Bacaterus / Buku / 10 Novel Indonesia Terbaik yang Wajib untuk Dikoleksi

10 Novel Indonesia Terbaik yang Wajib untuk Dikoleksi

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 Oktober 2019

Para pecinta karya sastra, khususnya novel pasti sudah tidak asing dengan judul-judul yang akan bacaterus bahas di bawah ini. Namun, sebelum kita mulai membahas satu persatu judul novel tersebut. Kita akan membahas sedikit mengenai karya sastra yang telah mengangkat popularitas penulis Indonesia baik di level nasional maupun internasional.

Menilik sejarah novel itu sendiri, karya sastra pertama yang pernah dibuat berasal dari negeri sakura, Jepang. Dengan nama pena Murasaki Shikibu, wanita Jepang yang terlahir dari keluarga terpandang ini menulis tentang kehidupan pangeran Genji yang diberi judul ‘Genji Monogatari’ atau ‘Hikayat Genji’ bila di translate ke dalam bahasa Indonesia.

Novel berisi 54 bab dengan 1000 Halaman ini menjadi cikal bakal novel bergenre roman. Secara umum novel adalah sebuah karya sastra berbentuk prosa naratif yang berisi kisah hidup seorang tokoh dan orang-orang sekitarnya  dengan menonjolkan watak atau karakter tokoh yang terlibat di dalam cerita.

Bagi kamu yang suka bereksplorasi dengan membaca. Novel bisa menjadi pilihan tepat. Nah, Bacaterus sudah membuat daftar 10 novel Indonesia terbaik yang wajib ada dalam koleksimu.

1. Bumi Manusia

Bumi Manusia

Bumi Manusia adalah novel karya sastrawan, Pramoedya Ananta Toer yang fenomenal. Proses dibalik pembuatan karya sang maestro yang cukup rumit membuat Bumi Manusia menjadi karya spesial yang bisa menempati hati para pembaca.

Meskipun Bumi Manusia ini harus melalui jalan yang sulit untuk bisa dibukukan. Namun isi dari novel dalam Tetralogi Buru ini berhasil memukau tidak hanya pembaca Indonesia, akan tetapi menarik kekaguman orang luar negeri pula.

Sejumlah penghargaan internasional serta Komentar Washington Post dan Newyork Times menjadi bukti bahwa Bumi Manusia adalah salah satu karya yang diperhitungkan dunia.

Kisah Bumi Manusia bercerita mengenai kisah perjalanan Minke, Anneliese dan Nyi Ontosoroh di tengah pergolakan situasi negeri jajahan. Dimana aturan dan kepentingan berhasil menciptakan konflik batin yang dapat membawa pembaca terhanyut bersama karakter para tokoh utamanya. Daripada penasaran baca sendiri novelnya. Beli novel ini sekarang juga di Bukalapak melalui link ini.

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

Laskar pelangi adalah buku pertama dari tetralogi karya penulis Andrea Hirata yang dirilis tahun 2005. Dan digadang-gadang sebagai novel terlaris sepanjang sejarah dengan penjualan mencapai lebih dari 500 ribu eksemplar. Film laskar pelangi yang diadaptasi dari novel ini pun tak kalah sukses dengan novelnya.

Bercerita mengenai 10 siswa yang bersekolah di SD Muhammadiyah yang ada di Belitung. Nilai-nilai positif yang ada dalam novel ini memang bisa membawa semangat pembaca. Di tengah problematik yang mendera para karakter dalam cerita.

Pembaca bisa merasakan spirit anak-anak dari tanah belitung. Tokoh Muslimah yang menjadi sosok guru bijaksana pun tak kalah mencuri perhatian. Nah, bagi yang sudah pernah nonton filmnya tapi belum membaca novelnya. Maka sebaiknya segera baca karya sastra Andrea Hirata ini. Kunjungi link ini untuk membeli Novel Laskar Pelangi di Bukalapak.

3. Ronggeng Dukuh Paruk

Ronggeng Dukuh Paruk

Bagi para pecinta literasi, karya sastra yang satu ini mungkin sudah tidak asing. Novel karya Ahmad Tohari ini ditulis pada tahun 1982. Karya sastra ini pernah mendapat penghargaan tahun 1995 di Southeast Asian Writer Award dan telah diterjemahkan ke dalam 4 bahasa.

Novel karya Ahmad Tohari ini berkisah mengenai cinta Srintil, penari ronggeng dan Rasus yang bekerja sebagai seorang tentara. Mengambil latar waktu tahun 60-an, novel ini berlatar di sebuah desa miskin dan kelaparan, yang dirundung dengan kebodohan bernama Dukuh Paruk.

Perjalanan cinta Srintil yang diwarnai dengan konflik yang terjadi pada masa itu menjadikan karya Ahmad Tohari wajib untuk dikoleksi para pecinta novel roman berlatar sejarah. Kini, kamu bisa membeli novel Ronggeng Dukuh Paruk di Bukalapak dengan masuk ke link ini.

4. Lelaki Harimau

Lelaki Harimau

Lelaki Harimau adalah novel kedua karya Eka Kurniawan setelah cantik adalah luka. Novel yang banyak mendapat pujian ini telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa. Pujian yang dialamatkan kepadanya tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri.

Nama Eka Kurniawan seakan mengukuhkan diri sebagai salah satu sastrawan kebanggaan yang ada di Indonesia. Lelaki Harimau sendiri berkisah mengenai satu keluarga dengan permasalahan kompleks. Konflik antar para tokoh yang menarik, dibalut romansa terlarang dan motif tersembunyi membuat pembaca seakan terdorong rasa haus untuk menyelesaikan buku sampai pada halaman terakhir.

Maka, tak salah bila novel berjudul Lelaki Harimau ini menjadi salah satu novel terbaik yang harus ada dalam koleksi. Beli Novel Lelaki Harimau sekarang juga di Bukalapak dengan klik link ini.

5. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Siapa yang tidak kenal dengan novel Ayat-ayat Cinta karya Habbiburahman El Shirazy? Novel yang menjadi Best seller ini memang menjadi salah satu novel fenomenal. Novel romantis dengan unsur keagamaan yang kuat menjadi daya tarik tersendiri bagi para pembaca.

Novel yang telah dibuat ke dalam film dengan judul yang sama ini telah meraih kesuksesan yang luar biasa. Menceritakan tentang perjalanan mahasiswa bernama Fahri di tengah usaha meraih mimpi di negeri orang, telah menghadapkan dirinya pada permasalahan cinta yang rumit. Mengangkat isu percintaan dengan unsur agama Islam, novel ini memang wajib berada dalam koleksi.

Ayat-ayat Cinta bisa kamu dapatkan dengan membelinya secara online di Bukalapak melalui link ini.

6. Hujan

Hujan

Hujan adalah salah satu karya penulis yang cukup produktif mengeluarkan karya. Novel Hujan adalah karya Tere Liye yang berhasil menarik perhatian para pembaca khususnya para penggemar novel bergenre roman. Selain penjualan buku yang sukses, ulasan positif yang diberikan para pembaca untuk novel yang satu ini memang cukup membanggakan.

Bercerita tentang persahabatan, cinta dan hujan, novel ini memberikan sensasi tersendiri bagi para penggemarnya. Dengan alur cerita yang tidak mudah tertebak, membuat novel karya sastrawan Indonesia yang satu ini membius para pembaca untuk melumat novelnya sampai akhir. Biar tidak menambah penasaran mending baca sendiri novel terbaik yang satu ini. Dapatkan Novel Hujan karya Tere Liye ini di Bukalapak lewat link ini.

7. Supernova

Supernova

Novel yang sempat mencuri perhatian ini telah diangkat ke dalam layar lebar dan berhasil mencuri perhatian publik. Novel berjudul Supernova karya Dee Lestari ini menjadi novel laris yang wajib berada dalam koleksi buku.

Bercerita mengenai dunia fiksi yang dirancang oleh pasangan menyimpang Reuben dan Dhimas. Novel karya Dee Lestari ini mampu membawa pembaca masuk ke dalam kehidupan percintaan yang kompleks. Menggabungkan filsafat dan sains menjadi nilai tambah yang dapat memperluas wawasan pembaca novelnya. Maka tak salah bila novel Indonesia terbaik yang satu ini wajib masuk daftar.

Nah, tertarik untuk membaca Novel Supernova? Langsung saja beli novelnya di Bukalapak via link ini.

8. Dilan 1990

Dilan 1990

Novel Dilan 1990 karya Pidi Baiq ini adalah novel Indonesia terbaik yang wajib ada di rak koleksi buku kamu. Novel ini memiliki jalan cerita yang ringan. Berkisah mengenai perjalanan seorang Dilan yang puitis dalam meraih cinta pujaan hati.

Novel ini memang mampu menarik perhatian pembaca. Selain oleh kalimat-kalimat romantis yang kerap di lontarkan Dilan, novel yang konon diangkat berdasarkan kisah nyata kehidupan seseorang ini menjadi alasan orang menyukai novel Dilan 1990.

Novel ini membawa pembaca mengarungi masa-masa indah kenangan masa lalu dan bisa menjadi inspirasi anak muda untuk mencintai sebuah karya sastra. Jangan ketinggalan membaca Novel Dilan 1990! Yuk, beli novelnya via Bukalapak dengan masuk ke link ini.

9. Negeri 5 Menara

Negeri 5 Menara

Keberagaman genre dalam novel memang bisa menarik minat para pembaca. Dengan cerita unik yang relate dengan kehidupan sehari-hari. Novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi ini meraih sukses tidak hanya dalam penjualan buku, novel yang satu ini juga menarik sineas film untuk mengangkatnya ke dalam layar lebar.

Kalimat ‘Man Jadda Wajada’ yang dipopulerkan dalam novel tersebut seolah mengingatkan pembaca agar terus berusaha untuk meraih kesuksesan. Novel ini berkisah mengenai perjalanan hidup seorang santri Gontor dalam menemukan arti sebuah kesuksesan di tempat yang tidak pernah ia bayangkan sebelumnya. Novel yang dapat menginspirasi para pembaca ini memang wajib untuk dikoleksi.

Segera beli Novel Negeri 5 Menara ini di Bukalapak dengan harga terjangkau lewat link ini.

5. 5 cm

5 cm

Novel karya Donny Dhirgantoro yang satu ini memang menjadi karya Donny yang sukses dibuat ke dalam sebuah film. Selain memiliki jalan cerita yang menarik, novel ini juga membawa keseruan kisah persahabatan 5 anak manusia.

Berkisah mengenai persahabatan, novel yang satu ini bisa membawa pembaca ke dalam petualangan menyenangkan menuju puncak Mahameru. Menampilkan karakter tokoh yang menarik dengan konflik yang tidak terlalu berat, membuat novel yang satu ini cukup menyenangkan untuk dibaca. Belum terlambat untuk membaca Novel 5 cm, segera beli bukunya lewat Bukalapak di link ini.

Mengetahui kenyataan melalui survey dunia bahwa kegiatan literasi di Indonesia berada dalam kondisi memprihatinkan. Apa sebenarnya yang membuat sebuah novel masih begitu disukai? Tulis komentar kalian di kolom komentar, ya! Baca juga artikel buku self improvement ini untuk mengembangkan dirimu.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar