Bacaterus / Novel / Inilah 10 Koleksi Novel Wattpad Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Inilah 10 Koleksi Novel Wattpad Terbaik yang Wajib Kamu Baca

Ditulis oleh - Diperbaharui 30 Maret 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Wattpad merupakan aplikasi yang resmi diluncurkan pada tahun 2006. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan para penggunanya untuk membaca dan menghasilkan karya tulis seperti cerpen, puisi, artikel, dan yang lainnya.

Aplikasi asal Kanada ini banyak digandrungi para pengguna smartphone dari berbagai kalangan khususnya remaja. Tak terkecuali para remaja di Indonesia. Menjadi wadah atau platform tersendiri bagi orang-orang yang gemar menulis, aplikasi wattpad banyak menghasilkan karya-karya luar biasa dari para penggunanya.

Di dalamnya terdapat banyak tulisan-tulisan kreatif sehingga tak sedikit menyita perhatian dari para pembaca. Tak heran, jika beberapa judul tulisan di wattpad memiliki angka baca yang sangat banyak bahkan hingga jutaan.

Tak sampai disitu saja, beberapa karya tulis dengan minat baca terbanyak acap kali diadaptasi menjadi sebuah novel. Bagi kamu yang gemar mengoleksi novel, jangan lewatkan 10 novel wattpad terbaik yang akan kami ulas di bawah ini, ya!

1. Mariposa

Mariposa

Novel wattpad terbaik yang pertama berjudul “Mariposa” karya penulis bernama Luluk HF, seorang mahasiswa Universitas Muhammaiyah Malang. Terbit pada tahun 2018, novel mariposa merupakan novel yang diadaptasi dari salah satu cerita wattpad yang memiliki jumlah pembaca tertinggi, yaitu lebih dari 60 juta kali.

Tak hanya sukses di wattpad, bahkan novelnya juga berhasil meraih penghargaan National Best Seller. Di dalamnya menceritakan kisah cinta dua sejoli yaitu Acha, seorang gadis cantik dan Iqbal, sosok pria dingin dan monoton. Acha jatuh cinta pada Iqbal yang bersifat dingin sehingga ia harus berusaha keras untuk mendapatkannya.

Novel mariposa memiliki alur cerita yang cukup seru dengan pola cerita yang sederhana sehingga dapat dengan mudahnya dipahami oleh para pembaca. Novel ini dibandrol seharga Rp99.000,- dengan total 482 halaman.

2. Senior

Senior

“Senior” juga menjadi salah satu judul terbaik pada wattpad yang berhasil menyita jutaan pembaca sehingga kisahnya diangkat menjadi novel. Bercerita tentang kehidupan remaja SMA bernama Aluna yang baru saja masuk SMA SEVIT, novel ini sangat cocok dibaca oleh para remaja.

Dikisahkan SMA SEVIT merupakan salah satu SMA yang paling populer di Kota Bandung dan dianggap sebagai sekolah yang cukup menyenangkan bagi para siswanya. Namun hal tersebut tak berlaku pada Aluna, karena ia merasa bahwa SMA SEVIT menjadi tempat yang buruk baginya bahkan mulai sejak masa MOS berlangsung.

Sosok Aluna disandingkan dengan Nakula, salah satu senior di SMA SEVIT yang kebetulan menjabat sebagai ketua OSIS. Lambat laun, benih-benih cinta diantaranya mulai tumbuh hingga akhirnya mereka resmi menjalin hubungan. Novel “Senior” ditulis oleh Eko Ivano Winata dengan tebal 320 halaman yang terbit pada tahun 2018.

3. Mozachiko

Mozachiko

Karya penulis bertalenta yaitu Poppi Pertiwi, novel “Mozachiko” yang merupakan hasil adaptasi dari cerita wattpad berjudul sama, sukses meraih respon positif dari masyarakat. Novel ini terbit dengan 352 halaman yang tak akan terasa jika dibaca karena kisahnya yang seru sehingga membuat para pembacanya selalu penasaran.

Novel ini berfokus pada tokoh utamanya yang bernama Chiko Gadangga, seorang siswa SMA yang memiliki segudang konflik di sekolahnya. Tak hanya bercerita mengenai konflik masa SMA, novel ini juga menceritakan betapa seru dan menyenangkannya kehidupan SMA yang dapat membuat para pembacanya bernostalgia. Sangat sayang jika dilewatkan!

4. I Am in Danger

I Am in Danger

Terbit pada tahun 2019, novel karya Zaeem berjudul “I Am in Danger” juga memiliki alur cerita menarik sehingga recommended untuk kamu baca. Memiliki jumlah 324 halaman, novel ini memadukan beberapa kisah tentang keluarga, persahabatan, dan percintaan yang dialami sang tokoh lengkap dengan konfilk yang ada di dalamnya.

Novel yang diadaptasi dari salah satu karya tulis terpopuler di wattpad ini berfokus pada kehidupan seorang gadis bernama Ocha yang lahir dari keluarga serba kekurangan. Ia mendapatkan beasiswa di salah satu sekolah elite di Jakarta yang membawanya pada beberapa konflik pahit dalam hidupnya.

5. Dignitate

Dignitate

Selanjutnya ada novel wattpad berjudul “Dignitate” karya penulis kreatif bernama Hana Margaretha. Novel yang memiliki tebal halaman sebanyak 437 halaman ini diterbitkan oleh Love Able pada tahun 2017 dan berhasil menyita banyak perhatian dari masyarakat.Novel ini bercerita tentang kisah cinta dua sejoli yang sangat rumit namun tetap seru!

Dikisahkan Alana, seorang gadis cantik yang merupakan anak baru di kelas XII IPS 2 harus berhadapan dengan sosok lelaki yang terkenal galak dan menyakitkan bernama Genta Denalfian. Alana dan Alfi menjadi dua manusia yang selalu bertengkar meski mereka duduk sebangku.

Hingga pada akhirnya, pertengkaran tersebut menumbuhkan benih-benih cinta antara keduanya. Namun tak berlangsung secara instant, kisah cinta antara Alana dan Alfi lahir dari banyaknya konflik yang telah mereka lalui.

6. Matt and Mou

Matt and Mou

“Matt and Mou” juga menjadi salah satu novel terbaik yang menyita banyak respon positif dari kalangan pecinta novel. Novel Ini ditulis oleh Wulan Fadila Fatia yang pada awalnya merupakan tulisan di wattpad. Novel ini berfokus pada sepasang sahabat yang memilik sifat saling bertolak belakang.

Matt, sosok pria dingin, sedangkan Mou adalah wanita yang hangat dan selalu membawa keceriaan. Keduanya merupakan sahabat sejak kecil yang saling jatuh cinta ketika mereka beranjak dewasa. Tak hanya sukses di wattpad dan novel saja, kisah kedua karakter Matt dan Mou ini juga sukses diangkat menjadi cerita dalam sebuah film berjudul sama.

7. Sin: God Hates The Sin, Not The Sinner

Sin: God Hates The Sin, Not The Sinner

Raga dan Metta merupakan kedua karakter utama dalam novel “Sin” ini. Metta yang merupakan wanita cantik sehingga menjadi idaman bagi setiap pria, ditolak secara mentah-mentah oleh sosok pria pendiam bernama Raga. Tak henti berusaha mendapatkan hati Raga, akhrinya mereka harus sadar akan sebuah takdir yang membatasi cinta keduanya.

Novel “Sin” menjadi novel yang mengemas cerita cinta dengan balutan konflik pahit lagi menyedihkan. Novel ini ditulis oleh Faradita yang merupakan pengembangan dari tulisannya di wattpad. Novel Sin terbit pada tahun 2017. Plot ceritanya yang menarik ini akhirnya diangkat menjadi film berjudul sama pada tahun 2019.

8. Dear Nathan

Dear Nathan

Mungkin judul novel yang satu ini tak lagi asing terdengar di telinga. Berjudul “Dear Nathan”, novel yang berasal dari cerita wattpad karya penulis bertalenta, Erisca Febriani ini sukses laku di Indonesia. Bahkan, novel ini selalu melakukan pencetakan ulang berkali-kali setiap bulannya.

Di dalamnya mengisahkan kisah cinta antara Salma, seorang gadis SMA berparas cantik dengan Nathan, pria badboy yang terkenal akan kebrandalannya. Perasaan cinta yang terjalin antara keduanya berhasil merubah kepribadian Nathan menjadi sosok pria yang lembut terutama dalam memperlakukan Salma.

Selain bercerita tentang kisah cinta antara keduanya, novel yang pernah menduduki posisis pertama sebagai novel best seller ini juga bercerita tentang konflik keluarga dan juga persahabatan.

9. Revan dan Reina

Revan dan Reina

Novel “Revan dan Reina” karya penulis bernama Christa Bella yang terbit pada Juni 2016. Memiliki 285 halaman, buku ini dibanderol seharga Rp. 65.000,- dengan genre fiksi romantis yang mengisahkan kisah cinta dua sejoli bernama Revan dan Reina, sebagaimana judulnya.

Revan dan Reina merupakan sepasang kekasih beda usia. Revan lebih muda dibandingkan dengan Reina. Meski demikian, Revan adalah sosok pria yang mampu memberikan kenyamanan terhadap hubungan. Akan tetapi “tak ada gading yang tak retak”, demikian pula hubungan antara Revan dan Reina yang tak luput dari konflik dan masalah.

10. IPA & IPS

IPA & IPS

Novel wattpad terbaik yang terakhir ada “IPA & IPS”. Sebagaimana judulnya, novel ini menonjolkan perbedaan karakter antara anak IPA dan IPS yang saling bertolak belakang.

Perbedaan karakter antara keduanya menyebabkan persaingan untuk saling menjadi nomor satu dalam segala hal. Akan tetapi semua ini berakhir ketika salah satu siswa jurusan IPS bernama Rifqi jatuh cinta pada sosok wanita cantik jurusan IPA bernama Michelle.

Novel IPA & IPS merupakan novel karya Putri Azzahra Haryanto yang terbit pada 2017 dengan tebal 336 halaman. Novel yang menceritakan kisah cinta remaja SMA ini tentunya sangat cocok untuk para remaja.

Itu dia kumpulan novel wattpad terbaik karya penulis berbakat yang berhasil mendulang kesuksesan. Tentu saja kumpulan novel wattpad tersebut memiliki cerita yang sangat seru dan wajib kamu baca!

Ceritanya yang unik dan seru, menyita banyak perhatian dari para pengguna wattpad sehingga tak heran cerita tersebut diadaptasi menjadi sebuah novel yang sangat recommended!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *