bikin sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan jamur apa saja, termasuk jamur tiram. Untuk bumbunya sederhana saja, Anda hanya membutuhkan daun salam, daun jeruk dan cabai rawit.

Sebelum membungkus jamur ke dalam daun pisang, lemaskan dulu daunnya di atas kompor agar lebih mudah dibentuk. Jangan lupa beri bumbu seperti garam dan lada juga ke dalam pepes Anda. Sesudah itu, kukus hingga daun pisang berubah jadi layu, selesai!

4. Sate Jamur

* sumber: www.berwirausaha.net

Ini mungkin agak aneh untuk sebagian orang, tapi sate jamur itu sungguhan ada. Bahkan ada juga yang menjualnya sebagai ladang usaha. Cara memasak dan bumbunya mirip seperti sate biasa.

Jamur tiram digulung lalu ditusukkan ke tusuk sate. Anda bisa membumbuinya seperti bumbu sate Madura, sehingga rasanya mirip seperti sate ayam biasa. Ini merupakan salah satu menu yang bisa dimakan oleh semua orang, termasuk yang vegetarian.

5. Rendang Jamur

* sumber: resepkoki.id

Masakan memang tak ada batasnya, tingkat kreativitas mendukung untuk menciptakan makanan baru setiap harinya. Seperti rendang jamur ini. Siapa yang bakal menyangka, kalau jamur bisa direndang? Hihi.

Rendang memang melekat dengan daging sapi khas. Tapi, sebenarnya bumbu rendang bisa diaplikasikan ke apa saja. Penulis pernah mencicipi rendang kerang, lalu ada juga rendang jengkol, jadi rendang jamur bukanlah ide yang aneh.

6. Dimsum Ayam Jamur

* sumber: cookpad.com

Dimsum lagi naik daun banget tahun ini. Pedagang dimsum ada di setiap belokan, restoran kelas tinggi pun banyak yang menyediakannya. Memang, cita rasa dimsum yang gurih dan lembut, dipadu dengan cocolan saus pedas, menggugah selera semua orang.

Dimsum sendiri banyak variannya. Ada dimsum udang, dimsum smoke beef, dimsum kepiting, dan salah satu dimsum yang populer adalah dimsum jamur. Walaupun namanya dimsum jamur, tetap saja isiannya ada daging ayam dan daging udangnya, tapi ditambah jamur juga. Resepnya bisa Anda lihat di sini, ya.

Cara Menghilangkan Bau Jamur Tiram

* sumber: www.abelandcole.co.uk

Memasak jamur tiram memang mudah, tapi, pernahkah Anda mencium bau dari jamur tersebut? Jika masih fresh, jamur tiram cenderung tidak punya bau yang aneh. Akan tetapi, jika lewat satu hari saja dari waktu seharusnya jamur tersebut dimasak, maka akan tercium aroma tak sedap, seperti bau busuk. Kalau sudah berbau dan mengeluarkan cairan, jangan konsumsi jamurnya lagi.

Tapi, ketika jamur itu fresh, dan masih mengeluarkan aroma bau kayu atau bau langu setelah jamur dimasak, berarti ada yang salah dari cara memasaknya.

Tips Memasak Jamur

*

Ketika memasak jamur, sebaiknya menggunakan penggorengan atau panci yang ada tutupnya. Atau, tutup menggunakan apa saja ketika jamur dimasak. Metode ini akan membuat jamur lebih berair yang mencegah mereka agar tidak gosong. Karena memproduksi air sendiri, maka Anda tak perlu menambahkan air untuk masakan jamur tumis.

Waktu memasak jamur adalah sekitar 7-10 menit saja. Itu akan menghasilkan jamur yang lemas dan banyak airnya. Jika Anda tak mau banyak air, masak jamur selama 2 menit saja lalu matikan api, dan tutup wajan. Biarkan sisa panas yang membuat jamur matang. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda coba ketika memasak jamur di rumah:

1. Pilih Jamur Segar

* sumber: pertanan-online.blogspot.com

Ciri-ciri jamur tiram segar adalah batangnya kokoh dan kenyal, bentuk mahkotanya mekar sempurna, tidak lembek, tidak berair, warnanya putih bersih untuk varietas putih (ketahuilah ada beberapa varietas jamur tiram yang berwarna kuning, biru, hitam, dll). Jamur tiram segar juga berbau segar! Anda pasti tahu setelah menciumnya.

Anda bisa membelinya di pasar tradisional, tukang sayur, tempat budidaya jamur, atau di supermarket. Ketika jamur sudah tidak segar, ciri-cirinya terlihat layu, berair/basah, berbau busuk, berwarna cokelat-keabuan dan mahkotanya tidak mekar.

Untuk menjaga kesegaran jamur, setelah dibeli langsung simpan jamur di tempat sejuk. Bungkus dengan kertas makanan, bukan dengan plastik. Jangan simpan jamur di kulkas, biarkan di suhu ruangan saja, tapi jangan terkena sinar matahari.

2. Cuci Jamur

Seperti sayuran lainnya, jamur harus dicuci bersih sebelum dibuat jadi makanan. Cucilah jamur di air mengalir sambil dikibas-kibaskan. Jangan diremas! Karena nanti jamurnya jadi layu dan kehilangan teksturnya. Potong bagian bawah batang jamur (biasanya masih suka ada akarnya juga) karena kotor dan merupakan sumber bau jamur.

3. Rendam Jamur

* sumber: hiveminer.com

Jika setelah melalui langkah-langkah di atas dan Anda masih mencium bau aneh, rendamlah jamur dengan larutannya air garam selama 10 menit. Cara ini juga akan membersihkan jamur lebih baik lagi dari kotoran atau pun serangga. Akan tetapi, jika Anda ingin membuat jamur krispi, jangan lakukan ini karena jamur akan jadi agak lembek.

4. Segera Masak Jamur

* sumber: www.seriouseats.com

Jamur bukanlah sayuran yang bisa disimpan lama. Jadi, setelah dibeli, segera masak jamur Anda. Tapi, kalau Anda menyimpannya dalam kantung kertas di suhu ruangan, jamur bisa bertahan hingga 3-7 hari.

5. Masak dengan Rempah & Bumbu

* sumber: www.kitchennostalgia.com

Jika jamur Anda masih terhitung aman untuk dimakan, tapi tetap mengeluarkan aroma bau, masaklah jamur dengan bumbu dan rempah yang kuat, seperti cabai rawit, daun salam, lengkuas, serai, kecap. Dibuat pepes, kari, gulai, hingga sate juga dapat membantu menghilangkan bau dari jamur.

Ya itulah beberapa olahan jamur tiram yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Jika Anda punya ide lain untuk mengolah jamur tiram yang lain, yuk beri tahu kami dan pembaca lain di kolom komentar. Oh iya, selain olahan jamur, kami juga membahas soal jenis jamur yang enak untuk dimasak. Apa saja itu? Baca di sini, ya. Selamat memasak!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *