Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Mas Terpopuler yang Sukses Bikin Ngiler

10 Olahan Ikan Mas Terpopuler yang Sukses Bikin Ngiler

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Beragam macam olahan ikan mas selalu sukses bikin ngiler. Terlebih jika dimasak menggunakan bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia. Dari aromanya, Anda sudah membayangkan betapa lezatnya masakan tersebut. Disantap bersama sepiring nasi hangat, perut dan lidah sama-sama dibuat bahagia.

Ikan tawar merupakan jenis ikan air tawar dengan banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Antara lain protein, zat besi, kalsium, lemak, fosfor, serta vitamin B1. Namun, Anda juga harus memerhatikan cara pengolahannya. Sebab jika salah, beberapa kandungan bisa hilang.

Dengan rutin mengonsumsi ikan mas, tubuh akan mendapat manfaat yang baik. Pertama, Anda bisa menurunkan risiko terserang atau terkena penyakit jantung, kemudian kandungan DHA pada ikan dapat mencerdaskan otak. Ikan mas juga memiliki kandungan Omega 3 yang baik untuk bantu merangsang sel tubuh untuk berkembang.

Selain manfaat-manfaat di atas, ikan mas juga dapat bantu menahan laju pertumbuhan sel kanker, terutama kanker usus, prostat dan payudara. Ikan berdaging lembut ini juga dapat membantu tubuh menjadi lebih tenang serta emosi menjadi lebih stabil. Sebab, beberapa kandungannya, terbukti baik untuk bantu mengontrol tekanan pada darah.

Mengolah ikan mas dengan baik serta benar, dapat menjaga kandungan di dalamnya tetap utuh. Sehingga manfaatnya dapat penuh dirasakan oleh tubuh. Saran terbaik untuk mengolah ikan mas ini adalah dikukus atau direbus. Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengolah ikan mas dengan cara lain.

Anda bisa menyiasatinya dengan memasak ikan mas  menggunakan tambahan bahan-bahan penuh nutrisi lainnya. Olahan ikan mas Anda pun dijamin akan tetap sehat dan lezat. Di Indonesia sendiri, ada beragam olahan ikan mas yang sangat populer. Anda bisa memilih beberapa resep berikut ini, terutama jika hobi sekali memasak. Apa sajakah olahan yang dimaksud? Ini dia pilihannya untuk Anda!

1. Pepes Ikan Mas

Pepes Ikan Mas

* sumber: sajiansedap.grid.id

Hal paling khas dari olahan ikan mas yang satu ini adalah penggunaan daun pisang sebagai pembungkus dan kemangi sebagai bumbu. Aroma keduanya yang menyatu saat proses pematangan, membuat selera makan meningkat berkali-kali lipat. Rasanya pasti tidak sabar untuk segera makan.

Bumbu yang digunakan untuk membuat pepes ikan mas antara lain bawang putih dan merah, kemiri sangrai, jahe, kunyit, lengkuas yang dihaluskan. Jangan lupa sediakan cabai rawit, tomat, daun jeruk, daun kemangi, sereh dan daun salam sebagai bumbu pelengkap.

Selanjutnya Anda cukup mencampur ikan mas yang sudah dibersihkan ke dalam bumbu halus yang sudah ditumis hingga harum, masukkan bumbu-bumbu pelengkap, lalu bungkus ikan mas menggunakan daun pisang. Kukus selama kurang lebih 30 menit kemudian panggang untuk membuatnya kering dan aroma daun pisang menjadi lebih keluar.

2. Pesmol Ikan Mas

Pesmol Ikan Mas

* sumber: selerasa.com

Olahan ikan mas selanjutnya yang tidak kalah populer adalah pesmol. Dalam membuat pesmol, Anda bisa menggunakan jenis ikan lainnya, seperti gurame, nila atau mujair. Namun, bumbu yang digunakan kurang lebih sama saja.

Anda perlu menghaluskan bawang putih, merah, kemiri, jahe serta kunyit. Tumis bumbu tersebut hingga harum. Kemudian siangi cabai rawit, bawang merah, ketimun, serta wortel. Masukkan ke dalam tumisan bumbu tersebut hingga sedikit layu. Selanjutnya masukkan gula dan garam, sereh, perasan jeruk nipis, merica, gula serta daun salam.

Setelah bumbu matang, Anda bisa memasukkan ikan mas yang sebelumnya sudah digoreng hingga kering. Tunggu hingga bumbu mengering dan meresap. Jangan diaduk terlalu sering sebab ikan bisa hancur. Terakhir, koreksi rasa lalu angkat dan hidangkan.

3. Ikan Mas Bakar

Ikan Mas Bakar

* sumber: lifestyle.okezone.com

Olahan ikan mas yang satu ini, rasanya juga tidak kalah populer. Cara memasaknya cukup sederhana. Anda hanya perlu merendam ikan mas ke dalam bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan. Bumbu-bumbu tersebut antara lain bawang merah dan putih, ketumbar, cabai rawit, cabai merah, jahe dan garam.

Kerat-kerat daging ikan mas agar bumbu dapat meresap hingga ke bagian dalam. Untuk bumbu olesan selama pembakaran, Anda harus menyiapkan air asam jawa yang dicampur garam, kecap manis, air jeruk nipis dan sedikit minyak goreng. Ikan mas bakar biasanya disajikan dengan sambal kecap dan nasi hangat.

4. Ikan Mas Bumbu Kuning

Ikan Mas Bumbu Kuning

* sumber: selerasa.com

Sajian Ikan mas bumbu kuning juga tidak kalah lezat dan menggugah selera. Ikan mas masak bumbu kuning bisa menggunakan santan atau tidak. Tetapi kali ini, resep yang akan diberikan pada Anda adalah menggunakan santan. Jadi, bahan dan bumbu yang harus disiapkan antara lain santan, daun jeruk, lengkuas, gula, garam dan penyedap, daun salam serta perasan jeruk nipis.

Jangan lupa siapkan bumbu halus yang terdiri atas cabai merah, kemiri, bawang merah dan putih, dan paling penting: kunyit. Sebab kunyit lah yang akan membuat sajian ini berwarna kuning.

Cara memasaknya sangat sederhana. Anda cukup menumis bumbu halus hingga matang, masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas yang sudah digeprek dan perasa. Setelah itu, masukkan santan kemudian susul kemudian dengan ikan mas yang sudah dikerat. Tunggu hingga matang dan cicipi. Selesai!

5. Arsik Ikan Mas

Arsik Ikan Mas

* sumber: cookpad.com

Olahan ikan mas berupa arsik sangat tidak asing bagi masyarakat yang tinggal di daerah Sumatera Utara, terutama bagi masyarakat Batak. Bumbu khas pada masakan ini terletak pada penggunaan daun andaliman. Jika suka, Anda juga bisa menambahkan kecombrang yang memiliki wangi khas.

Bumbu halus yang digunakan untuk membuat arsik ikan mas adalah cabai merah, kemiri, jahe, bawang merah dan putih, lengkuas, gula garam dan daun andaliman. Anda juga harus menyiapkan perasan jeruk nipis, serai yang dimemarkan, asam serta kacang panjang.

Cara memasaknya, cukup masukkan ikan beserta semua bumbu halus dan bahan tambahan ke dalam wajan. Masukkan air sedikit demi sedikit, lalu masak menggunakan api kecil hingga ikan matang.

6. Pecak Ikan Mas

Pecak Ikan Mas

* sumber: www.qraved.com

Bagi masyarakat Betawi, olahan ikan mas yang satu ini bisa jadi merupakan salah satu menu favorit. Selain ikan mas, pecak bisa menggunakan lele atau gurame. Mengolah ikan mas menjadi pecak caranya cukup mudah. Bumbu serta bahan yang diperlukan juga tidak terlalu sulit didapat.

Anda hanya perlu menyangrai bawang merah dan putih, cabai rawit, kencur serta jahe. Setelah lalu, haluskan beserta garam dan gula. Selanjutnya masak bumbu hingga mendidih dan tambahkan perasan air jeruk. Kuah pecak selesai dibuat.

Setelah itu, Anda hanya perlu menggoreng ikan mas hingga matang. Kemudian simpan di dalam piring lalu siram dengan kuah pecak yang tadi sudah dibuat. Mudah membuatnya, bukan?

7. Cobek Ikan Mas

Cobek Ikan Mas

* sumber: selerasa.com

Olahan ikan mas terpopuler lainnya jatuh kepada cobek ikan mas, terutama untuk Anda yang tinggal di daerah Jawa Barat. Cobek ikan mas juga tidak kalah sederhana dalam pengolahannya. Anda hanya membutuhkan beberapa bumbu.

Bumbu yang harus Anda siapkan antara lain cabai, bawang putih yang sudah dibakar, jahe, kencur, bawang merah, asam, gula dan garam. Anda juga harus menyiapkan kacang tanah yang sudah digoreng terlebih dahulu. Jika tidak, boleh menggantinya dengan kemiri yang juga digoreng terlebih dahulu.

Semua bumbu-bumbu tersebut diuleg di atas cobek yang terbuat dari batu atau kayu. Setelah halus, masukkan ikan mas yang sudah digoreng atau dibakar sebelumnya lalu tekan hingga bumbu meresap ke dalam daging ikan.

Tambahkan kemangi dan perasan jeruk nipis agar lebih berselera. Sama seperti pecak, cobek juga bisa menggunakan jenis ikan lainnya, seperti gurame atau ikan nila.  Selamat mencoba!

8. Ikan Mas Bumbu Acar

Ikan Mas Bumbu Acar

* sumber: masakmom.com

Selanjutnya! Jenis olahan ikan mas yang pasti akan menggugah selera makan Anda adalah ikan mas bumbu acar. Catat resepnya ya!

Anda perlu menyiapkan bumbu halus yang terdiri atas bawang putih dan merah, kunyit, jahe serta kemiri. Siapkan juga daun salam, daun jeruk, sereh, cabai rawit dan merah, lengkuas, cuka/air asam, kaldu, garam dan gula. Sebab dimasak acar, jangan lupa siapkan mentimun, bawang merah, serta wortel.

Untuk memasaknya, Anda tumis bumbu halus terlebih dahulu beserta daun-daunan yang sudah disiapkan, sereh dan lengkuas hingga matang. Setelahnya masukkan timun, wortel dan bawang yang sudah diiris, aduk rata, tambahkan air dan cuka/air asam. Biarkan matang sambil masukkan gula, garam dan penyedap.

Setelah itu, masukkan ikan mas yang sudah digoreng. Aduk namun jangan terlalu keras. Cicip dan tunggu hingga bumbu lebih menyerap ke dalam ikan mas, lalu angkat.

9. Ikan Mas Bakar Bumbu Bali

Ikan Mas Bakar Bumbu Bali

* sumber: www.unileverfoodsolutions.co.id

Satu lagi ikan mas bakar yang patut Anda coba. Perbedaannya terletak pada bumbu pada saat memarinasi ikan. Ikan mas bakar bumbu Bali menggunakan ketumbar, bawang merah, bawang putih, jahe, sereh, lengkuas, daun jeruk dan terasi.

Semua bumbu tersebut dihaluskan. Jangan lupa juga tambahkan gula, garam dan kecap manis. Masak hingga harum untuk kemudian disajikan dengan ikan mas yang sudah dibakar.

10. Gulai Ikan Mas

Gulai Ikan Mas

* sumber: id.tastemade.com

Selama ini, ikan yang kerap diolah menjadi gulai adalah ikan kakap, terutama pada bagian kepala. Namun, ikan mas juga bisa dimasak dengan bumbu gulai. Rasanya tidak kalah nikmat. Pun dengan bumbu yang digunakan juga kurang lebih sama.

Anda harus menyiapkan bumbu halus yang terdiri atas bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan kunyit. Siapkan juga daun kunyit, daun jeruk, santan, sereh, air asam, dan perasan jeruk nipis. Langkah pertama untuk membuat gulai ikan mas adalah merebus santan dengan bumbu halus, daun jeruk, daun kunyit, air asam serta sereh.

Didihkan rebusan santan berbumbu tersebut, setelahnya masukkan ikan mas yang sudah dicuci bersih. Tunggu hingga ikan matang sempurna. Tes rasa lalu sajikan.

Beragam olahan ikan mas populer di Indonesia di atas, bisa Anda coba untuk makan bersama keluarga. Bumbu dan bahannya juga cukup mudah didapatkan, bukan? Cara mengolahnya pun tidak terlalu rumit. Bagaimana? Sudah tergiur dengan aneka olahan ikan mas di atas? Yuk, mampir juga di artikel olahan ikan asin ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *