Bacaterus / Jamur / 10 Olahan Jamur Merang yang Bisa Dimasak dengan Mudah

10 Olahan Jamur Merang yang Bisa Dimasak dengan Mudah

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Straw mushroom, atau jamur merang, memiliki nama Latin Volvariella volvacea. Ini adalah spesies jamur yang dapat dimakan yang dibudidayakan di seluruh Asia Timur dan Tenggara.

Jamur merang telah digunakan secara luas dalam masakan Asia dalam ribuan tahun lamanya. Jamur ini biasanya dipasarkan dalam bentuk segar di negara-negara Asia. Tapi, jika diekspor biasanya sudah diolah dalam bentuk kalengan atau dikeringkan.

Apakah Anda sedang ingin memasak jamur merang? Intip aneka ide memasak jamur merang yang telah Bacaterus siapkan untuk Anda di bawah ini.

1. Tumis Kapri Jamur Merang

* sumber: selerasa.com

Jamur memang paling sering dimasak dengan cara ditumis, apapun jenis jamurnya. Begitu pula dengan jamur merang. Supaya lebih bervariasi dan lebih sehat, Anda bisa menambahkan kacang kapri ke dalam tumisannya.

Selain enak, tumisan ini sangat mudah dibuat. Walaupun Anda tidak bisa masak sekalipun, Anda pasti bisa kalau cuma membuat ini doang. Apalagi bahan-bahannya mudah di dapatkan di pasar tradisional atau di swalayan. Harganya juga tidak mahal.

Untuk membuat tumisan ini Anda akan membutuhkan jamur merang, kacang kapri, kembang kol, daun bawang cabai merah, bawang putih, bawang bombay, garam, merica, kecap ikan, saus tiram, air dan minyak saja.

Pertama-tama tumis semua bumbu hingga wangi, masukkan jamur (karena jamur masak lebih lama daripada kapri). Jika jamur sudah mengeluarkan air, masukkan kapri. Masak sampai matang. Jika menurut Anda tumisannya masih kurang berkuah, silakan tambahkan sedikit air.

2. Nasi Tim Jamur

* sumber: www.langsungenak.com

Biasanya kalau lagi sakit atau cuaca lagi sering hujan paling enak makan yang hangat-hangat, kan? Bagaimana jika Anda membuat nasi tim jamur? Memang, yang di gambar menggunakan jamur shiitake, tapi Anda bisa menggantinya dengan jamur merang juga, kok. Anda bahkan bisa juga menambahkan filet dada ayam atau daging sapi cincang. Anda bisa melihat resepnya di artikel ini.

3. Ayam Tumis Jamur

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Perpaduan daging ayam dan jamur itu pas sekali, loh? Kenapa tidak Anda buat sekarang juga? Memasaknya pun sangat mudah dan praktis. Cara memasak dan bumbu dasarnya sama saja seperti tumisan-tumisan lainnya.

Tapi, untuk bumbu tambahannya jangan lupa pakai saus tiram dan beri sedikit tepung supaya agak kental. Dimakan dengan nasi putih yang pulen sudah paling pas, sih. Resepnya bisa Anda lihat di sini, ya!

4. Cah Udang Jamur

* sumber: www.palmia.co.id

Selain cocok dipadukan dengan ayam, jamur juga akur sama udang! Jika Anda mau mencoba membuat cah udang jamur ini, siapkan bahan-bahan berikut:

  • 250 gram udang kupas
  • 250 gram jamur merang
  • 5 siung bawang putih, memarkan
  • ½ buah bawang bombay, cincang
  • ½ sdt air jeruk nipis
  • 3 cm jahe, memarkan
  • 1 sdm kecap ikan
  • 5 sdm kecap manis
  • 1 sdm saus tiram
  • ½ dan ¼ sdt garam
  • 100 ml air
  • 1 sdt maizena
  • Margarin secukupnya

Cara membuatnya, lumuri udang dengan air perasan jeruk nipis dan ¼ sdt garam, marinasi selama 5 menit. Tumis bawang-bawang dan jahe menggunakan margarin. Masukkan jamur, udang, kecap-kecap, saus tiram dan ½ garam. Tambah air dan maizena. Sajikan!

5. Tumis Sapi dengan Jamur

* sumber: www.royco.co.id

Steak biasanya ada pilihan saus mushroom, kan? Jadi, bisa disimpulkan kalau daging sapi dan jamur itu merupakan pasangan yang harmonis. Kalau Anda tidak PD membuat steak sendiri di rumah, bikin saja jadi tumisan! Daging sapi penuh gizi dan protein, sedangkan jamur kaya mineral dan vitamin.

Bumbu tumisannya sama saja seperti biasanya, tapi Anda bisa membubuhkan lada hitam supaya ada rasa pedasnya. Jangan lupa beli daging sapinya yang buat tumisan supaya tidak keras!

6. Keripik Jamur Merang

* sumber: endeus.tv

Anda mungkin sudah pernah mendengar jamur tiram crispy, tapi, bagaimana dengan keripik jamur? Ini agak jarang, apalagi kalau yang digunakan jamur merang. Ini merupakan camilan yang satisfying dan sehat. Jamur merangnya diiris agak tipis lalu dicampur adonan tepung bumbu ditambah rempah supaya kriuk.

Siapkan 1 kg jamur merang segar, 300 gr tepung beras, 150 gr tepung kanji, 2 sdt kaldu ayam, minyak goreng. Untuk bumbu halusnya 12 siung bawang putih, 2 sdm ketumbar bubuk, 1 sdm garam. Haluskan semua bumbu halus, iris jamur merang secara melintang. Lumuri jamur dengan bumbu halus tersebut, diamkan agar meresap kurang lebih selama 10 menit.

Campur tepung-tepung dan kaldu, taburkan pada jamur, lalu aduk semua sampai tepung melekat secara rata pada jamur. Panaskan minyak yang banyak dengan api sedang. Goreng jamur secara bertahap agar tidak menempel, aduk sesekali. Angkat dan tiriskan. Anda bisa menyimpannya dan menjaga kerenyahannya dengan memasukkan keripik jamur ke dalam wadah bertutup.

7. Opor Ayam Jamur

* sumber: www.masakapahariini.com

Bosan dengan opor ayam yang gitu-gitu aja? Berikan sedikit twist pada opor Anda dengan menambahkan jamur merang! Cara membuatnya tidak berbeda dengan opor pada umumnya, hanya ditambah jamur merang saja. Intip resepnya di link ini.

8. Perkedel Jamur Merang

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Perkedel biasanya dibuat dari kentang atau jagung. Tapi, kali ini ada resep perkedel yang agak unik karena dia menggunakan jamur. Walaupun dasarnya tetap perkedel kentang, dengan menambah jamur, masakan ini jadi lebih sehat dan lezat pastinya. Anda bisa menambahkan daging giling juga supaya perkedelnya jadi lebih gurih.

9. Sup Krim Jamur Merang

* sumber: selerasa.com

Biasanya sup krim dibuat dengan isian potongan dada ayam, jagung manis, atau jamur. Nah, kali ini Bacaterus mau merekomendasikan Anda membuat sup krim pakai jamur merang.

Walaupun orang Indonesia mungkin jarang mengonsumsi jenis sup ini, Anda tidak perlu takut gagal membuatnya, karena ternyata tidak rumit sama sekali. Keluarga Anda pasti akan suka dengan sup jamur yang creamy ini. Resepnya bisa Anda intip di sini.

10. Lo mein Jamur

* sumber: www.thespruceeats.com

Lo mein adalah masakan Cina yang terdiri dari mie telur, sayuran, daging (ayam/sapi/babi) atau seafood (udang), atau kadang menggunakan wonton (dumpling Cina). Untuk yang vegetarian, Anda bisa menghilangkan semua protein hewani dan menggantinya dengan semua sayuran ditambah jamur merang!

Enak banget, kan, olahan-olahan jamur merang yang kami rekomendasikan? Nah, kalau Anda punya resep unik dan enak lainnya, Anda bisa ceritakan pengalamannya di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *