Bacaterus / Daging Ayam / Aneka Olahan Hati Ayam yang Paling Enak dan Lezat

Aneka Olahan Hati Ayam yang Paling Enak dan Lezat

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengonsumsi jeroan sudah bukan hal aneh di negara kita, apalagi jeroan ayam, khususnya hati atau kadang disebut ati. Bagian organ dalam ayam ini memiliki rasa dan tekstur yang unik, membuat penyukanya selalu senang untuk menyantapnya.

Selain dijadikan makanan utama, hati ayam juga sering diselipkan ke makanan lainnya, seperti sambal goreng kentang ati ayam misalnya. Hati ayam tidak sulit diolah, tapi karena dia berlendir dan agak bau amis orang suka malas memasaknya. Sebelum membahas olahan hati ayam, Bacaterus akan membagikan sedikit tips supaya hati ayam jadi tidak bau amis lagi dan siap dimasak.

Cara Mengolah Ati Agar Empuk dan Tidak Bau

Hati ayam yang baru Anda beli (kondisi segar) harus dibersihkan terlebih dahulu. Cuci hati di bawah air mengalir sampai bersih dari kotoran dan sisa darah. Tapi, air saja tidak akan menghilangkan aroma amisnya. Ikuti tips-tips di bawah ini supaya hati ayam tidak bau, empuk dan terasa enak.

1. Mencuci Hati Ayam dengan Tepung

* sumber: www.leaf.tv

Pernah menonton reality show masak-dan-makan Korea “Baek Jong Won’s Top 3 Chef King”? Di episode 68, diundang pengusaha restoran sup pedas jeroan ayam. Nah, beliau memberi tahu rahasia, kalau mencuci jeroan ayam supaya tidak bau amis itu pakai tepung.

Tepung biasa saja, tepung terigu yang ada di warung juga bisa. Jadi, pertama-tama hati ayam dicuci di air mengalir dulu, lalu ditaburi tepung. Nanti tepungnya jadi seperti adonan karena hati ayamnya basah, kan? Gosok-gosok pelan pada hati ayam, awas hancur! Kalau sudah, cuci bersih lagi hati ayamnya dengan air mengalir.

2. Rendam Air Jeruk

* sumber: www.kaveyeats.com

Sama seperti memberi air lemon pada ikan, bau amis pada hati ayam juga bisa hilang jika ditambah sesuatu yang asam seperti air perasan lemon atau jeruk nipis. Tuang perasan air lemon pada hati ayam, ratakan, lalu diamkan selama maksimal 30 menit. Nanti cuci lagi hati ayam sebelum dimasak. Anda pun akan mendapatkan hati ayam yang bebas bau dan empuk!

3. Marinasi dengan Rempah

* sumber: honestcooking.com

Memarinasi hati ayam juga bisa menghilangkan aroma tak sedap darinya. Rempah seperti bawang putih atau jahe adalah pilihan yang tepat. Kedua bumbu aromatik ini memiliki aroma kuat, jadi amis dari hati ayam tidak akan terasa lagi. Gunakan salah satu saja, ya. Jika pakai jahe, jangan pakai bawang putih lagi.

Caranya, parut bawang putih atau jahe secukupnya. Anda bisa menggunakan penghancur bawang atau pun blender kalau kesulitan memarutnya. Balurkan pada hati ayam selama 15-30 menit, lalu bilas lagi hingga bersih.

4. Rendam dalam Susu

* sumber: www.yelp.com

Ada stok susu full cream di kulkas? Bisa dipakai untuk mengempukkan hati ayam, tuh! Rendam hati ayam di dalam susu dan simpan di kulkas semalaman. Buang susunya ketika Anda sudah siap memasak hati. Selain susu cair, Anda bisa menggunakan buttermilk juga. Selain jadi empuk, hati ayam Anda juga akan terasa lebih gurih kalau pakai metode ini.

5. Rebus dengan Rempah

* sumber: howto.gd

Jika Anda tak punya banyak waktu untuk melakukan marinasi, bisa Anda skip, kok. Langsung saja rebus hati di dalam air rempah. Gunakan bumbu-bumbu aromatik seperti jahe, serai, daun jeruk atau daun salam. Cocok-cocokkan saja dengan masakan yang ingin Anda buat.

Pertama-tama masukkan bumbu aromatik yang dibutuhkan, lalu biarkan airnya mendidih. Lalu, turunkan api jadi sedang. Setelah itu, rebus hati ayam sebentar hingga permukaan luarnya terlihat mengeras. Tiriskan hati ayam untuk dimasak.

Resep Hati Ayam

Nah, sekarang Bacaterus mau membagikan aneka olahan terpopuler di Indonesia dan ada juga menu dari internasionalnya. Penasaran ada apa saja? Lihat selengkapnya di bawah ini.

1. Tumis Buncis Ati Ampela

* sumber: endeus.tv

Kadang makan daging-dagingan itu membuat kita enek, kan? Supaya mulut segar lagi, masakan harus disandingkan dengan sayur mayur. Hati ayam dan buncis adalah perpaduan yang sangat pas.

Buncis yang terasa segar dan kriuk-kriuk dipadu dengan hati ayam yang empuk dan legit sangat harmonis. Bumbunya sama saja seperti ketika Anda menumis, tak perlu ditambah bumbu-bumbu yang ribet. Simplicity is the best.

2. Semur Ati Ampela

* sumber: resepkoki.id

Biasanya hati ayam dijual sepaket dengan ampela, walaupun Anda bisa juga membelinya secara terpisah kalau mau. Ampela memiliki tekstur yang sangat berbeda dengan hati.

Jika hati itu ngepros, empuk dan mudah hancur, ampela itu chewy banget dan cenderung keras kalau dimasaknya salah. Kuncinya adalah merebus ampela dan hati ayam dengan bumbu aromatik, tapi jangan terlalu lama juga karena nanti hati ampelanya jadi keras.

Jadi, yang harus Anda lakukan adalah menumis bumbu halus sampai matang supaya tidak bau langu, terus masukkan hati ayam dan ampelanya sebentar. Setelah bumbu tercampur rata, tambahkan air dan masak hingga kuahnya menyusut.

3. Nasi Goreng Hati Ayam

* sumber: resepkoki.id

Mau yang simpel? Nasi goreng pakai hati ayam sudah spesial banget, sih! Bumbu nasi goreng kan cuma bawang-bawang dan garam saja sudah enak, sebenarnya. Apalagi kalau ditambah telur dan aneka topping sesuai selera.

Untuk kali ini, Anda bisa menambahkan hati ayam. Pertama-tama bikin orak-arik telur dulu, lalu pinggirkan. Lalu, tumis bumbu, setelah harum masukkan irisan hati ayam. Jika sudah matang, masukkan nasi dan masak nasgor seperti biasa.

4. Hati Ayam Kecap

* sumber: cookpad.com

Olahan hati ayam yang selanjutnya adalah dibumbu kecap. Menu ini sangat populer di warung makan masakan khas Sunda. Hati ayam bumbu kecap sangat cepat dibuatnya dan terasa enak juga. Bumbu yang diperlukan pun hanya bumbu dapur dasar, ditambah saus kecap dan saus teriyaki, dan selesai! Nikmati dengan nasi putih hangat, mantaaaap..!

5. Ampela Goreng Sambal Lalapan

* sumber: cookpad.com

Jika membeli ayam goreng di pinggir jalan atau pun restoran biasanya suka ada menu hati ayamnya juga, kan? Hati ayam goreng paling enak dinikmati bersama sambal dan juga lalapan.

Bumbu hati ayam goreng sama seperti ketika Anda membuat ungkepan ayam. Nanti tinggal digoreng saja. Kalau mau serasa seperti beli di warung makan, hati ayamnya bisa ditusuk sate dulu. Sajikan dengan lalapan segar dan sambal pedas.

6. Kelia Hati Ayam

* sumber: lestariweb.com

Kelia adalah masakan khas Provinsi Jambi. Cita rasanya gurih dan segar karena pakai asam Jawa. Rasanya mirip sambal goreng kentang dan hati ayam ala Jawa, tapi dengan sedikit rasa jintan. Kalau Anda ingin mencoba memasak sambal goreng hati yang bukan ala Jawa, Sunda, Betawi dan daerah lainnya, bisa bikin kelia hati ayam ini, nih. Lihat resepnya di sini.

7. Hati Ayam Crispy

* sumber: www.allrecipes.com

Bukan cuma daging, kulit dan usus ayam saja yang enak digoreng krispi, tapi hati ayam juga, loh! Masakan murah meriah yang disukai semua orang di rumah, nih. Bumbunya juga simpel. Cuma susu cair, tepung krispi instan, sudah. Goreng dengan minyak panas yang banyak. Sajikan selagi baru dimasak, supaya kriuk-kriuknya tidak hilang.

8. Pâté

* sumber: www.simplyrecipes.com

Pâté adalah olesan dari puree hati ayam. Terdengar menjijikkan? Coba dulu, baru boleh komentar! Makanan ini sangat populer di negara asalnya, Belgia, dan juga negara-negara lainnya seperti Inggris dan Amerika Serikat.

Pâté hati ayam sangat mudah dibuat. Anda hanya membutuhkan bawang merah, bawang putih, brendi, caper, thyme dan tentunya hati ayam. Semuanya diblender hingga halus dan dioleskan pada roti atau cracker untuk dinikmati. Lihat resep selengkapnya di sini.

Bagaimana, semua ide olahan hati ayam tadi sangat menggiurkan, kan? Nah, semua ide olahan tersebut juga sangat mudah dimasak. Jadi, mau masak apa hari ini?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *