Bacaterus / Jamur / 10 Olahan Jamur Kancing yang Enak dan Mudah Dimasak

10 Olahan Jamur Kancing yang Enak dan Mudah Dimasak

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tanaman dengan nama ilmiah Agaricus Bisphorus ini merupakan varietas paling umum untuk jamur yang bisa dimakan. Jamur kancing dibudidayakan dan dikonsumsi dalam skala besar di seluruh dunia. Jamur kancing dapat dengan mudah dikenali dan tersedia di swalayan bahkan tukang sayur keliling. Itu karena mereka banyak tersedia di antara jamur yang dibudidayakan.

Button mushroom ini memiliki cita rasa yang sederhana dan familiar di lidah semua orang. Manfaat kesehatan dari jamur kancing diantaranya adalah, mereka sangat rendah kalori. Jamur ini menawarkan protein esensial, asam amino, kadar mineral, vitamin, dan serat yang cukup.

Jamur kancing juga membawa vitamin D dalam bentuk ergocalciferol. Itu adalah vitamin esensial yang larut dalam lemak yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan metabolisme kalsium. Jamur ini juga mengandung selenium, tembaga, fosfor, seng, dan kalium tingkat tinggi yang sangat baik.

Ingin terinspirasi membuat olahan jamur kancing untuk santap sahur atau berbuka? Anda datang ke tempat yang tepat. Karena, Bacaterus punya sepuluh resep button mushroom alias jamur kancing yang mudah di-recreate di bawah ini.

1. Jamur Kancing Pedas

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Jika biasanya jamur hanya ditumis begitu saja, Bacaterus akan membagikan resep-resep yang cukup unik dan mungkin belum pernah Anda coba sebelumnya. Resep yang pertama adalah Jamur Kancing Pedas.

Orang Indonesia suka sekali rasa pedas, bukankah begitu? Kenapa tidak membuat tumisan jamur yang pedas juga untuk buka puasa nanti? Anda bisa menambahkan bakso sapi dan aneka sayuran yang Anda suka.

2. Jamur Kancing Goreng Tepung Renyah

* sumber: www.fimela.com

Semua jamur teksturnya empuk dan lembut, jadi kadang ada yang tak suka makan jamur karena mereka semakin benyek ketika dimasak. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengolahnya jadi Jamur Kancing Goreng Tepung Renyah. Selain bisa menjadi lauk makanan, jamur krispi juga enak dijadikan camilan. Sajikan dengan saus sambal dan saus tomat untuk cocolan.

3. Sup Jamur Bening

* sumber: hellosehat.com

Jamur cukup jarang dijadikan sup, kalaupun ada, biasanya jamur dijadikan topping untuk ramen. Itu juga jenis jamur yang bertekstur ‘keras’ seperti jamur kuping. Jamur juga sering dijadikan topping pasta atau saus steak. Jarang orang memikirkan, “Oh, aku akan memasak sup jamur hari ini!”. Mungkin ada, tapi itu sup krim jamur, dan berarti jamurnya tidak terlihat karena sup krim biasanya diblender.

Jika Anda ingin merasakan tekstur jamur dan melihat bentuk jamur yang utuh, buatlah menjadi sup bening. Sup jenis ini juga cocok sekali ketika Anda merasa kurang enak badan, karena bisa menghangatkan tubuh Anda secara cepat.

Fun fact: jamur kancing memiliki sifat obat yang bisa mengurangi peradangan sel pembuluh darah jantung, serta mencegah sel darah putih untuk menempel ke dinding arteri. Very healthy!

4. Sate Jamur

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Jika Anda vegan atau vegetarian, mungkin Anda akan menghindari aneka protein hewani. Lalu, bagaimana jika Anda tiba-tiba ingin makan sate? Tenang saja, karena Anda bisa membuat sate jamur!

Anda bisa memanggangnya dengan bumbu kecap lalu mencocolkannya pada bumbu kacang setelah sate matang. Panggang sate jamurnya di atas teflon saja, soalnya kalau di-grill langsung takutnya cepat gosong. Sajikan sate jamur dengan semangkuk nasi hangat!

5. ‘Rambutan’ Kentang Jamur

* sumber: &

Jika Anda ingin berkreasi membuat makanan yang lebih unik (dan memakan lebih banyak waktu), coba buat Rambutan Kentang Jamur. Ini bisa menjadi santapan favorit semua anggota keluarga, dan cocok untuk takjil buka puasa juga. Bentuk ‘rambutan’-nya tidak menggunakan mi tapi pakai bihun. Untuk membuat dish ini Anda hanya membutuhkan waktu 20 menit saja dan bisa jadi 20 buah bola ‘rambutan’, loh!

Pertama-tama, siapkan 500 gram kentang, boleh dikukus, direbus, atau digoreng. Pokoknya nanti dihaluskan. Kedua, cuci bersih dan potong dadu atau potong kecil-kecil jamur kancing.

Siapkan juga 20 gram kuning telur, 3 siung bawang putih (digoreng, haluskan), ½ sdm bawang merah (goreng, remas-remas), ½ sdm abon cabai, 1½ sdt garam, 1/4 sdt merica bubuk, ½ sdt pala bubuk, 1 batang seledri (iris halus), 1 butir telur kocok lepas untuk pencelup, 50 gram bihun kering (potong-potong), 500 gram minyak untuk menggoreng.

Cara membuatnya, campur kentang, jamur, telur, bawang putih, bawang merah, cabai, garam, merica bubuk dan pala bubuk, tambahkan seledri, lalu aduk rata. Ambil adonan dan bentuk bulat-bulat. Celupkan adonan ke dalam telur, lalu gulingkan di atas bihun. Goreng ‘rambutan’ dalam minyak panas. Sajikan!

6. Mi Ayam Jamur

* sumber: resepkoki.id

Mi ayam biasanya dipasangkan dengan jamur, jadinya mi ayam jamur, walaupun jamurnya jarang disebutkan. Jamur yang biasanya dipakai adalah jamur kancing. Mulai dari mi rumahan, mi tukang bakso, mi ayam yang lewat depan rumah, mi ayam instan, hingga mi ayam kelas restoran banyak yang membuat mi ayam jamur. Sajikan mie ayam jamur dengan sambal dan kecap supaya lebih sedap.

7. Jamur Kancing Isi Keju

* sumber: www.asianinamericamag.com

Untuk membuat resep internasional ini, Anda akan membutuhkan jamur kancing ukuran besar atau setidaknya yang bite size. Ini adalah jamur kancing isi chorizo dan keju. Tapi, jika Anda muslim atau tidak makan babi, chorizo bisa diganti sosis sapi, ayam dan ikan. Nanti, masaknya dipanggang, jadi lebih sehat. Resepnya bisa Anda ikuti di sini.

8. Salad Jamur Segar

* sumber: www.foodnetwork.com

Pernah membayangkan makan jamur mentah? Mungkin tidak. Di Indonesia sendiri memang kurang lazim makan makanan yang mentah, kecuali yang berbumbu saus kacang seperti karedok dan lotek. Tapi, tak ada salahnya dicoba, kan? Siapa tahu Anda malah ketagihan!

Bahan:

  • 450 gram jamur kancing besar, bersihkan dan iris tipis
  • 1/3 cangkir daun peterseli segar, cincang
  • 1/4 cangkir minyak zaitun extra virgin
  • 250 ml air lemon segar
  • Garam kosher
  • Lada hitam yang baru ditumbuk
  • 2 ons keju parmesan

Campur jamur dan peterseli dalam mangkuk salad sedang. Lalu, dalam mangkuk kecil, kocok minyak zaitun dan jus lemon sampai tercampur rata. Bumbui dengan garam dan merica secukupnya.

Tuang campuran minyak ke mangkuk salad dan aduk sampai semua bahan terlapisi. Beri keju parmesan tabur di atasnya dan sajikan salad dengan berbagai macam keju dan roti gaya Perancis.

9. Bola Nasi Isi Jamur

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Ini bisa jadi ide bekal makan siang anak atau kalau anak lagi susah makan nasi! Benda bulat-bulat lucu ini adalah Bola Nasi Isi Jamur. Merupakan kreasi resep yang unik dan menarik, bukan? Kalau Anda bosan makan nasi hangat dan jamur tumis atau jamur pepes juga, bisa banget bikin menu ini.

Yang paling penting: membuat resep ini sangat mudah dan tidak perlu merogoh kocek dalam! Anda hanya perlu menyediakan nasi, bawang bombay dan jamur kancing saja. Pertama-tama, tumis bawang bombay dan jamur, tambahkan garam dan gula lalu masak sampai matang.

Kedua, campur tumisan dengan nasi, lalu bentuk bola-bola. Gulirkan ke kocokan telur, lalu ke breadcrumb. Terakhir, goreng dalam minyak panas yang banyak (deep fry).

10. Garlic Butter Mushroom

* sumber: cafedelites.com

Garlic Butter Mushroom adalah dish yang simpel tapi enak. Ini agak mirip dengan tumisan jamur khas Nusantara, sih, tapi juga berbeda disaat yang bersamaan. Saus mentega bawang putih adalah ramuan yang sangat baik. Anda bisa menjadikan ini lauk untuk nasi, pasta, steak, risotto, atau isian wrap food seperti burrito atau taco. Resep selengkapnya bisa Anda lihat di sini, ya.

Jadi, sekarang Anda tidak perlu pusing mau masak apa hari ini. Coba saja masak salah satu resep masakan jamur di atas. Atau, jika Anda punya resep lebih menarik dan lezat, bisa bagikan di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *