Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Gurame Paling Terkenal di Indonesia

10 Olahan Ikan Gurame Paling Terkenal di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Juli 2019

Hampir sebagian besar orang di Indonesia pasti pernah menyantap ikan gurame, minimal pernah mendengar nama ikan air tawar paling populer yang satu ini. Ya, di antara jenis ikan air tawar lainnya gurame memang merupakan jenis ikan yang paling terkenal. Ikan ini selalu ada dalam daftar menu tempat makan yang memang spesial menjual aneka ikan.

Sebagai ikan air tawar yang paling disukai, tentu saja ada banyak pilihan menu olahan ikan gurame yang menggugah selera. Jika Anda ingin mencari inspirasi menu olahan ikan gurame, simak ulasan lengkap dari Bacaterus ini, yuk!

1. Gurame Pesmol

Gurame Pesmol

* sumber: id.tastemade.com

Kalau Anda berkunjung ke restoran yang menyajikan makanan khas Sunda, Anda pasti akan mendapati menu bernama “Gurame Pesmol”. Ikan gurame pesmol dimasak dengan bumbu kuning dengan rempah-rempah khas Sunda. Ada banyak rempah-rempah yang dipakai dalam membuat gurame pesmol sehingga proses pengolahannya memang cukup ribet.

Pertama-tama, ikan gurame yang sudah dilumuri dengan air jeruk nipis dan garam digoreng di dalam minyak panas. Setelah itu, Anda harus menghaluskan bumbu-bumbu seperti serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas lalu tumis bumbu halus ini sampai harum. Terakhir, masukkan cabai merah besar, daun bawang, dan air jeruk nipis pada tumisan bumbu halus tadi.

Ketika bumbunya sudah matang, gurame yang tadi sudah digoreng dimasukkan ke dalam bumbu. Tunggu sampai beberapa saat sampai bumbunya meresap ke dalam ikan.

2. Gurame Bakar

Gurame Bakar

* sumber: colouringindonesia.com

Buat Anda yang tidak ingin ribet dalam mengolah ikan gurame, Anda bisa mengolahnya dengan cara membakar ikan tersebut. Bahan-bahan yang dipakai untuk mengolah gurame bakar sangat sederhana, yakni mentega dan kecap. Kemudian, Anda juga harus menyiapkan tempat untuk membakar ikan.

Sejatinya, Anda bisa membakar ikan gurame di atas kompor gas. Namun, membakar ikan di atas arang dirasa mampu membuat cita rasa ikan bakar jadi lebih nikmat. Sebelum dibakar, Anda bisa menggoreng ikan tersebut terlebih dahulu. Jika tidak ingin menggorengnya, ikan gurame bisa langsung dibakar kok. Sambil dibakar sebaiknya olesi mentega dan kecap manis.

Gurame bakar paling nikmat jika disajikan dengan sambal terasi atau sambal kecap. Apalagi jika disajikan dengan sepiring nasi putih hangat rasanya pasti lebih yummy!

3. Gurame Acar Kuning

Gurame Acar Kuning

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=Sfx-t5zkvok

Jika gurame pesmol dirasa terlalu ribet, ada olahan ikan gurame lainnya yang tergolong lebih simple, yakni gurame acar kuning. Gurame pesmol disajikan dengan kuah kuning, sedangkan gurame acar kuning disajikan bersama tumisan acar kuning yang sedap.

Seperti biasa, Anda harus menggoreng ikan gurame terlebih dahulu. Bumbui ikan dengan air jeruk nipis, garam, dan bawang putih sebelum digoreng. Setelah itu, lanjutkan dengan menumis bawang merah, bawang putih, kunyit, merica, jahe, dan kemiri yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun jeruk, daun salam, dan serai ketika menumis bumbu halus tersebut.

Setelah menambahkan air secukupnya pada bumbu yang sedang ditumis, silakan masukkan mentimun dan wortel yang sudah dipotong dengan bentuk korek api ke dalamnya. Ketika bumbunya sudah mendidih, masukkan gurame yang sudah digoreng tadi. Pindahkan gurame acar kuning ke piring saji jika rasanya sudah pas.

4. Tim Gurame

Tim Gurame

* sumber: www.pandaan.online

Sedang diet atau menghindari makanan yang digoreng? Tim gurame bisa menjadi menu yang cocok untuk Anda. Ini adalah salah satu olahan ikan gurame yang sehat karena tidak digoreng. Proses pembuatannya pun terbilang cepat dan bahan-bahannya mudah ditemukan.

Satu ekor ikan gurame yang sudah dibersihkan dilumuri dengan air perasan lemon. Sesudah itu, siapkan bawang putih cincang, jahe parut, kecap ikan, garam, minyak wijen, gula, dan merica, lalu aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Kerat ikan gurame dan lumuri dengan bumbu yang tadi sudah disiapkan. Selanjutnya, kukus ikan gurame selama 30 menit.

Nah, cara pembuatannya sangat mudah, bukan? Ketika tim guramenya matang, tambahkan taburan daun bawang di atasnya agar cita rasanya semakin sedap.

5. Gulai Ikan Gurame

Gulai Ikan Gurame

* sumber: www.kuliner-indo.com

Siapa bilang gulai harus menggunakan lauk ayam atau daging sapi? Ikan gurame juga bisa menjadi lauk yang lebih sehat dibanding keduanya. Mengingat gulai adalah hidangan dengan campuran santan, tentu saja Anda harus menyiasatinya agar kandungan kolesterolnya tidak terlalu tinggi.

Gurame yang sudah dipotong menjadi 3-4 bagian harus dibumbui dengan air lemon, lada, garam, dan bawang putih halus terlebih dahulu. Setelah 30 menit, goreng ikan sampai kering. Lanjutkan dengan menumis bumbu gulai, yakni bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, kunyit, lengkuas, dan kemiri yang sudah dihaluskan. Tambahkan daun salam, daun jeruk, dan serai ke dalamnya.

Ketika bumbunya sudah matang, tuangkan santan, air, garam, dan gula. Masukkan juga potongan ikan gurame yang sudah digoreng, lalu matikan api jika kuahnya sudah mendidih.

6. Gurame Tahu Tausi

Gurame Tahu Tausi

* sumber: restauranthokka.blogspot.com

Nah, yang satu ini adalah olahan ikan gurame yang banyak ditemukan di tempat makan yang menjual menu Chinese food. Bahan utamanya adalah tausi yang merupakan kacang kedelai hitam yang telah difermentasi dan diasinkan. Selain ikan gurame, Anda harus menyediakan tahu tofu yang biasa dimasak menjadi sapo tahu.

Langkah pertama adalah membumbui ikan gurame dengan air jeruk nipis dan garam lalu digoreng sampai warnanya cokelat keemasan. Lanjutkan dengan menumis jahe, bawang putih, dan tausi sampai aromanya menjadi harum. Jangan lupa untuk turut memasukkan garam, gula, kecap asin, dan kecap manis.

Tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan bumbu-bumbu tadi. Kemudian, tambahkan pula larutan sagu untuk membuat tekstur kuahnya jadi lebih kental. Setelah kuahnya mengental, matikan api dan tuang kuah di atas ikan gurami. Kalau tidak ingin menyajikan satu ekor ikan gurami utuh, bisa juga menggunakan daging ikan gurame fillet.

7. Gurame Bumbu Rujak

Gurame Bumbu Rujak

Bumbu rujak selalu cocok dinikmati dengan lauk apapun. Rasanya yang manis, pedas, dan gurih membuat setiap orang yang menyantapnya jadi ketagihan. Salah satu makanan yang bisa diolah dengan bumbu rujak adalah ikan gurame.

Gurame yang sudah digoreng akan disiram dengan bumbu rujak. Bahan yang dipakai untuk membuat bumbu rujak antara lain adalah serai, lengkuas, daun jeruk, daun salam, kencur, kemiri, jahe, bawang merah, bawang putih, garam, kunyit, dan cabai merah yang dihaluskan. Kemudian bumbu halus ini ditumis sampai aromanya harum.

Setelah aroma harum mulai menyerbak dari tumisan bumbu halus tadi, tuang air, gula merah, dan air asam jawa ke dalam bumbu. Masukkan ikan gurame goreng tadi bersama irisan cabai rawit. Ketika airnya telah menyusut, matikan api dan sajikan gurame bumbu rujak ini.

8. Sup Ikan Gurame

Sup Ikan Gurame

*Sumber: https://id.pinterest.com/pin/437130707575111395/?lp=true

Mengingat gurami termasuk jenis ikan dengan jumlah duri yang sedikit, tentu saja dagingnya mudah diiris menjadi fillet dan dimasak menjadi makanan berkuah. Olahan gurame populer lainnya yang akan dibahas kali ini adalah sup ikan gurame.

Bahan pembuatan sup ikan gurame cukup sederhana, mulai dari bawang putih, bawang merah, serai, jahe, dan daun jeruk yang direbus dalam air sampai mendidih. Kemudian, saat memasukkan fillet ikan, masukkan juga potongan tomat dan cabai rawit. Tambahkan juga garam dan gula secukupnya. Sup ikan gurami siap dinikmati dalam keadaan hangat.

9. Pepes Gurame

Pepes Gurame

* sumber: taninelayanku.blogspot.com

Hampir semua jenis ikan bisa diolah dengan cara pepes, tak terkecuali gurame. Ikan gurame yang sudah dicuci harus dilumuri dengan jahe, bawang putih, dan jeruk nipis. Untuk bumbu pepesnya sediakan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat, kunyit, garam, gula merah, dan daun bawang, kemudian haluskan bumbu-bumbu tadi di dalam blender.

Sediakan daun pisang yang sudah dibersihkan untuk membungkus ikan gurame. Sebelum dibungkus, tambahkan bumbu halus dan daun kemangi. Lanjutkan dengan mengukus pepesan ini selama 45 menit. Jika aroma pepesnya sudah semerbak, maka pepes ikan gurame sudah siap disajikan.

10. Gurame Saus Asam Manis

Gurame Saus Asam Manis

* sumber: anekaresep-indonesia.blogspot.com

Makanan yang satu ini termasuk dalam kategori Chinese food. Akan tetapi, hampir sebagian masyarakat Indonesia sudah cukup familiar dan suka menyantap hidangan ini. Gurame yang dipakai untuk membuat hidangan ini harus dipotong fillet terlebih dahulu. Kemudian, fillet tersebut dibalut dengan tepung dan digoreng dalam minyak panas.

Pembuatan saus asam manisnya juga cukup mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah saus tomat, saus sambal, garam, merica, dan tomat. Tumis bahan pembuatan saus ini dan tambahkan larutan sagu agar teksturnya kental. Setelah sausnya matang, siramkan sausnya di atas ikan gurame yang sudah digoreng tadi.

Wah, ternyata ada banyak pilihan menu olahan gurame yang terkenal di Indonesia, ya? Kini, Anda tak perlu bingung ketika harus memasak ikan gurame. Tak hanya digoreng saja, ternyata ada banyak variasi cara penyajian gurame yang sangat menggugah selera.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar