Bacaterus / Daging Ayam / 10 Olahan Ceker Ayam Terpopuler yang Menggugah Selera

10 Olahan Ceker Ayam Terpopuler yang Menggugah Selera

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 November 2019

Bagi masyarakat Indonesia, ceker ayam adalah salah satu bagian yang bernilai dari produksi daging ayam. Meskipun dianggap kurang “higienis” oleh sebagian orang (karena ceker ayam langsung bersentuhan dengan tanah), namun olahan yang berbahan dasar ceker ayam cukup populer dalam kuliner Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, olahan berbahan ceker ayam kian diminati. Bahkan saat ini sudah banyak varian olahan ceker ayam yang dijual di pasaran. Tidak hanya identik dengan sop, di zaman yang serba modern ini ceker ayam juga identik dengan hidangan lainnya. Berikut adalah daftar olahan ceker ayam yang populer di Indonesia.

1. Ceker Setan Super Pedas

Ceker Setan Super Pedas

* sumber: antero-news.blogspot.com

Ini merupakan olahan ceker ayam kekinian yang tengah populer. Sesuai namanya, olahan ini memiliki cita rasa yang begitu pedas. Makanan ini cocok untukmu yang suka ceker sekaligus cita rasa pedas. Di sini ceker yang telah direbus selama 30 menit bakal dicampurkan ke dalam bumbu kental.

Adapun bumbu kental yang digunakan dibuat dari kaldu rebusan ceker ayam, bumbu cabai, garam, gula, kecap manis, dan bumbu-bumbu lainnya. Olahan ceker ini bisa kamu buat sendiri di rumah dengan mudah atau membelinya secara langsung dari sejumlah kedai yang ada di dekat rumahmu.

2. Seblak Ceker

Seblak Ceker

* sumber: www.beepdo.com

Ini juga merupakan olahan ceker yang tengah populer. Olahan ini lazim dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang bosan menyantap seblak yang itu-itu saja. Olahan seblak ceker ini bisa dibuat dalam dua macam, yaitu seblak ceker kering (tanpa kuah/kuahnya sangat sedikit) dan seblak ceker kuah.

Cara membuat dua jenis seblak ceker ini hampir sama. Bedanya, kadar air pada seblak ceker kering dua kali lebih sedikit daripada seblak ceker kuah. Jika kamu ingin merasakan nikmatnya seblak ceker, maka kamu harus jalan-jalan ke kota Bandung yang merupakan surga dari makanan seblak.

3. Ceker Krispi

Ceker Krispi

* sumber: picpanzee.com

Untuk kamu yang ingin olahan ceker yang garing teksturnya, ceker krispi bisa kamu coba. Pada olahan ini, ceker yang telah dicuci bersih bakal diberi perasan jeruk nipis dan didiamkan selama 15 menit. Setelah itu, ceker dibersihkan lagi dan direbus bersama bumbu halus dan daun salam.

Rebuslah hingga cekernya menyusut dan empuk. Tiriskan ceker sejenak, lalu masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas. Setelahnya, gulingkan ceker ke atas tepung bumbu dan goreng hingga matang dan menghasilkan krispi yang renyah.

4. Soto Ceker

Soto Ceker

* sumber: resep-kulineri-nusantara.blogspot.com

Berbeda dengan soto pada umumnya, soto yang satu ini berbahan utama ceker ayam. Olahan ini bisa ditemukan di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Namun, kota yang paling identik dengan olahan soto ceker adalah Lamongan.

Olahan ini memiliki ciri khas berupa warna kuah dan cekernya yang kekuningan. Warna tersebut tak lepas dari penggunaan sejumlah rempah. Pada olahan ini, ceker ayam bakal disajikan bersama dengan tomat, bihun, daun bawang, seledri, dan kuah kuning yang lezat.

5. Sop Ceker

Sop Ceker

* sumber: craftlog.com

Sop biasanya berbahan dasar daging ayam. Namun, berbeda dengan satu ini. Sop ceker dibuat dari ceker ayam. Cara membuat olahan ceker ayam ini tidaklah terlalu sulit. Ceker yang sudah dicuci bersih lantas dimasukkan ke dalam panci bersama air, garam, merica bubuk, gula, kaldu jamur, dan jahe.

Rebus ceker dan semua bahan tersebut selama 10 hingga 15 menit. Selepas itu, masukkan wortel dan rebus kembali hingga wortelnya ¾ matang. Tambahkan saus tiram, irisan daun bawang, daun seledri, dan bawang putih goreng ke dalam rebusan tersebut. Rebus hingga matang, dan sajikan di atas mangkok selagi hangat.

Dapatkan resep sop ceker ayam yang nikmat dan lezat di sini.

6. Ceker Balado

Ceker Balado

* sumber: brilicious.brilio.net

Ini adalah olahan ceker lainnya yang bercita rasa pedas. Olahan ini dibuat dari ceker yang direbus hingga lunak dan menggunakan balado sebagai bumbunya. Bumbu baladonya sendiri dibuat dari cabai merah, jahe, kencur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, tomat, kemiri, merica, garam, gula merah, gula pasir, dan kecap.

Bumbu balado tersebut nantinya ditumis hingga matang, lalu diberi daun jahe dan daun salam. Setelahnya, masukkan ceker ke dalam bumbu tersebut bersama dengan dua gelas air putih. Diamkan ceker tersebut hingga bumbunya menerap.

Bila sudah menyerap, sajikan langsung olahan ceker balado selagi hangat. Agar tampilannya semakin cantik, kamu bisa memberi potongan jeruk nipis dan daun jeruk di atas sajiannya.

7. Ceker Rica-Rica

Ceker Rica-Rica

* sumber: thegorbalsla.com

Masih ada satu olahan ceker lainnya yang tak kalah pedas. Ceker rica-rica adalah olahan tersebut. Cara membuat olahan ini kurang lebih sama dengan ceker balado. Adapun letak perbedaannya terletak pada penggunaan serai dan ketumbar, yang hanya dipakai pada olahan ceker balado.

Olahan yang satu ini bisa kamu santap langsung sebagai camilan di siang hari. Atau, kamu juga bisa menjadikannya sebagai menu makan siang bersama dengan sepiring nasi dan beberapa potong emping. Selain merasakan sensasi rasa pedas, kamu bakal menemukan cita rasa gurih kala menyantap olahan ceker rica-rica.

8. Ceker Tulang Lunak

Ceker Tulang Lunak

* sumber: www.hipwee.com

Ingin menyantap ceker hingga ke tulang-tulangnya? Coba saja olahan yang satu ini! Cara membuat olahan ini sebetulnya tidak begitu sulit. Adapun langkah pertama yang harus dilakukan adalah merebus ceker ke dalam presto selama 1 jam lamanya.

Lamanya perebusan itu dilakukan agar cekernya empuk hingga ke bagian tulangnya. Setelah direbus satu jam, ceker lantas di masukkan ke dalam wajan yang berisi tumisan bumbu. Kamu bisa menyantap olahan ini secara langsung atau bersama dengan sepiring nasi.

9. Ceker Ayam Bacem

Ceker Ayam Bacem

* sumber: suaramuslim.net

Tak hanya tahu dan tempe, ceker ayam pun rupanya bisa diolah dengan bumbu bacem. Olahan ini biasanya disajikan di beberapa angkringan yang ada di kota Yogyakarta. Cara membuat ceker ayam bacem sendiri tidaklah terlalu susah.

Ceker yang sudah dibersihkan dari kulit dan kukunya lantas dicampur bersama bumbu halus yang ada di atas wajan. Bumbunya sendiri dibuat dari gula jawa, ketumbar, garam, dan bawang merah. Ceker dan bumbu halus tersebut lantas diberi siraman air sebanyak 500 ml, serta sebatang lengkuas dan daun salam.

Masaklah ceker dan sejumlah bahan tersebut hingga kuahnya mengental dan cekernya mengempuk. Sesudah itu, barulah disajikan di atas piring selagi hangat. Bila ingin lebih lezat, jangan ragu menambahkan kecap manis secukupnya di atas hidangan bacem ceker ayam.

10. Dimsum Ceker

Dimsum Ceker

* sumber: thegorbalsla.com

Ingin dimsum dengan tampilan dan cita rasa berbeda? Coba saja olahan yang satu ini! Dibanding beberapa olahan sebelumnya, proses pembuatan olahan dimsum ceker tergolong agak panjang. Bahan-bahan yang digunakannya juga lumayan banyak.

Jika ingin merasakan langsung cita rasa olahan ini, kamu bisa pergi ke beberapa restoran dimsum yang ada. Di kawasan Braga, Bandung ada satu restoran dimsum yang menyajikan olahan ini. Di restoran tersebut olahan ini memiliki sebutan lain, yaitu angsio kaki ayam.

Itulah beberapa menu olahan ceker ayam yang populer di Indonesia. Untuk pengetahuan tambahan, kamu bisa membaca kandungan gizi yang terdapat pada ceker ayam di sini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

One Response

  1. ♥♦♣♠ PELANGI QQ ♠♣♦♥
    Mari Bergabung bersama kami di KawanPelangi (.) Com
    Situs Impian Para pecinta dan peminat Taruhan Online!!
    Segera Daftarkan diri Anda di PelangiQQ dan dapatkan Bonus yang sudah tersedia. Agen Poker Online Terpercaya dan Terbesar di Indonesia yang menggunakan Uang Asli.

    MINIMAL DEPOSIT & WITHDRAW Rp 25.000
    PelangiQQ Menyediakan 8 Permainan yang bisa di mainkan hanya dengan 1 User ID,yaitu:
    Mari Bergabung bersama kami di KawanPelangi (.) Com
    Bandar66 (NEW GAME)
    SAKONG
    Poker
    Domino99
    Capsa susun
    AduQ
    BandarQ
    Bandar Poker

    Mari Bergabung bersama kami di KawanPelangi (.) Com

    Hubungin Kami Di Sini :
    SKYPE : PELANGIQQ
    LINE : PELANGIQQ
    FACEBOOK : PokerPelangiReborn
    WhatssApp : 6281231804952
    Salam Sukses & Hoki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *