Bacaterus / Ikan / Yuk, Coba 10 Olahan Makanan Lezat dari Bahan Ikan Tenggiri

Yuk, Coba 10 Olahan Makanan Lezat dari Bahan Ikan Tenggiri

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai negara maritim, Indonesia memiliki banyak stok komoditi ikan, baik ikan laut ataupun ikan tawar. Mengkonsumsi ikan juga sangat dianjurkan karena memiliki banyak gizi dan manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis ikan yang banyak dijumpai di Indonesia dan sering dijadikan olahan makanan adalah ikan tenggiri.

Ikan tenggiri merupakan jenis ikan laut yang memiliki kandungan protein, vitamin, serta omega-3 yang bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otak manusia. Indonesia sendiri merupakan negara yang menempati urutan pertama sebagai penghasil ikan tenggiri terbanyak di dunia sejak tahun 1984.

Besarnya jumlah komoditi ikan tenggiri di Indonesia membuat ikan ini banyak menjadi favorit orang-orang untuk dijadikan berbagai olahan makanan yang lezat. Berikut 10 olahan makanan lezat dari ikan tenggiri yang bisa kamu temui di pasaran atau kamu bikin sendiri di rumah.

1. Pempek Ikan Tenggiri

Pempek Ikan Tenggiri

* sumber: faktualnews.co

Pempek merupakan makanan khas dari daerah Palembang yang kini sudah banyak dijual di berbagai daerah di Indonesia. Makanan ini menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasarnya. Pempek memiliki tekstur yang kenyal dengan cita rasa gurih dan aroma khas ikan tenggiri. Makanan ini dicampur dengan saus cuka yang memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas.

Cara membuat pempek adalah dengan menghaluskan ikan tenggiri, garam, bawang putih, putih telur, dan air kemudian dicampur dengan sagu. Adonan yang sudah jadi kemudian dibentuk dan direbus. Setelah ditiriskan, pempek disajikan dengan cara digoreng terlebih dahulu dan disiram saus cuka. Saus cuka ini terbuat dari air, bawang putih, cabai, gula aren, dan asam jawa.

2. Sempol Ikan Tenggiri

Sempol Ikan Tenggiri

* sumber: www.resepborneo.com

Sempol merupakan makanan khas kaki lima yang biasa dijajakan di pinggir jalan. Salah satu varian sempol adalah sempol ikan tenggiri. Jajanan ini berbentuk seperti sate dan terbuat dari campuran ikan tenggiri dan ragi yang dibalut kocokan telur. Rasanya gurih dan kenyal serta bisa dinikmati dengan tambahan saus sambal atau saus kacang.

Cara membuat sempol yaitu dengan menggiling ikan tenggiri bersama telur, bawang putih, bawang merah, dan air. Kemudian campurkan adonan tersebut dengan tepung tapioka, terigu, wortel, gula, dan garam lalu direbus. Celupkan adonan yang sudah direbus tadi pada kocokan telur kemudian goreng dan sempol siap untuk disajikan.

3. Otak-Otak Ikan Tenggiri

Otak-Otak Ikan Tenggiri

* sumber: wiratech.co.id

Otak-otak merupakan jajanan khas kepulauan Riau yang terbuat dari bahan dasar ikan tenggiri. Makanan ini sudah sangat populer dan mudah dijumpai di jajanan kaki lima. Otak-otak memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang gurih aroma bakar yang khas. Makanan ini bisanya disajikan dengan bumbu kacang.

Cara membuat otak-otak adalah dengan mencampur ikan tenggiri giling, tepung sagu, telur, santan, bawang, garam, dan gula, Adonan tersebut kemudian digulung di dalam daun pisang kemudian dibakar atau dipanggang menggunakan api sedang hingga tercium aroma wangi dan matang.

4. Batagor Ikan Tenggiri

Batagor Ikan Tenggiri

* sumber: bukanbocahbiasa.com

Batagor merupakan makanan khas kota Bandung yang merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Kebanyakan batagor menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar campuran tepungnya. Adonan ikan tenggiri  yang sudah dicampur dengan tepung tapioka ini kemudian digoreng bersama tahu coklat dan kulit pangsit kemudian disajikan dengan saus kacang.

Cara membuat batagor yaitu dengan mencampur ikan tenggiri giling, telur, tepung tapioka, garam, dan penyedap lainnya menjadi satu. Kemudian masukkan adonan ini pada tahu yang sudah dikukus sebelumnya. Kemudian goreng tahu hingga kecoklatan. Setelah dipotong-potong dan disiram saus kacang, batagor siap dihidangkan.

5. Siomay Ikan Tenggiri

Siomay Ikan Tenggiri

* sumber: cooksnapwin.com.au

Selain batagor, jajanan populer dari kota Bandung lainnya adalah siomay. Siomay memiliki cita rasa yang hampir mirip dengan batagor, hanya saja cara memasak siomay adalah dengan cara dikukus. Siomay menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan utamanya dan disajikan dengan pelengkap lain seperti telur atau kol rebus yang disiram saus kacang.

Untuk membuat siomay, kamu cukup mencampur ikan tenggiri giling, telur, gula, dan garam kemudian campurkan tepung kanji sedikit demi sedikit. Bungkus adonan tersebut dengan kulit pangsit kemudian kukus selama 15 hingga 20 menit. Setelah matang, sajikan siomay dengan pelengkap lainnya dan siramkan saus kacang.

6. Gulai Ikan Tenggiri

Gulai Ikan Tenggiri

Gulai umumnya menggunakan daging ayam atau daging sapi. Namun daerah Sumatera memiliki olahan gulai yang khas, yaitu gulai ikan tenggiri. Tekstur ikan tenggiri yang lembut dan gurih akan berpadu dengan cita rasa rempah yang kuat membuat olahan makanan ini terasa sangat nikmat.

Untuk membuatnya, pertama-tama kamu harus menumis bawang merah, bawang putih, cabai keriting, kunyit, jahe, dan kemiri yang sudah dihaluskan kemudian ditambah serai, lengkuas, dan daun jeruk. Setelah bumbu tersebut matang, tuangkan santan sedikit demi sedikit dan masukkan ikan tenggiri. Beri garam dan gula secukupnya kemudian masak hingga matang.

7. Ikan Tenggiri Kuah Kuning

Ikan Tenggiri Kuah Kuning

Ikan tenggiri yang dimasak dengan kuah kuning merupakan makanan khas yang berasal dari Indonesia timur. Perpaduan rasa segar, gurih, dan asam dari makanan ini membuatnya banyak disukai orang-orang. Di Indonesia timur, makanan ini sering juga disajikan dengan papeda.

Cara membuat ikan tenggiri kuah kuning yaitu  dengan melumuri ikan tenggiri yang sudah difillet dengan perasan air jeruk dan bawang putih.  Kemudian goreng ikan hingga matang. Bumbu kuningnya merupakan campuran dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan kunyit yang ditumis. Campurkan ikan dengan bahan tumisan tersebut dan masak hingga matang.

8. Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk Ikan Tenggiri

* sumber: wiratech.co.id

Kerupuk merupakan makanan yang sering dijadikan sebagai pelengkap lauk atau bahan cemilan untuk bersantai. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih membuat kerupuk banyak digemari. Kerupuk dibuat dari campuran tepung dan bahan lainnya. Salah satu bahan kerupuk adalah ikan tenggiri.

Kerupuk ikan tenggiri adalah kerupuk khas Palembang yang sudah sangat populer di Indonesia dan banyak ditemukan di toko oleh-oleh. Kerupuk ikan tenggiri memiliki rasa yang sangat gurih. Biasanya kerupuk ikan tenggiri dibuat dengan bentuk bulat-bulat kecil. Kerupuk ini seringkali dijadikan cemilan atau sebagai buah tangan dari kota Palembang.

9. Bakso Ikan Tenggiri

Bakso Ikan Tenggiri

* sumber: mesinbakso.id

Bakso merupakan makanan yang menjadi favorit banyak orang. Salah satu varian bakso adalah bakso ikan yang mudah kamu ditemui dan dijajakan oleh para pedagang kaki lima. Bakso ikan menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan dasar baksonya. Bakso ikan sangat nikmat disantap selagi panas dan dicampur dengan saus, kecap, dan sambal.

Cara membuat bakso ikan tenggiri yaitu dengan mencampur ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan merica dan garam, kemudian campurkan tepung sagu sedikit demi sedikit. Setelah itu bentuk adonan bakso dan rebus dalam air mendidih. Agar membuat bakso kenyal, tiriskan bakso dengan air dingin setelah selesai direbus.

10. Sup Ikan Tenggiri

Sup Ikan Tenggiri

* sumber: meiluki.blogspot.com

Ikan tenggiri juga seringkali diolah menjadi sup sebagai menu santapan bersama keluarga. Rasa ikan tenggiri yang gurih dan lembut akan berpadu dengan kuah sup yang bening, gurih, dan segar. Olahan sup ikan tenggiri menjadi salah satu olahan yang cukup populer karena proses pembuatannya yang cukup mudah.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu merebus bumbu-bumbu halus seperti bawang putih, kunyit, jahe, dan daun salam. Kemudian masukan ikan tenggiri, tomat, serta bumbu-bumbu penyedap lainnya dan masak hingga ikan cukup matang.

Itulah 10 olahan lezat dari ikan tenggiri. Dari 10 olahan tadi, manakah yang menjadi makanan favoritmu? Atau kamu memiliki resep olahan ikan tenggiri yang lebih lezat lagi? Bagikan resep dan tanggapanmu di kolom komentar ya!

Jangan lupa untuk turut membaca artikel makanan olahan ikan mas berikut untuk menambah inspirasi memasakmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *