Bacaterus / Jagung / 10 Olahan Masakan yang Bisa Dibuat dari Jagung Muda

10 Olahan Masakan yang Bisa Dibuat dari Jagung Muda

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jagung, sayuran yang berupa biji-bijian ini merupakan makanan pokok sebagian orang. Jagung juga sering diolah menjadi hidangan pendamping. Tapi, ternyata bukan cuma jagung yang sudah ‘jadi’ saja yang bisa dimakan, karena jagung yang masih baby juga bisa diolah.

Baby corn atau jagung muda merupakan jagung yang dipanen ketika belum matang sempurna. Tangkainya masih kecil, biji dan bonggolnya masih empuk, jadi bisa dimakan semua bagiannya. Jagung muda bisa dimakan mentah, tapi tentu saja lebih populer dimasak.

Berikut adalah ide membuat olahan jagung muda buat kamu yang sudah bingung baby corn yang ada di kulkas mau diapakan. Yuk, masak bersama Bacaterus!

1. Tumis Brokoli Jagung Muda

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Ya, mungkin sudah bisa kamu bayangkan, jagung muda paling sering dimasak sebagai tumisan. Teksturnya yang crunchy tapi lembut ini memang lebih enak kalau dimasak sebentar, supaya rasa kriuk-kriuknya tidak hilang.

Seperti tumisan 10 menit ini. Bahan-bahannya tidak banyak, cara masaknya simpel dan cuma butuh waktu sebentar saja. Kamu bisa obrak-abrik kulkas dan menggunakan sayuran yang kamu temukan di sana.

Kalau di atas ini merupakan tumis brokoli, jagung muda, dan sawi putih. Cara masaknya, tumis bawang merah dan bawang putih. Jika sudah harum tambahkan semua sayur, yang paling keras lebih dulu yang dimasukkan.

Tambahkan irisan cabai merah, garam dan penyedap rasa. Kamu juga bisa pakai sedikit kecap manis atau saus tiram supaya rasanya lebih legit. Masak sampai brokoli berubah warna dan semua sayuran terlihat agak layu.

2. Baby Corn Tumis Pedas

* sumber: hebbarskitchen.com

Kamu suka makanan pedas? Chinese food yang satu ini sangat sederhana dan mudah ditiru. Supaya lebih enak, gunakan baby corn yang masih segar, ya, jangan yang sudah letoy. Pertama-tama, baby corn-nya dimasak krispi terlebih dahulu. Terus, disiram perpaduan saus schezwan dan saus tomat. Rasanya? Dijamin bikin nagih!

3. Mi Goreng Ayam dan Sayuran

* sumber: www.yummly.co.uk

Masih dari masakan Cina, mi goreng merupakan hidangan yang sangat populer di Indonesia. Hidangan ini cocok banget buat makan siang atau makan tengah malam sambil nemenin nonton tv! Bagian pentingnya, masakan ini tidak membutuhkan waktu lama untuk dibuat. Jadi, kalau kamu atau orang rumah sudah kelaparan banget, tidak perlu tersiksa berlama-lama.

Walaupun mi juga karbohidrat, tapi namanya orang Indonesia tidak bisa hidup tanpa nasi. Dan, memang faktanya mi goreng ini cocok juga dipadukan dengan nasi, jadi tak apa-apa kalau kamu mau menjadikannya sebagai lauk.

4. Tumis Beef Baby Corn

* sumber: www.kawalingpinoy.com

Selain enak ditumis bersama sayuran lainnya, jagung muda juga cocok dimakan dengan daging sapi. Supaya dagingnya tak terasa alot, pilih daging iris untuk tumis seperti has dalam, has luar, atau bahkan tetelan.

Tumisan ini juga mudah dibuat, karena dagingnya tidak membutuhkan waktu lama agar matang. Sekiranya dalam setengah jam saja, kamu sudah bisa mendapatkan sepiring tumisan daging sapi dan baby corn yang manis dan gurih ini.

Selain memilih bagian daging, ada teknik memasak dari Cina yang bernama ‘velveting’ supaya daging tidak alot. Metode ini meliputi merendam daging di dalam tepung jagung dan kecap manis, lalu blanch (rebus di dalam air mendidih sebentar, dalam hitungan detik saja), tapi uniknya kamu bisa blanch di air maupun minyak asalkan sudah panas sekali.

Baru, deh, masak dagingnya bersama sayuran. Langkah ini akan menciptakan ‘lapisan pelindung’ yang akan menyegel kelembaban dan kelembutan daging sapi. Sekarang, kamu bisa memasak tumisan daging sapi yang empuk dan tidak nyangkut di gigi!

5. Kwetiau Salmon Baby Corn

* sumber: www.bbcgoodfood.com

Selain cocok dengan daging sapi, baby corn juga akur sama aneka ikan, loh. Buat kamu yang peduli dengan makanan sehat pasti suka dengan dish yang satu ini, karena menggunakan salmon dan sayuran.

Di sini karbohidratnya pakai kwetiau, tapi kalau kamu mau lebih sehat lagi bisa pakai mi shirataki, ya. Kamu bisa bikin versi mi goreng (tanpa kuah) juga. Tapi, kalau pakai kuah itu lebih nyegerin dan ngenyangin juga, loh!

Supaya kamu tidak mengonsumsi air saja, gunakan kaldu ayam, kaldu sapi, kaldu ikan, atau kaldu apapun yang kamu punya. Belum tahu cara bikin kaldu sendiri? Baca artikel ini.

Nah, untuk memasak kwetiau kuah ini, kamu akan membutuhkan kaldu, pasta kari merah, kwetiau, jamur kuping atau terserah mau jamur apa, baby corn, filet salmon, perasan jeruk nipis, kecap manis, gula merah, dan coriander leaf. Masaknya? Cemplungkan saja semuanya ke panci berisi air, garnish dengan daun ketumbar.

6. Crispy Baby Corn Pedas Manis

* sumber: www.hungryforever.com

Baby corn yang dimasak garing merupakan signature masakan Cina. Dish ini disukai di mana-mana karena enak, murah, dan sederhana. Siapkan 12 buah baby corn, 95 gr tepung jagung, 32 gr tepung terigu serbaguna, ½ sdt lada bubuk, garam secukupnya, 2 sdm air, sedikit minyak untuk menggoreng dangkal.

Untuk membuat saus pedas manisnya, 1 paprika hijau (potong dadu), 26 gram daun bawang (cincang halus), 1/2 sdt jahe dan bawang putih parut, 2 buah cabai hijau, 1/2 sdt kecap asin, 1/2 sdt lada bubuk, 1/2 sdt gula, garam secukupnya, 2-3 sdt minyak, bawang untuk garnish.

Potong atau iris jagung sesuai selera, lalu rebus selama 3-4 menit. Angkat dan tiriskan menggunakan tisu dapur. Panaskan minyak untuk menggoreng (sedikit saja asal menutupi jagung). Campurkan tepung, garam, dan merica di dalam mangkuk. Gulingkan jagung lalu goreng sampai warnanya jadi cokelat keemasan.

Untuk sausnya, tuangkan 2-3 sdt minyak goreng. Masukkan bawang putih dan jahe parut, tumis selama 3 menitan. Tambahkan daun bawang (bagian putihnya saja) dan tumis lagi selama 4-5 menit.

Tambahkan paprika yang sudah dipotong dadu dan tumis dalam api besar selama 3-4 menit. Tambahkan kecap asin, garam, gula, bubuk merica, lalu aduk rata. Tambahkan baby corn, masak sebentar saja asal sausnya merata. Tata di piring dan taburkan daun bawang (bagian yang hijaunya). Selesai!

7. Tumis Ayam Jahe Lemon

* sumber: www.yummly.co.uk

Ini adalah makanan yang enak untuk dimakan saat weekend. Rasanya enak, legit, dan menyegarkan dari jahe dan lemonnya. Daging ayam yang garing di luar dan juicy di dalam, lalu sayuran yang crunchy seperti jagung baby dan wortel, merupakan perpaduan yang pintar.

Potong dada ayam menjadi irisan tipis. Aduk rata bersama tepung dan five spice powder (lima bubuk rempah khas Cina). Panaskan sedikit minyak sayur dalam wajan besar, lalu masak irisan ayam selama 3-4 menit sampai matang (berwarna cokelat keemasan). Angkat dan sisihkan ayam.

Tambahkan minyak lagi, lalu masukkan sayuran dan bubuk cabai. Jika sudah agak layu, masukkan lagi ayam yang sudah matang. Tambahkan air perasan lemon, parutan kulit lemon, serta irisan jahe. Masak hingga 4 menit lagi lalu angkat dan sajikan dengan nasi atau mi.

8. Snack Jagung Muda

* sumber: hebbarskitchen.com

Pernah membayangkan membuat jagung muda sebagai snack? Mungkin tidak, karena sayuran ini identik sebagai lauk pendamping nasi saja. Padahal, snack ini enak, sehat, murah, dan vegan-friendly. Cocok juga buat anak-anak yang susah makan sayur. Kamu juga bisa menjadikannya lauk makanan, sih, kalau kurang kenyang. Lihat resepnya di sini, ya.

9. Kari Jagung Muda

* sumber: www.vegrecipesofindia.com

Kari merupakan dish yang sangat populer di India Utara, Cina, Thailand, dan juga Indonesia. Bahkan, saking enaknya, kari juga populer di negara-negara lainnya. Kari baby jagung ini bisa kamu nikmati dengan nasi, roti, atau nasi dengan salad sayuran segar sebagai hidangan sampingannya. Resepnya bisa kamu dapatkan di sini.

10. Veggie Creamy Pasta

* sumber: www.vegrecipesofindia.com

Ternyata baby corn juga bisa dijadikan resep pasta, loh. Pasta ini menggunakan saus putih, yang mana merupakan salah satu resep pasta termudah yang ada sekaligus salah satu resep pasta paling populer. Kamu dapat membuat pasta saus putih ini jadi lebih berwarna dan bergizi dengan menambahkan beberapa sayuran, seperti baby corn contohnya.

Jadi, itulah 10 olahan jagung muda yang enak dan mudah dibuat di rumah. Semua olahan tadi bisa kamu kreasikan sesuai dengan seleramu. Namun, jika punya ide lain soal olahan jagung muda yang lebih enak lagi, bisa tuliskan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *