Bacaterus / Buah Naga / Inilah 10 Olahan Buah Naga yang Mudah Dibuat dan Populer

Inilah 10 Olahan Buah Naga yang Mudah Dibuat dan Populer

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2019

Buah naga atau dalam bahasa Ingrris dikenal juga dengan dragon fruit. Sekilas kalau mendengar nama tersebut cukup menyeramkan ya. Kulit buah naga yang memiliki banyak juntai diseluruh kulitnya disebut-sebut mirip dengan sisik naga. Karena hal itu, buah ini disebut dengan buah naga.

Buah naga merupakan buah yang berasal dari tumbuhan yang masih masuk kedalam sejenis kaktus. Buah naga dikenal memiliki empat variasi. Ada buah naga merah, putih, kuning dan juga hitam. Tapi biasanya yang mudah dijumpai dipasaran adalah yang berwarna merah dan putih.

Tidak semenyeramkan namanya, buah naga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tak heran banyak juga penggemar buah naga karena rasanya yang manis dan kaya akan manfaat. Untuk mengkonsumsi buah naga, tidak hanya bisa dimakan langsung tapi juga bisa diolah menjadi makanan atau minuman yang enak. Berikut 10 olahan buah naga yang mudah dibuat dan populer di Indonesia.

1. Jus Buah Naga

Jus Buah Naga (Copy)

Kamu lagi mau minum minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan? Bisa nih coba buat jus buah naga. Mengolah buah naga yang paling mudah adalah dengan cara menjadikannya jus. Untuk membuatnya sangat mudah.

Jika menggunakan juicer kamu cukup memasukan potongan buah naga dan biarkan juicer itu bekerja hingga sari-sari dari buah naga keluar. Tapi jika menggunakan blender masukan potongan daging buah naga, dan tambahkan sedikit air kemudian blender hingga halus.

Kemudian saring buah yang sudah diblender tadi dan ambil sari buahnya. Kalau mau mendapatkan rasa yang lebih manis, agar tetap sehat bisa tambahkan madu ke dalam jus buah naga yang sudah dibuat. Jus buah naga yang segar dan manis pun siap dinikmati.

2. Salad Buah Naga

Salad Buah Naga (Copy)

Mengolah buah naga yang tak kalah mudahnya adalah dengan menjadikannya salad.  Bahan yang dibutuhkan adalah buah naga yang dipotong dadu dengan tambahan dressing salad dari campuran susu kental manis, greek yogurt, mayonaise dan keju parut atau dressing salad lainnya yang kamu sukai. Kalau tidak mau repot bisa langsung tambahkan saja dressing salad yang sudah dijual dipasaran.

Tidak hanya buah naga, bisa juga ditambahkan buah lainnya agar isi salad lebih bervariasi. Kamu bisa menambahkan seperti apel, anggur, strawberry, pir atau buah lainnya yang jadi favorit kamu. Sangat mudah bukan membuatnya?

3. Smoothie Bowl Buah Naga

Smoothie Bowl Buah Naga (Copy)

Mirip dengan cara pembuatan jus, smoothie bowl buah naga pun sangat mudah dibuat. Yang membedakan antara jus dan smoothie adalah teksturnya. Kalau jus itu cair dan biasanya hanya air dari sari buah atau sayur sedangkan smoothie teksturnya lebih kental dan biasanya dicampurkan dengan bahan lainnya.

Smoothie ini merupakan salah satu makanan yang digemari oleh orang-orang yang sedang diet, karena mudah dibuat dan memiliki banyak nutrisi. Untuk isiannya pun bisa disesuaikan selera masing-masing.

Salah satu cara mudah untuk membuat smoothie bowl buah naga bahan adalah dengan memblender buah naga, dan nanas manis. Atau bisa juga dengan mencampurkan yogurt greek dan madu.

Kemudian tuangkan hasil blender buah naga dan nanas ke dalam mangkuk dan tambahhkan topping seperti potongan buah pisang, granola, chia seed, strawberry atau pun topping lainnya yang kamu sukai.

4. Pancake Buah Naga

Pancake Buah Naga (Copy)

Olahan yang bisa dibuat dari buah naga selanjutnya adalah pancake. Selain enak, membuat pancake buah naga pun mudah. Bahan-bahan yang diperlukan adalah tepung, fermipan, soda kue, telur ayam, gula pasir garam, mentega dan yang pasti buah naga yang sudah dihaluskan sebelumnya.

Campurkan semua bahan hingga merata dan tidak ada gumpalan. Setelah semua bahan tercampur rata, diamkan sebentar sambil menunggu teflon yang dipanaskan. Setelah panas, tuang adonan sedikit demi sedikit. Masak dengan api kecil sampai muncul gelembung-gelembung dan angkat.

Setelah semua adonan dimasak, kamu bisa menambahkan topping madu ataupun topping lainnya yang kamu sukai. Pancake buah naga pun siap disantap.

5. Selai Buah Naga

Selai Buah Naga (Copy)

Bosan sama selai strawberry, selai nanas, selai kacang? Selai tadi memang mudah ditemukan dipasaran. Mau coba rasa baru yang gak kalah enak dari selai-selai tadi? coba deh bikin selain enak dari buah naga yang gampang banget buatnya.

Bahan yang dibutuhkan yang pasti potongan daging buah naga, gula pasir, jeruk nipis dan sedikit garam. Campur semua bahan masak dengan api kecil dan sampai air dari buah naga menyusut. aduk terus sampai mengental.

Adonan harus terus diaduk jangan sampai gosong. Kalau sudah mengental, dan dingin baru masukan ke dalam toples kedap udara. Supaya lebih awet bisa disimpan di dalam kulkas. Nah, selai dari buah naga pun bisa menjadi pilihan untuk olesan roti favoritmu.

6. Puding Buah Naga

Puding Buah Naga (Copy)

Pudding adalah salah satu dessert yang paling sering disajikan dan mudah dijumpai. Ada banyak sekali jenis puding yang dapat dibuat. Nah, salah satunya puding yang enak, menyegarkan dan mudah dibuat adalah puding dari buah naga.

Cara membuatnya sama saja dengan puding pada umumnya. Namun ditambahkan dengan buah naga yang sudah dihaluskan atau diblender terlebih dahulu. Dimasak hingga mendidih atau matang. Diamkan beberapa saat hingga puding menjadi padat.

Taruh di dalam kulkas agar ketika disajikan puding dalam keadaan dingin. Untuk penyajiannya bisa menambahkan fla jika memang suka atau langsung dimakan dalam keadaan dingin pun tetap enak. Ada yang pernah membuat puding buah naga?

7. Es Krim Buah Naga

Es Krim Buah Naga (Copy)

Es krim , Sepertinya tidak ada yang tidak suka dengan camilan yang satu ini. Dari anak-anak sampai dewasa pasti menyukainya. Karena rasanya yang enak dan juga menyegarkan. Buah naga juga bisa dijadikan bahan untuk es krim yang enak dan menyegarkan lho.

Cara membuatnya mudah, blender buah naga, campurkan dengan susu kental manis. Kemudian kocok whipcream bubuk dan es sampai beku dan campurkan buah naga yang sudah diblender tadi. Campur semua bahan hingga merata.

Kemudian tuangkan adonan kedalam wadah dan taruh di dalam freezer hingga benar-benar beku. Setelah beku dengan sempurna, es krim buah naga yang enak dan menyegarkan pun siap disajikan. mudah bukan cara membuatnya, dan pastinya enak apalagi dimakan ketika cuaca panas seperti akhir-akhir ini.

8. Keripik Buah Naga

Keripik Buah Naga (Copy)

Bosan dengan keripik singkong atau keripik kentang? Cobain deh bikin keripik dari buah naga. Cocok banget buat kamu yang doyan ngemil. Cara membuatnya terbilang sangat mudah tapi harus sabar saat membuatnya.

Bahan yang dibutuhkan hanya buah naga yang di iris tipis sekitar 0,5cm. Kemudian taruh irisan buah naga tersebut ke dalam loyang yang sudah dilapisi dengan kertas lilin. Masukan ke dalam oven dengan suhu sekitar 80° – 95° C.

Karena buah naga memiliki kandungan air yang cukup banyak, maka harus dipanggang selama kurang lebih 12 jam atau sampai benar-benar kering. Walaupun memanggangnya cukup lama, tapi nutrisi pada keripik buah naga ini tetap terjaga.

Dengan kandungan kalori yang rendah cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet untuk camilan. Rasanya enak dan pasti bikin ketagihan.

9. Nasi Goreng Buah Naga

Nasi Goreng Buah Naga (Copy)

Kamu pecinta nasi goreng? Sudah pernah makan nasi goreng buah naga? Tertarik mencoba untuk memakannya? Yuk coba buat nasi goreng buah naga ini, cara membuatnya mudah kok. Bahan yang diperlukan nasi putih, buah naga merah yang dihaluskan, irisan bawang putih dan bawang bombay, telur orak arik, garam dan lada bubuk secukupnya.

Masak bawang putih dan bawang bombay sampai harum, masukan nasi dan buah naga. Kemudian tambahkan garam, lada, dan aduk hingga merata. Setelah semuanya tercampur rata, nasi goreng buah naga yang unik ini pun siap disajikan. Ada yang pernah mencoba makan nasi goreng buah naga ini?

10. Mie Buah Naga

Mie Buah Naga (Copy)

Olahan dari buah naga yang tak kalah unik dari nasi goreng buah naga adalah mie buah naga. Olahan mie sehat semakin banyak bermunculan salah satunya mie buah naga yang satu ini. Warnanya yang menarik dengan rasa yang unik juga kenyal, patut kamu coba untuk membuatnya.

Bahan yang diperlukan adalah tepung terigu, buah naga merah yang diambil sarinya saja, garam, telur, dan air secukupnya. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan, diaduk hingga merata dan adonan kalis.

Kemudian tipiskan adonan dengan menggunakan mesin penggiling, kemudian potong-potong dengan menggunakan penggiling mie. Setelah selesai taburi dengan sedikit tepung sagu supaya tidak lengket. Dan mie buah naga pun siap di masak dan diolah menjadi mie rebus, mie ayam, mie baso atau pun olahan mie lainnya yang disukai.

Nah itulah sepuluh olahan buah naga yang mudah dibuat dan populer di Indonesia. Ada yang pernah membuat salah satu olahan buah naga di atas? Manakah yang jadi favorit kamu? Kalau ada yang mau menambahkan olahan buah naga lainnya, silahkan komen di kolom yang tersedia ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar