Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Kembung yang Terkenal dan Mudah Dibuat

10 Olahan Ikan Kembung yang Terkenal dan Mudah Dibuat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 November 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ikan kembung merupakan jenis ikan laut yang masih sekerabat dengan ikan tenggiri, tongkol, tuna, dan makarel. Ikan kembung memiliki banyak nutrisi seperti omega 3, protein, vitamin B12, Vitamin D, fosfor dan lain sebagainya.

Bahkan ikan kembung memiliki kandungan omega 3 yang lebih besar dibandingkan ikan salmon. Selain kandungan omega 3 yang lebih tinggi, ikan kembung juga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan ikan salmon.

Tak heran jika ikan kembung yang sangat mudah ditemukan ini menjadi salah satu ikan primadona bagi orang Indonesia karena murah dan juga kaya akan nutrisi. Selain itu, ikan kembung juga dapat diolah dengan macam-macam resep yang cukup mudah dibuat.

Nah, kali ini Bacaterus akan membahas beberapa olahan ikan kembung yang terkenal dan mudah untuk dibuat. Berikut ini 10 olahan ikan kembung yang terkenal dan mudah dibuat.

1. Ikan Kembung Goreng

Ikan Kembung Goreng

* sumber: endeus.tv

Salah satu olahan ikan kembung yang sangat mudah dibuat adalah ikan kembung goreng. Tekstur yang garing dan juga gurih dari ikan kembung goreng bahkan walaupun tanpa memakai bumbu sudah menggugah selera.

Jika kamu ingin menggoreng ikan kembung jangan lupa dibersihkan dan juga diberikan guratan terlebih dahulu ya terutama jika akan menggunakan bumbu. Agar bumbunya bisa semakin meresap hingga ke daging ikannya.

Bumbu yang cukup sederhana seperti bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam dihaluskan. Kemudian balurkan ke ikan sampai merata dan diamkan beberapa saat agar bumbu meresap. Sembari menunggu bumbu meresap, kamu bisa memanaskan minyak dan goreng ikan hingga tingkat kematangan yang kamu inginkan.

2. Ikan Kembung Acar Kuning

Ikan Kembung Acar Kuning

* sumber: id.tastemade.com

Kalau mau olahan ikan kembung ditambah dengan sayuran, kamu bisa coba membuat ikan kembung acar kuning atau sering juga disebut dengan ikan pesmol. Bahannya cukup mudah, cukup dengan ikan kembung, wortel, timun, daun bawang cabai merah keriting, cabai rawit merah, sereh, lengkuas, daun jeruk, daun salam, garam, gula, air secukupnya, minyak untuk menumis dan menggoreng ikan.

Untuk bumbu halus kamu bisa menyiapkan bawang merah, bawang putih, ketumbar, kemiri sangrai, kunyit bakar dan jahe. Haluskan semua bahan bumbu halus, tumis hingga harum bersama daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, dan sereh. Masukan air, wortel dan timun, masak hingga sayuran matang dan kuahnya mengental.

Kemudian masukan irisan cabai keriting, cabe rawit dan daun bawang, aduk rata dan matikan kompor. Tata ikan kembung yang sudah digoreng sebelumnya kemudian siram ikan kembung goreng tadi dengan kuah acar kuning dan sajikan.

3. Ikan Kembung Bumbu Kuning

Ikan Kembung Bumbu Kuning

* sumber: cookpad.com

Mirip dengan ikan kembung acar, kamu juga bisa membuat ikan kembung bumbu kuning atau dikenal juga dengan ikan kembung bumbu acar. Bahan ikan kembung, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri, daun jeruk, sereh, cabe rawit, lada, gula, garam dan kaldu bubuk secukupnya jika diperlukan. Minyak untuk menggoreng ikan kembung juga menumis bumbu secukupnya.

Sebelum memasak jangan lupa untuk membersihkan ikan kemudian goreng ikan kembung yang telah dibersihkan hingga agak kering dan sisihkan. Kemudian haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk, cabai dan sereh. Tumis semua bumbu, masukkan cabai, daun jeruk dan sereh hingga tercium aroma wangi.

Kemudian masukkan garam, lada, gula dan penyedap rasa jika diperlukan, dan masukkan juga ikan yang telah digoreng sebelumnya aduk terus hingga bumbu tercampur rata. Setelah matang dan koreksi rasa, sajikan ikan kembung bumbu kuning tadi makan dengan nasi hangat pasti terasa nikmat.

4. Ikan Kembung Balado

Ikan Kembung Balado

* sumber: food.grab.com

Ikan kembung balado tampaknya menjadi salah satu olahan ikan yang cukup sering ditemukan di warung-warung makan. Kalau kamu ingin membuatnya caranya pun cukup mudah, bahan yang dibutuhkan adalah ikan kembung, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabe merah keriting, daun jeruk, asam jawa, garam, merica, gula pasir, air untuk merendam ikan dan minyak untuk menumis.

Cara membuatnya terlebih dahulu selalu bersihkan ikan kembung, beri guratan-guratan, kemudian rendam dengan campuran bumbu halus dari bawang putih, garam, merica dan air asam jawa. Sembari menunggu bumbu halus meresap, panaskan minyak untuk menggoreng ikan.

Setelah minyak panas, goreng ikan hingga matang dengan tingkat kering yang diinginkan dan tiriskan. Kemudian tumbuk kasar sisa bumbunya, tumis hingga harum bersama daun jeruk yang sudah dibuang tulang daunnya.

Jangan lupa, masukan garam, merica dan gula pasir secukupnya. Dan terakhir masukan ikan kembung yang telah digoreng, masak bumbu hingga meresap dan merata. Jangan lupa koreksi rasa dan setelah rasanya sesuai, ikan kembung balado siap disajikan.

5. Ikan Kembung Sambal Ijo

Ikan Kembung Sambal Ijo

* sumber: ohcewek.blogspot.com

Selain ikan kembung balado, ikan kembung juga bisa diolah menjadi ikan kembung sambal ijo. Bahan yang dibutuhkan adalah ikan kembung, daun salam, daun jeruk, tomat hijau, cabai hijau keriting, cabai hijau besar, bawang merah, serai, air asam jawa, air jeruk nipis, gula, garam, dan air.

Bersihkan ikan kembung dan lumuri dengan air jeruk nipis juga garam, diamkan hingga meresap. Kemudian panaskan minyak untuk menggoreng, dan goreng ikan kembung hingga kering. Sembari menunggu tumbuk kasar cabai hijau keriting, cabai hijau besar, bawang merah, dan tomat hijau.

Setelah ikan kembung digoreng, sisihkan ikan kembung kemudian tumis bumbu kasar hingga harum dan tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai. Lalu masukan ikan kembung, tambahkan garam dan gula pasir, aduk hingga merata. Bisa ditambahkan sedikit air jika mau agar bumbu semakin tercampur rata.

Terakhir tambahkan air asam jawa, aduk merata dan koreksi rasa. Ikan kembung sambal ijo pun siap disajikan dan disantap.

6. Ikan Kembung Asam Pedas

Ikan Kembung Asam Pedas

* sumber: www.masakan-rumahan.com

Jika kamu ingin olahan ikan yang cukup segar, kamu bisa membuat ikan kembung asam pedas. Bahan yang dibutuhkan air jeruk nipis, cabai rawit ijo, bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah keriting, cabai rawit merah, kemiri, terasi, sereh, air asam jawa, garam, gula, air secukupnya dan minyak untuk menumis.

Langkah membuatnya bersihkan ikan kembung terlebih dahulu, balur dengan air jeruk nipis dan garam diamkan hingga meresap. Kemudian haluskan bumbu bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah keriting, cabai rawit merah, kemiri, dan terasi.

Tumis bumbu halus dan masak hingga wangi bersama sereh. Masukan air asam jawa, garam, gula dan air secukupnya, masak hingga mendidih. Masukan ikan kembung dan cabai rawit hijau utuh, masak hingga matang, koreksi rasa kemudian sajikan selagi hangat.

7. Ikan Kembung Bakar

Ikan Kembung Bakar

* sumber: brilicious.brilio.net

Tidak hanya ikan gurami yang nikmat jika dibakar, tapi ikan kembung juga bisa dibakar dan rasanya juga lezat lho. Cara membuatnya juga mudah, berikut bahannya adalah ikan kembung, garam, air perasan jeruk nipis, air asam jawa, dan kecap manis. Bahan bumbu halus bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah besar, jahe, garam, kunyit bakar, kemiri yang disangrai, gula pasir, lada bubuk, kaldu bubuk jika perlu dan minyak.

Kemudian bersihkan ikan, lumuri dengan perasan jeruk nipis dan diamkan hingga meresap. Haluskan bahan bumbu halus dan tambahkan kecap manis bersama air asam jawa. Bersihkan kembali ikan yang sudah dilumuri jeruk nipis, kemudian campurkan semua bumbu yang telah dihaluskan tadi dan diamkan Kembali kurang lebih 30 menit sampai bumbu meresap.

Setelah bumbu meresap, bakar ikan sampai tingkat kematangan yang diinginkan. Santap ikan bakar selagi hangat bersama dengan nasi pasti lebih nikmat.

8. Ikan Kembung Pepes

Ikan Kembung Pepes

* sumber: blog.titipku.com

Gak cuma daging ayam yang bisa dijadikan olahan pepes, ikan kembung juga bisa lho. Kalau bosan dengan pepes daging ayam, ikan kembung ini bisa jadi alternatif pilihan olahan pepes. Bahan yang diperlukan adalah ikan kembung, jeruk nipis, garam untuk menghilangkan bau amis pada ikan.

Untuk bumbu halus, siapkan kunyit, lengkuas, sereh, kemiri, bawang putih, bawang merah, cabe rawit sesuai selera, cabai merah besar, terasi sangrai. Jika suka bisa ditambahkan dengan kemangi agar semakin wangi dan juga enak. Jangan lupa daun pisang untuk membungkusnya.

Cara membuatnya, bersihkan ikan kembung lumuri dengan jeruk nipis dan juga garam diamkan beberapa saat. Kemudian, siapkan bumbu halus, tambahkan garam, gula dan penyedap rasa jika diperlukan.

Siapkan daun pisang, letakkan ikan yang telah dilumuri bumbu di daun pisang, tambahkan cabai rawit utuh dan daun kemangi jika suka, bungkus dan sematkan lidi di ujung bungkusnya. Kukus pepes ikan kurang lebih selama 30 menit sampai ikan benar-benar matang.

9. Ikan Kembung Sambal Dabu-Dabu

Ikan Kembung Sambal Dabu-Dabu

* sumber: resepikan88.blogspot.com

Sambal dabu-dabu tidak hanya nikmat dipadukan dengan daging ayam, tapi dengan olahan ikan pun bisa menjadi olahan yang nikmat. Termasuk olahan ikan kembung dengan sambal dabu-dabu.

Bahan yang perlu disiapkan adalah ikan kembung, jeruk nipis, bubuk kunyit, dan bubuk ketumbar untuk marinasi ikan. Untuk bahan sambal dabu-dabu terdiri dari cabai rawit merah, cabai hijau besar, cabai merah keriting, bawang merah, tomat, garam, jeruk nipis dan minyak panas.

Cara membuatnya, bersihkan ikan terlebih dahulu kemudian marinasi dengan bumbu tadi. Setelah bumbu marinasi meresap, goreng ikan hingga matang. Kemudian iris semua bahan sambal dabu-dabu, beri sedikit minyak goreng yang sudah dipanaskan dan koreksi rasa. Setelah ikan matang bisa siramkan sambal dabu-dabu langsung ke ikannya agar lebih mantap rasanya.

10. Ikan Kembung Suwir

Ikan Kembung Suwir

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=t5SY0K_4UI0&app=desktop&ab_channel=MamaAdeeva

Olahan ayam suwir sudah biasa, kamu bisa juga lho membuat olahan ikan kembung suwir yang pasti tak kalah enak dengan olahan ayam suwir. Bahan yang diperlukan adalah ikan kembung segar, kecap manis, bawang putih, bawang merah, cabai rawit opsional, saus tiram secukupnya, kaldu bubuk, garam, lengkuas, daun salam dan jahe.

Bersihkan dahulu ikan kembung, kukus ikan hingga agak matang sampai dagingnya bisa disuwir. Sisihkan suwiran ikan, kemudian iris bawang merah dan bawang putih kemudian tumis hingga harum bersama lengkuas, daun salam dan jahe.

Lalu masukan suwiran ikan kembung kedalam tumisan, tambahkan saus tiram, kecap manis dan garam secukupnya. Koreksi rasa, masak ikan kembung hingga agak kering dan sajikan selagi hangat.

Bagaimana? Mudah bukan membuat olahan ikan kembung. Bahannya mudah ditemukan, murah dan juga yang pasti bergizi. Kira-kira olahan ikan kembung mana nih yang jadi favorit kamu? Ada yang pernah mencoba olahan ikan kembung yang disebutkan diatas tadi? Jika ada olahan ikan kembung lainnya yang menarik, bisa tuliskan di kolom komentar yang tersedia di bawah ya. Jangan lupa juga, liat juga olahan ikan lainnya untuk referensi masakan kamu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *