Bacaterus / Jamur / 10 Olahan Jamur Kuping yang Sedap untuk Ide Masak Hari Ini

10 Olahan Jamur Kuping yang Sedap untuk Ide Masak Hari Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wood ear mushroom, atau jamur kuping, adalah jenis fungi yang bisa dimakan. Jamur ini tumbuh di batang pohon mati yang lembab dan hidup bebas (tidak dikembang biakkan). Berbeda dari jamur kebanyakan, seperti namanya ‘wood ear’, jamur ini bentuknya seperti telinga manusia. Teksturnya juga sangat berbeda. Jika jamur lainnya chewy empuk, jamur kuping sangat kenyal dan crunchy.

Jamur kuping mengandung nutrisi seperti air, 72% unsaturated fat yang sehat dan aman untuk tubuh, protein, serat, karbohidrat, energi 351 kkal, serta vitamin B1, B2, C, biotin, niacin, dll. Selain mudah ditemukan di pasar, jamur kuping juga murah dan bisa meningkatkan tekstur masakan agar lebih sedap di mulut. Yuk, langsung saja buat aneka olahan jamur kuping bersama Bacaterus!

1. Tumis Jamur Kuping

*Sumber: https://www.instagram.com/yzmalicious/?hl=id

Jamur kuping memang paling umum dijadikan tumisan. Kamu bisa menumis apa saja dengan tambahan jamur yang crunchy ini dan menjadikan masakan tersebut jadi lebih ‘wah’.

Umumnya, jamur kuping ditambahkan ke tumisan sayuran seperti wortel, sawi putih, dan kamu bisa juga menambahkan tahu. Ini akan menjadi menu vegetarian yang enak dan lezat. Bumbunya simpel saja, bawang putih, bawang merah, cabai sesuai selera, dan penyedap rasa.

2. Sup Jamur Kuping Asam Pedas

* sumber: www.palmia.co.id

Ayo, siapa yang baru kepikiran menjadikan jamur kuping semangkuk sup? Kalau kamu bosan dengan menu tumisan, ini bisa jadi penyegaran. Sup asam pedas ini cocok banget buat makan siang ditemani nasi panas. Kamu yang lagi nggak berselera makan pun pasti langsung makan dengan lahap, deh.

Kamu akan membutuhkan filet dada ayam, jamur kuping, kol, tomat, dan sayuran lainnya sesuai selera. Untuk bumbu aromatiknya siapkan bawang bombay, jahe, cabai rawit, saus tomat, saus sambal, margarin, garam, kaldu, merica, dan air.

Tumis bawang bombay, jahe, dan ayam menggunakan margarin. Tambahkan air, lalu masak sampai ayam matang. Masukkan jamur dan semua bumbu yang telah disiapkan. Koreksi rasa sebelum dihidangkan, ya!

3. Lumpia Goreng

* sumber: www.platedpalate.com

Orang Indonesia pasti suka aneka macam lumpia. Mau yang basah, mau yang goreng, semuanya enak di lidah orang lokal. Tapi, untuk jamur kuping biasanya ditambahkan dalam lumpia goreng saja, karena lumpia basah hanya membutuhkan dua bahan, yaitu bengkuang dan tauge.

Lumpia goreng ini nama bekennya adalah vegetarian fried roll. Kenapa namanya vegetarian? Karena isinya sayuran semua. Tapi, kamu selalu bisa menambahkan ayam, sapi, babi, udang, telur, atau mungkin ikan, sesuaikan saja dengan preferensi kamu.

Untuk isiannya, kamu juga akan membutuhkan tahu, wortel, jamur kuping, bihun, bawang bombay, potato starch (tepung kentang), telur, juga gula, garam, black pepper untuk rasa. Jangan lupa kulit lumpianya juga, ya!

4. Kimlo

* sumber: endeus.tv

Di Indonesia banyak sekali Chinese food yang disesuaikan dengan lidah lokal, seperti kimlo ini. Kimlo sendiri adalah sejenis sup yang diambil dari bahasa Cina. Sup ini bisa kamu kreasikan lagi dengan sumber protein hewani dan juga sayuran favoritmu.

Kuahnya yang bening dan segar cocok banget dihirup saat cuaca sedang tidak bagus. Kamu akan membutuhkan kembang tahu, daging ayam, udang kupas, wortel, jamur kuping, sawi putih, sedap malam, dan penyedap rasa

5. Pastel Tutup

* sumber: www.yummly.com

Ini terlihat seperti makanan ala Barat yang bernama Shepherd’s pie, makanan dari Inggris yang berupa pie daging giling dengan topping kentang tumbuk. Bisa dibilang ini versi Indonesia-nya. Ini adalah makanan fusi perpaduan citarasa Timur dan Barat dalam satu hidangan. Makanan yang sangat lezat dan sangat enak ini dibilang sebagai pastel tutup oleh orang lokal. Hidangan ini populer di tanah Jawa.

Hidangan ini sangat berbeda dari pastel ayam. Pastel tutup memiliki isian tumisan yang biasanya terdiri dari daging giling, sayuran, soun, jamur kuping, bumbu dan rempah-rempah.

Lalu, itu semua diapit di antara lapisan kentang tumbuk creamy dan kemudian dipanggang. Makanya makanan ini cukup sering disajikan saat pesta pernikahan, karena selain enak, mengenyangkan, masakan ini juga terlihat mewah. Resepnya ada di artikel berikut.

6. Tahu Goreng Isi Jamur

* sumber: endeus.tv

Semua orang pasti suka gorengan. Salah satu gorengan yang paling banyak diminati adalah gehu atau tahu isi. Kalau resep biasanya, gehu ya isinya cuma tauge saja. Tapi, kamu bisa meng-upgrade jadi tahu isi yang lebih bernutrisi lagi dengan menambahkan jamur kuping, wortel, dan bihun! Gehu ini juga jadinya lebih mengenyangkan, pas buat ganjel sebelum jam makan besar.

7. Nasi Ebi Jamur

* sumber: endeus.tv

Resep nasi ebi jamur cukup beken juga, loh. Cara membuatnya juga mudah banget. Technically, kamu tidak perlu ‘masak’. Cukup cemplungkan semua bahan ke dalam rice cooker, nanti biar mesin itu yang melakukan tugasnya. Cocok banget buat kamu yang belum bisa masak atau anak kostan yang tidak mau repot-repot sibuk di dapur.

Siapkan beras, sejumput ebi, bawang putih, jamur kuping, kecap manis, merica bubuk, garam, penyedap rasa. Cara memasaknya, rendam ebi di dalam air hingga mengembang. Lalu, cuci dan masukkan beras ke dalam rice cooker seperti biasa kalau kamu mau masak nasi.

Tuang semua bumbu, tambahkan jamur kuping dan ebi, aduk rata. Nyalakan rice cooker dan tunggu nasi ebi jamurmu matang! Menu ini cocok juga buat sahur, kamu tinggal masak malam harinya dan tinggal bobok. Pas bangun sahur kamu sudah ada makanan, deh!

8. Japchae

* sumber: kimchimari.com

Japchae (잡채) adalah glass noodle (mi kaca) khas Korea, kalau di kita semacam soun tapi teksturnya lebih kuat, tidak mudah rapuh. Tidak sulit memasak japchae, waktu memasaknya pun sebentar, sekitar 20 menitan saja. Tapi, japchae alias mi sounnya harus direndam dulu selama 2 jam dengan air dingin. Kamu bisa juga membiarkannya semalaman, jadi jangan khawatir kalau kelupaan.

Kalau tidak ada glass noodle Korea, kamu bisa pakai soun atau bihun lokal juga. Cara memasak japchae agak unik karena sayuran dan dagingnya dimasak terpisah dulu, begitu pula dengan minya. Nanti baru diaduk di dalam baskom menggunakan tangan (kalau kuat panas, kamu bisa aduk di atas panci juga). Resep selengkapnya silakan dilihat di sini.

9. Dumpling

* sumber: www.yankitchen.com

Ide masak selanjutnya adalah dumpling. Buat yang tidak tahu, dumpling itu mirip dengan pangsit, siomay, dimsum, gyoza, jiaozi, apapun kamu suka menyebutnya. Dumpling bisa dinikmati dengan cara dikukus, direbus, maupun digoreng.

Isian dumpling umumnya menggunakan daging udang, ayam, atau babi. Tapi, mungkin bisa juga menggunakan daging cincang atau ikan. Biasanya dumpling diisi sayuran juga seperti wortel, daun bawang, dan jamur earwood tentunya.

10. Pork Belly with Wood Ear Mushroom

* sumber: www.yummly.com

Ide masak yang terakhir adalah tumis daging dan jamur kuping. Kamu bisa membuatnya menggunakan irisan perut babi atau daging sapi. Penambahan jamur kuping bisa meningkatkan tekstur masakan dan juga menambah cita rasa. Untuk sausnya cukup pakai kecap manis saja! Tambahkan juga paprika supaya rasa tumisan kamu makin segar dan ada sedikit rasa pedasnya.

Banyak sekali ide memasak jamur yang enak dan gampang. Tinggal pilih saja salah satu ide masakan yang kami sebutkan di atas. Tapi, kalau kamu punya ide lain yang lebih menarik, bisa langsung tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *