Bacaterus / Novel / Seru dan Imajinatif! Inilah 10 Novel Petualangan Terbaik

Seru dan Imajinatif! Inilah 10 Novel Petualangan Terbaik

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Ketika novel roman menyajikan cerita yang mengurai perasaan, maka novel petualangan hadir sebagai pemikat daya imajinasi para pembacanya. Membaca buku petualangan memang seru, kita seolah dibawa terjun langsung ke alam fantasi ceritanya. Dengan pendeskripsiannya yang menarik, tak berlebihan juga jika novel-novel tersebut laris manis terjual jutaan copy di seluruh dunia.

Novel tema petualangan memang identik dengan kisah fantasi. Untuk memunculkan kekuatan cerita, sebagian penulis meramunya lewat kultur mitologi. Formula tersebut cukup ampuh dan membuat pembacanya larut dalam narasi yang dituturkan. Jika kamu ingin membaca buku-buku dengan tema petualangan, kali ini Bacaterus akan memberikan rekomendasinya untukmu. Yuk, simak ulasannya.

1. The Lord Of The Rings (J. R. R. Tolkien)

The Lord Of The Rings

The Fellowship Of The Rings adalah seri pertama yang menjembatani untuk sebuah konklusi dibagian terakhirnya, The Return Of The King. J.R.R Tolkien menggarap karangannya ini begitu detail. Bukan hanya menggambarkan makhluk mitologi seperti peri, dwarf dan orc saja, ia pun menciptakan bahasa peri yang dinamai dengan Sindarin dan Quenya. Novel ini adalah sebuah buku yang kaya akan imajinasi, dan kuat secara struktur narasi.

The Lord Of The Rings menceritakan tentang petualangan sekawanan hobbit bersama Aragorn (manusia), Legolas (Peri), Gimli (Kurcaci) dan Gandalf sang penyihir. Mereka mempunyai tujuan untuk menghancurkan sebuah cincin yang dibawa oleh hobbit bernama Frodo. Cincin tersebut adalah kepunyaan Sauron, si raja kegelapan. Cincin itu harus dimusnahkan, karena memiliki kekuatan dahsyat yang bisa digunakan untuk mengendalikan Middle Earth.

Cincin emas milik Sauron itu harus dihancurkan di Gunung Doom yang ada di Mordor. Perjalanan mereka pun akan terasa sulit, karena tempat tersebut adalah wilayah kekuasaan dari Sauron. Di tengah petualangannya, Frodo memutuskan untuk memisahkan diri dari rombongan. Tidak ingin menjadi beban dari rombongannya, ia dan Sam sahabat hobbitnya, berjalan berdua mengarurngi jalan terjal untuk secepat mungkin sampai ke Mordor.

2. A Song Of Ice And Fire (George R. R. Martin)

A Song Of Ice And Fire

Novel ini memang cukup populer dan telah diangkat ke dalam serial televisi berjudul Game Of Thrones. Dari tujuh buku yang rencananya akan diterbitkan, hingga saat ini baru ada lima buku yang sudah bisa dibaca. Kelima buku tersebut adalah, A Game Of Thrones (1996), A Clash Of Kings (1998), A Storm Of Swords (2000), A Feast For Crows (2005), dan A Dance Of Dragons (2011).

Di sebuah benua bernama Westeros, hiduplah sekumpulan klan yang berkuasa atas wilayahnya masing-masing. Klan-klan besar yang ada di Westeros meliputi, klan Stark, Baratheon, Lannister, Tully, Arryn, Tyrell, Martel, Greyjoy, dan Targayen. Mereka berpetualang dan bertempur untuk memperebutkan tahta kekuasaan. Intrik-intrik politik kerajaan, konflik keluarga dan pertarungan kolosal mewarnai hampir keseluruhan dalam cerita novel ini.

3. Harry Potter (J. K. Rowling)

Harry Potter

Film yang mengadaptasi cerita dari sebuah novel, mungkin kisahnya tidak selengkap apa yang dijabarkan dalam bukunya. Jika kamu mengikuti cerita Harry Potter dari filmnya terlebih dahulu, tidak ada salahnya untuk membaca lebih lengkap di kumpulan novel-novelnya. Petualangan Harry Potter akan terasa lebih kompleks dan berkembang jika kita membaca ketujuh bukunya.

Harry Potter adalah bacaan terkini yang menjadi kultur baru dalam dunia literasi. Secara garis besar, novel ini menceritakan tentang perjalanan Harry Potter, Ron Weasley dan Hermione Granger yang berada di dunia sihir. Mereka menjadi pelajar di sekolah sihir Hogwarts, dan tumbuh hingga dewasa di tempat tersebut. Lord Voldemort adalah karakter antagonis dari cerita ini, ia bersama pasukannya ingin menaklukan dunia dengan sihirnya. 

4. The Chronicles Of Narnia (C. S Lewis)

The Chronicles Of Narnia

Ketika perang dunia berkecamuk di Eropa, empat bersaudara dari keluarga Pevensie harus mengungsi ke sebuah rumah milik Profesor Diggory. Peter, Susan, Edmund dan Lucy tidak pernah menyangka jika rumah milik professor itu menjadi awal dari petualangan mereka. Lucy yang sedang bermain petak umpet, bersembunyi di sebuah lemari pakaian. Ia terkejut karena Lemari itu ternyata menjadi sebuah portal yang membawanya ke dunia lain.

Lucy berada di sebuah semesta bernama Narnia, ia pun bertemu dengan Tumnus, seorang manusia bertanduk dan berkaki kambing. Ia mengatakan kepada Lucy, bahwa Narnia sedang dikutuk oleh penyihir putih dan menjadikan tempat tinggalnya mengalami musim dingin berkepanjangan. Mengalami hal yang ajaib yang sulit dipercaya, Lucy pun mencari jalan pulang untuk kembali ke dunianya.

Saat berada di dunianya, Lucy mengajak saudara-saudaranya untuk pergi ke Narnia. Mereka akhirnya berpetualang disana, dan harus menemukan Aslan untuk membantu mengalahkan penyihir putih bernama Jadis. Lalu bagaimana aksi petualangan mereka, dan siapakah Aslan itu? Jangan sampai lupa untuk membaca buku yang satu ini ya.

5. Gulliver’s Travel (Jonathan Swift)

Gulliver’s Travel

Untuk yang menyukai novel klasik dengan tema petualangan, buku ini akan menjadi bacaan yang menarik. Menceritakan tentang seorang dokter Kapal bernama Lemuel Gulliver, ia gemar berpetualang menyeberangi lautan. Saat melakukan perjalanan di tengah laut, badai besar datang dan menghantam kapal yang ia tumpangi. Ia pun terdampar di sebuah pulau yang ternyata penghuninya adalah manusia-manusia bertubuh pendek.

Gulliver diikat dan ditawan oleh penghuni pulau tersebut. Ia pun mengetahui jika dirinya sedang berada di negeri liliput. Ia berusaha meyakinkan raja penguasa di negeri itu, bahwa dirinya bukan orang jahat. Perjalanan dan pengalaman yang tidak biasa pun dialami olehnya, ia memohon kepada sang raja untuk membebaskan dirinya agar bisa kembali pulang dan berpetualang lagi.

6. Percy Jackson and The Olympians (Rick Riordan)

Percy Jackson and The Olympians

Novel Percy Jackson ini terdiri dari lima edisi. Kedua edisi awal memang sudah diadaptasi ke dalam layar lebar, namun eksekusinya kurang maksimal sehingga respon penonton kurang baik. Untuk kamu yang menyukai cerita dengan unsur dewa-dewi Yunani, novel ini adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mulai membacanya dari seri pertama yang berjudul Percy Jackson And The Lightning Thief.

Percy Jackson adalah seorang remaja berstatus Demigod. Ia adalah manusia setengah dewa dari keturunan Poseidon, dewa laut. Ia kemudian bergabung dalam sebuah perkemahan yang berisikan manusia keturunan para dewa-dewi Yunani. Disana ia berlatih untuk bisa mengembangkan kemampuan yang dimilikinya. Ia bertemu dengan Annabeth sang putri dari Athena, dan Groover manusia bertanduk dan berkaki kambing.

Mereka melakukan petualangan bersama untuk menyelesaikan setiap konflik yang ada. Hingga pada akhirnya, Percy, Ananabeth, Groover dan kawan-kawan lainnya harus melawan para titan. Pertempuran epik tersebut bisa kamu baca di seri terakhirnya, The Last Olympians. Mereka akan melawan raja para titan, yaitu Kronos di Gunung Olimpus.

7. Moby Dick (Herman Melville)

Moby Dick

Kapten Ahab memiliki sebuah obsesi untuk memburu seekor ikan paus besar yang dinamai Moby Dick. Ia melakukan pelayaran di sepanjang laut hanya untuk memangsa paus putih tersebut. Pada pertemuan pertamanya dengan sang paus, Kapten Ahab tidak berhasil membunuhnya dan malah ia terluka parah. Ia harus kehilangan salah satu kakinya karena perburuan tersebut.

Merasa masih menyimpan dendam akibat ulah paus besar itu, Kapten Ahab terus mencari waktu lagi untuk bisa pergi ke lautan. Ia memiliki sebuah kapal bernama Pequod dengan awak kapal yang banyak. Sang kapten kemudian menjanjikan sekeping uang emas kepada anak buahnya jika melihat paus putih tersebut. Dengan segala amarah yang ia miliki, niatnya untuk membunuh Moby Dick semakin kuat dan nekat.

8. The Hobbit (J.R.R Tolkien)

The Hobbit

Bilbo Baggins mendapati dirinya berjalan jauh dari rumah yang ia tinggali. Ia tidak pernah menyangka akan melakukan petualangan hebat dalam hidupnya. Kini ia bersama dengan Gandalf sang penyihir, dan 13 kurcaci akan bepergian jauh menuju Gunung Sunyi. Di Gunung itu, Bilbo harus  mencari harta karun dari bangsa kurcaci yang dirampas oleh seekor naga jahat bernama Smaug.

Namun perjalanan mereka untuk sampai ke Gunung Sunyi tidaklah mudah. Mereka di kejar-kejar oleh pasukan Goblin dan sekelompok serigala Warg. Selepas dari itu, peri hutan menangkap mereka karena memasuki wilayahnya. Hingga pada akhirnya, bangsa manusia, peri, dan kurcaci berperang melawan sekumpulan pasukan jahat yang dipimpin oleh Azog. Tak ketinggalan, Bilbo Baggins dan Gandalf pun ikut dalam pertempuran tersebut.

9. Treasure Island ( Robert Louis Stevenson)

Treasure Island

Di sebuah kamar penginapan, seorang pemuda bernama Jim Hawkins menemukan peta harta karun. Barang berharga tersebut merupakan peninggalan dari Kapten Flint, seorang bajak laut yang meninggal di kamar tersebut. Senang akan hal itu, Jim kemudian langsung buru-buru menemui kenalannya bernama Trelawney. Mereka kemudian menyewa sebuah kapal laut beserta awaknya, dan melakukan perjalanan sesuai petunjuk dari peta itu.

Saat ekspedisi di tengah laut, salah satu awak kru bernama John Silver berniat untuk melakukan sabotese atas kendali kapal. Jim dan Trelawney pun mulai menyadari, John dan setengah dari awak kapal yang ia sewa merupakan anak buah dari Kapten Flint. Bentrok dua kubu pun tidak terhindarkan, lalu bagaimana nasib dari peta tersebut? Apakah Jim bisa menjaganya dengan baik? Jangan lupa dibaca ya novel yang satu ini.

10. The Road ( Cormac McCarthy)

The Road

Sebuah bencana hebat melanda bumi dan membuat ekosistem menjadi punah. Sumber daya alam berkurang dan seluruh bumi dilanda kekeringan, diselimuti oleh abu, begitu gelap dan tidak terawat. Manusia  hidup menjadi liar, mereka yang gila dengan keadaannya mulai seperti kanibal memangsa sesamanya. Sadar kondisi akan semakin parah, seorang ayah beserta anaknya melakukan perjalanan jauh untuk terus mencari sumber kehidupan

Sang ayah membawa anaknya itu berjalan menuju sebuah pantai yang ada di selatan. Sebelum musim dingin datang, mereka harus secepatnya menemukan tempat yang lebih hangat dan aman. Bukan perjalanan yang mudah tentunya, selain harus berjuang memperolah makanan, mereka pun harus berhati-hati karena beberapa orang akan memangsa mereka hidup-hidup.

Itulah rekomendasi novel-novel petualangan hasil pilihan dari Bacaterus. Beberapa diantaranya adalah novel klasik yang sepertinya wajib untuk kamu koleksi. Kira-kira dari semua yang sudah dibahas di atas, novel mana yang akan kamu baca terlebih dahulu? Semoga kamu sudah sudah menentukan pilihannya ya, Selamat membaca!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *