Bacaterus / Ikan Nila / 10 Olahan Ikan Nila untuk Ide Makan Bareng Keluarga

10 Olahan Ikan Nila untuk Ide Makan Bareng Keluarga

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jenis ikan tawar di Indonesia ada banyak sekali. Mujair, gurami, mas, lele, bawal, patin, gabus, belut, dan nila merupakan ikan-ikan air tawar yang sangat populer. Selain itu, ikan air tawar juga harganya cenderung lebih murah dibandingkan ikan air laut dan lebih mudah ditemukan di pasaran juga. Nah, pada kesempatan ini, Bacaterus mau memberitahu kamu apa saja olahan yang enak dari ikan nila.

Tidak hanya digoreng saja, ikan nila ternyata enak juga diberi bumbu lainnya. Cara memasaknya pun bermacam-macam, bisa dikukus, hingga dibakar. Masakan-masakan ini enak banget buat makan siang atau pun makan malam. Bumbu yang dibutuhkan tidak sulit karena merupakan bumbu dasar semua, terus cara memasaknya juga tak ribet. Yuk, langsung saja masak ikan nila!

Olahan Ikan Nila yang Enak

Ikan nila bisa dimasak apapun, mau digoreng, dikukus, bahkan dibakar pun rasanya tetap lezat dan menggiurkan. Untuk yang bingung cara masak ikan nila, berikut kami punya 10 ide olahan ikan nila untuk makan bareng keluarga.

1. Pepes Ikan Nila

*Sumber: https://web.facebook.com/INIResepku/photos/a.652931078174173/1418452034955403/?type=3&theater

Pepes ikan memang the best, mau itu ikan jenis apa saja, pasti enak kalau dipepes. Hidangan ini juga populer seantero Indonesia, walaupun lebih populer di tanah Sunda. Bumbu pepes terasa kuat dan gurih, cocok dipadukan dengan ikan nila yang lembut. Untuk resep selengkapnya dan cara memasaknya, bisa dilihat di artikel ini.

2. Pesmol Ikan Nila

* sumber: resepkoki.id

Pesmol adalah masakan Nusantara yang memiliki bahan dasar ikan. Pesmol biasanya sering dimasak oleh orang Sunda. Cita rasa pesmol adalah gurih, manis, asam, dan pedas. Bumbunya yang berwarna kuning berasal dari kunyit, kemiri, bawang merah, dan jahe. Simpel, kan? Sebelum dipesmol, ikannya harus digoreng terlebih dulu, ya.

3. Ikan Nila Bakar

* sumber: selerasa.com

Ikan yang banyak dagingnya seperti nila sangat cocok dibakar. Daging ikannya yang cukup tebal, bakal juicy dan legit banget kalau dipadu dengan bumbu kecap lalu dibakar! Selain ikan nila ‘terbang’, biasanya ikan nila bakar juga menjadi menu andalan di restoran atau rumah makan. Kamu bisa juga bakar ikan sendiri di rumah, kok, apalagi kalau semua bumbunya sudah kamu punya.

Pertama-tama, bersihkan ikan lalu dibelah dua hingga kepalanya supaya lebih memudahkan proses pembakaran. Beri perasan jeruk nipis, sisihkan. Kedua, buatlah bumbu ikan bakarnya dari 7 siung bawang merah, 4 siung bawang putih, 2 buah cabai rawit, 3 buah cabai merah, 2 sdt ketumbar bubuk, 1 ruas jahe, dan 1 sdt garam.

Siapkan pembakaran ikan. Balurkan bumbu halus tadi pada ikan, lalu bakar. Jangan lupa dibolak-balik supaya semua sisinya rata, tapi jangan terlalu sering juga karena nanti ikannya hancur (kecuali kalau kamu pakai capitan khusus untuk bakar-bakaran pasti aman).

Sambil ikan dibakar, kamu bisa membalurkan bumbunya lagi kalau masih ada. Sajikan ikan nila bakar dengan cocolan sambal kecap (iris cabai rawit merah, potong kecil tomat, iris bawang merah mentah, tuang kecap manis dan air jeruk nipis).

4. Ikan Nila Bumbu Kuning

* sumber: cookpad.com

Selain bumbu merah, bumbu kuning sepertinya sudah ‘dasar’ banget buat masakan Nusantara. Semua lauk nampaknya cocok dimasak dengan bumbu ini. Coba sebutkan, ayam, kerang, cumi, ikan, semuanya enak dan menggoda kalau dipadu dengan bumbu kuning seperti ini, bukan?

Untuk membuat bumbu kuning, kamu membutuhkan 1 ruas kunyit, 2 siung bawang putih, 4 siung bawang merah, 2 buah kemiri (disangrai dulu), 2 buah cabai merah besar, 7 buah cabai rawit kecil, 1/2 sdt ketumbar bubuk, dan 1/2 sdt garam.

Kamu bisa ulek atau blender bumbunya, yang penting jadinya halus. Goreng bumbu terus tambahkan jahe, lengkuas, daun salam, dan sereh. Goreng sampai wangi, lalu kasih air secukupnya. Nanti masukkan ikan nila yang sudah digoreng. Mantap!

5. Ikan Nila Terbang Saus Oriental

* sumber: selerasa.com

Ikan goreng ‘terbang’ biasanya menjadi menu andalan di restoran masakan daerah, seperti Chinese food atau masakan Sunda, misalnya. Tapi, kamu bisa juga membuatnya sendiri di rumah kalau misalnya sedang tidak ingin ke mana-mana atau mau berhemat.

Karena, pada dasarnya ini hanya ikan goreng biasa. Yang membuatnya spesial adalah bentuknya dan teknik menggorengnya, sehingga seluruh permukaan ikan garingnya rata. Sausnya juga sebenarnya simpel. Lihat resepnya di sini.

6. Balado Ikan Nila

* sumber: cookpad.com

Kalau orang Indonesia pasti suka bumbu balado, deh. Mau itu di ayam, telur, daging sapi, ikan, balado pokoknya enak dijadikan bumbu lauk apa saja. Untuk membuat sambal balado, kamu akan membutuhkan 5 cabai merah besar, 6 cabai rawit, 4 siung bawang merah, 2 siung bawang putih, 4 butir kemiri (disangrai dulu), 1 lembar daun jeruk, dan 1 buah tomat.

Ulek atau blender halus semua bumbu, goreng sampai berubah warna sampai jadi merah tua agar aroma bawang tidak langu. Nanti tinggal campurkan sambal balado dengan ikan nila goreng atau bakar. Makan selagi hangat dengan nasi putih pulen, jangan lupa lalapannya, sedap!

7. Steam Ikan Nila

* sumber: cookpad.com

Kalau kamu ingin memasak ikan nila tanpa ribet, cepat, tapi hasilnya sedap, coba di-steam saja alias dikukus. Yang kamu butuhkan adalah 1 ekor ikan nila (utuh atau filet), 1 buah jeruk nipis, 1 batang daun bawang (potong 3 cm), 2 sdt baceman bawang putih (atau bawang putih dicincang kasar), 1 batang sereh (geprek), 1 buah jamur shitake (iris-iris), dan 1 buah cabai merah keriting (iris serong).

Untuk bumbunya, siapkan 2 sdm kecap asin, 1 sdm kecap ikan, 1 sdt minyak wijen, serta kaldu jamur, lada & gula secukupnya. Cara memasaknya, lumuri ikan dengan perasan jeruk nipis dan bawang putih. Selagi menunggu meresap, buat bumbu kecap. Siapkan kukusan dan piring/alas yang bisa dipakai mengukus.

Letakkan ikan, batang daun bawang, jamur, cabai, dan bumbu kecap. Kukus ikan selama 20-30 menit. Tapi, 5 menit sebelum diangkat, taburkan dulu daun bawang yang hijau, masak lagi sebentar dan angkat. Ikan nila dikenal tidak terlalu banyak memiliki duri, jadi walaupun di-steam, durinya tidak akan mengganggu ataupun nyangkut di tenggorokan.

8. Ikan Nila Asam Pedas Nanas

* sumber: selerasa.com

Ikan memang paling cocok dimasak asam manis, kalau yang suka pedas, boleh tambah cabai atau saus sambal sesuai selera. Soalnya, rasa masam dan pedas memang bisa menutupi rasa amis ikan.

Resep kali ini mengajak kamu memasak dengan nanas. Paling cocok masak ikan asam manis ini buat makan siang atau ketika santap bersama keluarga besar. Kalau kamu beli nanas yang utuh, jangan buang kulitnya karena bisa kamu jadikan untuk hiasan!

9. Sup Ikan Nila Kuah Bening

* sumber: selerasa.com

Sup ikan merupakan hidangan yang menyegarkan. Buahnya yang bening biasanya ada sedikit rasa asam dari tomat dan belimbing wujuh, juga ada aroma wangi dari daun kemangi. Hidangan ini juga mudah sekali dimasak.

Siapkan 2-3 ekor ikan nila merah, potong tiga atau empat bagian sesuai selera. Kondimen lainnya yang kamu butuhkan adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, tomat hijau (boleh tomat merah), belimbing sayur, jahe, daun kemangi, daun bawang, dan gula garam.

10. Pecak Ikan Nila

* sumber: cookpad.com

Pecak adalah bumbu khas Betawi. Pecak sering disamakan dengan pecek dan pecel karena bumbu dan bahannya kurang lebih sama. Pecak pun punya beberapa variasi.

Jika pecak ‘original‘ terdiri dari cabai rawit, bawang, dan jahe saja, ada juga pecak yang menggunakan kacang tanah atau kacang mete. Makanya kadang orang bingung membedakan pecak dan pecel. Tapi, umumnya bumbu pecak itu cuma tiga bahan tadi saja, sangat sederhana.

Untuk bumbu pecak, sebenarnya lebih sering pakai ikan gurami, tapi kalau adanya ikan nila juga tidak apa-apa. Ikannya bisa digoreng maupun dibakar, nanti disiram dengan bumbu pecak. Siapkan 5-10 butir cabai rawit merah, 2-3 butir cabai keriting merah, 5 butir bawang merah, 1 cm jahe, 1 cm kencur, garam & gula. Ulek semuanya tapi jangan terlalu halus, biarkan sedikit kasar hasil ulekannya. Tambahkan air panas ke atas sambal pecak, lalu sajikan di atas ikan.

Tips Memasak Ikan Nila

* sumber: www.tokopedia.com

Tidak sedikit orang yang ogah makan ikan karena baunya. Makanya, agar masakan ikan nila-mu lezat dan tidak amis, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Pertama-tama, pilihlah ikan nila yang segar, kalau bisa belinya yang masih hidup. Terus, setelah ikan dicuci bersih, lumuri dengan perasan lemon atau jeruk nipis supaya bau amisnya berkurang.

Kamu juga bisa menambahkan sedikit garam untuk menghilangkan aroma amis khas ikan sekaligus menguatkan rasa daging ikan. Terakhir, memasaknya wajib pakai wajan atau katel anti lengket!

Soalnya, semua ikan itu pasti lengket banget pas digoreng, apalagi yang masih ada kulitnya. Tapi, kalau tidak ada wajan anti lengket, kamu bisa juga menaburkan  1/2 sdt tepung terigu ke seluruh permukaan ikan, ini tidak akan merubah tekstur ikan tapi cukup untuk membuatnya jadi tidak lengket.

Jadi, sekarang sudah nggak bingung mau masak ikan Nila seperti apa, kan? Sebenarnya masih banyak olahan ikan nila yang enak, tapi 10 olahan tadi adalah yang terpopuler dan paling banyak diminati. Kalau kamu lebih suka masak dengan cara apa?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *