Bacaterus / Novel / 7 Novel Misteri Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

7 Novel Misteri Terbaik dan Terpopuler Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 November 2019

Mungkin novel bergenre romantis memang yang paling banyak terlihat di toko buku, tapi novel misteri juga memiliki banyak sekali peminatnya. Suasana mencekam yang menegangkan merupakan daya tarik dari novel-novel misteri. Banyak orang yang mengaku penakut pun tetap membaca novel aliran ini karena penasaran. Dan, sekalinya mencoba, mereka tidak bisa berhenti.

Dan, jangan samakan menonton film horor atau thriller dengan membacanya, karena membaca ceritanya akan lebih menyeramkan! Ini diakibatkan dari daya imajinasi kita akan semakin liar ketika tidak diberikan visual tertentu, sehingga cerita manapun dapat lebih menyeramkan daripada ketika kita menontonnya.

Jika Anda memiliki rasa penasaran tinggi, Anda bisa membaca novel misteri terbaik rekomendasi Bacaterus di bawah ini. Siapkan selimut, cokelat atau kopi hangat, serta nyalakan lampu kamar Anda sebelum membacanya, ya.

1. Murder on the Orient Express

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Bukalapak

Rekomendasi yang pertama ada Murder on the Orient Express. Novel ini bukan menceritakan tentang hantu, melainkan murder alias pembunuhan. Judul dalam bahasa Indonesianya adalah Pembunuhan di Orient Expres. Satu lagi novel detektif karya Agatha Christie yang memiliki banyak penggemar. Saking suksesnya cerita ini, sudah difilmkan pada tahun 2017 lalu dengan judul yang sama.

Novel ini menampilkan aksi detektif Belgia Hercule Poirot yang terjebak di kereta karena adanya longsoran salju. Pada saat yang sama, terjadi pembunuhan misterius di salah satu lorong kereta tersebut! Detektif Poirot pun turun tangan untuk mencari tahu penjahatnya.

Ada beberapa orang yang menjadi terdakwa, yaitu orang-orang yang tidur di lorong yang sama dengan yang terbunuh. Tapi, apakah pembunuhnya benar salah satu dari mereka?

2. Her Last Word

* sumber: www.marienela.net

Mary Burton sudah mengeluarkan lebih dari 30 novel misteri. Karyanya yang terbaru di tahun 2018 adalah Her Last Word. Menceritakan tentang kisah 14 tahun yang lalu, ketika Kaitlin Roe menjadi saksi penculikan Gina, sepupunya. Dan hingga kini dia masih menderita rasa bersalah karena melarikan diri dalam ketakutan tanpa membantu Gina.

Kaitlin hanya memiliki satu cara untuk meredakan rasa sakit dan mimpi buruknya, yaitu dengan mewawancarai semua orang yang terkait dengan kejahatan yang belum terpecahkan untuk acara podcast-nya, dengan harapan dapat membantu mencari jalan keluar untuk kejahatan-kejahatan tersebut.

Sampai suatu hari, ketika seorang narasumber yang Kaitlin tanyai ditemukan ditikam sampai mati, dia sadar kalau dia sudah menarik seorang pembunuh yang bersembunyi. Karena kasus ini, Detektif John Adler pun menjaga keamanan Kaitlin.

Waktu berlalu dan tiba-tiba ada seorang narasumber yang memiliki informasi terkait Gina, sepupunya yang diculik belasan tahun lalu. Siapakah narasumber tersebut? Dan, apakah Gina masih hidup? Baca novelnya untuk tahu akhir cerita ini.

3. The Woman in White

* sumber: www.google.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Bukalapak

Buku oleh Wilkie Collins yang berjudul The Woman in White ini merupakan salah satu novel misteri terbaik di dunia. Pertama dirilis tahun 1859, buku ini sudah berkali-kali dicetak ulang. The Woman in White dianggap sebagai novel bergenre psychological thriller.

Novel ini menceritakan kisah Walter Hartright, seorang artis muda, yang ditawari untuk bekerja sebagai guru seni untuk 2 orang gadis di Limmeridge House, Marian Halcombe dan Laura Fairlie. Mereka berdua adalah saudari tiri.

Dalam perjalanannya, Walter bertemu seorang gadis misterius yang menggunakan pakaian berwarna putih. Ketika bertemu dengan orang yang menjemputnya dari Limmeridge House, dia bertanya siapakah wanita tersebut dan mereka menjawab kalau gadis itu kabur dari rumah sakit jiwa terdekat.

Waktu berlalu, dan Walter jatuh cinta pada Laura, dan Laura pun membalas cintanya. Sayangnya, Laura telah berjanji akan menikahi Sir Percival Glyde, dan mereka pun telah bertunangan.

Akan tetapi, suatu hari Laura mendapatkan surat ancaman yang memperingatkannya untuk tidak menikah dengan Sir Glyde. Walter dan Marian pun menyelidiki surat itu, dan menemukan bahwa pengirimnya adalah si gadis berbaju putih yang ditemui oleh Walter di awal cerita. Ternyata gadis berbaju putih itu bernama Anne Catherick, teman Laura, yang sebenarnya sudah meninggal!

Misteri semakin terasa mencekik ketika orang-orang menyadari kalau wajah mendiang Anne dan Laura sangat mirip. Lalu, apakah yang akan terjadi selanjutnya? Apakah hantu Anne berniat baik atau buruk?

Karena berhasil membuat orang penasaran di setiap lembaran ceritanya, novel ini pun diangkat menjadi TV series dengan judul sama di channel BBC pada tahun 1997 dan di-remake lagi tahun 2018 lalu.

4. Gone Girl

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Bukalapak

Gone Girl adalah novel thriller bergenre misteri dan kejahatan. Ditulis oleh penulis Amerika, Gillian Flynn, dan diterbitkan pada Juni 2012. Novel ini menjadi sangat populer dan segera masuk ke daftar Best Seller New York Times. Orang-orang menyukai narasi ceritanya yang rumit, alur cerita yang memiliki banyak twist, dan juga ketegangannya tentu saja.

Perasaan tegang dalam novel ini berasal dari tuduhan, apakah Nick Dunne benar terlibat dalam hilangnya istrinya, Amy, atau tidak. Novel ini dimulai pada hari jadi pernikahan Nick dan Amy, yang kita pikir anniversary berarti kebahagiaan, justru merupakan hari di mana Amy menghilang.

Yang membuat cerita ini semakin rumit, banyak sekali bukti dan petunjuk yang mengarahkan kalau Nick yang membuat Amy menghilang, bahkan Nick dicurigai telah membunuh istrinya sendiri.

Mulai dari ditemukannya diari Amy yang menceritakan betapa mengerikannya Nick hari demi hari setelah mereka berdua kehilangan pekerjaan, lalu Nick yang ternyata berselingkuh dengan satu dari muridnya, dan kenyataan bahwa Amy sedang hamil saat ini semua terjadi. Lalu, apakah benar Nick telah membunuh istrinya sendiri?

Kesuksesan novel ini mengantarkannya pada pembuatan film adaptasi yang dirilis pada 3 Oktober 2014. Disutradarai oleh David Fincher dan naskahnya ditulis oleh penulis novelnya sendiri, yaitu Flynn. Sama seperti novelnya, film ini juga meraup kesuksesan dan pujian yang tinggi.

5. The Silent Patient

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Bukalapak

The Silent Patient menceritakan tentang kehidupan Alicia Berenson yang tampak sempurna. Dia adalah seorang pelukis terkenal yang menikahi seorang fotografer mode terkenal. Suatu malam, suaminya, Gabriel, pulang terlambat dari pemotretan mode, dan Alicia menembaknya lima kali di muka, dan kemudian tidak pernah mengucapkan sepatah kata pun.

Penolakan Alicia untuk memberikan penjelasan apa pun, atau bahkan berbicara, mengubah tragedi ini semakin penuh misteri. Akhirnya pembunuhan ini pun menjadi buah bibir publik dan membuat Alicia terkenal sebagai the silent patient alias pasien yang hanya diam.

Hal ini mendorong Theo Faber, seorang psikoterapis kriminal yang bahkan menunggu lama untuk berkesempatan bekerja dengan Alicia. Tekadnya untuk membuat Alicia berbicara dan mengungkap misteri mengapa dia menembak suaminya menyebabkan Theo mendapatkan ancaman baru.

6. Lock Every Door

*Sumber: https://www.instagram.com/p/BxM7fIsHqfN/

Jules Larsen baru saja bangkrut dan patah hati! Dia siap menerima pekerjaan apa saja, walaupun itu sebagai apartment sitter (penjaga rumah—apartemen) di Bartholomew, salah satu bangunan paling terkenal dan misterius di Manhattan. Tapi, ada peraturan yang harus dia patuhi.

  1. Tidak ada pengunjung.
  2. Tidak boleh menghabiskan malam jauh dari apartemen.
  3. Tidak mengganggu penghuni lainnya, yang mana semuanya kaya atau terkenal atau keduanya.

Di sana dia berkenalan dengan penghuni dan staf Bartholomew, bahkan berkenalan juga dengan sesama apartment sitting lainnya yang bernama Ingrid, yang mengingatkannya pada saudarinya yang hilang 8 tahun lalu. Ketika Ingrid menceritakan kekelaman yang disembunyikan Bartholomew pada Jules, Ingrid pun menghilang keesokan harinya.

Mencari kebenaran tentang lenyapnya Ingrid, Jules menggali lebih dalam ke masa lalu Bartholomew yang gelap dan ke dalam rahasia yang tersimpan di dindingnya. Ternyata, Ingrid bukanlah penjaga apartemen pertama yang hilang di Bartholomew.

Jules terus berusaha untuk membuka kedok sang pembunuh sambil berlomba melawan waktu (dan melarikan diri) agar statusnya yang cuma sementara di Bartholomew menjadi permanen.

7. Danur

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Bukalapak

Novel terakhir yang akan Bacaterus rekomendasikan adalah “Danur: karena mereka juga ada” karya Risa Saraswati. Sejak diterbitkan tahun 2011, Danur terus meraih penggemar baru, apalagi setelah dibuat menjadi film serial dan kerap diceritakan di YouTube channel yang penulis sendiri, yaitu Jurnal Risa.

Danur adalah kisah yang dialami secara pribadi oleh Risa. Sejak kecil, Risa memiliki sahabat-sahabat gaib yang selalu mengikutinya. Mereka berwujud anak-anak Belanda, nama mereka adalah Peter, Hendrick, Hans, William dan Jansen.

Mungkin Anda akan merasa takut kalau tahu diikuti oleh hantu. Tapi, kelima sahabat Risa ini tidak pernah mencoba mengganggunya seperti di kebanyakan cerita hantu lainnya. Sebaliknya, mereka ingin berteman dengan Risa dan ingin menceritakan kisah mereka.

Nah itu tadi beberapa novel misteri terbaik versi Bacaterus. Jika Anda punya rekomendasi novel misteri yang seru lainnya, silakan tuliskan di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *