bacaterus web banner retina
Bacaterus / Edukasi / 10 Judul Novel Klasik Berbahasa Inggris untuk Remaja

10 Judul Novel Klasik Berbahasa Inggris untuk Remaja

Ditulis oleh Siti Hasanah - Diperbaharui 31 Mei 2021

Membaca novel klasik mungkin terdengar seperti hal yang membosankan. Tetapi dibalik buku-buku yang kamu baca tiap halamannya menyuguhkan kita dengan fantasi dan romansa yang menyenangkan. Banyak novel-novel klasik yang tetap menggugah imajinasimu untuk terus menjelajah. Berikut ini adalah kumpulan beberapa novel klasik yang masih asyik untuk kamu nikmati.

1. To Kill A Mocking Bird

To Kill A Mocking Bird

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel To Kill A Mockingbird merupakan sebuah buku best seller karya dari Harper Lee. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1960 di tanggal 11 Juli. Setahun kemudian novel ini mendapatkan penghargaan Pulitzer untuk novel fiksi, dan juga dibuat sebuah film di tahun 1962.

Novel ini berlatarkan kota fiksi Maycomb di Alabama, Amerika Serikat sekitar tahun  1933. Tokoh sentral dari novel ini adalah Scout Finch, seorang gadis yang dikisahkan dalam buku ini berusia 6 tahun hingga sembilan tahun. Dia dibesarkan oleh ayahnya yang seorang pengacara bersama sang adik.

Novel ini mengisahkan tentang Tom,  pria kulit hitam yang dituduh memperkosa seorang gadis kulit putih kendati Tom tidak bersalah. Pada novel ini pembaca akan melihat bagaimana Scot dan adiknya belajar tentang berempati, toleransi dan pengertian yang berkenaan dengan masalah ras manusia.

2. Matilda

Matilda

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Matilda merupakan sebuah buku yang ditulis oleh Roald Dahl, dan diterbitkan pada tanggal 1 Oktober 1988. Latar tempat pada novel ini berada di Buckinghamsire di Inggris, dengan Mathilda sebagai tokoh utamanya. Seorang gadis yang berusia lima tahun dengan kecerdasan yang luar biasa.

Mathilda merupakan sebuah novel yang mengisahkan seorang gadis kecil membantu gurunya Miss Honey melawan kepala sekolah mereka Miss Trunchbull. Dia digambarkan sebagai gadis kecil yang cerdas dan disukai teman-temannya, tetapi dia sama sekali tidak dipedulikan oleh kedua orangtuanya.

3. Pride and Prejudice

Pride and Prejudice

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Pride and Prejudice merupakan sebuah novel romantis karya Jane Austen. Novel ini pertama kali diterbitkan pada tanggal 28 Januari tahun 1813. Karya Jane Austen ini kini telah diadaptasi dalam bentuk film di tahun 2005 dan juga diadaptsi menjadi sebuah mini seri di TV pada tahun 1995.

Tokoh utama dalam novel ini adalah Elizabeth Bennet. Elizabeth digambarkan sebagai seorang yang cerdas dan energik. Dia memiliki pandangan yang sama seperti ayahnya,  pandangan mereka tidak konvesional seperti pandangan masyarakat tentang pentingnya harta dan kedudukan seseorang.

Cerita dari novel ini berlatarkan di sebuah desa di Inggris pada awal abad 19. Novel ini berkisahkan seputar prasangka dari Darcy tentang status sosial yang dimiliki oleh keluarga Elizabeth. Harga diri yang tinggi dan berprasangka Elizabeth pada keangkuhan  yang diperlihatkan oleh  Darcy.

4. Little Prince

Little Prince

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Little Prince merupakan sebuah novel karya seorang penulis  dan juga penerbang asal Perancis yang bernama Antoine de Saint-Exupéry. Novel berbahasa Perancis ini diterbitkan pada tanggal 6 April tahun 1943. Ilustrasi dalam novel ini pun dikerjakan oleh sang penulis sendiri.

Little Prince menceritakan tentang perjalanan seorang anak kecil yang meninggal planet tempat tinggalnya dan menjelalahi alam semesta. Setiap perjalanannya, membuat sang pangeran kecil ini mempelajari tentang semua tingkah polah yang dimiliki oleh orang dewasa.

“Hanya dengan hati orang dapat melihat dengan benar, apa yang tidak terlihat oleh mata.” Kutipan ini merupakan tema utama dari novel ini yang menjadi magnet buku ini, hingga diterjemahkan ke dalam ratusan bahasa. Serta mampu terjual hingga sekitar 2 juta eksemplar di seluruh dunia.

5. Anne of The Green Gables

Anne of The Green Gables

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Anne of The Green Gables merupakan karya seorang penulis asal Kanada Lucy Maud Montgomery. Novel ini diterbitkan pada tahun 1908. Novel ini menjadi satu dari literatur klasik anak-anak. Kepopulerannya membuat novel ini di adaptasi menjadi film dan seri di televisi.

Tokoh utama pada novel ini adalah Anne Shirley, seorang gadis berusia 11 tahun dengan rambut merah dan bintik-bintik di wajahnya. Anne adalah seorang anak yatim yang memiliki sifat yang energik dan imajinatif. Cerita ini berlatarkan sebuah desa di Kanada tepatnya di desa Avonlea.

Novel ini menceritakan kisah Anne yang di angkat anak oleh pasangan lanjut usia, yang pada awalnya menginginkan anak laki-laki agar dapat membantu mengolah lahan pertanian mereka. Kisahnya memperlihatkan perjuangan Anne agar diterima di Avonlea, dan tidak kembalikan ke panti asuhan.

Baca juga: 10 Rekomendasi Novel Sejarah yang Menarik untuk Dibaca

6. The Hobbit

The Hobbit

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

The Hobbit merupakan sebuah novel karya John Ronald Reuel Tolkien, seorang penulis juga penyair kelahiran Inggris. Beliau adalah seorang profesor di sebuah universitas yang terkenal dengan karya klasik fantasinya yang berkelas. Selain itu beliau juga adalah seorang veteran dari Perang Dunia 1.

The Hobbit merupakan karya J.R.R. Tolkien yang diterbitkan tanggal 21 September tahun 1937. Karakter utama dari novel ini adalah seorang Hobbit yang bernama Bilbo Baggins. Hobbit adalah mahluk yang seperti manusia tetapi memiliki perawakan pendek dan senang hidup dalam damai.

Buku ini mengisahkan perjalanan dari Bilbo Baggin dalam mengambil sebuah harta karun yang telah dicuri.  Perjalanan ini diikuti Thorin dan juga 12 kurcaci untuk mengambil kembali harta karun yang dijaga oleh seekor naga bernama Smaug.  Perjalanan ini merubah Bilbo menjadi seorang petualang.

7. Jane Eyre

Jane Eyre

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Jane Eyre merupakan sebuah novel karya seorang penulis berkebangsaan Inggris yang bernama Charlotte Brontë. Novel Jane Eyre pertama kali diterbitkan pada tanggal  16 Oktober  tahun 1847. Charlotte merupakan anak yang tertua dari tiga bersaudara Brontë yang terkenal.

Kisah Jane Eyre memiliki latar negara Inggris di Thornfield. Novel ini bercerita tentang perjuangan hidup dari Jane, seorang gadis yang tampak polos dan sederhana. Hidup Jane penuh dengan tantangan dari kehidupan sekolah yang tidak menyenangkan, bibinya yang kejam, dan  kisah cinta yang rumit.

8. Little Women

Little Woman

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Little Women merupakan novel yang diterbitkan  pertama kali pada tanggal 30 September  tahun 1868. Novel ini merupakan karya dari seorang penulis berkebangsaan Amerika Serikat yaitu Louisa Amy Alcott. Karyanya yang mengisahkan perjuangan March bersaudara ini disukai oleh semua kalangan.

Novel ini bercerita tentang empat bersaudara dari keluarga March, yaitu Jo, Beth, Amy, dan Meg. Novel ini menceritakan perjuangan hidup keempat wanita ini dari mereka kecil hingga tumbuh dewasa. Mereka harus terus bertahan hidup  selama perang saudara terjadi di New England.

9. The Adventure of Huckleberry Finn

The Adventure of Huckleberry Finn

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

The Adventure of Huckleberry Finn merupakan sebuah novel karangan  penulis Amerika Serikat Mark Twain. Mark Twain sendiri merupakan nama Pena, nama aslinya adalah Samuel Langhorne Clemens. Novel ini diterbitkan pertama kali pada bulan Desember di tahun 1884 di Inggris.

Novel ini mengisahkan perjalanan Huck menyusuri sungai Mississippi bersama Jim yang merupakan seorang budak yang melarikan diri. Perjalanan Huck menyusuri sungai demi melarikan diri dari ayahnya yang sangat kejam. Perjalanan ini membuat Huck banyak belajar tentang nilai kemanusiaan.

10. The Count of Monte Cristo

The Count of Monte Cristo

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

The Count of Monte Cristo merupakan sebuah novel karya Alexandre Dumas. Beliau adalah seorang penulis novel yang terkenal dengan cerita sejarah dengan petualangan yang hebat. Karya-karyanya banyak dibaca hampir di seluruh dunia, dan membuatnya menjadi penulis ternama dari Perancis.

Kisah ini bercerita tentang petualangan dari sang tokoh utama Edmond Dantès yang dituduh telah melakukan pengkhianatan yang membuatnya dipenjara. Dia berhasil melarikan diri dari penjara, yang mengantarkannya pada perburuan harta karun dan rencananya untuk membalas dendam.

Itulah kumpulan beberapa novel klasik yang masih menarik untuk kamu baca. Novel ini juga dapat kamu gunakan untuk tugas-tugas sekolahmu.  Novel-novel klasik ini memberikanmu banyak petualangan pada setiap lembar halamannya. Novel klasik ini tetap menarik kamu baca sekalipun kamu sudah bertambah usia.

Tag: , , ,
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram