bacaterus web banner retina

10 Novel Terbaik Karya Puthut EA yang Wajib Dibaca

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 2 April 2021

Puthut EA merupakan seorang penulis dan sastrawan yang berasal dari Rembang, Jawa Tengah. Ia sudah aktif menulis sejak tahun 2004. Hingga kini, Puthut EA telah menulis lebih 26 karya buku. Karya-karyanya pun beragam, mulai dari novel, kumpulan cerpen, kumpulan esai, kisah-kisah non fiksi,  hingga naskah-naskah drama.

Bagi kamu yang hobi membaca atau menyukai buku-buku sastra, beberapa buku terbaik dari Puthut EA ini wajib menjadi list rekomendasi bacaanmu!

1. Cinta Tak Pernah Tepat Waktu

Cinta Tak Pernah Tepat Waktu

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cinta Tak Pernah Tepat Waktu merupakan salah satu novel yang menjadi karya best seller dari seorang Puthut EA. Novel ini pertama kali terbit pada tahun 2005 oleh penerbit Oracle dan sejak cetakan kelima diterbitkan oleh penerbit Buku Mojok. Novel percintaan ini memiliki tebal halaman sebanyak 256 halaman.

Cinta Tak Pernah Tepat Waktu bercerita tentang tokoh “Aku” yang tak pernah disebutkan Namanya. Sosok “Aku” ini merupakan seorang pria yang bekerja sebagai penulis. Dibalik kesehariannya, tokoh “aku” rupanya menyimpan sebuah luka akibat kisah cintanya dengan mantannya di masa kuliah, dimana tak ada lagi wanita yang mampu membuka hatinya.

2. Cinta Lama

Cinta Lama

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Cinta Lama merupakan novel yang mengisahkan kelanjutan sosok “Aku” dalam novel Cinta Tak Pernah Tepat Waktu. Sekuel lanjutan ini terbit pada tahun 2020 oleh penerbit Diva Press dengan tebal halaman sebanyak 142 halaman. Novel ini juga dilengkapi dengan ilustrasi bergambar di setiap halamannya yang membuatnya semakin menarik untuk dibaca.

Dalam novel Cinta Lama, dikisahkan mengenai tokoh “Aku” yang pada akhirnya memberanikan diri untuk menemui mantan kekasih yang sudah 20 tahun dihindarinya. Di suatu sore di sebuah café, mereka bertemu dan saling berbincang, dimana pada akhirnya tokoh “Aku” menyadari mengenai perasaannya pada sang mantan setelah pertemuan itu.

3. Sebuah Kitab yang Tak Suci

Sebuah Kitab yang Tak Suci

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Sebuah Kitab yang Tak Suci merupakan buku yang berisikan dua belas cerita pendek karya Puthut EA. Buku kumpulan cerpen ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2001 oleh penerbit Bumi Manusia & Sumbu. Sebuah Kitab yang Tak Suci memiliki total halaman sebanyak 88 halaman.

Dari kedua belas cerita pendek yang ada dalam buku kumpulan cerpen ini, pembaca akan disuguhkan dengan cerita-cerita yang cenderung surealis melalui metafora dan jalinan kata-kata khas yang indah dan puitis. Buku antologi cerpen ini juga meraih banyak pujian dan disebut-sebut sebagai karya yang menjadi puncak estetika kepenulisan seorang Puthut EA.

4. Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah

Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah merupakan novel karya Puthut EA yang terbit pertama kali pada tahun 2017 oleh penerbit Buku Mojok. Novel ini memiliki tebal halaman sebanyak 324 halaman. Dalam novel ini, Puthut EA juga masih menggunakan sudut pandang orang pertama dimana tokoh “Aku” menceritakan kisahnya dalam buku ini.

Dalam novel Seorang Laki-Laki yang Keluar dari Rumah, tokoh “Aku” digambarkan sebagai laki-laki yang sebentar lagi akan memasuki usia 40-an. Tokoh “Aku” ini memiliki seseorang yang ia sebut sebagai “Sahabatku” yang memberi arahan mengenai apa yang harus ia lakukan melalui sambungan telepon.

5. Retakan Kisah / Seekor Bebek yang Mati di Pinggir Kali

Retakan Kisah Seekor Bebek yang Mati di Pinggir Kali

Cek Harga di Shopee

Kumpulan cerita pendek yang berjudul Retakan Kisah ini sebelumnya pernah terbit dengan judul Seekor Bebek yang Mati di Pinggir Kali. Kumpulan cerpen ini pertama kali terbit pada tahun 2009 oleh penerbit INSISTPress dengan tebal halaman sebanyak 160 halaman. Kumpulan cerpen ini lalu diterbitkan ulang pada tahun 2020 oleh Penerbit Buku Mojok.

Dalam cerpen cerpen yang ada di buku ini, pembaca akan disuguhkan dengan kisah-kisah yang beragam, seperti kisah-kisah mengenai orang-orang yang terpinggirkan, kisah mengenai hubungan keluarga yang retak, hingga peristiwa-peristiwa politik yang mengubah hidup para tokoh-tokoh dalam cerita ini.

Baca juga: Ini Dia Novel Karya Fiersa Besari yang Paling Fenomenal

6. Para Bajingan yang Menyenangkan

Para Bajingan yang MenyenangkanSumber: minumkopi.com

Cek Harga di Shopee

Karya lainnya dari Puthut EA adalah sebuah novel yang berjudul Para Bajingan yang Menyenangkan. Cetakan pertama dari novel Para Bajingan yang Menyenangkan ini terbit pada tahun 2016 oleh Penerbit Buku Mojok dengan total halaman sebanyak 178 halaman. Di buku ini, pembaca akan disuguhkan dengan kisah-kisah konyol namun menyenangkan.

Novel ini mengangkat kisah tentang seorang pemuda bernama Bagor beserta teman-teman sekelompoknya. Mereka adalah anak muda mahasiswa UGM yang merasa tak punya masa depan karena nyaris gagal dalam studi. Kelompok anak muda tersebut kemudian menemukan hal yang mereka anggap bisa menyelamatkan hidup mereka, yaitu judi.

7. Kelakuan Orang Kaya

Kelakuan Orang Kaya

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dalam cover buku Kelakuan Orang Kaya tertulis bahwa buku ini merupakan kumpulan kisah ringkas yang mengganggu pikiran dan perasaan. Kelakuan Orang kaya merupakan buku kumpulan cerita pendek karya Puthut EA yang terbit pertama kali pada tahun 2018 oleh penerbit Buku Mojok. Buku ini memiliki tebal halaman sebanyak 255 halaman.

Buku ini terdiri dari tiga bab besar dimana masing-masing bab terdiri dari beberapa cerita pendek. Total jumlah keseluruhan cerita pendek yang ada di buku ini adalah sebanyak 55 buah cerita. Di setiap ceritanya, pembaca akan disuguhkan dengan kisah-kisah ringan dan cenderung konyol namun memiliki makna dan pesan moral yang mendalam.

8. Dunia Kali

Dunia Kali

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Dunia Kali merupakan buku Puthut EA yang bergenre non-fiksi dan ditulis berdasarkan kisah-kisah yang ia alami bersama putranya, Bisma Kalijaga atau yang kerap disapa Kali. Cetakan pertama buku ini terbit pada tahun 2015 oleh penerbit EA Books dan diterbitkan oleh penerbit Buku Mojok di tahun 2018. Buku ini memiliki ketebalan sebanyak 244 halaman.

Dalam buku Dunia Kali ini, pembaca akan melihat interaksi yang terjadi antara Puthut EA sebagai ayah dengan Kali, putranya yang masih berusia kanak-kanak. Dari kisah-kisah mengenai Kali, Puthut EA mencoba mengajak para pembaca untuk melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda, yaitu sudut pandang anak-anak.

9. Isyarat Cinta yang Keras Kepala

Isyarat Cinta yang Keras KepalaSumber: duniamelihatku.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Isyarat Cinta yang Keras Kepala adalah buku Puthut EA yang merupakan kumpulan cerita pendek atau yang juga disebut sebagai album prosa. Buku kumpulan cerpen ini pertama kali terbit pada tahun 2005 oleh penerbit Labuh Yogyakarta. Isyarat Cinta yang Keras Kepala memiliki total halaman sebanyak 166 halaman.

Buku Isyarat Cinta yang Keras Kepala ini terdiri dari 15 cerita pendek karya Puthut EA yang mengangkat tema seputar kisah percintaan. Bukan hanya kisah cinta pada pasangan, namun ada pula kisah cinta keluarga atau kisah cinta ibu dan anak. Kisah-kisah dalam buku ini juga dikemas dengan balutan kata-kata yang indah dan terasa begitu puitis.

10. Sarapan Pagi Penuh Dusta

Sarapan Pagi Penuh Dusta

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Buku antologi cerpen lainnya dari Puthut EA ialah sebuah buku berjudul Sarapan Pagi Penuh Dusta. Buku kumpulan cerita pendek ini pertama kali terbit pada tahun 2004 oleh penerbit Labuh Pustaka. Sarapan Pagi Penuh Dusta berisikan 15 kumpulan cerpen dengan total halaman sebanyak 146 halaman.

Beberapa cerpen yang ditulis dalam buku ini sebelumnya juga pernah dimuat di media massa. Sarapan Pagi Penuh Dusta  menceritakan mengenai beragam kisah dengan gaya bahasa yang sederhana namun menyimpan akhir-akhir kisah yang tak mudah ditebak oleh pembaca.

Selain 10 buku tadi, masih banyak juga buku-buku Puthut EA yang tak kalah menariknya. Hingga kini, Puthut EA juga masih aktif menulis yang karya-karyanya tentu patut kita tunggu. Bagaimana denganmu? Manakah buku Puthut EA favoritmu yang sudah taman kamu baca? Ceritakan pengalamanmu membaca buku-buku Puthut EA di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram