Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Patin Khas Nusantara yang Enak dan Bergizi

10 Olahan Ikan Patin Khas Nusantara yang Enak dan Bergizi

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan patin sangat populer di Indonesia. Ikan ini termasuk genus Pangasius, jadi, kalau orang berbahasa Inggris akan menyebut ii pangasius fish. Ikan ini memiliki kumis panjang seperti lele, dan memang bisa dibilang ikan patin itu merupakan ikan lele jenis besar.

Lebih tepatnya, Pangasius adalah genus ikan lele berukuran sedang hingga besar yang berasal dari air tawar di Asia Selatan dan Tenggara. Makanya, Anda bisa menemukan ikan jenis ini dengan mudah di seluruh bagian negeri. Setiap 100 gram dari ikan ini mengandung 17 gram protein, 132 kkal energi, 6.6 gram lemak, dan 1.1 gram karbohidrat.

Ikan patin memiliki manfaat sebagai pencegah penyakit kardiovaskular, mengurangi kandungan kolesterol, mencegah jantung koroner, membantu pembentukan otot (bagus untuk body builder), menjaga kesehatan tulang, menambah kinerja otak, dan juga mengoptimalkan pertumbuhan bayi. Jadi, ikan patin bagus juga buat MPASI. Inilah 10 olahan ikan patin yang mudah dibuat di rumah versi Bacaterus.

1. Ikan Patin Goreng Bumbu Kunyit

* sumber: cookpad.com

Ini sih sudah paling benar, memasak ikan patin goreng dengan bumbu kuning. Jika Anda perhatikan, bumbu dasar kuning sangat versatil, ia bisa digunakan untuk mengungkep ayam, memarinasi ikan, membuat pepes hingga nasi kuning. Jadi, sebagai orang Indonesia kita wajib tahu bahan apa saja untuk membuat bumbu dasar kuning.

Untuk membuat bumbu halus kuning yang paling sederhana, Anda hanya membutuhkan bawang putih, ketumbar, dan kunyit saja, loh. Dalam resep kali ini, Anda bisa menyiapkan 8 siung bawang putih, 1 sdm ketumbar, 1 ruas kunyit, garam, dan air untuk bumbu halus. Lalu, siapkan ikan patin ukuran sedang dan jeruk nipis.

Pertama-tama, cuci bersih ikan, potong-potong sesuai selera, lalu lumuri dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama 5 menit lalu bilas. Tapi, selagi menunggu, siapkanlah bumbu halusnya. Anda bisa mengulek ataupun memblendernya. Marinasi ikan dengan bumbu dan biarkan meresap paling tidak selama setengah jam. Goreng ikan bumbu kunyit di minyak panas hingga warna ikan jadi kuning keemasan.

2. Patin Pindang Asam

* sumber: resepmasakankue.com

Pindang adalah metode memasak olahan ikan yang sangat sering dipraktikkan di Indonesia. Proses memasaknya memadukan perebusan dan penggaraman (dengan kadar garam rendah), karena biasanya pindang dilakukan untuk mengawetkan ikan. Selain direbus, ada juga yang mengasapi ikan, dan itu tetap dalam istilah ‘pindang’.

Akan tetapi, tidak selalu untuk mengawetkan, pindang ikan juga bisa dipraktikkan untuk memasak biasa. Biasanya masakan pindang agak berkuah, tapi ada juga yang suka ikannya sangat berkuah seperti gambar di atas.

Tekstur daging ikan patin yang lembut dan tanpa duri sangat cocok dengan cita rasa kuah asam pedas khas kuah pindang. Hidangan ini akan menjadi lunch yang nikmat dimakan dengan nasi hangat dan lalapan segar.

3. Ikan Patin Cabe Bawang

patin

* sumber: cookpad.com

Ingin masakan yang cepat tapi tetap enak? Coba masak ini, deh. Cara memasaknya, potong-potong daging ikan patin (yang filet lebih mudah dipotong) sesuai selera. Lalu, taburi dengan tepung terigu dan tepung maizena agar ikannya kriuk-kriuk. Masak ikan goreng crispy dengan bawang putih, cabai merah, cabai rawit, garam dan merica untuk rasa. Sajikan dengan semangkuk nasi putih hangat!

4. Pepes Ikan Patin

* sumber: masaknikmats.blogspot.com

Selain pindang, cara memasak ikan yang populer lainnya adalah pepes. Sebenarnya pepes bisa diaplikasikan pada semua jenis makanan, baik itu ayam, daging, jamur, usus ayam, dan lainnya. Tapi, yang paling sering dibuat pepes adalah ikan.

Soalnya, pepes menggunakan bumbu-bumbu aromatik yang kuat. Ditambah dengan aroma alami dari daun pisang, ikan yang kadang membuat orang enek tidak akan memiliki masalah karena aroma amisnya sudah hilang.

5. Bakso Goreng Ikan Patin

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Ini, nih, camilan yang disukai semua orang di rumah. Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak pasti doyan semua. Kalau orang rumah agak susah disuruh makan ikan, Anda bisa menyembunyikannya di dalam bakso, seperti bakso goreng ikan ini. Paling enak makan snack ini buat siang-siang, jangan lupa saus dan mayones untuk cocolannya. Resepnya bisa Anda lihat di sini, ya.

6. Kothok Ikan Patin

* sumber: doyanresep.com

Untuk yang belum tahu, kothok adalah masakan khas Jawa Timur. Ini berupa kuah santan kental yang memiliki cita rasa pedas. Kothok juga biasanya menggunakan sumber protein yang beraroma kuat seperti ikan.

Nah, Anda bisa membuat kothok ikan patin di rumah. Kuahnya saja sudah enak banget, apalagi ditambah ikan patin yang gurih dan lembut. Anda bisa menambahkan potongan tempe dan cabai rawit juga. Cek resepnya di sini.

7. Patin Goreng Madu

* sumber: sodelicious.recipes

Bosan dengan olahan ikan patin yang itu-itu saja? Coba digoreng kering bumbu manis ini, yuk! Ikan patin filet bisa dengan mudah dimasak dengan cara di-glaze dengan kecap dan madu. Ikannya digoreng pakai tepung dulu supaya garing. Nanti di-sautee sama campuran madu tadi, mantap! Cek resepnya di artikel berikut.

8. Fresh Vietnamese Spring Roll dengan Patin Krispi

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=TbekUsWKLlQ

Vietnamese spring roll sempat beken banget di internet. Banyak orang tiba-tiba menjualnya dengan harga yang lumayan per porsi. Padahal, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, loh. Tentu Anda harus modal dulu membeli rice paper wrapper (satu bungkusnya sekitar Rp 50.000-an tapi isinya banyak).

Kalau Anda bikin sendiri, isiannya pun bisa disesuaikan dengan selera Anda, begitu pula dengan dipping sauce-nya. Biasanya protein hewani dari spring roll itu berisi ayam panggang atau udang rebus, tapi Anda bisa juga menggunakan ikan patin goreng krispi!

9. Grilled Fish with Mango Salsa

* sumber: www.dorothylane.com

Ingin masak masakan ala internasional dengan ikan patin? Bisa banget, kok. Biar lebih mudah, gunakan ikan patin filet. Ini adalah ikan panggang (bisa dimasak di teflon atau microwave juga). Nanti disajikan dengan saus salsa mangga! Kalau Anda kangen makanan ala summer, ini cocok banget Anda masak.

10. Bacon-Wrapped Pangasius Fillet

* sumber: www.foxyfolksy.com

Mau ikan rasa dan aroma daging? Anda bisa mendapatkannya dengan membungkus filet ikan patin dengan bacon! Istilah bacon memang identik dengan babi, karena biasanya bacon diambil dari punggung, pinggang, atau perut babi. Tapi, buat yang tak makan babi sekarang bisa mendapatkan bacon halal yang terbuat dari ayam dan sapi juga, loh! Lihat resepnya pada artikel ini.

Nah, itulah sepuluh makanan yang bisa Anda buat dari ikan patin. Ternyata, ada banyak cara untuk memasak satu jenis ikan, ya? Anda punya resep spesial dari ikan patin? Share di kolom komentar, yuk!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *