bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

OC

OC adalah singkatan yang memiliki dua pengertian umum di internet: "original content" dan "original character," keduanya sering digunakan dalam konteks yang berbeda.

Ketika OC digunakan untuk mengacu pada "original content," ini menandakan bahwa konten yang diposting di forum internet atau media sosial adalah kreasi asli dari pengguna tersebut dan bukan hasil dari repost atau modifikasi konten yang telah ada sebelumnya.

Istilah ini sangat relevan dalam budaya meme, di mana penciptaan konten yang unik dan orisinal sering kali lebih dihargai dan dianggap sebagai bukti kreativitas pengguna.

Di sisi lain, OC yang merujuk pada "original character" biasanya berkaitan dengan komunitas penggemar karakter game atau film. Dalam konteks ini, OC adalah karakter yang diciptakan oleh pengguna yang tidak berasal dari karya intelektual yang sudah ada sebelumnya.

OC sering muncul dalam fanfiction, di mana para penulis menambahkan karakter buatan mereka ke dalam narasi yang sudah ada, atau dalam game seperti Dungeons and Dragons, di mana pemain menciptakan karakter sendiri untuk berinteraksi dalam sebuah dunia yang dibangun bersama.

Asal Muasal Istilah OC

Menelusuri asal usul singkatan "OC" merupakan hal yang cukup rumit, mengingat singkatan ini memiliki berbagai arti yang berbeda, tidak hanya di internet tetapi juga di kehidupan nyata. Berbeda dengan beberapa akronim internet lain yang mungkin memiliki asal yang lebih jelas, OC mempunyai beberapa pengertian yang cukup luas.

Menurut Urban Dictionary, definisi pertama dari OC yang merujuk pada "original content" tercatat pada tahun 2009, dengan arti sederhana yaitu "konten asli". Sementara itu, entri untuk "original character" tercatat lebih awal, yakni pada tahun 2008, dengan penekanan penggunaannya dalam fan fiction dan karakter game.

Kedua penggunaan istilah ini telah melonjak popularitasnya dalam beberapa tahun terakhir, seiring dengan meningkatnya aktivitas di platform seperti Reddit dan Twitter, di mana pengguna sering membagikan konten kreatif atau memperkenalkan karakter fiksi buatan mereka.

Contoh Penggunaan Istilah OC

Berikut adalah contoh penggunaan istilah OC dalam dua arti yang berbeda:

Original content: This drawing is an OC that took me 48 hours to make. (Gambar ini adalah konten asli yang memakan waktu 48 jam pembuatan.)

Original character: This fanfiction has a fascinating OC in it. (Karya fiksi penggemar ini memiliki karakter oiriginal yang sangat menakjubkan di dalamnya.)

cross