bacaterus web banner retina
Bacaterus / Hiburan / 10 Novel Karya Andrea Hirata untuk Rekomendasi Bacaanmu

10 Novel Karya Andrea Hirata untuk Rekomendasi Bacaanmu

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 25 Desember 2020

Bagi kamu yang hobi membaca novel-novel karya sastrawan tanah air pasti sudah tak asing dengan nama Andrea Hirata. Namanya menjadi begitu populer di Indonesia setelah kesuksesan salah satu novelnya, Laskar Pelangi hingga sering disebut sebagai novelis yang telah merevolusi sastra Indonesia. Andrea Hirata berasal dari Pulau Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Andrea Hirata lahir pada 24 Oktober 1967. Ia memiliki latar belakang pendidikan di jurusan ekonomi Universitas Indonesia. Andrea kemudian meneruskan pendidikan magisternya di Universitas Paris dan Universitas Sheffield Halam di Inggris. Sementara karirnya di bidang sastra dimulai ketika novel pertamanya terbit di tahun 2005.

Semenjak itu, Andrea cukup produktif menulis dan mengeluarkan berbagai judul novel lainnya. Novel-novelnya seringkali menceritakan mengenai kehidupan para orang-orang kelas menengah bawah di pulaunya yang ia gambarkan dengan begitu jelas sehingga banyak disukai oleh para pembacanya.

Melalui novel-novel Andrea Hirata, para pembaca akan diajak untuk melihat kondisi sosial budaya yang ada di Indonesia. Berikut 10 novel Andrea Hirata yang bisa menjadi rekomendasi bacaanmu.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel Laskar Pelangi yang terbit pada tahun 2005 merupakan novel yang membawa nama Andrea Hirata banyak diperbincangkan. Laskar Pelangi diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka dan telah diterbitkan di 24 negara yang berbeda. Novel ini juga menjadi salah satu novel international best seller dan sukses diangkat ke layar lebar.

Novel Laskar Pelangi bercerita tentang kisah 10 anak di Pulau Belitong yang memiliki mimpi untuk terus bersekolah dan meraih masa depan yang gemilang. Dengan akses pendidikan yang sangat terbatas serta permasalahan-permasalahan sosial lainnya, mereka terus berusaha untuk bisa mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

2. Sang Pemimpi

Sang Pemimpi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

 

Novel Sang Pemimpi merupakan novel kedua dalam tetralogi Laskar Pelangi yang terbit pada tahun 2006. Sang Pemimpi diterbitkan oleh Bentang Pustaka dan memiliki ketebalan halaman sebanyak 292 halaman. Jika Laskar Pelangi berkisah seputar masa SD Ikal, maka novel ini menceritakan rentang waktu ketika Ikal sudah berkuliah di masa SMA.

Selain menceritakan tokoh Ikal, dalam novel Sang Pemimpi juga dikisahkan mengenai teman-teman SMAnya yang lain, yaitu Arai atau sepupu Ikal, Jimbron, serta Mahidin. Di novel ini, kita akan melihat bagaimana kekuatan mimpi mampu membawa Ikal dan Arai untuk melanjutkan pendidikan mereka hingga ke Universitas Sorbonne di Paris.

3. Edensor

Edensor

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seri selanjutnya dari tetralogi Laskar Pelangi adalah Edensor. Novel Edensor diterbitkan pada bulan Mei tahun 2007 oleh penerbit Bentang Pustaka. Novel dengan tebal halaman sejumlah 290 ini juga berhasil masuk dalam nominasi penghargaan nasional sastra Khatulistiwa Literary Award tahun 2007.

Tidak seperti novel Andrea lainnya, Edensor mengambil latar tempat di luar negeri dan berkisah ketika Ikal menjalani studi magisternya di Prancis. Selain mengisahkan tentang perjuangan Ikal untuk berkuliah di Eropa, di novel ini kita akan melihat petualangan Ikal menjelajah Eropa dan mewujudkan mimpinya untuk menemukan desa impiannya, Edensor untuk mencari A Ling.

4. Maryamah Karpov

Maryamah Karpov

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Maryamah Karpov merupakan novel keempat Andrea Hirata sekaligus menjadi penutup dari tetralogi Laskar Pelangi. Novel dengan tebal halaman sebanyak 504 halaman ini terbit pada 29 November 2008 oleh penerbit Bentang Pustaka. Acara launching novel ini juga mendapat antusiasme yang cukup besar terutama dari para penggemar novel Laskar Pelangi.

Novel Maryamah Karpov bercerita pada masa ketika Ikal telah menyelesaikan pendidikannya di Eropa dan kembali pulang ke Belitong. Setelah lulus, ia harus kembali menjalani hari-hari serta permasalahan sosial di kampung halamannya, Di novel ini, pembaca juga akan diajak berpetualang ke Pulau Batuan dalam perjalanan Ikal menyelamatkan A Ling,cinta pertamanya.

5. Padang Bulan

Padang Bulan

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Setelah sukses dengan tetralogi Laskar Pelangi, di tahun 2010 Andrea Hirata kembali mengeluarkan karya novelnya yang berjudul Padang Bulan. Novel ini merupakan karya pertama dari dwilogi Padang Bulang. Novel dengan jumlah halaman sebanyak 260 halaman ini diterbitkan oleh penerbit Bentang Pustaka.

Novel Padang Bulan menceritakan mengenai seorang anak pendulang timah bernama Enong. Enong yang harus ditinggalkan ayahnya akibat kecelakaan di tempat kerjanya kemudian harus menjalani hari-hari yang cukup berat bersama ibu dan adik-adiknya. Hal itu membuatnya berhenti sekolah dan bekerja untuk mendulang timah demi bertahan hidup.

Baca juga: Ini Dia 4 Novel Karya Fiersa Besari yang Paling Fenomenal

6. Cinta di Dalam Gelas

Cinta di Dalam Gelas

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel kedua dari dwilogi Padang Bulan berjudul Cinta di Dalam Gelas. Novel ini terbit pada tahun 2011 oleh penerbit Bentang Pustaka. Cinta di Dalam Gelas memiliki tebal halaman sebanyak 270 halaman dan masih menceritakan mengenai kisah Enong. Selain itu, di novel ini juga kembali muncul tokoh Ikal yang sebelumnya ada di tetralogi Laskar Pelangi.

Dalam novel Cinta di Dalam gelas, Andrea mengisahkan Enong atau Maryamah yang kini telah menjadi seorang wanita dewasa yang begitu kuat dan tangguh. Melalui berbagai peristiwa yang terjadi di sebuah warung kopi bernama Usah Kau Kenang Lagi, Andrea mengisahkan bagaimana Enong bisa mengalahkan semua laki-laki di kampung tersebut melalui pertandingan catur.

7. Sebelas Patriot

Sebelas Patriot

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel selanjutnya dari Andrea Hirata berjudul Sebelas Patriot. Novel ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka pada bulan Juni tahun 2011 dengan tebal halaman sebanyak 112 halaman. Novel ini masih mengangkat cerita tentang tokoh Ikal, namun alur utama cerita mengisahkan tentang Ikal dan hobinya pada sepak bola.

Dalam novel Sebelas Patriot diceritakan mengenai minat Ikal pada dunia sepak bola yang dipengaruhi oleh ayahnya yang juga mantan pemain sepak bola. Hal ini membuat Ikal sempat bermimpi untuk menjadi pemain di tim PSSI. Ikal juga memiliki mimpi besar lain untuk bisa menyaksikan langsung pertandingan Real Madrid dan Valencia.

8. Ayah

Novel Ayah

 

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Setelah menamatkan kisah mengenai Enong pada dwilogi Padang Bulan, Andrea Hirata kemudian kembali mengeluarkan sebuah novel pada bulan Mei tahun 2015 dengan judul Ayah. Novel dengan tebal  sebanyak 412 halaman ini diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Masih seperti novel lainnya, novel Ayah masih menceritakan mengenai kehidupan orang-orang di Belitong.

Novel Ayah mengisahkan tentang Sabari yang jatuh cinta pada seorang gadis bernama Lena. Namun cinta tulus Sabari seolah tak pernah dipedulikan oleh Lena. Meskipun begitu, Sabari tetap setia untuk menanti Lena, bahkan hingga pada akhirnya ia harus merawat Zoro, anak dari Lena dan mantan suaminya.

9. Sirkus Pohon

Sirkus Pohon

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel selanjutnya dari Andrea Hirata adalah Sirkus Pohon. Novel Sirkus Pohon terbit pada tahun 2017 oleh penerbit Bentang Pustaka. Novel dengan tebal halaman sebanyak 383 halaman ini masih menceritakan mengenai kehidupan potret kehidupan masyarakat melayu di Belitong di sebuah daerah yang bernama Tanjung Lantai.

Sirkus Pohon mengisahkan tentang tokoh “aku” bernama Sobri yang hanya mendapat pekerjaan sebagai badut sirkus setelah ia tamat SMA. Selain kisah hidup Sobri, dalam novel ini juga dikisahkan tentang kisah cinta antara Tara dan Tegar, dimana Tegar kala itu jatuh cinta pada sosok Tara yang bahkan tidak ia ketahui namanya.

10. Orang-Orang Biasa

Orang-Orang Biasa

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel Orang-Orang biasa diterbitkan oleh Bentang Pustaka di bulan Februari tahun 2019. Novel dengan total halaman sebanyak 300 halaman ini akan mengajak pembacanya untuk melihat kehidupan orang-orang yang disebutnya biasa-biasa saja, yakni mereka yang berasal dari keluarga miskin dan sering dianggap bodoh oleh orang-orang.

Semasa sekolah, kawanan orang-orang biasa ini selalu menjadi korban perundungan teman-temannya. Bahkan ketika akhirnya mereka dewasa, nasib hidup mereka tak banyak berubah. Hingga pada suatu hari, salah seorang anggota kawanan merencanakan sesuatu yang luar biasa, melakukan perampokan bank.

Itulah beberapa novel Andrea Hirata yang selalu laris di pasaran dan diminati oleh banyak pembaca. Manakah diantaranya yang sudah kamu baca dan begitu berkesan untukmu? Ceritakan tentang novel Andrea Hirata favoritmu di kolom komentar ya!

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram