Bacaterus / Jagung / 10 Olahan Jagung Manis yang Mudah untuk Dibuat Sendiri

10 Olahan Jagung Manis yang Mudah untuk Dibuat Sendiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang cukup mudah ditemukan baik di pasar tradisional maupun di pasar-pasar modern. Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan pengganti bahan makanan pokok beras atau nasi.

 

Ada beberapa jenis yang dikenal di Indonesia. Setidaknya ada tujuh jenis jagung yang dikenal di Indonesia dan jagung manis adalah salah satunya.  Jagung manis ini ada yang menjualnya secara utuh atau bonggol dan ada juga yang sudah dipipil, seperti jagung manis frozen yang bisanya sudah dipipil jadi bisa langsung diolah.

Tidak hanya jagung rebus atau jagung bakar, terdapat banyak sekali makanan yang dapat diolah dengan menggunakan jagung menjadi makanan bahkan minuman yang enak lho.

1. Nasi Jagung

Nasi Jagung

* sumber: bisnisukm.com

Pernah dengan lagu tentang nasi jagung? Nasi jagung merupakan salah satu makanan tradisional Indonesia lho. Di beberapa daerah nasi jagung ini ada beberapa sebutan, seperti di Madura disebut nasek empog, di Blitar disebut nasi ampok.

Nasi jagung ini terbuat dari jagung tua yang sudah dipipil dan dihaluskan kasar. Untuk membuatnya pun mirip dengan cara membuat nasi pada umumnya. Nasi jagung ini bisa dijadikan sebagai pengganti nasi biasa dan juga bisa disantap dengan lauk pauk juga sayur layaknya nasi pada umumnya.

Kalau bosan dengan nasi biasa, bisa coba nih buat nasi jagung untuk menu makan utamanya. Rasanya juga pasti enak.

2. Perkedel Jagung

Perkedel Jagung

*

Tidak hanya perkedel kentang, jagung pun bisa dibuat perkedel. Beberapa daerah menyebut perkedel ini dengan bakwan. Perkedel jagung ini mudah dijumpai di warung-warung makan. Kalau mau membuatnya sendiri caranya sangat mudah.

Bersihkan jagung yang sudah dipipil, kemudian tumbuk tapi jangan terlalu halus. Kemudian campurkan tepung terigu, telur, irisan daun bawang dan bumbu sederhana seperti garam, merica putih. Jika suka bisa juga menambahkan irisan cabe rawit, bawang putih dan juga bawang merah yang dihaluskan.

Kemudian tambahkan air secukupnya dan aduk rata semua bahan hingga adonan menjadi cukup kental. Setelah adonan selesai diaduk, kemudian adonan siap dimasak di minyak yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Masak hingga kuning keemasan.

Perkedel ini bisa dijadikan teman makan nasi atau dijadikan camilan dengan tambahan cabe rawit atau saus agar lebih nikmat. Mudah bukan membuatnya?

3. Jagung Kelapa Parut

Jagung Kelapa Parut

* sumber: www.inibaru.id

Sama seperti nasi jagung, jagung kelapa parut ini memiliki beberapa sebutan di berbagai daerah seperti grontol dan juga urap jagung. Ada yang menyajikan dengan rasa gurih, ada juga yang menyajikan dengan rasa manis tergantung selera masing-masing.

Jagung manis yang sudah dipipil dan dibersihkan direndam semalaman kemudian direbus hingga empuk dan mengembang kemudian tiriskan. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Jika suka manis gulanya ditaburkan lebih banyak, sesuai selera. Dan terakhir taburkan parutan kelapa diatasnya.

Untuk membuat jagung kelapa parut ini proses yang dibutuhkan lumayan panjang, tapi membuatnya mudah juga rasanya dijamin enak. Jagung kelapa parut ini merupakan salah satu makanan yang dimakan oleh tentara PETA, lho. Jadi, termasuk makanan tradisional Indonesia yang sudah ada sejak dahulu kala.

4. Lepet Jagung

Lepet Jagung

* sumber: www.inibaru.id

Makanan tradisional lainnya yang terbuat dari jagung adalah lepet jagung. Uniknya lepet ini pun dibungkus dengan kulit jagungnya, lho. Rasa dari lepet jagung ini manis, kenyal dan juga legit.

Jika mau membuatnya bahan yang diperlukan sangat mudah ditemukan. Bahannya utamanya sudah pasti jagung manis parut kemudian gula pasir, kelapa parut, maizena, vanili bubuk, garam, dan santan kental.

Semua bahan tadi dicampurkan hingga merata, bungkus dengan kulit jagung, kemudian kukus dengan api sedang sekitar 30 menit atau hingga matang. Mudah bukan membuatnya?

5. Puding Jagung

Puding Jagung

* sumber: review.bukalapak.com

Puding jagung, merupakan salah satu dessert yang bisa dijadikan olahan makanan yang enak. Tidak kalah enak dengan puding lainnya, puding dari olahan jagung manis pun sama-sama enak dengan rasa manis yang khas dari jagungnya.

Pengolahan puding jagung ini pun mudah dan tidak perlu memerlukan waktu yang lama untuk membuatnya. Bahan yang diperlukan tentunya jagung manis yang sudah dipipil dan dicuci. Kemudian blender dengan santan.

Campurkan jagung yang sudah diblender tadi dengan agar-agar dan gula. Kemudian masak hingga mendidih dan tuangkan ke dalam wadah. Dan tunggu hingga adonan puding dingin menjadi padat.

Puding jagung manis pun siap dimakan, dan bisa juga ditambahkan topping jagung manis juga supaya tampilannya lebih cantik. Disajikan dingin pasti lebih nikmat dan segar. Simpel dan mudah bukan?

6. Jagung Susu Keju

Jagung Susu Keju

* sumber: ensiklopedi.dapurrakyat.id

Jagung susu keju atau yang sering dikenal menjadi jasuke. Camilan ini merupakan camilan yang cukup dikenal akhir-akhir ini dan mudah ditemukan. Perpaduan rasa manis dari jagung manisnya juga susu kental dan gurihnya keju inilah yang menjadikan camilan ini cukup populer dan digemari.

Kalau kamu berniat untuk membuatnya, caranya sangat mudah dan proses pembuatannya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Bahan yang diperlukan cukup jagung manis, susu kental manis atau dikenal juga dengan skm dan keju parut.

Untuk membuatnya pipil jagung manis terlebih dahulu, cuci kemudian rebus selama kurang lebih 10 menit. Kemudian setelah matang tiriskan, dan tinggal di campurkan dengan keju manis dan topping parutan keju.

Kalau mau rasa yang lebih gurih lagi, bisa mencampurkan margarin secukupnya ke jagung manis yang telah direbus. Dan jasuke pun siap dinikmati. Camilan murah, nikmat, dan mudah dibuat bukan?

7. Corndog

Corndog

* sumber: www.justataste.com

Makanan yang terbuat dari olahan jagung berikutnya adalah corndog yang merupakan jajanan atau camilan gaya western. Cara membuatnya cukup mudah, bahan yang dibutuhkan adalah jagung, terigu, sosis, telur, susu, garam dan baking powder.

Pertama, haluskan dulu jagung yang sudah dibersihkan, kemudian campurkan dengan semua bahan tadi kecuali sosis hingga adonan mengental. Tusuk sosis dengan tusuk sate dan celupkan ke adonan jagung. Kemudian goreng hingga berwarna coklat keemasan.

Agar lebih nikmat, sajikan dengan saus tomat atau saus cabai. Kalau suka bisa juga menambahkan mayonaise dan saus mustard. Rasa yang gurih pasti bikin nagih.

8. Sup Krim Jagung

Sup Krim Jagung

* sumber: www.royco.co.id

Untuk membuat sup krim jagung cukup mudah dan yang pasti mengenyangkan. Bisa menjadi salah satu pilihan untuk sarapan. Untuk membuatnya, bahan yang diperlukan adalah jagung pipil yang dihaluskan dengan sus.

Kemudian masak campuran tadi dengan menambahkan bumbu simpel seperti garam, dan lada bubuk. Bisa juga menambahkan keju dan jangan lupa heavy cream agar teksturnya semakin lembut dan rasanya semakin gurih. Masak hingga adonan mendidih, bisa juga tambahkan taburan jagung rebus pipil diatasnya. Mudah bukan?

9. Susu Jagung

Susu Jagung

* sumber: spaghettibox.com

Tidak hanya kacang kedelai yang bisa dijadikan susu, tapi jagung pun bisa diolah menjadi susu lho. Untuk membuatnya bahan yang dibutuhkan jagung manis, air, almond, gula, susu dan garam.

Cara membuatnya mudah, rebus jagung manis yang sudah dipipil kemudian blender jagung dengan susu cair. Saring campuran tadi dan masak hingga mendidih, dan jangan lupa masukan gula secukupnya. Mudah ya?

10. Es Jagung

Es Jagung

* sumber: www.angsarap.net

Dessert selanjutnya yang terbuat dari olahan jagung adalah es krim! Rasa manis khas jagung ini tak kalah nikmat dengan es krim kebanyakan seperti rasa coklat, vanila atau stroberi. Ada dua jenis es jagung yang mudah untuk dibuat yaitu, es jagung khas kalimantan dan es krim jagung.

Untuk membuat es jagung khas kalimantan, bahan yang dibutuhkan adalah jagung manis yang sudah dipipil, dibersihkan dan direbus hingga matang. Kemudian campurkan dengan larutan sirup yang terdiri dari gula pasir, air dan daun pandan yang dimasak terlebih dahulu hingga gula larut.

Kemudian masukan ke dalam wadah jagung yang sudah direbus, sirup gula, susu kental manis, dan jangan lupa es serut. Dan es jagung pun siap disantap. Mudah bukan membuat es jagung Khas kalimantan ini?

Sedangkan untuk membuat es krim jagung bahan yang dibutuhkan adalah rebusan jagung manis pipil yang diblender, susu, heavy cream, vanilla, kuning telur, dan gula. Campurkan semua bahan masak hingga matang dan adonan mengental.

Kemudian masukan adonan kedalam wadah, dan bekukan di dalam freezer hingga es krim benar-benar beku dan siap disantap. Mudah bukan?

 

Itulah 10 olahan yang terbuat dari jagung manis yang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Kira-kira olahan jagung manis yang mana yang jadi favoritmu? Tuliskan dikolom komentar ya. Baca juga artikel jenis jagung yang paling banyak dikonsumsi ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *