bacaterus web banner retina
Bacaterus / Serba Serbi / Suka Ilmu Filsafat? Coba Baca 10 Novel Jostein Gaarder Ini

Suka Ilmu Filsafat? Coba Baca 10 Novel Jostein Gaarder Ini

Ditulis oleh Sri Sulistiyani - Diperbaharui 25 Desember 2020

Bagi kalian pecinta novel-novel fantasi berbalut kisah-kisah filsafat, tentu sudah tidak asing dengan nama Jostein Gaarder. Ia adalah seorang penulis berkebangsaan Norwegia yang lahir pada 8 Agustus 1952. Sebelum memulai karir kepenulisannya, Gaarder adalah seorang guru filsafat di Bergen, Norwegia.

Latar belakangnya sebagai guru filsafat membuat buku-buku yang ditulis oleh Jostein Gaarder selalu berisikan makna-makna filosofis. Namun kamu tidak perlu membayangkan penjelasan filsafat yang rumit. Melalui novel-novel Jostein Gaarder, kamu justru akan mengenal ilmu filsafat dengan cara yang sederhana dan menyenangkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk mengenal ilmu filsafat melalui kisah-kisah novel yang seru, berikut beberapa novel karya Jostein Gaarder yang bisa menjadi rekomendasi bacaanmu.

1. Dunia Sophie

Dunia Sophie

* sumber: i.ytimg.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Dunia Sophie mungkin menjadi novel karya Jostein Gaarder yang paling terkenal. Novel yang terbit pertama kali di tahun 1991 ini setelah diterjemahkan ke dalam 53 bahasa dan menjadi buku yang digunakan di berbagai perguruan tinggi dunia sebagai materi dasar ilmu filsafat. Di Indonesia, novel ini pertama kali terbit di tahun 1996 oleh penerbit Mizan.

Novel setebal 798 halaman ini bercerita tentang seorang gadis berusia 14 tahun bernama Sophie Amundsen. Kehidupannya berubah ketika suatu hari ia menerima sebuah surat misterius berisikan pertanyaan “Siapakah dirimu? Dari mana asalnya dunia?” Surat tersebut membawa Sophie menuju petualangan ke dunia filsafat bersama guru misteriusnya.

2. Misteri Soliter

Misteri Soliter

* sumber: emeraldfromtheeast.wordpress.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Sebelum menulis Dunia Sophie, Jostein Gaarder juga telah menulis satu judul novel lainnya yaitu Misteri Soliter. Novel ini pertama kali terbit di tahun 1990 dalam Bahasa Norwegia dengan judul asli Kabal Mysteriet. Di Indonesia, novel setebal 351 halaman ini diterbitkan oleh penerbit Mizan.

Misteri Soliter berkisah mengenai petualangan seorang anak berusia 12 tahun bernama Hans Thomas. Bersama sang ayah, ia melakukan perjalanan ke Yunani untuk mencari ibu mereka. Sepanjang perjalanan tersebut, Hans mengalami peristiwa-peristiwa unik yang membawanya menyelami makna filosofis yang mendalam.

3. Dunia Maya: Misteri Dunia dan Cinta

Dunia Maya

* sumber: www.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Novel Dunia Maya: Misteri Dunia dan CInta pertama kali terbit di tahun 2000 dengan judul asli Maya. Novel setebal 458 halaman ini diterbitkan di Indonesia pada tahun 2008 oleh PT Mizan Pustaka. Novel ini menyoroti gagasan-gagasan besar, seperti penciptaan alam semesta dan evolusi kehidupan.

Kisah dalam novel ini dibuka dengan pertemuan sekumpulan orang yang tak saling mengenal di Pulau Taveuni, Fiji. Selanjutnya, kita akan membaca surat panjang yang dibuat Frank Andersen untuk mantan istrinya, termasuk kisah-kisah mengenai orang-orang unik yang ditemui Frank selama berada di Taveuni.

4. The Orange Girl

Gadis Jeruk

* sumber: www.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Dalam Bahasa Norwegia, novel ini memiliki judul asli Appelsinpiken. Dalam versi Bahasa Inggris, novel ini berjudul The Orange Girl. Di Indonesia, novel ini diterbitkan pertama kali pada dengan judul Gadis Jeruk. Novel setebal 256 halaman ini pertama kali terbit pada tahun 2011 oleh penerbit Mizan.

Novel ini bercerita mengenai Georg, seorang anak berusia 15 tahun yang suatu hari menerima surat dari ayahnya yang telah meninggal belasan tahun lalu. Dalam surat tersebut, sang ayah bercerita mengenai sosok gadis misterius yang ia sebut gadis jeruk. Melalui gadis jeruk, sang ayah mengajak Georg merenungi makna filosofis alam semesta.

5. Dunia Anna

Dunia Anna

* sumber: id.carousell.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Novel yang terbit pada tahun 2013 ini memiliki judul asli Anna: En fabel om klodens klima og miljø. Dalam versi Bahasa Inggris, novel ini berjudul The World According to Anna. Di Indonesia, novel setebal 144 halaman ini diterbitkan oleh PT Mizan Pustaka. Dunia Anna disebut sebagai sebuah novel filsafat semesta.

Novel ini bercerita tentang Anna, seorang gadis berusia 16 tahun yang cukup peduli dengan isu lingkungan dan kerusakan alam. Anna seolah memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan cicitnya di masa depan, Nova yang menyaksikan bagaimana masyarakat di zaman Anna semakin merusak lingkungan di masa depan.

6. Dunia Cecilia: Kisah Sedih Dialog Surga dan Bumi

Dunia Cecilia

* sumber: inkuiri.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Novel Dunia Cecilia: Kisah Sedih Dialog Surga dan Bumi sebelumnya pernah diterbitkan di Indonesia dengan judul Cecilia dan Malaikat Ariel. Judul asli novel ini adalah Through a Glass, Darkly dan terbit pertama kali di tahun 1993. Di Indonesia, novel setebal 209 halaman ini diterbitkan oleh PT Mizan Pustaka.

Novel ini mengisahkan tentang Cecilia, gadis kecil yang bersedih di malam natal karena hidupnya divonis tak lama lagi oleh dokter. Namun di pagi natal tahun itu, seorang malaikat bernama Ariel mendatanginya. Mereka berdua kemudian berbincang mengenai kehidupan mereka. Cecilia menceritakan hidup manusia dan malaikat Ariel bercerita mengenai surga.

7. The Puppeteer: Kisah Filosofis Tentang Makna Keluarga

The Puppeteer

* sumber: whathefan.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Dalam versi Bahasa aslinya, novel The Puppeteer: Kisah Filosofis Tentang Makna Keluarga ini terbit pertama kali pada tahun 2016. Di Indonesia sendiri, The Puppeteer diterbitkan pertama kali pada tahun 2017 oleh penerbit Mizan. Novel ini memiliki total halaman sebanyak 352 halaman.

Novel ini bercerita tentang seorang pria bernama Jacob Jacobsen. Ia memiliki seorang sahabat bernama Pelle dan sahabat pena bernama Agnes. Jakob adalah orang yang senang bercerita, namun Pelle sering tak mendengarnya. Maka, Jacob sering pergi ke pemakaman untuk berbohong pada orang-orang di sana bahwa ia mengenal orang yang meninggal.

8. The Magic Library: Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken

The Magic Library

* sumber: www.tokopedia.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Novel ini terbit pada tahun 1993 dengan judul asli Bibbi Bokkens magiske bibliotek. Kemudian novel ini diterjemahkan dalam Bahasa Inggris dengan judul Bibbi Bokkens Magic Library. Di Indonesia, novel setebal 282 halaman ini diterbitkan pada tahun 2011 oleh penerbit Mizan.

Novel ini bercerita tentang dua orang remaja yang tinggal di kota berbeda, Berit dan Nils. Mereka melakukan komunikasi melalui surat-menyurat yang kemudian dibuat menjadi buku. Rupanya ada seseorang yang ingin mengoleksi buku surat tersebut, yakni Bibbi Bokkens. Berit dan Nils kemudian melakukan petualangan untuk mencari tahu sosok Bibbi Bokkens.

9. Princess of Tales: Misteri Dongeng dan Imajinasi

Princess of Tales

* sumber: www.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Novel ini sebelumnya pernah diterbitkan dengan judul Putri Sirkus dan Lelaki Penjual Dongeng. Novel ini memiliki judul asli Sirkus Direktorat datter yang kemudian diterjemahkan ke Bahasa Inggris The Ringmaster’s Daughter pada tahun 2001.

Novel ini bercerita tentang seorang anak bernama Peter yang lebih suka menyendiri dalam dunia yang ia ciptakan. Ia sangat terobsesi dengan Panina Manina, putri sirkus yang ia ciptakan dalam khayalannya. Peter bahkan membuat sebuah program yang membuatnya kemudian terjebak dalam skandal dunia sastra.

10. House of Tales: Kisah Tentang Cinta dan Keabadian

House of Tales

* sumber: www.bukalapak.com

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Tokopedia

Cek Harga di Lazada

Novel House of Tales: Kisah Tentang Cinta dan Keabadian pertama kali terbit di Indonesia tahun 2019 oleh penerbit Mizan. Novel ini memiliki jumlah halaman sebanyak 168 halaman. Judul asli novel ini adalah Akkurat Passe: En liten for telling om nesten atau dalam versi Inggris Just Right: A Brief Story of Almost Everything dan terbit tahun 2018.

House of Tales mengisahkan pertemuan pasangan Albert dan Eirin di hari pertama kuliah mereka yang mengantarkan mereka ke Rumah Dongeng, sebuah rumah terpencil yang menjadi saksi cinta mereka.37 tahun berselang, Albert menerima sebuah surat dari mantan kekasihnya yang membuatnya harus Kembali menyepi ke rumah dongeng tersebut.

Itulah 10 novel seru dengan makan filosofis mendalam karya Jostein Gaarder yang bisa menjadi rekomendasi bacaanmu. Manakah diantaranya yang sudah tamat kamu baca? Jangan lupa, hanya beli novel-novel yang asli ya untuk mengapresiasi penulisnya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram