Bacaterus / Ikan / 10 Olahan Ikan Bandeng yang Enak dan Populer di Indonesia

10 Olahan Ikan Bandeng yang Enak dan Populer di Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2019

Selain olahan ikan teri, olahan ikan bandeng juga banyak digemari oleh masyarakat kita, lho. Ikan bandeng yang memiliki nama latin Chanos chanos yang terkadang berbau seperti lumpur ini dapat diolah menjadi menu makanan lezat yang berbeda-beda.

Nah, pada kesempatan kali ini, Bacaterus akan membagikan informasi tentang 10 olahan ikan bandeng yang populer di Indonesia. Apa sajakah itu? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini untuk mengetahui aneka ragam olahan bandeng yang lezat dan digemari masyarakat kita.

1. Bandeng Acar Kuning

olahan ikan bandeng acar kuning

* sumber: sajiansedap.grid.id

Ikan bandeng acar kuning adalah salah satu olahan ikan bandeng yang populer di Indonesia. Rasanya yang segar nan nikmat membuat siapa saja ketagihan saat menyantapnya. Nah, cara membuat olahan bandeng acar kuning ini adalah dengan memasak ikan bandeng bersamaan dengan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit yang sudah dibakar serta kemiri.

Selain bumbu halus tadi, ikan bandeng yang sebelumnya sudah digoreng terlebih dulu juga ditumis dengan bahan-bahan tambahan lainnya berupa daun salam, lengkuas, tomat, serai, cuka dan daun jeruk. Tak heran, rasa dari menu makanan ini sangat amat lezat. Sayuran berupa wortel dan timun juga menjadi pelengkap dari hidangan ini. Adakah di antara kamu yang belum mencoba mencicipi bandeng acar kuning?

2. Pepes Bandeng Daun Kemangi

olahan ikan bandeng pepes bandeng

* sumber: resepkuliner23.blogspot.com

Bukan hanya pepes ayam, pepes tahu, pepes usus atau pun pepes ikan teri saja yang enak. Pepes bandeng kemangi pun sama lezatnya. Menu makanan dengan wangi yang khas ini berbahan utama ikan bandeng (umumnya tak berduri).

Ikan bandengnya ditumis dengan bumbu halus berupa kemiri yang sudah disangrai, kunyit, cabai merah besar, bawang putih dan bawang merah. Bahan lainnya seperti daun salam juga serai ikut ditambahkan saat ikannya ditumis.

Nah, jika ikan bandengnya sudah matang, biasanya ikan yang sudah berbumbu tersebut langsung dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Sebelum dibungkus, bahan-bahan tambahan seperti daun kemangi hingga cabai rawit ikut dimasukkan ke dalamnya. Nah, kalau sudah lengkap semua, pepes ikan bandeng dimasak kembali dengan cara dikukus untuk kemudian dibakar di atas bara api.

3. Asem-Asem Bandeng

asem asem bandeng olahan ikan bandeng

* sumber: www.inews.id

Satu lagi olahan ikan bandeng yang populer di kalangan masyarakat kita. Adalah asem-asem bandeng, hidangan dengan citarasa gurih dan asam yang menggoyang lidah. Asem-asem bandeng ini dimasak dengan cara menumis bandeng yang sebelumnya telah dilumuri jeruk nipis dan garam agar bau amisnya hilang.

Ikan bandeng ditumis dengan menggunakan aneka bumbu dan bahan lainnya. Di antaranya adalah bawang putih dan bawang merah yang telah diiris, jahe, kunyit, salam dan serai juga lengkuas dan tomat. Bandeng ditumis dengan menggunakan sedikit air.

Tak ketinggalan, cabai rawit dan garam pun ikut ditambahkan agar rasanya makin nendang di lidah. Ikan bandengnya kemudian dimasak hingga matang. Hayo, siapa yang tertarik untuk mencoba menu olahan bandeng yang satu ini?

4. Bandeng Bakar Kecap

Bandeng

* sumber: selerasa.com

Bandeng bakar kecap bisa dibilang merupakan menu olahan bandeng yang sederhana. Meski begitu, rasa dari sajian ini tidak kalah dari olahan bandeng lainnya. Untuk memasak bandeng bakar kecap, kamu harus menyiapkan bahan utama berupa ikan bandeng, kecap manis, air jeruk nipis, garam dan minyak goreng untuk menumis.

Bumbu halus yang terdiri dari campuran cabai rawit, bawang merah dan bawang putih, kemiri dan cabai merah juga tak boleh terlewatkan. Nah, kalau semua bahan dan bumbu halusnya sudah siap, kamu tinggal memasak ikannya.

Caranya juga terbilang mudah. Pertama, lumuri dulu ikan bandeng menggunakan air jeruk nipis dan garam. Lalu diamkan selama sepuluh menit. Setelah itu, campurkan bumbu halus dan kecap manis. Nah, jika sudah selesai, oleskan campuran bumbu tadi ke badan ikan bandeng. Kamu tinggal memanggang ikannya sampai matang, deh. Gimana, mau mencoba membuat hidangan bandeng bakar kecap sendiri di rumah?

5. Semur Bandeng

semur bandeng

* sumber: www.tribunnews.com

Selanjutnya, ada semur bandeng. Semur bandeng tentu punya citarasa yang nggak kalah maknyus dari semur daging. Cara membuatnya juga terbilang mudah. Cukup haluskan bawang putih dan bawang merah, kemiri, jahe dan cabai merah keriting.

Kemudian tumis bumbu halusnya dengan minyak panas. Setelah bumbunya harum, kamu tinggal memasukkan bahan lainnya berupa serai, daun salam dan daun jeruk agar aromanya makin mantap. Jangan lupa bubuhkan garam, gula, kecap serta lada bubuk. Tambahkan sedikit air, kemudian aduk rata bumbu dan masak hingga mendidih.

Terakhir, masukkan ikan bandengnya dan aduk rata. Setelahnya, cukup masak hingga matang. Nah, gimana, mudah bukan?

6. Gulai Bandeng

gulai bandeng

* sumber: www.fimela.com

Gulai bandeng, menu olahan bandeng yang satu ini juga wajib untuk kamu coba cicipi. Menu makanan ini dibuat dengan cara menumis ikan bandeng dengan bumbu halus dan bumbu lainnya berupa serai, daun jeruk, daun salam dan lengkuas.

Santan kelapa. gula dan garam juga ditambahkan sebelum ikannya dimasukkan bersamaan dengan cabai hijau dan air asam jawa sebelum akhirnya dimasak hingga matang. Gulai bandeng yang rasanya pedas dan gurih ini cocok untuk dinikmati kapan saja.

7. Bandeng Presto

bandeng presto

* sumber: selerasa.com

Siapa yang nggak kenal dengan olahan ikan bandeng khas Semarang ini? Ya, bandeng presto sudah tersohor sebagai salah satu olahan bandeng yang lezat dan wajib dibawa pulang sebagai buah tangan setelah berkunjung ke Semarang.

Bandeng presto sendiri dimasak dengan bumbu berupa kunyit, garam dan bawang putih. Sesuai namanya, ikan bandeng dimasak dengan memakai uap air, di mana bandeng diletakkan di dalam panci yang terkunci rapat. Cara masak ini membuat duri bandeng menjadi lunak dan akhirnya digemari oleh banyak orang. Sudahkah kamu mencoba bandeng presto khas Semarang?

8. Bandeng Pesmol Betawi

bandeng pesmol betawi

* sumber: cookpad.com

Next, ada bandeng pesmol betawi yang kaya rasa. Menu makanan ini diolah dengan cara memasak ikan bandeng dengan beragam jenis bumbu. Ada bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah, kemiri, laos, gula, kunyit dan garam.

Selain bumbu halusnya, bandeng juga dimasak dengan bumbu kasar berupa serai, bawang merah dan cabai rawit. Bahan lainnya seperti air, cuka dan kaldu ayam juga ditambahkan agar rasa hidangannya makin mantap. Bandeng yang sebelumnya telah digoreng hingga kering kemudian dimasak dengan bumbu-bumbu tersebut hingga matang.

9. Bandeng Bumbu Rujak

bandeng bumbu rujak

* sumber: selerasa.com

Adalah bandeng bumbu rujak, hidangan dengan ikan bandeng sebagai bahan utamanya, yang cocok untuk dijadikan teman bersantap siang maupun malam. Cara memasak menu makanan ini terbilang mudah. Kamu hanya perlu menumis bumbu halus yang terbuat dari kemiri yang sudah disangrai, bawang putih dan bawang merah, kunyit dan terasi bakar serta cabai merah keriting.

Tambahkan serai, daun jeruk dan lengkuas. Tumis bumbunya hingga harum. Nah, jika sudah, masukkan ikan bandeng yang telah dicuci bersih dan digoreng hingga matang.

Kemudian tambahkan garam dan gula agar rasanya makin nikmat. Setelahnya, tuangkanlah santan sedikit demi sedikit ke dalam wajan sembari diaduk perlahan. Masak ikan diatas api kecil sampai matang.

10. Bandeng Balado

bandeng balado

* sumber: galabo.wordpress.com

Terakhir, ada sajian bandeng balado. Memasak menu ini tidaklah sulit. Cukup siapkan ikan bandeng, bumbu halus dari bawang merah, bawang putih dan satu buah tomat, minyak goreng, air, garam dan gula. Kamu juga bisa menggunakan bumbu balado instan yang sudah banyak dijual di pasaran, lho.

Jika semua bahan dan bumbu telah siap, tumis bumbu halus dengan minyak panas hingga harum dan tambahkan air, lalu masukkan bumbu baladonya. Setelah itu, tambahkan garam dan gula sesuai selera. Terakhir, masukkan ikan bandeng, aduk rata dan masak sampai matang.

Nah, itulah kesepuluh olahan ikan bandeng yang populer di Indonesia. Adakah satu di antara sepuluh hidangan di atas yang menjadi favoritmu atau bahkan belum pernah kamu coba sebelumnya?

Oh ya, kalau kamu punya rekomendasi menu olahan ikan bandeng yang tak kalah lezat, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar