Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Teri yang Paling Populer di Indonesia

10 Olahan Ikan Teri yang Paling Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Oktober 2019

Ikan teri yang punya ukuran kecil ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Ya, menurut doktersehat, ikan teri bisa mencegah penyakit jantung karena daging ikan ini mengandung banyak lemak tak jenuh yang mampu menekan kolesterol jahat. Selain itu, ikan teri juga memiliki kandungan vitamin E yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membahas mengenai olahan ikan teri yang populer di Indonesia, spesial buat kamu. Ingin tahu, olahan teri apa saja yang lezat dan menggoyang lidah? Berikut daftarnya.

1. Sambal Teri Petai

olahan ikan teri sambal teri petai

* sumber: www.fimela.com

Menu olahan ikan teri yang pertama ada sambal teri petai. Ya, siapa yang nggak senang dengan olahan satu ini? Sambal teri petai umumnya dibuat dengan cara menumis teri dan petai yang sudah digoreng bersamaan dengan bumbu halus.

Bumbu halusnya sendiri terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah dan cabai rawit, garam, gula putih atau gula merah dan penyedap rasa. Bahan lainnya seperti daun jeruk, tomat hingga terasi juga tak jarang ikut ditambahkan, agar rasa sambal teri petainya makin nikmat.

2. Pepes Teri Basah

pepes teri basah

* sumber: pontianak.tribunnews.com

Nah, menu olahan ikan teri yang populer di Indonesia lainnya adalah pepes teri basah. Pepes teri basah dimasak dengan cara dikukus dalam daun pisang seperti olahan pepes pada umumnya.

Bumbu halus untuk pepes teri basah terdiri dari beberapa bahan, di antaranya bawang putih, bawang merah, kemiri, kunyit, cabai merah lengkuas serta jahe. Bumbu halusnya ini dicampurkan dengan ikan teri dan beberapa bahan lainnya seperti daun kemangi dan daun salam garam juga gula.

Seperti yang sudah disampaikan di atas, olahan pepes teri ini dimasak dengan cara dikukus hingga matang, sebelum akhirnya dibakar dengan bara api hingga harum. Hayo, siapa yang jadi lapar dan ingin menyantap makanan yang satu ini?

3. Rempeyek Teri

olahan ikan teri rempeyek teri

* sumber: sajiansedap.grid.id

Rempeyek teri adalah satu dari sekian banyak olahan ikan teri yang populer di Indonesia. Ya, rempeyek yang satu ini tidak kalah enak dari rempeyek kacang yang juga menjadi makanan pelengkap favorit banyak orang.

Rempeyek teri terbuat dari tepung beras, tepung sagu, teri medan, kuning telur, santan dan beberapa bahan lainnya. Bahan-bahan utamanya (kecuali teri) tadi dicampur sedemikian rupa dengan bumbu halus yang terdiri dari kemiri yang sudah disangrai, bawang putih, kencur hingga kunyit yang dibakar.

Cara memasak rempeyek teri terbilang mudah. Cukup ambil sesendok sayur adonan, kemudian taruh teri di atasnya. Setelah itu, goreng adonan dari pinggir wajan hingga menjadi lebar. Jangan lupa siram adonan tadi dengan minyak sampai lepas. Selanjutnya, kamu tinggal menggoreng adonan rempeyek sampai matang. Mudah sekali, bukan?

4. Teri Cabai Hijau

teri cabai hijau olahan ikan teri

* sumber: www.fimela.com

Olahan ikan teri berupa teri cabai hijau juga wajib masuk dalam daftar, nih. Ya, menu makanan bercita rasa pedas ini juga amat populer dan disukai banyak kalangan, terutama oleh mereka yang suka makanan pedas.

Untuk memasak teri cabai hijau, kamu perlu menyiapkan ikan teri kering beserta bahan lainnya seperti cabai hijau, bawang putih dan bawang merah, kaldu bubuk garam dan juga gula. Nah, kalau kamu sudah menyiapkan semua bahannya, haluskan bawang putih, bawang merah dan cabai.

Lalu, tumis bumbu halus tadi hingga harum dan tambahkan ikan teri. Aduk rata, kemudian masak hingga matang. Nah, gimana, kamu tertarik untuk memasak menu olahan ikan teri ini sendiri di rumah?

5. Tumis Daun Pepaya Teri

tumis daun pepaya teri

* sumber: selerasa.com

Tumis daun pepaya teri, menu olahan yang tentunya tak kalah lezat dari olahan teri lainnya ini juga pas untuk kamu jadikan santapan siang bareng nasi hangat. Bahan utama pembuatan tumis daun pepaya teri ini adalah daun pepaya yang telah direbus dalam larutan air garam, teri nasi dan santan kelapa.

Sedangkan bumbu pelengkapnya berupa bawang merah, cabai merah besar dan cabai merah keriting, daun salam gula pasir, tomat, lengkuas garam, merica serta bawang putih. Cara memasaknya sendiri terbilang mudah. Kamu tinggal menumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar dan bumbu pelengkap lainnya hingga layu.

Kemudian, tambahkan teri nasi dan daun pepaya. Bubuhkan garam, merica bubuk dan gula pasir. Terakhir, tuang santan dan aduk rata semua bahan di dalam wajan, lalu masak hingga matang.

6. Botok Teri

botok teri

* sumber: kumparan.com

Kalau kamu tinggal di tanah Jawa, sudah pasti tak asing lagi dengan yang namanya botok teri. Ya, menu olahan ikan teri ini bisa dibilang serupa dengan pepes teri. Keduanya sama-sama dibalut daun pisang dan dimasak dengan cara dikukus.

Yang menjadi pembedanya adalah, botok teri menggunakan kelapa parut sebagai salah satu bahannya. Kelapa parut ini dicampurkan dengan beberapa bahan lainnya seperti petai cina dan cabai, garam juga bawang putih dan bawang merah yang telah dihaluskan. Rasa dari botok teri ini tentu sangat menggugah selera dan tak kalah lezat dari pepes teri basah. Sudah pernah mencoba?

7. Kering Kentang Teri

kering kentang teri

* sumber: sajiansedap.grid.id

Siapa di sini yang nggak suka sama kering kentang? Kering kentang yang juga dikenal sebagai kentang mustopa adalah menu makanan yang banyak diminati masyarakat kita. Kering kentang sangat mudah didapatkan di warung-warung nasi yang menjual aneka menu masakan lezat. Nah, bukan cuma kering kentang biasa, ada varian lain dari menu kering kentang yang rasanya enak banget. Yep, kering kentang teri!

Cara memasak kering kentang teri pun serupa dengan cara memasak kering kentang pada umumnya. Kentang yang diiris tipis dan digoreng kering, ditumis dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah keriting, garam dan gula.

Kemudian diberi tambahan teri yang juga sudah digoreng hingga matang, untuk digoreng sampai kering dan tercampur rata. Sama dengan olahan ikan teri lainnya, kering kentang teri juga cocok untuk dinikmati bersama nasi hangat kapan saja. Yum!

8. Kering Tempe Teri Kacang

kering tempe teri kacang

* sumber: www.merdeka.com

Selanjutnya, ada kering tempe teri kacang. Sesuai namanya, menu makanan ini terdiri dari tempe yang dimasak dengan bumbu halus berupa cabai merah besar, kemiri, bawang putih dan bawang merah.

Tempe yang sebelumnya sudah dipotong-potong panjang dan tipis juga ditumis bersamaan dengan air asam jawa, daun salam, serai dan dua bahan utama lain berupa ikan teri dan kacang tanah yang sebelumnya telah digoreng kering. Kering tempe teri kacang ini punya citarasa pedas manis yang bikin nagih, lho. Ada yang suka sama olahan ikan teri yang satu ini?

9. Jengkol Teri Balado

balado teri jengkol

* sumber: cookpad.com

Menu jengkol balado yang terkenal lezat juga bisa dikombinasikan dengan teri, lho. Ya, kamu tinggal membuat jengkol balado seperti biasanya, dengan cara memasak jengkol dengan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang merah dan bawang putih, tomat, gula dan garam serta bumbu tambahan berupa daun salam, serai juga lengkuas.

Jengkol yang telah direbus hingga empuk dan digoreng hingga kering, ditumis bersama bumbu-bumbu tadi untuk kemudian dimasak hingga matang bersamaan dengan teri yang juga sudah melalui proses penggorengan. Jengkol teri balado ini juga punya rasa pedas nan lezat, lho.

10. Bakwan Teri

bakwan teri olahan ikan teri

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Terakhir, ada bakwan teri. Bakwan teri ini dibuat dengan cara mencampur ikan teri dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang putih dan bawang merah, merica hingga ketumbar serta beberapa bahan lainnya berupa telur, terigu, daun bawang, garam, gula dan air. Adonannya mirip dengan bakwan sayuran.

Cara memasaknya pun tak jauh berbeda. Kamu cukup mengambil adonan bakwan, lalu digoreng dalam minyak panas hingga matang. Bakwan teri cocok untuk dijadikan camilan atau disantap dengan nasi hangat.

Nah, itulah kesepuluh olahan ikan teri yang populer di Indonesia. Adakah salah satu di antara sepuluh menu olahan di atas yang belum pernah kamu coba?

Kalau kamu punya rekomendasi olahan teri lainnya yang belum masuk dalam daftar, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *