Bacaterus / Novel / Lagi Butuh Bacaan Ringan? Baca 10 Novel Remaja Terbaik Ini

Lagi Butuh Bacaan Ringan? Baca 10 Novel Remaja Terbaik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Selain film, novel juga bisa jadi salah satu pilihan untuk mengisi waktu luang dengan hiburan. Malah, sebagian orang lebih menyukai novel daripada film. Kamu sendiri lebih suka yang mana? Novel atau film? Atau keduanya? Kebanyakan sih tergantung situasi, kadang membaca, lain waktu lebih memilih untuk menonton film.

Novel juga terdiri dari beberapa jenis, ada yang berat ada juga yang ringan untuk dibaca. Novel-novel berat biasanya cuma dibaca oleh orang-orang yang benar-benar hobi membaca. Sisanya cuma bisa nyaman kalau membaca bacaan yang ringan. Nggak masalah, itu cuma masalah selera. Lagi butuh bacaan ringan? Ini 10 novel remaja terbaik.

1. Dilan: Dia Adalah Dilanku tahun 1990 – Pidi Baiq

Dilan Dia Adalah Dilanku tahun 1990

Novel ini nggak cuma disukai sama para remaja, tapi orang dewasa pun banyak yang ikut baper gara-gara buku ini. Gaya penulisan Pidi Baiq yang khas jadi pemicunya. Orang bilang, kata-katanya manis. Penulis yang akrab dipanggil ‘Ayah’ itu memang piawai meracik kalimat demi kalimat menjadi satu cerita yang indah.

Ini tentang Dilan, murid urakan yang naksir Milea. Diceritakan kalau Milea baru saja pindah ke Bandung. Dilan yang terpikat langsung mendekati Milea dengan caranya yang unik. Kalau kamu mau tahu bagaimana cara Dilan mendekati Milea, sebaiknya kamu meluangkan waktu untuk membaca buku ini.

Beli novel Dilan sekarang juga di Bukalapak melalui link ini.

2. Laskar Pelangi – Andrea Hirata

Laskar Pelangi

Nggak bisa dihitung berapa banyak orang yang hidupnya berubah karena tersentuh oleh cerita yang ada di dalam buku ini. Nama Andrea Hirata langsung melejit setelah buku ini meledak di pasaran. Jadi, sebaiknya setiap remaja meluangkan waktu untuk membaca buku ini minimal sekali seumur hidup. Laskar Pelangi bukan cuma bagus, tapi juga penting.

Sekelompok anak di Belitong ini punya tekad yang kuat untuk bisa sekolah. Meski mereka dihadang banyak keterbatasan, mereka tetap bersemangat untuk belajar. Keberagaman karakter mereka membuat cerita jadi unik dan segar. Ditambah kehadiran Bu Mus, seorang guru yang amat mengasihi mereka.

Novel Laskar Pelangi sudah bisa dibeli melalui Bukalapak lewat link ini.

3. Perahu Kertas – Dee Lestari

Perahu Kertas

Dee Lestari adalah salah satu penulis terbaik yang dimiliki Indonesia. Setiap karyanya selalu diburu para pembaca. Kali ini, Dee menyajikan kisah cinta yang nggak biasa melalui novel Perahu Kertas yang ditulisnya. Ini tentang anak muda yang memperjuangkan cintanya dan mimpinya.

Ini tentang Kugy, cewek nyentrik yang bermimpi jadi penulis dongeng. Dia bertemu dengan Keenan, cowok jenius dengan bakat melukis yang luar biasa. Cerita tentang hubungan mereka rumit, tapi juga mengalir. Seperti perahu kertas yang melaju mengikuti arus. Bukunya tebal, jadi perlu waktu untuk bisa menyelesaikannya.

Yu, beli novel Perahu Kertas ini di Bukalapak via link ini.

4. A untuk Amanda – Annisa Ihsani

A untuk Amanda

Semasa sekolah, orang-orang seringkali memuja mereka yang terbilang pandai. Entah itu teman sekelas, guru, sampai orang tua murid. Kita seringkali menganggap kalau murid berprestasi punya hidup yang sempurna dan masa depan yang cerah. Annisa Ihsani membantah itu dengan cerita di dalam novelnya.

Ini tentang Amanda yang yakin kalau dia nggak sepandai kesan yang ditampilkannya. Semua nilai A yang diraihnya diyakini cuma keberuntungan yang berpihak padanya. Itu bukan masalah kecil karena hari-hari Amanda dipenuhi dengan konsultasi psikoterapi. Novel ini mengorek bagian dalam diri seseorang yang terlihat punya hidup sempurna karena prestasinya.

Kunjungi link ini untuk membeli novel A untuk Amanda melalui Bakalapak.

5. Persona – Fakhrisina Amalia

Persona

Fakhrisina Amalia sukses menulis cerita yang berbeda dari cerita remaja kebanyakan. Alih-alih romantisme masa muda, novel ini mengangkat cerita yang lebih dalam daripada itu. Ini tentang masalah yang jauh lebih rumit daripada menjadi jomblo. Karena Azura punya kisah hidup yang berbeda dari remaja kebanyakan.

Hidupnya berantakan dan mulai membaik setelah dia mengenal Altair. Saat dia mulai jatuh cinta, Altair menghilang begitu saja. Bahkan, dia juga harus mendapati bahwa orang tuanya punya banyak rahasia yang mulai terungkap. Kak Nara, hadir sebagai pelindung. Ketika Azura, Altair mendadak muncul lagi. Siapa sebenarnya Altair? Kenapa dia bisa hilang muncul?

Novel Persona sudah bisa dibeli di Bukalapak dengan cara masuk ke link ini.

6. Jomblo: Sebuah Komedi Cinta – Adhitya Mulya

Jomblo Sebuah Komedi Cinta

Rasanya nggak akan lengkap kalau nggak menyertakan novel remaja yang punya napas komedi. Maka inilah salah satu yang terbaik, novel karya Adhitya Mulya yang sudah diadaptasi menjadi sebuah film. Hiburan ingin yang cocok untuk remaja. Berkisah tentang empat orang sahabat yang kuliah di jurusan teknik sipil.

Masing-masing dari mereka harus memilih; yang baik atau yang cocok? Seorang perempuan atau sahabat? Diam selamanya atau berani menyatakan cinta? Terus mencoba atau nggak sama sekali? Cerita di dalam novel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Kamu punya pertanyaan yang sama? Bacalah untuk mendapat jawabannya.

Klik link ini jika kamu ingin membeli novel Jomblo: Sebuah Komedi Cinta di Bukalapak.

7. Ada Cinta di SMA – Haqi Achmad

Ada Cinta di SMA

Mungkin kamu pernah nonton filmnya yang dibintangi oleh para personil CJR? Ini adalah adaptasinya ke dalam bentuk novel. Cerita yang disajikan terasa segar dan dekat tentang cinta, persahabatan, dan pembuktian diri anak-anak SMA. Ceritanya ringan dan mengalir, cocok dibaca kalau kamu ingin hiburan yang nggak memeras otak.

Iqbal bukan murid berprestasi. Perkara dia mencalonkan diri jadi ketua OSIS itu karena dia ingin membuktikan diri kepada Ayla yang kemudian jadi saingannya. Dia didukung oleh Aldi, sahabatnya yang sangat berambisi untuk mengantarkan Iqbal jadi ketua OSIS. Perjalanan mereka sangat seru untuk disimak.

Ingin membeli novel Ada Cinta di SMA? Yuk, beli secara online di Bukalapak lewat link ini.

8. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi

Negeri 5 Menara

Novel remaja yang satu ini punya kisah unik. Terutama karena latar cerita yang diambil adalah kehidupan pesantren. Sebenarnya, Alif kurang berminat meninggalkan kampung halamannya menuju pelosok Jawa Timur untuk melanjutkan sekolah di sana. Ibunya ingin Alif menjadi Buya Hamka, padahal Alif ingin menjadi Habibie.

Dia dengan setengah hati mengikuti keinginan ibunya yang ingin dia belajar di Pondok. Lama-lama, lingkungan di sana membuat Alif kerasan. Terutama berkat sahabat-sahabatnya yang berasal dari berbagai daerah. Mereka kerap berkumpul di bawah menara masjid yang menjulang. Di tempat itu pula mereka bermimpi.

Negeri 5 Menara dapat kamu beli di Bukalapak via link ini.

9. Diary si Bocah Tengil – Jeff Kinney

Diary si Bocah Tengil

Kalau kamu lagi butuh sesuatu yang bisa bikin kamu tertawa, novel ini bisa jadi pilihan. Cerita yang tertulis di dalamnya sangat segar. Selain banyak kejadian lucu, novel ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar kartun yang jenaka. Ini tentang Greg Heffley yang menuliskan kesehariannya.

Seperti judulnya novel ini mengusung konsep diary. Jadi, cerita yang tertulis di dalam nggak akan jauh soal kehidupan sehari-hari. Bedanya cuma Greg yang mengalami kemalangan lebih banyak dari remaja seusianya yang lain. Kemalangan itu menghasilkan kekonyolan karena mungkin kamu pernah mengalami hal serupa.

Klik link ini untuk membeli novel Diary si Bocah Tengil melalui Bukalapak.

10. You Are The Apple of My Eye – Giddens Ko

You Are The Apple of My Eye

Ini adalah salah satu novel remaja paling legendaris. Jutaan orang sudah baper setelah membaca novel ini. Novel ini juga sudah diadaptasi menjadi film dan sukses menyentuh hati para penontonnya. Percayalah, masa remajamu nggak akan lengkap kalau belum pernah membaca buku ini.

Ini tentang Ke Jingteng, seorang murid yang urakan dan kekanakan. Dia dipindahkan untuk duduk di depan Shen Jiayi supaya murid teladan itu bisa mengawasinya. Ke Jingteng menganggap Shen Jiayi sangat membosankan seperti ibu-ibu. Pelan-pelan, dia merasa kalau gadis itu punya tempat sendiri di dalam hatinya. Gadis itu adalah masa mudanya.

Kini, kamu bisa mendapatkan novel ini di Bukalapak dengan cara masuk ke link ini.

Itulah 10 novel remaja terbaik yang bisa jadi rekomendasi. Ada yang sudah pernah kamu baca? Kalau belum, mana yang ingin kamu baca? Kalau kamu punya rekomendasi novel remaja lain, kamu bisa ikut menambahkan di kolom komentar ya! Semoga saja dengan saling berbagi informasi soal buku bagus, akan ada lebih banyak orang yang suka membaca. Kunjungi juga artikel novel-novel romantis ini untuk memperoleh referensi bacaan lainnya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *