bacaterus web banner retina
Bacaterus / Dapur / Bahan Dapur / 10 Olahan Ikan Mujair Khas Nusantara yang Menggugah Selera

10 Olahan Ikan Mujair Khas Nusantara yang Menggugah Selera

Ditulis oleh Mutiara Dwi C.K. - Diperbaharui 24 November 2020

Ikan mujair merupakan salah satu ikan air tawar yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Ikan mujair ini salah satu ikan yang sering dikonsumsi oleh orang Indonesia. Harganya yang cukup terjangkau, memiliki kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat untuk tubuh.

Salah satu kandungan nutrisi pada ikan mujair diantaranya ada protein, kalsium, fosfor, beta-karoten, omega 3 dan lain sebagainya. Rasa dari ikan mujair ini cukup ringan dan juga nikmat, tidak kalah enak dengan ikan gurami dan juga ikan nila yang sering disebut mirip dengan ikan mujair.

Ikan mujair banyak diolah menjadi berbagai masakan yang enak dan juga bikin nagih. Cara memasaknya ada bermacam-macam cara, dari mulai digoreng, dibakar, dikukus dan lain sebagainya. Nah, kali ini Bacaterus akan membahas 10 olahan ikan mujair yang terkenal dan pastinya enak menggugah selera.

1. Ikan Mujair Goreng

Ikan Mujair Goreng

* sumber: id.tastemade.com

Cara termudah menikmati ikan mujair adalah dengan menggorengnya. Untuk membuatnya pun tidak memerlukan waktu yang lama. Bahan yang dibutuhkan adalah ikan mujair, jeruk nipis dan minyak untuk menggoreng secukupnya.

Untuk bumbu halus, tumbuk ulek bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Cara membuatnya, pertama-tama bersihkan ikan mujair dan beri guratan di badannya. Kemudian lumuri dengan jeruk nipis diamkan sebentar.

Lalu, lumuri ikan mujair dengan bumbu halus hingga merata dan diamkan Kembali agar bumbu meresap sempurna. Sementara itu, panaskan minyak lalu goreng ikan mujair hingga matang dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Lalu sajikan bersama sambal favorit kamu.

2. Ikan Mujair Goreng Krispi

Ikan Mujair Goreng Krispi

* sumber: www.malangculinary.com

Jika bosan dengan ikan mujair goreng, kamu bisa membuat ikan mujair goreng krispi. Bahan yang dibutuhkan adalah ikan mujair, jeruk nipis dan air secukupnya. Bumbu halusnya bawang putih, kunyit, ketumbar, jinten, dan garam.

Untuk bahan tepungnya siapkan terigu, tepung maizena, tepung beras, garam, kaldu bubuk dan merica. Atau kalau tidak mau repot-repot membuat tepung untuk krispinya bisa beli tepung krispi instan.

Langkah membuatnya, bersihkan ikan mujair, beri guratan di badannya, lumuri dengan jeruk nipis dan diamkan sebentar. Kemudian campur bumbu halus dan tambahkan air seperlunya agar bumbu semakin meresap.

Kemudian gulingkan ikan ke dalam tepung, tekan-tekan agar tepung menempel rata. Lalu panaskan minyak dan goreng ikan sampai kering. Sajikan dengan sambal supaya semakin lahap makannya.

3. Ikan Mujair Goreng Sambal Matah

Ikan Mujair Goreng Sambal Matah

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=T07-oiTMJn0&ab_channel=3FFunfamilyfriend

Kamu pecinta makanan bali seperti sambal matah? Ikan mujair ini cocok lho ditambah dengan sambal matah. Bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya adalah ikan mujair, jeruk nipis, garam dan minyak untuk menggoreng.

Untuk bumbu halusnya, ulek bawang merah, bawang putih, kunyit dan ketumbar. Untuk bahan sambal matah iris bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, batang serai, daun jeruk, terasi, garam, merica, gula pasir, jeruk nipis dan minyak panas.

Bersihkan ikan mujair, jangan lupa beri guratan di badannya, lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan sebentar. Lalu, panaskan minyak dan goreng ikan mujair sampai matang, sisihkan. Campurkan semua bahan sambal matah, siram minyak panas, beri air jeruk nipis lalu aduk merata.

Kemudian sajikan ikan mujair goreng tadi dengan sambal matah diatasnya atau dijadikan cocolan. Makan dengan nasi hangat pasti makin nikmat.

4. Ikan Mujair Bakar Kecap

Ikan Mujair Bakar Kecap

* sumber: www.masakapahariini.com

Siapa yang suka dengan olahan ikan bakar? Ikan mujair pun enak jika dijadikan ikan bakar apalagi jika ditambahkan kecap akan semakin nikmat. Cara membuatnya tidak terlalu sulit, bahan yang diperlukan adalah ikan mujair, garam, air jeruk lemon atau jeruk nipis, kecap manis, air asam jawa, minyak untuk menumis.

Untuk bumbu halusnya siapkan cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar sangrai, garam dan minyak untuk menumis. Cara membuatnya pertama-tama bersihkan ikan mujair, beri guratan-guratan agar nanti bumbunya meresap.

Lumuri dengan air jeruk lemon dan garam kemudian diamkan. Sementara itu tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan air asam jawa, kecap lalu aduk hingga merata koreksi rasa, sisihkan. Oleskan bumbu tersebut ke ikan mujair hingga bumbunya merata.

Kemudian bakar ikan mujair hingga matang. Jika masih ada bumbu yang tersisa bisa sambal terus dioleskan agar rasanya semakin enak. Setelah matang, sajikan selagi hangat bersama sambal kesukaan kamu.

5. Ikan Mujair Asam Manis

Ikan Mujair Asam Manis

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=kO3Wl8ksryI

Tidak hanya ikan gurami atau cumi yang bisa dijadikan olahan asam manis. Ikan mujair juga bisa dijadikan olahan asam manis dan cara membuatnya juga mudah. Bahan yang dibutuhkan ikan mujair, bawang putih, garam dan air secukupnya.

Untuk bahan saus siapkan margarin, saus tomat, saus pedas manis, saus tiram, garam, gula, lada bubuk, air, maizena, lalu cincang halus bawang putih, bawang merah cabai rawit, dan cabai merah besar.

Cara membuatnya, bersihkan ikan mujair lalu rendam dengan bawang putih dan garam. Kemudian panaskan minyak dan goreng ikan mujair hingga matang dan garing, sisihkan. Tumis irisan bawang dan cabai menggunakan margarin hingga harum.

Lalu tambahkan semua bahan saus, tambah air larutan maizena agar saus mengental. Masak hingga saus mengental dan mendidih. Kemudian siram saus asam manisnya ke atas ikan mujair goreng tadi.

Baca juga: 10 Olahan Ikan Nila untuk Ide Makan Bareng Keluarga

6. Ikan Mujair Acar Kuning

Ikan Mujair Acar Kuning

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Olahan ikan mujair selanjutnya adalah ikan mujair acar kuning yang segar. Untuk bahan yang diperlukan ada ikan mujair, garam, minyak untuk menggoreng, daun salam, serai yang dimemarkan, mentimun dan wortel potong persegi panjang, bawang merah, cabai rawit, garam, gula pasir, air, dan cuka atau air asam jawa.

Untuk bumbu halusnya ulek, bawang merah, bawang putih, kunyit dan kemiri. Cara membuatnya, bersihkan ikan mujair dan lumuri dengan jeruk nipis dan garam, lalu diamkan sebentar. Panaskan minyak lalu goreng ikan hingga matang, tiriskan.

Panaskan Kembali minyak untuk menumis bumbu halus, daun salam, dan serai. Setelah harum, masukan mentimun, wortel, bawang dan cabai aduk lalu tambahkan garam, gula kemudian aduk Kembali. Tambahkan air, dan cuka atau asam jawa, masak hingga bumbunya meresap.

Setelah mendidih dan matang, koreksi rasa kemudian tuangkan bumbu acar tadi ke atas ikan mujair goreng dan sajikan.

7. Ikan Mujair Kuah Kuning

Ikan Mujair Kuah Kuning

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=SOgOsoZkat0&ab_channel=AyoMemasak

Jika kamu ingin makan ikan mujair berkuah, kamu bisa membuat ikan mujair kuah kuning. Bahan yang dibutuhkan adalah ikan mujair, bawang putih, ketumbar, garam, gula, cabai rawit, serai yang dimemarkan, daun salam, tomat, merica, minyak untuk menggoreng dan air.

Untuk bumbu halus, ulek bawang putih, bawang merah, kunyit, cabai merah dan kemiri. Untuk membuatnya, bersihkan ikan mujair lalu bumbui dengan bumbu halus bawang putih, garam dan ketumbar, rendam sebentar agar bumbu meresap.

Kemudian tumis bumbu halus hingga wangi, beserta serai, cabai rawit utuh dan daun salam. Tuangkan sedikit air, tambahkan garam, gula dan merica, masak hingga mendidih. Lalu masukan ikan dan tomat yang telah dipotong-potong. Masak hingga kuahnya agak menyusut, koreksi rasa dan sajikan.

8. Ikan Mujair Nyat-Nyat

Ikan Mujair Nyat-Nyat

* sumber: ikanmujairnyatnyatkhasdanaubatur.blogspot.com

Olahan makanan khas bali yang perlu kamu coba adalah ikan mujair nyat-nyat. Rasanya yang gurih dengan perpaduan daging ikan mujair yang lembut, pasti bikin nagih. Untuk membuatnya siapkan ikan mujair, serai, daun kemangi jika suka, daun salam, minyak goreng, penyedap rasa dan garam.

Untuk bumbu nyet nyetnya haluskan kunyit, lengkuas, jahe, kencur, terasi, merica, ketumbar, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, dan cabai rawit, sisihkan. Untuk bumbu rendaman ikan mujairnya haluskan bawang putih, kunyit, ketumbar dan garam.

Untuk membuatnya, bersihkan ikan mujair terlebih dahulu, lumuri dengan bumbu ikan dan tambahkan air jeruk nipis dan garam. Aduk merata dan diamkan hingga bumbu meresap. Kemudian panaskan minyak dan goreng ikan mujair hingga matang.

Lalu, tumis bumbu nyet-nyet atau bumbu genep yang sudah dihaluskan tadi. Tambahkan daun salam, serai yang diiris tipis hingga wangi. Tambahkan air, garam dan penyedap rasa. Lalu tambahkan daun kemangi jika suka. Masak bumbunya hingga mendidih dan koreksi rasa.

Kemudian, masukan ikan yang sudah digoreng sebelumnya. Masak hingga bumbu menyerap ke dalam ikan. Setelah meresap dan matang, hidangkan mujair nyat-nyat selagi hangat.

9. Pepes Ikan Mujair

Pepes Ikan Mujair

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=mMMAUjIpRNQ

Olahan ikan mujair yang tak kalah menggugah selera adalah olahan pepes. Cara membuatnya cukup mudah, siapkan bahan-bahan seperti ikan mujair, jeruk nipis, daun kemangi, daun salam, serai, daun pisang dan tusuk gigi.

Kemudian haluskan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, kemiri, kunyit, garam, gula pasir, dan ketumbar. Untuk membuatnya, bersihkan ikan mujair terlebih dahulu, lumuri dengan air jeruk nipis dan diamkan beberapa saat.

Lalu campurkan ikan bersama bumbu yang telah dihaluskan. Tata ikan diatas daun pisang, beri daun salam, serai, dan juga kemangi. Kemudian bungkus dan sematkan lidi untuk mengunci bungkusnya.

Kemudian kukus dengan api sedang hingga pepes ikan mujair matang. Kemudian angkat dan bakar diatas panggangan hingga warna daunnya berubah kecoklatan. Lalu sajikan selagi hangat dan santap bersama nasi.

10. Pindang Ikan Mujair Khas Sunda

Pindang Ikan Mujair Khas Sunda

* sumber: orientalpeacehotel.com

Ikan pindang mujair khas sunda ini memiliki rasa yang gurih, manis dan juga sedikit pedas. Untuk membuatnya cukup mudah, bahan yang diperlukan adalah ikan mujair, air panas, cuka atau air asam jawa, serai yang digeprek, daun salam, daun jeruk, lengkuas geprek, tomat iris, minyak untuk menumis, garam, gula merah dan penyedap rasa.

Siapkan juga bumbu halus yang terdiri dari kemiri, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, cabai merah, ketumbar, merica dan pala. Untuk membuatnya bersihkan ikan mujair, lumuri dengan air jeruk nipis diamkan sesaat.

Kemudian panaskan minyak, goreng bumbu halus hingga wangi dan tambahkan daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas juga tomat. Lalu masukan ikan mujair, dan aduk rata. Ungkep sebentar kurang lebih 10 menit lalu tambahkan air panas dan ungkep Kembali hingga airnya menyusut koreksi rasa dan sajikan.

Itulah beberapa olahan ikan mujair yang pastinya bikin menggugah selera. Jangan lupa untuk selalu membersihkan ikan mujair terlebih dahulu dan merendamnya dengan jeruk nipis, atau lemon untuk menghilangkan bau anyirnya. Kira-kira olahan ikan mujair mana yang jadi favorit kamu? Jangan lupa juga baca olahan ikan lainnya di Bacaterus.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram