Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Salmon Paling Populer di Seluruh Dunia

10 Olahan Ikan Salmon Paling Populer di Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan salmon memang bukan ikan asli Indonesia, tapi sangat dinikmati oleh warganya, apalagi bagi mereka yang punya dana lebih karena harga ikan ini memang agak mahal. Tapi, semua perjuangan Anda untuk mendapatkan salmon akan terbayar. Karena, selain rasanya enak, salmon memiliki banyak manfaat.

Ikan salmon mengandung protein tinggi yang berkualitas, vitamin, mineral, kalium, selenium, omega 3, EPA, DHA dan masih banyak lagi. Makanya, salmon sangat dianjurkan buat anak-anak dimasa kembangnya. Untuk orang dewasa, salmon baik karena memiliki tingkat kolesterol rendah dan bagus untuk jantung.

Anda mungkin sudah sering menemukan ikan salmon yang menjadi sashimi, sushi, dan steak. Jika Anda bosan dengan semua itu, coba olahan ikan salmon rekomendasi Bacaterus di bawah ini, yuk!

1. Salmon Dabu-dabu

* sumber: www.masakapaya.com

Di Indonesia, salah satu sambal yang terkenal adalah sambal dabu-dabu. Ini adalah sambal khas Manado, Sulawesi Utara. Sambal ini memiliki cita rasa segar karena semua bahannya fresh, tidak digoreng atau pun direbus terlebih dahulu, dan diberi perasan jeruk nipis. Sambal dabu-dabu akan menambah cita rasa unik untuk hidangan salmon Anda.

Untuk membuatnya, siapkan 500 gram filet salmon, beri perasan jeruk nipis dan garam sesuai selera. Panggang atau pan-fry. Sisihkan ikan, lalu buat sambalnya.

Potong dadu 1 buah tomat merah, 1 buah tomat hijau, 2 sdt garam, 10 buah cabai rawit mera (iris tipis), 1 buah jeruk nipis (peras), 2 sdm soya oil (atau minyak apa saja boleh). Campur semua bahan, lalu siram dengan minyak yang sudah dipanaskan, aduk lagi.

2. Tim Salmon Jahe

* sumber: www.masakapaya.com

Ikan salmon enak juga di tim, loh! Tim adalah teknik memasak yang mirip dengan cara mengukus. Bedanya, jika mengukus ada satu lapisan di dalam panci, sehingga bahan makanan tidak langsung mengenai air. Kalau memasak dengan cara tim, bahan makanannya bersentuhan langsung dengan air, tapi tetap dimasukkan ke dalam wadah tahan panas terlebih dahulu.

Coba resep ini, yuk! Yang Anda butuhkan:

  • 300 gram filet ikan salmon
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris serong tipis
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdm kecap ikan
  • 1 sdm air jeruk lemon
  • 1 cm jahe, potong korek api
  • garam dan merica bubuk secukupnya

Bahan pelengkap:

  • 150 gram brokoli, rebus
  • 200 gram kentang, di puree (kentang tumbuk)

Petunjuk:

Marinasi salmon dengan garam, merica dan air lemon. Diamkan agar meresap selama 15 menit. Masukkan salmon dan bumbu rendaman ke dalam pinggan tahan panas. Panaskan dandang atau kukusan, masak salmon selama 15 menit. Sajikan hangat lebih enak!

3. Salmon Kuah Asam

* sumber: id.tastemade.com

Suka cita rasa tomyam? Sup pedas asam khas Thailand ini memiliki banyak penggemar juga di Indonesia. Tapi, ada beberapa bumbu yang jarang ada di sini, sehingga rasa tomyamnya pun kurang pas. Tapi, ini ada resep yang mirip dan semua bumbunya mudah ditemukan. Sup salmon hangat dengan rasa segar tomat akan menjadi hidangan sempurna untuk makan siang keluarga.

Untuk membuatnya, sediakan 500 gr salmon, 8 siung bawang merah (iris tipis), 2 siung bawang putih (iris tipis), 3 buah cabai merah keriting (iris tipis), 2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun pandan, 1 buah jagung manis (pipil/serut), 2 batang serai (memarkan), 3 buah tomat merah, 4 buah tomat hijau, 5 batang kemangi, 1 buah jeruk nipis (ambil airnya), 1000 ml air, garam, gula, lada dan minyak untuk menumis. Langkah membuatnya bisa Anda lihat di sini, ya.

4. Salmon Saus Tiram

* sumber: selarasmedia.com

Namanya juga seafood, salmon pasti cocok juga kalau dipadukan dengan saus tiram. Ini merupakan ide bagus jika Anda merasa kalau salmon “terlalu amis”, atau kalau Anda bosan hidangan salmon yang begitu-gitu saja. Dengan saus tiram, salmon Anda akan terasa manis, jangan lupa tambahkan kecap asin dan perasan lemon supaya rasanya lebih mantap. Untuk resepnya, bisa Anda lihat di aritkel ini, ya.

5. Panfried Salmon Crispy Skin

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Anda suka salmon yang digoreng seperti biasa di atas teflon? Teknik ini akan menghasilkan daging bagian dalam yang moist tapi bagian luarnya krispi. Apalagi kalau Anda menggunakan salmon yang ada kulitnya, maka akan semakin kriuk ketika di makan. Ikan salmon yang digoreng di teflon disebut panfried salmon.

Anda bisa memadukannya dengan saus apa saja, sayuran apa saja, dan karbohidrat apa saja. Karena, salmonnya sendiri tidak memiliki bumbu yang kuat, hanya rasa alami salmon saja, makanya cocok jika dipadukan dengan bahan makanan apapun juga. Resep ini juga termasuk salah satu cara termudah untuk memasak salmon. Ikuti resepnya di sini, ya.

6. Pindang Kepala Salmon

* sumber: cookpad.com

Yup, tidak cuma dagingnya saja yang bisa dimakan, tapi kepala salmon juga bisa dikonsumsi. Malah ada orang yang khusus berburu kepala salmon, karena rasanya enak dan dagingnya ada cukup banyak.

Kepala salmon paling cocok dimasak dengan cara dipanggang atau dikuah kuning seperti ini, nih. Ketika kepala salmon dimasak, dia akan mengeluarkan minyak sendiri dari dalam tubuhnya. Jangan dibuang! Itu adalah omega 3 alias minyak sehat. Kalau mau resepnya, klik link ini, ya.

7. Salmon Teriyaki

* sumber: resepkoki.id

Siapa yang suka citarasa makanan Jepang? Teriyaki berasal dari kata dasar Jepang “teri” yang berarti bersinar, dan “yaki” yang berarti untuk dipanggang atau dibakar.

Kata bersinar memang benar cocok dengan saus ini, karena setiap makanan yang menggunakan saus teriyaki pasti terlihat mengilap. Teriyaki memiliki rasa manis yang halus. Orang Indonesia yang terbiasa menggunakan kecap manis dari kedelai pun pasti menyukainya.

Salmon memiliki daging yang lembut dan terasa gurih. Anda tidak membutuhkan bumbu yang ribet atau pun waktu yang lama untuk memasaknya. Seperti salmon teriyaki ini, Anda hanya perlu memarinasi salmon dengan saus, lalu panggang sebentar di kedua sisinya. Resepnya bisa Anda lihat di sini.

8. Bubur Salmon

* sumber: www.masakapaya.com

Pernahkah Anda berpikir untuk memasak salmon menjadi bubur? Mungkin tidak untuk sehari-hari, tapi tak ada salahnya dengan sedikit angin segar, bukan? Jika Anda merasa gila dengan salmon yang basah, atau takut rasanya enek, sajikan secara terpisah.

Buburnya dimasak seperti biasa, lalu salmonnya digoreng kering. Tingkat kesulitan memasak menu ini mudah, Anda bahkan bisa memasak buburnya di rice cooker. Resepnya bisa Anda ikuti dengan klik artikel ini.

9. Sirip Ikan Salmon Asam Manis

* sumber: satelitpost.com

Sirip ikan biasanya dibuang, kan? Tapi, tidak dengan ikan-ikan besar seperti salmon ini. Ketika menyisihkan sirip, ada cukup banyak daging yang ikut terbuang. Nah, bagian ini ternyata diminati banyak orang sehingga diperjual belikan.

Biasanya sirip ikan salmon dijual satu pack dengan hitungan isi per buah atau per gram. Walaupun biasanya sirip ikan salmon lebih sering dijadikan kaldu homemade, mereka bisa disulap menjadi makanan juga, kok!

Cara menikmatinya adalah dengan menggoreng tepung sirip salmon, lalu diberi siraman saus asam manis. Semua bagiannya bisa Anda makan! Baik dagingnya yang secuil maupun siripnya yang jadi garing banget setelah digoreng. Jika dibandingkan dengan membeli dagingnya, membeli sirip ikan salmon jauh lebih hemat karena harganya sangat murah.

10. Steak Salmon

* sumber: www.masakapaya.com

Cara terbaik untuk memasak salmon memang dijadikan steak, setuju? Anda bisa memasaknya menggunakan teflon, alat pemanggang, atau pun pembakaran. Sajikan steak salmon dengan tumisan sayuran (seperti bayam) dan juga karbohidrat yang diinginkan (seperti kentang atau ubi). Resepnya ada di sini.

Selesai sudah pembahasan soal ide olahan ikan salmon. Kalau Anda punya ide lain untuk mengolah ikan salmon yang enak, bagikan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *