Bacaterus / Novel / 10 Novel Romantis Terbaik yang Wajib Dibaca Hingga Tuntas

10 Novel Romantis Terbaik yang Wajib Dibaca Hingga Tuntas

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Membaca merupakan sebuah kegiatan positif yang memberikan manfaat bagi kita semua. Dengan membaca, wawasan serta pengetahuan kita akan terbuka lebih luas sehingga kita dapat menemukan hal-hal baru yang belum kita ketahui sebelumnya karena membaca merupakan salah satu cara menggali ilmu yang paling mudah namun membawa dampak yang cukup besar.

Berbagai jenis bacaan dapat dimanfaatkan sebagai sumber informasi seperti misalnya koran, majalah, hingga buku-buku pelajaran. Tak hanya itu, bahkan di zaman sekarang ini membaca banyak dijadikan sebagai hobi yang menyenangkan salah satunya adalah membaca Novel atau buku yang memuat sebuah kisah baik berupa fiksi maupun nonfiksi.

Di bawah ini akan kami paparkan sederet novel romantis terbaik versi Bacaterus yang dapat membuatmu terbawa perasaan khusus untuk kamu yang gemar membaca novel! Simak baik-baik , ya!

1. Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Dia Adalah Dilanku Tahun 1990

Novel romantis terbaik yang pertama adalah “Dia adalah Dilanku tahun 1990” yaitu sebuah novel karya Pidi Baiq yang menceritakan kisah dua sejoli bernama Dilan dan Milea dengan latar tahun 1990-an. Novel ini menyajikan kisah percintaan remaja SMA yang dapat mengoyak perasaanmu.

Novel yang resmi terbit pada tahun 2014 ini merupakan sebuah novel dengan jumlah halaman yang cukup tebal yaitu 332 halaman. Di dalamnya terdapat banyak sekali kisah percintaan remaja SMA yang sangat indah lengkap dengan puisi-puisi unik dan romantis ala Dilan.

Bahkan, novel yang satu ini diangkat menjadi sebuah film yang cukup spektakuler dan mendulang kesuksesan pada tahun penayangannya berkat alur ceritanya yang menarik dan mudah dicerna. Novel ini juga bisa kamu beli di Bukalapak melalui link ini.

  • Penulis: Pidi Baiq
  • Harga: Rp. 76.000,-
  • Jumlah halaman: 332 halaman
  • Tahun terbit: 2014

2. Critical Eleven

Critical Eleven

Selanjutnya ada sebuah novel romantis berjudul “Critical Eleven” karya Ika Natassa. Novel ini merupakan novel berjenis fiksi yang menceritakan kisah cinta yang tumbuh pada pertemuan tak sengaja dalam pesawat dari Jakarta menuju Sydney, Australia.

Kedua muda-mudi ini jatuh cinta pada waktu yang cukup singkat yaitu hanya dalam 11 menit saja sehingga novel ini diberi judul “Critical Eleven”. Novel ini banyak sekali menyimpan pelajaran-pelajaran berharga mengenai cara mempertahankan hubungan dan cara menyikapi suatu hubungan dengan dewasa dan kekeluargaan. Dapatkan novel Critical Eleven dengan membelinya secara online di Bukalapak via link ini.

  • Penulis: Ika Natassa
  • Harga: Rp. 62.000,-
  • Jumlah halaman: 344 halaman
  • Tahun terbit: 2015

3. Dear Nathan

Dear Nathan

Bagi kamu para pencinta novel bergenre romantis, tak lengkap rasanya jika kamu belum membaca novel yang satu ini. Ya, apalagi jika bukan “Dear Nathan”. Novel ini merupakan adaptasi dari cerita yang dikembangkan pada sebuah platform bernama “Wattpad” karya Erisca Febriani.

Diangkat menjadi sebuah novel karena ceritanya sangatlah menarik sehingga tak heran, judul ini selalu menduduki urutan ke satu pada kategori remaja di Wattpad itu sendiri. Di dalamnya menceritakan lika-liku perjalanan cinta antara Nathan dan Salma yang dapat membuatmu terbawa perasaan.

Tak cukup diangkat menjadi sebuah novel, cerita cinta berjudul “Dear Nathan” ini kemudian diangkat juga menjadi film layar lebar yang disutradarai oleh Indra Gunawan. Beli novel Dear Nathan sekarang juga di Bukalapak dengan cara klik link ini.

  • Penulis: Erisca Febriani
  • Harga: Rp. 109.000,-
  • Jumlah halaman: 520 halaman
  • Tahun terbit: 2015

4. The Architecture of Love

The Architecture of Love

Novel romantis terbaik yang selanjutnya ada “The Architrcture of Love” yang mana novel ini merupakan karya ke dua dari Ika Natassa setelah novel “Critical Eleven” menuai kesuksesan. Novel ini dikemas lebih hidup dari segi alur hingga penokohannya sehingga banyak menarik perhatian dari para pencinta novel.

Di dalamnya menceritakan kisah cinta yang cukup romantis antara River dengan Raia berlatar tempat kota New York yang sangat indah dan menambah keromantisan dari alur ceritanya.

Novel ini memiliki 304 halaman yang tidak akan terasa jika dibaca berkat alurnya yang mampu menghipnotis para pembaca untuk ikut masuk pada alur ceritanya yang hidup dan seru. Selain itu, di dalamnya juga memuat beberapa kutipan cantik yang mampu membuatmu baper. Siap membaca novel ini? Segera beli The Architecture of Love lewat Bukalapak dengan masuk ke link ini.

  • Penulis: Ika Natassa
  • Harga: Rp. 67.500,-
  • Jumlah halaman: 304 halaman
  • Tahun terbit: 2016

5. Untuk Matamu

Untuk Matamu

“Untuk Matamu” menjadi salah satu novel romantis terbaik yang merupakan hasil karya dari Kharisma P. Lanang yang berisi kumpulan puisi romantis. Di dalamnya memuat puluhan puisi hasil karyanya sendiri yang ditulis dengan diksi cantik namun menggunakan kalimat sederhana sehingga mudah diingat dan dicerna.

Novel “Untuk Matamu” ini berisi puisi-puisi indah bertema cinta yang dapat membuatmu terbawa perasaan ketika membacanya. Satu buah novel dibanderol dengan harga yang kurang lebih Rp. 77.000,- saja. Terbilang murah untuk mendapatkan kumpulan puisi romantis dan mahal karya seniman hebat Indonesia. Kunjungi link ini untuk membeli novel Untuk Matamu via Bukalapak.

  • Penulis: Kharisma P. Lanang
  • Harga: Rp. 77.000,-
  • Jumlah halaman: 258 halaman
  • Tahun terbit: 2019

6. Konspirasi Alam Semesta

Konspirasi Alam Semesta

Selanjutnya ada sebuah novel yang dikenal sebagai salah satu novel paling baper di Indonesia karya Fiersa Besari berjudul “Konspirasi Alam Semesta” yang di dalamnya memuat sebuah kisah cinta yang hidup dari dua sejoli bernama Juang dan Ana Tidae.

Keduanya dipertemukan dalam sebuah momen dan kesempatan yang tak terduga dan kemudian menjalin sebuah kisah cinta yang indah penuh dengan lika-liku dan perjuangan dalam mempertahankan hubungan yang tentunya akan membuat para pembacanya merasa masuk pada dimensi lain. Silakan klik link ini jika kamu ingin membeli novel ini melalui Bukalapak.

  • Penulis: Fiersa Besari
  • Harga: Rp. 75.000,-
  • Jumlah halaman: 244 halaman
  • Tahun terbit: 2017

7. Rindu

Rindu

Tere Liye tak pernah gagal menghipnotis para pembaca novel untuk ikut masuk pada alur ceritanya yang super baper dan menarik, salah satunya adalah novel berjudul “Rindu” yang memuat konflik percintaan romantis dengan alur mundurnya yang khas.

Novel berjudul “Rindu” menjadi salah satu novel yang cukup laris di tahun penerbitannya yaitu pada tahun 2014. Bahkan hingga saat ini, novel berjudul “Rindu” karya Tere Liye ini masih tetap banyak dicari oleh para pencinta novel. Segera beli novel Rindu ini di Bukalapak dengan berkunjung ke link ini.

  • Penulis: Tere Liye
  • Harga: Rp. 68.000,-
  • Jumlah halaman: 544 halaman
  • Tahun terbit: 2014

8. Sebuah Usaha Melupakan

Sebuah Usaha Melupakan

“Sebuah Usaha Melupakan” merupakan novel ke tiga karya Boy Candra setelah sukses mengeluarkan 2 novel yang berhasil meraih predikat “best seller” sebelumnya. Novel “Sebuah Usaha Melupakan” ini menceritakan sebuah kisah percintaan yang cukup rumit karena dipenuhi lika-liku dan kekecewaan.

Kisah cinta yang dimuat dalam novel ini mengajarkan kita untuk terus berjuang di tengah keterpurukan. Novel romantis yang satu juga mengajarkan para pembacanya untuk menemukan sebuah cinta yang baru ketika seseorang telah dikhianati cinta. Sebuah Usaha Melupakan sudah bisa dibeli di Bukalapak melalui link ini.

  • Penulis: Boy Candra
  • Harga: Rp. 65.000,-
  • Jumlah halaman: 306 halaman
  • Tahun terbit: 2016

9. Bumi Manusia

Bumi Manusia

Tak kalah menarik, novel cinta yang romantis berbalut sejarah juga patut kamu baca hingga tuntas! Seperti halnya novel “Bumi Manusia” yang menyajikan kisah cinta dan keromantisan yang cukup unik karena dibalut dengan unsur sejarah yang sangat menarik sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.

Novel ini mengisahkan sebuah kisah cinta muda mudi di zaman kolonial yang terhalang restu orang tua. Namun kegigihan Minke dalam memperjuangkan cintanya pada wanita yang ia cintai sangatlah romantis dan penuh akan perjuangan sehingga patut diapresiasi. Klik link ini untuk membeli novel Bumi Manusia via Bukalapak.

  • Penulis: Pramoedya Ananta Toer
  • Harga: Rp. 180.000,-
  • Jumlah halaman: 535 halaman
  • Tahun terbit: 1980

10. Garis Waktu

Garis Waktu

Novel romantis terbaik yang terakhir ada “Garis Waktu” karya Fiersa Besari yang di dalamnya berisi cerita cinta yang romantis tentang perjalanan menghapus luka. Di dalamnya juga dibubuhi kata-kata romantis yang dapat membuatmu terbawa perasaan ketika membacanya.

Novel “Garis Waktu” ini menjadi novel yang cukup worth sehingga tak heran jika novel karya Fiersa Besari ini menjadi novel yang paling laris di pasaran. Tak hanya soal cinta, novel ini dipenuhi motivasi-motivasi lain sebagai penyemangat bagi para pembacanya dalam menjalani hidup. Novel dari Fiersa Besari ini bisa dibeli secara online di Bukalapak via link ini.

  • Penulis: Fiersa Besari
  • Harga: Rp. 58.000,-
  • Jumlah halaman: 216 halaman
  • Tahun terbit: 2016

Itu dia sederet koleksi novel terbaik versi Bacaterus yang tentu saja sangat recommended untuk kamu baca tuntas di kemudian hari. Dijamin, sederet novel di atas sangatlah worth sehingga  sayang sekali jika dilewatkan begitu saja karena menyajikan berbagai kisah romantis yang dapat menghanyutkan perasaanmu ke dalam alur ceritanya.

Semoga informasi mengenai “Novel romantis terbaik” sebagaimana yang telah kami paparkan di atas dapat bermanfaat bagi kita semua sebagai penambah wawasan dan pengetahuan serta dapat dijadikan sebagai referensi novel untuk kamu baca di hari yang akan mendatang! Kunjungi juga artikel novel Indonesia terbaik untuk menambah referensi bacaanmu.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *