Bacaterus / Novel / 10 Novel Terbaik Karya Tere Liye Ini Patut untuk Dibaca

10 Novel Terbaik Karya Tere Liye Ini Patut untuk Dibaca

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 November 2019

Dari mulai zaman angkatan sastra lama, Balai Pustaka, Pujangga Baru hingga sampai sekarang, Indonesia tidak pernah kekurangan penulis berbakat. Beberapa karya novel dari penulis lokal masih tetap menghiasi khazanah literasi di toko-toko buku. Menawarkan berbagai variasi bacaan, tentunya kehadiran novel dari penulis Indonesia masih tetap menjadi primadona di negeri sendiri.

Dari sekian penulis tanah air yang masih tetap eksis, Tere Liye dibilang sangat produktif mengeluarkan buku cerita. Novel-novelnya bervariatif dan bisa dibaca oleh semua jenis usia. Bagi para pembaca setia buku Tere Liye, mungkin sudah hapal betul novel-novel yang akan dibahas kali ini.

Jika kamu yang baru ingin membaca karya novel dari penulis yang bernama asli Darwis ini, Bacaterus akan memberikan rekomendasi terbaik untuk kamu. Berikut ini Bacaterus merangkum 10 novel dari Tere Liye yang bagus untuk dibaca.

1. Tentang Kamu

Tentang Kamu

Salah satu novel best seller dari Tere Liye. Buku ini memiliki tebal 524 halaman, dan kamu harus punya banyak waktu luang untuk membacanya. Tentang Kamu menceritakan sebuah karakter yang bernama Zaman Zulkarnaen dan Sri Ningsih. Sang tokoh pria bekerja di sebuah kantor hukum bernama Thompson & Co.

Kantornya tersebut menugaskan kepada Zaman untuk mengurusi sebuah kasus dari seorang klien bernama Sri Ningsih. Kasus tersebut meliputi tentang harta warisan yang ditinggal meninggal oleh kliennya itu. Jika tidak menemukan ahli warisnya, kemungkinan harta dari kliennya akan berada di orang yang salah.

Untuk menyelesaikan kasus yang ia hadapi. Zaman pun mulai menelusuri hidup Sri Ningsih lewat sebuah buku catatan pribadi milik kliennya tersebut. Perjalanan pun dilakukan oleh Zaman dengan berpetualang dari satu tempat ke lokasi yang lain, mulai dari Pulau Bungi di Sumbawa, Surakarta, Jakarta, London, dan Paris.

Dapatkan novel Tentang Kamu dari Tere Liye ini dengan membelinya di Bukalapak lewat link ini.

2. Bidadari – Bidadari Surga

Bidadari – Bidadari surga

Secara garis besar, novel ini menceritakan perjuangan seorang kakak untuk kehidupan adik-adiknya. Akan ada banyak kisah yang benar-benar dapat memberikan nilai moral yang baik dalam hubungan keluarga. Saling mendukung antar saudara, mengedepankan keutuhan sebuah keluarga adalah hal ditonjolkan dalam cerita ini.

Laisa adalah seorang kakak yang terus berjuang untuk bisa menyekolahkan adik-adiknya. Ia diceritakan sebagai sosok yang keras dan tegas, namun Laisa sangat berharap agar mereka bisa mendapatkan masa depan yang cerah. Selain kepedulian sang kakak kepada mereka, sang adik pun sering mengkhawatirkan kakaknya itu karena tak kunjung mendapatkan jodoh juga.

Bidadari-bidadari Surga bisa kamu dapatkan di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

3. Negeri Para Bedebah

Negeri Para Bedebah

Tere Liye menghadirkan cerita yang tidak biasa dalam kisah cerita novel ini. Seperti sedang mengkritisi situasi politik dalam negeri ini, ia mencoba menuangkannya di dalam buku Negeri Para Bedebah. Buku yang satu ini merupakan sebuah novel fiksi yang kental dengan intrik sosial politiknya.

Tokoh utama dari buku ini bernama Thomas, ia seorang konsultan profesional di bidang keuangan. Ia berusaha untuk menyelamatkan Bank Semesta yang akan tutup karena sebuah kasus. Bank tersebut dimiliki oleh pamannya, Om Liem. Sang pemilik dinyatakan melakukan pelanggaran terhadap bisnis perbankannya.

Polisi pun mengepung rumah Om Liem, namun Thomas sang keponakan berhasil membawa kabur pamannya itu agar tidak ditahan. Sejak saat itu, Thomas mendapatkan status tersangka dengan pelanggaran membantu melarikan diri dari sang buronan besar, yaitu pamannya sendiri.

Kunjungi link ini untuk membeli Negeri Para Bedebah melalui Bukalapak.

4. Daun yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin

Daun yang Jatuh Tidak Pernah Membenci Angin

Novel ini menuturkan sebuah kisah drama yang cukup pelik. Menceritakan tentang kehidupan dari kakak beradik bernama Tania dan Dede. Dengan keadaan yang kurang beruntung, mereka harus putus sekolah dan tinggal di jalanan bersama ibunya.  Suatu saat mereka bertemu dengan Danar, seorang pria yang kondisinya jauh lebih baik dari mereka.

Dengan baik hati, Danar menawarkan rumah kontrakan kepada keluarga tersebut. Mereka pun sudah tidak tinggal di jalanan lagi. Tania dan Dede pun kembali melanjutkan sekolahnya. Tumbuh dewasa dalam kondisi yang jauh lebih baik, Tania menjadi sosok pribadi yang pintar. Seiring waktu, Tania yang sudah besar menyimpan perasaan cinta kepada Danar.

Namun perasaan tersebut terhalang dengan adanya sosok orang ketiga, yaitu Ratna kekasih dari Danar. Lalu bagaimana nasib perasaan dari Tania sendiri? Apakah takdir mengizinkan mereka untuk menyatu, atau semesta melarangnya? Jangan lupa baca buku ini untuk kelanjutan ceritanya. Yuk, beli bukanya di Bukalapak lewat link ini.

5. Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Rembulan Tenggelam di Wajahmu

Jalan hidup manusia memang tidak dapat terduga. Jika kita mampu bersekutu dengan semesta lewat cara yang baik, maka Ia pun akan bahu membahu memberikan yang terbaik untuk kita. Namun kisah kebaikan dan perjalanan hidup seseorang berbeda, begitu juga apa yang dialami oleh Ray dalam kisah buku ini. Hidup di jalanan membuatnya terlibat dengan hal-hal yang tidak baik bagi dirinya.

Ia menjadi seorang penjudi dan dikeroyok oleh orang, lalu ia hampir ditangkap karena mengikuti temannya yang akan mencuri sebuah berlian. Jalan hidup memberikan kesempatan yang baik kepadanya, ia kembali pulang ke kota asalnya dan bekerja menjadi seorang mandor buruh. Ray pun memutuskan menikah dengan seorang perempuan yatim piatu seperti dirinya.

Merasa hidupnya menjadi lebih baik, sebuah cobaan hidup datang menghampirinya. Sang istri yang saat itu sedang mengandung buah hati mereka kemudian meninggal.  Tak terima dengan seperti itu, ia mengutuk langit dan marah. Ray menjalani hari-harinya dengan hampa dan kosong.

6. Hafalan Shalat Delisa

Hafalan Shalat Delisa

Mengambil latar saat kejadian tragedi tsunami Aceh pada tahun 2004 silam, alur cerita yang dituturkan mampu memberikan makna yang mendalam. Buku ini menawarkan sebuah kisah mengharukan yang dibawakan oleh seorang anak perempuan bernama Delisa. Gadis kecil ini berusia enam tahun dan tinggal di Aceh bersama orangtuanya beserta kakak-kakaknya.

Suatu hari Delisa mendapatkan tugas menghafal bacaan shalat dari gurunya. Beragam hadiah telah disiapkan oleh ayah dan ibunya jika Delisa berhasil menghafal semuanya. Di hari minggu yang cerah, Delisa sedang belajar hafalan shalatnya, namun tiba-tiba saja sebuah gempa bumi disertai Tsunami melanda Aceh. Nasib Delisa dan keluarganya pun dihinggapi kecemasan sesaat gempa itu muncul.

Silakan klik link ini untuk membeli Hafalan Shalat Delisa hanya di Bukalapak.

7. Sunset Bersama Rosie

Sunset Bersama Rosie

Piawai mengusung cerita-cerita roman, Tere Liye memang selalu menghadirkan kisah drama yang pelik dalam setiap bukunya. Salah satu novel yang cukup menarik untuk dibaca adalah Sunset Bersama Rosie. Sebuah kisah yang menuturkan perjalanan panjang dua sahabat yang telah hidup bersama sedari kecil, mereka meretas menjadi remaja dewasa dengan ceritanya masing-masing.

Secara garis besar, Tegar memiliki sahabat yang ia cintai bernama Rosie. Namun ia tidak berani untuk mengungkapkan perasaannya. Memendam perasaan yang cukup lama, akhirnya Rosie pun menikah dengan temannya Tegar bernama Nathan. Dengan kondisi seperti itu, Tegar menghilang dari kehidupan mereka, mencoba untuk melupakannya dan lebih sibuk mengurusi pekerjaan.

Tegar memutuskan akan bertunangan dengan perempuan bernama Sekar. Di waktu yang lain, Nathan meninggal akibat sebuah ledakan bom yang menimpa dirinya. Mendengar akan hal itu, Tegar terpaksa membatalkan pertunangannya dan mencoba masuk lagi ke dalam kehidupan Rosie.

Klik link ini untuk membeli novel Sunset Bersama Rosie lewat Bukalapak.

8. Rindu

Rindu

Cerita dalam buku ini mencoba menyentuh aspek spiritual dari umat manusia. Dengan berfokus kepada perjalanan menunaikan ibadah haji, Tere Liye menggambarkan suasana perjalanan ke tanah suci dengan alur waktu di zaman Hindia Belanda. Sesaat sebelum Indonesia merdeka, masyarakat yang hendak pergi ke Mekkah harus menggunakan kapal besar sebagai transportasinya.

Seluruh umat Islam dari berbagai wilayah di Nusantara hendak berangkat ke tanah suci, sebuah kapal besar bernama Blitar Holland pun siap menampung jamaah tersebut. Ahmad Karaeng, Daeng Andipati, dan Umbo Uleng adalah karakter-karakter yang menjadi fokus cerita dalam kisah novel ini. Mereka berkumpul dalam satu kapal besar itu dan saling mengenal satu sama lain.

Jangan lupa untuk masuk ke link ini jika ingin membeli novel Rindu di Bukalapak.

9. Bumi

Bumi

Untuk yang menyukai membaca novel-novel bergenre fantasi fiksi, buku yang satu ini bisa menjadi pilihan yang menarik. Dalam kisahnya, novel Bumi menceritakan petualangan Raib dengan kedua temannya Seli dan Ali. Mereka ternyata memiliki kekuatan misterius dan hebat. Raib dapat menghilang, Seli bisa mengendalikan petir serta Ali memiliki kejeniusan yang luar biasa.

Setelah mengetahui memiliki kekuatannya masing-masing, mereka tanpa sengaja bertemu dengan sosok yang tidak terduga. Sosok asing itu pun membawa mereka masuk ke dalam dunia paralel. Petualangan yang menegangkan pun harus mereka hadapi dalam kehidupannya.

Novel Bumi ini memiliki tujuh serial yang dapat dibaca. Setelah menyelesaikan membaca seri pertama ini, kamu bisa lanjut ke novel yang berjudul  Bulan, Matahari, Bintang, Ceros dan Batozar, Komet dan Komet Minor. Kini, kamu bisa membeli novel ini di Bukalapak dengan cara masuk ke link ini.

10. Pulang

Pulang

Pada awalnya Bujang hanyalah seorang anak biasa yang hidup di pedalaman Sumatera. Ia tidak bersekolah dan tidak mendapat pendidikan yang harusnya ia dapatkan. Suatu hari, Tauke Besar mengajak Bujang untuk berburu babi hutan. Tak disangka, Bujang berhasil melumpuhkan babi itu. Tauke Besar terkesima dan mengajaknya untuk pergi ke kota.

Tauke Besar mengangkat Bujang menjadi bagian dari keluarganya. Ia melatih anak tersebut sebagai petarung yang kuat, dan tak lupa memberikan pendidikan sekolah agar Bujang menjadi pintar. Selang waktu berlalu, Bujang pun menjadi pribadi yang tangguh dan cerdas. Ia berubah menjadi sosok yang berbeda dan perjalanan hidup baru pun dimulai saat itu juga. Klik di link ini untuk membeli novel Pulang di Bukalapak.

Demikianlah novel-novel pilihan dari Tere Liye ini. Penulis yang lahir di Sumatera Selatan ini memang produktif sekali mengeluarkan buku-bukunya. Hampir semua isi ceritanya cukup inspiratif dan menyentuh untuk dibaca. Jika ada waktu luang, jangan sampai lewatkan untuk membaca salah satu novel yang sudah diulas barusan ya. Selamat membaca! Kunjungi juga artikel novel Indonesia terbaik ini untuk menambah referensi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *