Bacaterus / Ikan Tuna / 10 Olahan Ikan Tuna yang Lezat, Bisa untuk MPASI Bayi Juga!

10 Olahan Ikan Tuna yang Lezat, Bisa untuk MPASI Bayi Juga!

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tuna, ikan sehat yang terkesan mewah, padahal harganya cukup merakyat. Tuna memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita. Dan, rasa ikan ini pun luar biasa. Tuna tidak memiliki bau atau pun rasa amis seperti ikan-ikan lainnya. Warna dan tekstur daging tuna pun merah serta padat, ada sedikit rasa lemaknya yang membuatnya semakin menggugah selera.

Tapi, tuna itu harus dibuat jadi apa, ya? Tuna bukanlah ikan sehari-hari kebanyakan orang Indonesia. Berbeda dengan ikan lele, nila, mas, mujair, kakap, dan ikan air tawar lainnya yang lebih sering dikonsumsi dan disajikan di restoran-restoran.

Bahkan di kedai atau restoran seafood pun jarang menyajikan tuna. Paling banter kalau Anda pergi ke restoran bintang 5, ke hotel, atau ke tempat sushi baru deh bisa menemukan tuna. Jadi, wajar saja kalau cukup banyak yang grogi ketika mau masak tuna.

Padahal, sama saja seperti ikan-ikan laut lainnya, tuna bisa Anda sulap menjadi apa saja! Ikan yang penuh protein ini bahkan sudah enak dimakan mentah, apalagi kalau ditambah bumbu sana-sini, pasti semakin sedap rasanya.

Berikut adalah ide masakan ikan tuna yang sehat dan enak dari Bacaterus, kebanyakan resepnya pakai bumbu nusantara, jadi kalau Anda tidak terbiasa makan tuna tidak akan kaget. Serta, ada resep makanan pendamping ASI untuk bayi juga, loh. Yuk, dilihat!

1. Tuna Goreng Saus Kemiri

* sumber: endeus.tv

Kemiri biasanya dibuat menjadi bumbu dasar, tapi jarang dibuat menjadi saus, bukan? Walaupun begitu, orang Indonesia pasti familiar dengan rasanya. Aroma kemiri yang khas dan cita rasanya cocok dipadukan dengan ikan tuna.

Untuk membuat resep ini, Anda membutuhkan filet ikan tuna, kemiri, daun jeruk, cabai rawit, serai, lengkuas, tomat, santan dan kecap manis! Anda bisa mengikuti langkahnya di sini.

2. Sate Tuna

* sumber: id.tastemade.com

Tee~ Sateeee~ Siapa yang suka sate? Bahan yang paling populer dijadikan sate memang mamalia dan unggas, tapi bukan berarti hewan laut seperti tuna tidak enak disate, loh. Coba saja, deh. Sate tuna memiliki warna dan tekstur yang mirip dengan sate ayam (full daging).

Lalu, jika Anda membumbuinya sama persis seperti sate ayam pada umumnya, maka rasanya tidak akan ketahuan kalau itu ikan. Trik yang bagus untuk “menipu” anak-anak yang susah makan ikan!

3. Tuna Bumbu Merah

* sumber: selerasa.com

Bumbu merah pedas ini memang andalan di masakan khas Indonesia. Kentang, daging, petai, cumi, kerang, kangkung, semuanya cocok dimasak dengan bumbu belacan atau balado.

Aneka ikan seperti ikan kembung dan bandeng pun terasa enak sekali ketika dimakan dengan sambal merah ini, tak ayal dengan ikan tuna. Daging ikan yang tebal dan gurih berpadu dengan pedas dan harum sambal, pasti membuat kita nambah nasi terus! Resep selengkapnya bisa Anda cek di sini.

4. Tuna Crispy

* sumber: sajiansedap.grid.id

Dari foto di atas terlihat seperti daging sapi goreng, ya? Padahal ini tuna, loh! Memang, daging tuna itu sangat padat dan berserat, jadi teksturnya mirip daging sapi tapi jauh lebih empuk tentunya. Seperti kebanyakan ikan lainnya, ikan tuna juga cocok dimasak dengan tepung. Untuk anak-anak yang sulit makan ikan, coba potong dadu atau potong tipis-tipis supaya ikannya ikut tergoreng garing.

5. Nasi Bakar Tuna

* sumber: resepkoki.id

Nasi bakar biasanya berisi ikan asin atau ayam. Nah, kali ini cobalah buat dengan lauk yang lebih tinggi protein, yaitu tuna. Ikannya ditumis dulu dengan bumbu pedas, lalu masukkan ke dalam nasi di dalam daun pisang. Bakar nasinya sebentar supaya harum aroma daun pisang. Nikmati selagi hangat!

6. Kroket Tuna

* sumber: www.royco.co.id

Kroket adalah camilan yang mengenyangkan dan lezat. Jangan biarkan buah hati Anda jajan yang tidak sehat melulu, coba buat ini untuk camilan weekend atau bekal sekolah anak, yuk!

Anda akan membutuhkan kentang, telur, tepung roti, bawang bombai, bawang putih, susu bubuk, minyak goreng, margarin dan tentunya ikan tuna! Bahan-bahannya simpel dan cara membuatnya pun tidak terlalu ribet.

7. Salad Tuna

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Tentu saja tuna sangat cocok dijadikan salad. Aneka sayuran seperti selada, mentimun, tomat, zaitun, dan bawang bombai merah sangat cocok ditambah daging ikan tuna, mau dalam kondisi mentah atau pun matang. Beri drizzle minyak atau saus salad favorit Anda untuk menyantapnya. Salad ini cocok dijadikan appetizer atau makan siang kalau sedang diet.

8. Steak Tuna

* sumber: www.foodandwine.com

Bukan cuma daging sapi dan domba saja yang enak di-steak, ikan tuna juga! Bumbu untuk steak tuna tidak ribet, Anda hanya membutuhkan mustard, cilantro dan minyak. Lihat cara memasaknya di sini. Untuk membuat steak tuna, pastikan Anda mendapatkan tuna Ahi sushi-grade (yellow fin tuna) yang berkualitas.

9. Cheesy Tuna Lasagna

* sumber: www.kraftcanada.com

Lasagna biasanya dibuat dari daging sapi giling. Tapi, kalau Anda ingin merasakan sedikit twist, sedang diet, atau ingin makan lebih sehat, ganti daging giling dengan tuna! Bahan-bahan dan cara membuatnya sama saja seperti lasagna pada umumnya. Anda hanya perlu mengganti daging giling dengan tuna cincang.

10. Nasi Tim Tuna

* sumber: www.gasolorganik.com

Kalau yang satu ini benar-benar resep MPASI alias makanan pendamping air susu ibu. Untuk bayi di atas bulan dan belum punya gigi untuk mengunyah, cocok banget dibuatkan ini, nih! Selain mengenyangkan, tim tuna dari tepung gasol memiliki gizi dan tekstur yang pas buat buah hati Anda.

Buat yang belum tahu, tepung gasol adalah tepung yang paling baik untuk MPASI. Tepung ini lebih sehat karena tidak pakai pengawet, pewarna, ditanam secara organik dan tidak diberi penambah rasa. Karena dibuat dari tepung, Anda tak perlu memblender atau pun menyaringnya lagi, anti ribet.

Ya itu tadi adalah beberapa ide olahan ikan tuna yang enak, lezat, dan bergizi. Selain untuk dikonsumsi orang dewasa, ternyata tuna juga bisa dijadikan MPASI loh! Nah, kalau Anda lebih suka mengolah ikan tuna menjadi makanan apa? Bagikan pengalaman seru Anda di kolom komentar, ya!

Oh iya, kalau Anda masih bingung membedakan antara ikan tuna, tongkol, dan cakalang, sebaiknya baca informasi selengkapnya dalam artikel Perbedaan Ikan Tuna, Tongkol, dan Cangkalang ini, ya. Selamat memasak!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *