Bacaterus / Ikan / Inilah Aneka Olahan Ikan Asin yang Enak dan Harus DIcoba

Inilah Aneka Olahan Ikan Asin yang Enak dan Harus DIcoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Maret 2020

Pada mulanya, ikan asin hadir berkat cara para nelayan yang kelebihan tangkapan untuk mengawetkan ikan. Tapi, sekarang ikan asin sendiri sudah menjadi kebutuhan pokok masyarakat, dan ada beberapa ikan asin yang justru lebih mahal dibandingkan versi segarnya.

Ikan asin merupakan salah satu olahan terpopuler di Indonesia. Setiap daerah pasti punya caranya sendiri untuk menikmati ikan asin. Biasanya ikan asin merupakan menu wajib kalau ada hajatan atau pesta, seperti syukuran rumah baru, arisan, hingga family gathering.

Ikan asin juga enak dimakan untuk makan siang bersama keluarga atau teman. Orang-orang yang merantau (terutama ke luar negeri) biasanya membawa ikan asin agar bisa melupakan home sick-nya, hihi.

Tak perlu khawatir gagal untuk memasak ikan asin, karena digoreng saja sebenarnya ikan asin sudah bisa dimakan. Kalau mau dijadikan masakan yang lebih nikmat juga tidak sulit. Biasanya ikan asin dimasak jadi brengkes/pepes atau ditumis. Sebelum membahas aneka olahan ikan asin, Bacaterus mau memberi tahu Anda macam-macam ikan asin, karena ikan asin itu bukan cuma satu macam saja.

Aneka Masakan dari Ikan Asin

Itu tadi beberapa jenis ikan asin yang populer di Indonesia. Kalau Anda paling suka ikan asin yang mana nih? Tentu Bacaterus tidak bisa menyebutkan semua macam ikan asin, karena itu akan memakan waktu yang sangat lama. Sekarang, mari kita intip saja resep-resep yang bisa Anda buat dengan bahan baku utama ikan asin!

1. Tumis Ikan Asin Pedas

* sumber: cookpad.com

Ikan asin memang paling enak dimakan dengan sesuatu yang pedas. Karena ikan asin sudah asin, tentu saja, jadi Anda bisa menetralisirnya sedikit dengan menambahkan rasa manis dari kecap manis. Supaya lebih sedap, tambahkan bawang putih bawang merah, cabai merah cabai rawit, tomat dan daun bawang!

2. Tumis Peda Surawung

* sumber: cookpad.com

Surawung itu apa? Mungkin Anda akan bertanya begitu. Buat yang belum tahu, surawung itu bagaimana orang Sunda menyebut kemangi. Kalau bahasa Inggrisnya, sih, ini daun basil. Masakan ini paling enak dinikmati dengan nasi hangat + sambal goang.

Anda hanya membutuhkan ikan asin peda, kemangi, cabai merah cabai hijau, cabai rawit, bawang merah bawang putih, tomat, bawang daun dan daun jeruk. Anda bisa menambahkan petai kalau suka!

3. Asin Jambal Roti Cabai Hijau

* sumber: cookpad.com

Duuuh, langsung ngiler lihat gambarnya juga! Ini adalah asin jambal roti cabai hijau. Karena pakai cabai hijau, tentu tomat yang digunakan pun yang warna hijau, ya. Sayuran yang hijau-hijau ini memang punya cita rasa berbeda dengan yang warnanya merah.

Entah kenapa cabai hijau terasa lebih pedas daripada cabai merah. Lalu, tomat hijau lebih asam dari yang merah. Jadinya pas saja ketika dimakan bersama dengan jambal roti yang empuk dan gurih.

4. Ikan Asin Kering Balado

* sumber: cookpad.com

Ikan asin bulu ayam memang paling sedap kalau dimasak jadi kering balado seperti ini, nih. Terus, karena rasanya tidak asin (walaupun ini ikan asin, aneh, haha), jadi Anda tidak akan giung memakannya. Karena ini crispy, rasanya jadi seperti makan kerupuk saja (tapi lebih enak tentunya).

5. Pindang Ikan Asin Basah

* sumber: cookpad.com

Siapa di sini yang suka makan pindang? Ternyata ikan asin juga enak dipindang, loh. Tentu hasilnya jadi basah, bukan kering seperti kebanyakan resep ikan asin lainnya. Resepnya bisa Anda dapatkan di sini, ya.

6. Oseng Tempe Ikan Asin

* sumber: cookpad.com

Kadang ada orang yang tak sanggup makan ikan asin secara utuh, entah karena terbayang bentuk asalnya atau karena rasa asinnya terlalu kuat.

Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan menambahkan bahan-bahan lainnya yang rasanya tidak terlalu kuat seperti tempe, tahu, atau bahkan yang rasanya kuat hingga jomplang dengan ikan asin seperti daun pepaya, paria dan kecap manis. Seperti menu oseng tempe ikan asin ini yang ditambah petai dan udang. Yumm!

Jenis Ikan Asin Terpopuler

Orang-orang yang kurang paham tentang makanan mungkin mengira kalau “ikan asin” itu cuma satu jenis saja. Padahal, ada banyak sekali varietas ikan yang bisa diasinkan. Jadi, ikan asin itu nama luasnya, kalau dipersempit jadi ada ikan asin jambal roti, ikan asin sepat dan lain-lain. Berikut adalah macam-macam ikan asin yang paling populer dan digemari orang Indonesia.

1. Ikan Asin Sepat

* sumber: www.bukalapak.com

Pertama-tama ada ikan asin sepat. Setiap kali melaut, nelayan akan mendapatkan limpahan ikan sepat yang kalau disimpan terlalu sama kesegarannya akan rusak. Selain itu, ikan sepat juga cepat mati walaupun disimpan di dalam air. Itulah ide awal munculnya ikan asin sepat. Harga ikan asin sepat lumayan tinggi, yaitu sekitar Rp50 ribu/kg dan bisa mencapai Rp80 ribu/kg di kota besar seperti Jakarta.

2. Ikan Asin Gabus

* sumber: www.bukalapak.com

Selain sepat, ikan gabus juga populer dijadikan ikan asin. Orang-orang menyukai daging ikannya yang khas dan terasa lezat. Ikan asin ini juga terlihat lebih bersih dari ikan asin lainnya, karena sebelum diasinkan, ikan gabus dibersihkan sisiknya, dibuang isi perut dan insangnya, serta dibelah dua sebelum diasinkan.

Alasan tersebut yang mungkin juga menjadi alasan orang-orang memilihnya. Karena alasan ini juga mungkin kenapa ikan asin gabus sedikit lebih mahal. Biasanya ikan ini dimasak sebagai balado, sambal goreng dan dibumbui cabai hijau.

3. Ikan Asin Peda

* sumber: profile.sarangsemut.my.id

Peda! Ikan asin ini juga populer banget, apalagi kalau lagi kumpul bersama teman-teman atau keluarga, ngeliwet kurang lengkap rasanya kalau tidak ada ikan asin peda.

Ikan asin ini lumayan unik, karena ikan asin lainnya dibuat benar-benar kering, sedangkan peda itu merupakan ikan asin 1/2 kering. Harga ikan asin ini juga tak terlalu mahal. Biasanya peda dimasak jadi pepes, ditumis dengan cabai, hingga digoreng biasa saja juga sudah enak.

4. Ikan Asin Bulu Ayam

* sumber: www.bukalapak.com

Siapa yang suka ikan asin yang sangat langsing ini? Hehe. Namanya adalah ikan asin bulu ayam. Ini bukan bulu ayam beneran, ya. Namanya terinspirasi dari bentuknya yang sangat tipis dan ringan, warnanya juga putih seperti bulu ayam.

Walaupun ini ikan asin, tapi rasanya tidak terlalu asin. Walaupun “tidak ada dagingnya”, ikan asin ini cukup mahal, loh. Harganya sekitar Rp 50 ribuan/kg, untuk yang kualitas bagus bahkan bisa mencapai harga Rp 80 ribu/kg.

5. Ikan Asin Jambal Roti

* sumber: www.tokopedia.com

Ini adalah ikan asin yang paling super, paling besar, paling berdaging, paling empuk dan paling legit diantara ikan-ikan asin lainnya. Siapa yang tak kenal ikan asin jambal roti? Bahkan tulangnya saja dijual dengan harga lumayan mahal. Sebegitu diinginkannya ikan asin ini di nusantara. Ikan asin ini dibuat dari ikan patin jambal yang memang ukuran ikan segarnya pun cukup besar.

Sebenarnya, selain karena lezat dan ukurannya yang besar, cara pembuatan ikan asin ini memang lebih sulit dan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Proses pengeringan ikannya pun lebih lama.

Jadi, wajar saja kalau jambal roti biasanya cuma bisa Anda dapatkan dalam potongan kubus kecil kalau makan di restoran, karena daging ikan asin ini begitu tinggi. Harga ikan asin jambal roti kualitas standar bisa mencapai Rp 120 ribu/kg dan yang kualitas super bisa sampai Rp 160 ribu/kg!

Begitulah resep ikan asin beserta beberapa jenis ikan asin terpopuler di Indonesia. Sebenarnya masih banyak resep ikan asin yang paling enak. Jika Anda tahu resep enak lainnya, yuk tuliskan di kolom komentar!

Oh iya, selain ikan asin, kami juga pernah membahas beberapa olahan ikan tuna yang paling enak dan lezat. Jadi, kalau Anda suka makan ikan tuna dan bingung mau mengolahnya seperti apa, bisa kunjungi artikel Olahan Ikan Tuna berikut ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *