Bacaterus / Novel / 10 Novel Bernafaskan Islam yang Begitu Mengharukan

10 Novel Bernafaskan Islam yang Begitu Mengharukan

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebagai negara dengan penduduk muslim paling banyak di dunia, Indonesia memiliki beragam novel islami yang dapat diterima menjadi bahan bacaan inspiratif. Walaupun bersaing dengan genre novel lainnya, kepopulerannya masih tetap eksis, dan mempunyai prospek baik di dunia literasi. Memiliki sudut pandang yang religius, novel ini memberikan sentuhan moral yang dipadukan dengan spirit keagamaan.

Supaya novel ini menarik untuk dibaca, para penulisnya memberikan pendekatan cerita yang relevan terhadap kebutuhan pembaca. Dengan tidak menghilangkan nilai spiritualnya, novel-novel Islami dikemas lewat cerita drama remaja dan beragam kisah lainnya. Sebagai bahan rekomendasi bacaan, dibawah ini Bacaterus sudah merangkum novel-novel Islami yang baik untuk dibaca. Yuk, kita simak sama-sama.

1. Negeri 5 Menara (Ahmad Fuadi)

Negeri Lima Menara

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Seorang remaja bernama Alif bercita-cita ingin seperti BJ.Habibie. Untuk mewujudkan mimpinya sedari kecil, ia ingin melanjutkan pendidikan ke sebuah universitas. Di satu sisi, sang ibu menginginkan anaknya meniru jejak seorang Buya Hamka. Ia pun diberi pilihan untuk sekolah di bidang agama, atau menjadi santri pesantren. Alif akhirnya memutuskan mondok di sebuah pesantren di Jawa Timur, Pondok Madani.

Saat berada di pesantren, ia mempunyai sahabat karib yaitu Baso, Dulmajid, Atang, Raja dan Said. Mereka memiliki cita-cita yang sama, yakni ingin menjelajah Benua Eropa dan Amerika. “Man Jadda Wa Jadda”, barang siapa yang sungguh-sungguh, pasti akan berhasil. Kalimat yang sering diucapkan oleh pimpinan pondok, Kia Rais, membuat tekad mereka semakin bersemangat untuk dapat menggapai mimpi tersebut.

2. Ayat – Ayat Cinta (Habiburrahman El Shirazy)

Ayat – Ayat Cinta

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Fahri adalah seorang mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di salah satu universitas di Mesir. Ia memiliki karakter nyaris sempurna sebagai seorang pria. Ia pintar, santun, baik dan rajin beribadah tentunya. Cerita mulai menjadi menarik ketika Fahri menikah dengan wanita bernama Aisha. Istrinya merupakan sosok perempuan yang menawan, ia digambarkan sebagai figur yang cerdas, kaya dan taat beragama.

Sebelum bertemu dengan Aisha, Fahri berteman dengan tetangganya bernama Maria yang merupakan penganut Kristen Koptik. Tanpa disangka, Maria ternyata memendam perasaan suka terhadap Fahri. Cerita kemudian mulai berubah rumit, Fahri dituduh telah memperkosa seorang gadis bernama Noura. Sang istri yang tidak percaya lalu mencari fakta-fakta untuk bisa membebaskan suaminya dari penjara.

3. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (Buya Hamka)

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Novel ini mengisahkan tentang cinta yang terkekang oleh perbedaan budaya. Cerita tersebut dibungkus dengan baik oleh Buya Hamka dalam koridor keislaman yang kental. Zainuddin merupakan keturunan campuran Minang dan Bugis. Ia pun tidak mendapat pengakuan sebagai suku Minang asli, karena ibunya bersuku Bugis. Setelah kedua orangtuanya meninggal, ia memiliki keinginan untuk belajar ilmu agama.

Zainuddin menyukai seorang gadis bernama Hayati, namun ia menyadari bukanlah orang Minang. Meskipun ayahnya seorang Minang, adat Minangkabau menyatakan bahwa suku tidak diwariskan dari pihak bapak. Walaupun sosok yang baik, keluarga Hayati tidak setuju jika anaknya menikah dengan Zainuddin. Atas peraturan adat tersebut, rasa cinta terhadap Hayati harus kandas dan terhalang.

4. Diorama Sepasang Al Banna (Ari Nur)

Diorama Sepasang Al Banna

Rani adalah seorang arsitek yang bekerja di sebuah biro arsitektur di Jakarta. Selama bekerja di tempatnya, ia memiliki hubungan yang baik dengan pimpinannya bernama Ryan. Mereka pada akhirnya melakukan ta’aruf untuk saling mengenal satu sama lain. Layaknya pasangan yang baru menikah, mereka menjalani hari-hari penuh kebahagiaan. Namun, sebuah tragedi datang menimpa kehidupan keduanya.

Seperti petir di siang bolong, Rani mengalami keguguran yang membuatnya sedih tak terkira. Ryan pun berusaha membangkitkan semangat hidup dari istrinya. Ia kemudian membangun sebuah biro arsitek dengan nama Al Banna. Hal itu ternyata membuat Rani dapat melupakan kesedihannya. Walaupun sempat merugi, mereka bersepakat untuk terus membangun usahanya tersebut menjadi lebih sukses.

5. Istana Kedua (Asma Nadia)

Istana Kedua

Dalam novel ini, sang penulis Asma Nadia mencoba menghadirkan isu poligami dalam ceritanya. Istana Kedua menceritakan tentang kehidupan rumah tangga Arini bersama suaminya Andika Prasetya. Suatu waktu, Arini mencurigai jika suaminya telah menikah lagi dengan perempuan lain. Kecurigaannya pun akhirnya terbukti, dan ia dirundung rasa ragu akan kesetiaan Andika terhadap komitmen pernikahannya.

Andika tak pernah menjelaskan hal itu kepada istrinya. Ia cenderung berusaha menutupi tindakannya tersebut. Istri keduanya adalah seorang muallaf bernama Mei Rose. Demi menyelamatkan Mei yang hidup dengan bayi tanpa seorang suami, Andika akhirnya memutuskan untuk menikahinya. Ia pun hidup berpoligami, sebuah cara berumah tangga yang selama ini tidak pernah terpikirkan olehnya.

6. Cinta Yang Tak Biasa (Natta Reza & Wardah Maulina)

Cinta Yang Tak Biasa

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Lewat perantara media sosial, Natta berkenalan dengan seorang perempuan bernama Wardah. Walaupun perkenalannya cukup singkat hanya sebatas di dunia maya, Natta memberanikan diri mencoba melamar Wardah menjadi istrinya. Sontak saja wanita tersebut terkejut dan tidak percaya akan ajakan darinya. Ia pun bahkan belum pernah bertemu langsung dan melihat fisik beserta wajah dari Natta.

Mereka kemudian bersepakat untuk beristiqarah terlebih dahulu, dan meminta petunjuk dari Allah SWT untuk memberikan jawaban yang menenangkan. Hati Natta semakin yakin setelah berdoa tersebut. Setelah meminta izin kepada orang tua dari Wardah, mereka pun akhirnya menikah. Novel ini menceritakan pahit dan manisnya perjalanan kehidupan dari sosok bernama Natta Reza dan Wardah Maulina.

7. 29 Juz Harga Wanita (Ma’mun Affany)

29 Juz Harga Wanita

Cek Harga di Shopee

Cerita bermula saat Tony Saputra bertemu dengan seorang santriwati bernama Naela Hasna. Sebagai seorang pria yang tidak taat beragama, ia justru semakin terpesona dengan sosok Naela. Di satu sisi, ia tidak percaya diri karena bekerja sebagai kuli bangunan. Bahkan teman-temannya pun menertawakan niatnya ketika ingin mengenal lebih dekat dengan perempuan tersebut.

Keinginannya yang nekat dan liar membawanya untuk mengungkapkan rasa sukanya kepada Naela. Merasa terburu-buru, gadis tersebut menolak perasaannya. Namun ia memberikan Al-Quran kepada Tony dan berpesan untuk belajar membacanya. Sejak saat itu, Tony rajin belajar Al-Quran dan memperbaiki dirinya lebih baik. Ia lalu berangkat untuk mencari Naela yang berada di sebuah pesantren di Pulau Jawa.

8. Separuh Hati Yang Pergi (Mimie Sarah)

Separuh Hati Yang Pergi

Cek Harga di Shopee

Cek Harga di Lazada

Di usianya yang menginjak 28 tahun, Imam berencana untuk menikah. Namun apa daya, ia belum menemukan pujaan hatinya tersebut.  Saat ingin mengenalkan seorang gadis kepada keluarganya, ia selalu dihinggapi rasa ragu. Mencari sosok istri yang benar-benar sesuai dengan syariat Islam tidaklah mudah. Hal seperti itulah yang menjadi pengganjal setiap kali dirinya merencanakan pernikahan.

Selama masa pencariannya, ia lalu menjatuhkan hatinya kepada Zahra. Saat pertama kali bertemu, Imam langsung terpukau dengan kecantikan gadis muslimah tersebut. Seakan sudah ditakdirkan, pakde dari Zahra ternyata mengenal baik akan sosok Imam. Keduanya kemudian memutuskan untuk menikah, dan perjalanan manis getir selama kehidupan mereka lalui bersama-sama saat itu juga.

9. Adele Cinta Dari Masa Lalu (El Salman Ayashi. Rz)

Adele – Cinta Dari Masa Lalu

Cek Harga di Shopee

Seorang pemuda muslim bernama Sekou Jackson harus menghadapi kehidupan yang berat di Amerika Serikat. Ia merupakan anak yatim piatu dan tinggal di apartemennya yang tak terawat. Tidak mempunyai pekerjaan tetap, ia bekerja serabutan dari satu tempat ke tempat lainnya. Ia melakukan apa saja seperti mencuci piring, menjadi pelayan restoran dan membersihkan lantai dapur.

Nasib sial kemudian menimpa dirinya, ia melakukan tindakan kriminal dan menjadi buronan polisi. Setelah menjalani masa hukumannya, kini ia berniat untuk memperbaiki kehidupannya. Di saat yang sama, seorang gadis bernama Adele menderita leukemia dan membutuhkan Sekou sebagai penyelamat hidupnya. Sekou harus menyelamatkan nyawa dari Adele meskipun taruhannya adalah nyawanya sendiri.

10. Tuhan Maha Romantis (Azhar Nurun Ala)

Tuhan Maha Romantis

Cek Harga di Shopee

Rijal Rafsanjani adalah seorang anak yang lahir dari keluarga religius. Kedua orangtuanya selalu mengajarkan ajaran Islam yang baik kepadanya. Saat merantau untuk berkuliah, ia bertemu dengan sosok perempuan bernama Annisa. Mereka akhirnya saling menyukai satu sama lain. Akan tetapi, Rijal selalu mengingat pesan ayahnya untuk mempersiapkan diri agar tidak larut dalam dunia pergaulan.

Mereka kemudian memutuskan untuk mengurangi waktu bersama-sama. Walaupun begitu, jalan takdir selalu mempertemukan mereka. Saat Rijal ingin melamar Annisa, mereka harus berpisah dan menghilang lima tahun lamanya. Suatu waktu, keduanya dipertemukan kembali dengan Rijal yang telah melamar gadis pilihan ibunya. Dengan perasaan yang masih sama, akankah Rijal dan Annisa dipersatukan kembali?

Seperti itulah novel-novel islami yang bisa menjadi bahan bacaan untuk kamu. Menawarkan cerita yang menenangkan hati dan mengharukan, novel ini sangat tepat untukmu yang ingin mendapatkan sudut pandang spiritual. Kamu tidak usah bingung untuk mencarinya, karena novel tersebut telah tersedia di toko buku favoritmu.  Jangan sampai melewatkan buku-bukunya ya, Selamat membaca!

Temukan juga referensi bacaan lainnya dalam artikel novel Indonesia terbaik ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *