Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Tongkol Paling Populer di Indonesia

10 Olahan Ikan Tongkol Paling Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan yang lazim diolah. Hal ini wajar mengingat cita rasanya yang enak, serta kandungan gizinya yang banyak. Sudah banyak olahan lezat yang tercipta dari ikan bernama ilmiah Euthynnus affinis ini.

Beberapa di antaranya merupakan olahan yang tergolong populer di Indonesia. Sepuluh olahan tersebut bakal kami sebutkan di sini. Siapa tahu, kamu tertarik untuk mencoba salah satu atau beberapa di antaranya. Sepuluh olahan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Pampis Tongkol

Pampis Tongkol

* sumber: cookpad.com

Olahan tongkol ini merupakan salah satu makanan khas Manado. Ciri khas olahan ini adalah cita rasanya yang pedas bercampur gurih. Untuk membuat Pampis Tongkol, ikan tongkol harus diolah bersama bahan-bahan lainnya.

Misalnya cabai rawit, daun jeruk, serai, kunyit, jeruk nipis, minyak sayur, dan garam. Sebelum dicampur bahan-bahan tersebut, tongkol harus dikukus dulu lantas disuir-suir. Olahan ikan tongkol ini sangat cocok disantap selagi hangat bersama sepiring nasi.

2. Singgang Ikan

Singgang Ikan

* sumber: cookpad.com

Kalau olahan tongkol satu ini amat populer di beberapa daerah Sumatera serta di Malaysia. Olahan ini merupakan olahan ikan tongkol dengan kuah yang segar. Pada olahan ini, ikan tongkol harus dicuci terlebih dahulu.

Setelah itu, ikan tersebut dimasukkan ke dalam rebusan bumbu berbahan bawang merah, bawang putih, kunyit, dan bahan-bahan lainnya. Selain ikan tongkol, masakan satu ini juga bisa diolah dengan ikan-ikan lainnya. Misalnya ikan terubuk, selangat, ikan parang, dan ikan belanak.

3. Semur Tongkol Lombok Ijo

Semur Tongkol Lombok Ijo

* sumber: cookpad.com

Kalau mau olahan tongkol yang pedas, kamu bisa mencoba olahan satu ini. untuk membuat olahan ini, ikan tongkol sebagai bahan utama mesti digoreng dulu hingga matang. Sambil menunggu tongkol matang, tumislah sejumlah bumbu.

Misalnya bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau. Tumislah bumbu-bumbu tersebut hingga beraroma harum. Bila sudah begitu, masukkanlah ikan tongkol goreng dan sedikit air. Aduk hingga rata. Agar makin lezat, masukkanlah kecap manis dan sedikit garam ke tumisan tersebut.

4. Tumis Tongkol Kecap

Tumis Tongkol Kecap

* sumber: cookpad.com

Sesuai namanya, ini merupakan olahan tongkol yang ditumis dan diberi bumbu kecap. Untuk membuatnya, ikan tongkol harus dibersihkan dan dipotong terlebih dahulu. Ikan tongkol tersebut lantas dilumuri garam dan perasan jeruk nipis, lalu digoreng setelah matang.

Tumislah beberapa bahan, seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, dan tomat. Tumislah hingga harum aromanya. Barulah setelah itu masukkan ikan tongkol, kecap, garam, dan gula secukupnya. Aduk hingga rata. Angkat, serta sajikan selagi hangat.

5. Pindang Tongkol Bumbu Kuning

Pindang Tongkol Bumbu Kuning

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=upBwmYRvTsM

Seperti ikan-ikan lainnya, ikan tongkol juga bisa diolah dengan bumbu kuning. Caranya, kamu harus membuat bumbu kuningnya terlebih dahulu. Bumbu kuning sendiri dibuat dari kunyit, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kemiri yang ditumis hingga halus dan harum.

Bila bumbu kuning sudah jadi, masukkan ikan tongkol bersama dengan air perasan jeruk nipis dan tomat. Aduk rata, lalu tambahkan air matang dan garam. Agar makin mantap, kamu bisa menambahkan irisan cabai rawit, cabai merah, serai, bawang merah, salam, dan lengkuas.

6. Nasi Bakar Tongkol

Nasi Bakar Tongkol

* sumber: id.tastemade.com

Nasi bakar tak harus berbahan daging ayam. Kamu pun juga bisa menjadikan ikan tongkol sebagai bahan utamanya. Cara membuatnya sendiri tidak terlalu sulit. Kamu harus menanak beras bersama dengan santan dalam magic com selama 30 menit.

Sambil menunggu berasnya matang, tumislah daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, dan bumbu halus hingga harum. Masukkan suwiran pindang tongkol dan air setelahnya. Aduk rata hingga airnya menyusut, lalu setelah itu masukkan daun kemangi ke dalamnya.

Ambillah selembar daun pisang berukuran kecil. Isilah daun tersebut dengan nasi dan isian tongkol. Gulung daun pisangnya, lalu sematlah kedua ujungnya dengan tusuk gigi. Bila sudah begitu, bakarlah di atas teflon hingga beraroma harum dan matang.

7. Tongkol Bumbu Sarden

Tongkol Bumbu Sarden

Ingin menyantap tongkol dengan cita rasa a la sarden? Coba saja menu satu ini! olahan satu ini tidak terlalu sulit untuk dibuat. Adapun langkah pertama yang mesti dilakukan adalah membuat bumbu sardennya terlebih dahulu.

Caranya, tumis bawang putih dan bawang merah. Bila sudah tercium aroma harum, masukkan cabai merah, lengkuas, daun salam, rawit merah, tomat hijau, serta sedikit air. Aduk hingga tercampur rata. Barulah sesudahnya masukkan ikan tongkol yang sudah digoreng sebelumnya.

Agar lebih mantap, masukkan pula garam, saus tomat, dan gula pasir. Masak hingga mendidih, dan sajikan selagi hangat.

8. Abon Ikan Tongkol

Abon Ikan Tongkol

* sumber: usaharumahan.id

Kalau mau olahan tongkol yang mudah disantap, abon ikan tongkol bisa menjadi pilihan. Olahan ini dibuat dari tongkol yang telah dipotong kecil-kecil, lalu dibalut sedikit garam. Setelah itu, dikukus dan disuwir-suwir dengan garpu.

Daging tongkol tersebut lantas dimasak bersama tumisan bawang putih, garam, gula pasir, dan lada. Masaklah tongkol bersama dengan tumisan bumbu-bumbu itu hingga betul-betul kering. Bila sudah, angkat dan simpan ke dalam wadah, lalu diberi taburan bawang goreng biar lebih lezat.

9. Bakso Ikan Tongkol

Bakso Ikan Tongkol

* sumber: www.rumahmesin.com

Bakso tak melulu dibuat dari daging ayam ataupun sapi. Daging ikan tongkol pun bisa menjadi bahan utama makanan tersebut. Bakso ikan tongkol adalah buktinya. Cara membuat bakso ikan tongkol sendiri kurang lebih sama dengan bakso umumnya.

Daging tongkol yang tulangnya sudah dilepas bakal dihaluskan dengan sejumlah bahan. Semisal merica, garam, bawang putih, dan kaldu bubuk. Bila sudah halus, ikan tongkol tersebut lantas dicampur dengan tepung terigu dan tepung tapioka, hingga menjadi adonan bakso ikan tongkol.

Adonan bakso ikan tongkol itu lantas dibentuk bulat, lalu dikukus ke dalam air mendidih hingga matang. Bila sudah matang, kamu bisa menyajikannya dengan kuah bakso yang hangat dan saus sambal. Bila tidak, kamu pun bisa menjadikannya bakso ikan tongkol goreng.

10. Nugget Ikan Tongkol

Nugget Ikan Tongkol

* sumber: logamjawa.com

Tak hanya bakso, ikan tongkol pun bisa kamu diolah menjadi sajian nugget yang lezat. Pada olahan tongkol yang unik ini, ikan tongkol yang dipakai harus dilepaskan kulit dan tulangnya terlebih dulu. Habis itu, diblender hingga halus dan dicampur dengan sejumlah bahan.

Semisal irisan daun bawang, seledri, dan bumbu halus. Bila sudah tercampur, masukkan tepung tapioka dan telur, lalu aduk hingga rata dan menjadi adonan nugget ikan tongkol. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega, lalu masukkanlah adonan nugget ikan tongkol ke dalamnya.

Kukus selama kurang lebih 30 menit. Bila sudah, potong adonan hingga membentuk nugget berukuran kecil. Masukkan ke dalam telur, baluri dengan tepung roti hingga rata, dan goreng hingga kering. Kamu bisa menyajikannya langsung selagi hangat, atau bisa menyimpannya dulu di dalam freezer.

Itulah sepuluh olahan ikan tongkol paling populer di Indonesia sejauh ini. Bagaimana, kamu tertarik untuk mencoba salah satu atau beberapa di antaranya? Atau, kamu justru tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Mampir juga di artikel olahan ikan salmon ini, yuk!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *