Bacaterus / Belajar Yuk! / 10 Novel Fantasi Terbaik dan Paling Menarik untuk Dibaca

10 Novel Fantasi Terbaik dan Paling Menarik untuk Dibaca

Ditulis oleh

Apakah kamu penggemar buku-buku yang bergenre fantasi? Buku fantasi apa saja yang pernah kamu baca? Membaca buku bergenre fantasi memang sangat mengasyikan. Ditambah lagi, jika buku fantasi yang dibaca merupakan buku bestseller dengan jalan cerita yang menarik. Hal itu akan membuat para pembacanya semakin ketagihan untuk membaca cerita fantasi tersebut.

Nah, Bacaterus kali ini merekomendasikan kamu untuk membaca 10 buku bergenre fantasi. Yuk teman-teman, mari simak 10 buku bergenre fantasi yang wajib kamu baca.

10 Novel Fantasi Terbaik

1. Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children

Buku bergenre fantasi yang pertama yang kami rekomendasikan adalah Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children karya Ransom Riggs. Tahukah kamu? Buku tersebut telah laris terjual jutaan buku.

Buku ini juga telah diterjemahkan dalam berbagai macam 40 bahasa, maka dari itu, sudah tak aneh kalau buku ini masuk dalam daftar buku terlaris selama dua tahun pada New York Times bestseller list. Tidak hanya itu, buku ini juga dikategorikan sebagai “100 Young Adult Book to Read in a Lifetime.”

Miss Peregrine’s Home for Peculiar Children menceritakan kisah di sebuah rumah panti asuhan yang berada di pulau yang sangat misterius.

Cerita ini dimulai dengan tragedi keluarga yang mengerikan dan membuat anak laki-laki berumur 16 tahun, Jacob, harus pergi ke sebuah pulau terpencil tepatnya di lepas pantai Wales. Di sana, terdapat rumah yang dihuni oleh anak-anak terlahir aneh yang mempunyai keistimewaan.

Miss Peregrine adalah orang dewasa yang mempunyai tugas untuk menjaga anak-anak istimewa tersebut. Tapi, tidak mudah untuk menjaga anak-anak tersebut, karena banyak monster yang ingin menculik mereka.

Bagaimana kisah selanjutnya? Petualangan fantasi tersebut sangat menegangkan dan siap-siap untuk mengetahui kemampuan anak-anak istimewa apa saja yang akan diceritakan pada buku tersebut. Kisah Miss Peregrine ini telah diangkat dalam sebuah adaptasi film yang kemudian disutradarai oleh Tim Burton dan tayang di bioskop pada tanggal 30 september 2016.

Kamu penasaran ingin membaca buku ini? Di dalam website ransomriggs terdapat satu bab pertama yang bisa kamu baca secara gratis! Kamu pun bisa melihat trailer buku dan filmnya. Kalau kamu ingin membeli bukunya, kamu bisa pesan langsung melalui website tersebut atau beli di toko buku yang berada di kotamu.

2. Neverwhere

Selanjutnya, ada novel berjudul Neverwhere karya Neil Gaiman. Buku tersebut menceritakan tentang Richard Mayhew, seorang pengusaha muda yang tinggal di London dengan pekerjaan yang membosankan dan tunangannya yang cantik tetapi banyak menuntut.

Pada suatu malam, ketika ia sedang berjalan, kakinya tidak sengaja menyandung seorang gadis yang sedang dalam keadaan berdarah di trotoar dan dia berhenti untuk membantunya.

Keesokan paginya, Richard Mayhew mendapati dirinya telah hilang dari dunianya dan tiba-tiba saja Ia menjadi tak kasat mata. Setelah itu, ia masuk ke London dengan bayang-bayang kegelapan, sebuah kota monster yang berada di tempat aneh dan tak seperti biasanya.

Lalu, bagaimana kelanjutan cerita tersebut? Buku ini buku yang bagus untuk dibaca dan juga buku yang paling banyak dibaca sepanjang tahun versi The New York Times.

3. Fangirl

Buku selanjutnya yang menarik untuk kamu baca adalah Fangirl karya Rainbow Rowell. Buku ini menceritakan tentang seseorang bernama Cath. Dia adalah penggemar buku Simon Snow. Semua orang sangat menyukai buku Simon Snow. Namun, bagi Cath dia sangat-sangat menggemari buku tersebut.

Setelah dia memasuki bangku kuliah, Cathy yang introvert tidak yakin dengan apa yang harus dia lakukan. Dia juga sangat mencemaskan ayahnya. Apakah dia siap untuk menjalani hidup sendirian? Menulis cerita sendiri? Dan apakah dia ingin meninggalkan fandom tentang Simon Snow? Penasaran kan bagaimana cerita ini selengkapnya?

4. Mr. Penumbra’s 24-Hours Bookstore

Buku yang berjudul Mr. Penumbra’s 24-hours Bookstore diterbitkan pada tahun 2012. Buku ini ditulis oleh penulis Amerika yang bernama Robin Sloan. Meskipun buku ini menjadi buku pertama yang ia tulis, namun buku ini telah sukses diterbitkan di 20 negara, lho!

Buku ini menceritakan tentang buku-buku, teknologi, dan kriptopgrafi. Dalam buku ini terdapat perpaduan antara unsur fantasi, misteri, persahabatan, dan cinta.

Buku ini menceritakan tentang tokoh bernama Clay Jannon yang bekerja di toko buku Mr. Penumbra’s 24-Hour yang sangat misterius. Namun, Ia hanya bekerja pada malam hari saja. Tugas Clay Jannon adalah mencari buku-buku untuk para pelanggan yang datang ke toko buku tersebut.

Pada suatu hari, terlihat seorang pria dan wanita tua yang aneh mengunjungi toko buku itu. Mereka meminta Clay Jannon untuk mencarikan buku misterius yang tersimpan di belakang toko buku itu.

Clay mulai menebak-nebak siapakah mereka dan dan apa yang akan mereka lakukan dengan buku tersebut. Buku misterius apakah yang pelanggan itu cari? Bagaimana kelanjutan cerita tersebut? Untuk lebih jelasnya, silakan baca bukunya!

5. The Night Circus

Buku yang akan dibahas selanjutnya adalah The Night Circus karya Erin Morgenstern. Buku bergenre fantasi tersebut telah diterbitkan pada tahun 2011. Buku ini awalnya ditulis untuk kompetisi menulis tahunan NanoWrimo, namun akhirnya diterbitkan menjadi sebuah buku. The Night Circus bertemakan dongeng di kota London pada era victorian.

Bercerita mengenai sirkus sihir yang berkelana, Le Cirque des Reves, pertunjukan sirkus tersebut buka pada waktu matahari terbenam hingga matahari terbit.

Pada pertunjukkan sirkus tersebut, terdapat tontonan akrobat yang melambung tanpa jaring, awan mengapung dan elemen fantastis lainnya yang sangat menarik. Tujuan sirkus ini adalah menampilkan sisi yang lebih negatif dan tentang kegelapan. Bagaimana cerita selanjutnya tentang sirkus tersebut?

6. The Book of Lost Things

Buku berjudul The Book of Lost Things ini ditulis oleh seorang penulis Irlandia bernama John Connolly. Buku ini menceritakan kisah anak laki-laki dari sejak ia muda hingga dewasa. Anak laki-laki tersebut bernama David. David harus berjuang menghadapi berbagai kepahitan yang dimulai dengan kematian ibunya.

Ia juga harus menerima kepahitan saat tahu kalau ayahnya menikah kembali dengan wanita lain. Ketika pesawat pemboman pada perang dunia II menabrak kebunnya, dia menemukan dirinya berada dalam dunia fantasi dari buku-bukunya. Dia harus menemukan sang raja, raja yang bisa mengembalikan dirinya ke dunia nyata atau ke rumahnya.

Apakah dia berhasil menemukan sang Raja? Kamu bisa langsung cari tahu dengan membaca bukunya, ya!

7. Ender’s Game

* sumber: www.hatrack.com

Buku yang wajib kamu baca selanjutnya berjudul Ender’s Game. Buku ini ditulis oleh Orson Scott Card. Buku ini menceritakan tentang Andrew “Ender” Wiggin. Ender adalah seorang anggota militer jenius yang mengira bahwa dirinya sedang bermain game perang simulasi pada komputer.

Ender sangat dibutuhkan bumi untuk berperang melawan musuh asing yang berusaha menghancurkan seluruh kehidupan manusia. Apakah Ender dapat menaklukan musuh tersebut dan menyelamatkan kehidupan di bumi ini?

8. The Goldfinch

Buku The Goldfinch merupakan salah satu buku terbaik dan terlaris di New York Times. Penulis buku ini adalah Donna Tartt. Buku ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki yang berada di kota New York bernama Theo Decker.

Ia secara ajaib selamat dari kecelakaan, akan tetapi dia harus menerima kenyataan bahwa nyawa ibunya tidak bisa diselamatkan. Dia sendirian dan ditinggalkan oleh ayahnya. Theo diasuh oleh keluarga temannya dan dia mulai berjuang untuk memahami kehidupan barunya.

Beberapa tahun kemudian, Theo terpesona pada lukisan kecil misterius dan itu mengingatkannya pada sosok ibunya. Setelah itu, Theo memasuki dalam dunia seni. Bagaimana Theo bisa tertarik dalam dunia seni? Bagaimana kelangsungan hidupnya? Seberapa kuat darah seninya mengalir dalam tubuhnya? Yuk, segera baca bukunya sampai tamat!

9. The Magicians

* sumber: levgrossman.com

The Magicians karya Lev Grossman, buku tersebut merupakan buku trilogi yang ditulis dalam 3 bagian buku dan saling berhubungan ceritanya satu sama lain, di antaranya adalah seri pertama The Magicians, yang kedua buku The Magician King, dan yang ketiga berjudul The Magician’s Land.

The Magicians adalah buku New York Time Bestseller. Buku tersebut telah terbit di 25 negara dan hebatnya lagi, Syfy sedang mengembangkan serial televisi berdasarkan buku-buku yang ditayangkan pada tahun 2016.

The Magicians, menceritakan mengenai Quentin Coldwater, seorang anak SMA yang sampai saat ini diam-diam sangat terobsesi pada novel fantasi miliknya saat dia masih kecil, novel tersebut menceritakan tentang petualangan lima anak yang berada di sebuah tempat bernama Fillory.

Kehidupan Quentin berubah saat dia kuliah di perguruan tinggi dan mengambil jurusan tentang sihir. Kekuatan sihir yang ia miliki ternyata tidak mengubah dirinya menjadi bahagia. Pada saat yang bersamaan, ia juga harus menerima kenyataan bahwa Fillory itu tidak nyata. Untuk mengetahui cerita selengkapnya, ayo buruan baca bukunya!

10. The Magicians King

* sumber: levgrossman.com

Lev Grossman adalah penulis dari buku yang berjudul The Magicians King. Buku ini adalah buku kedua dari The Magicians. The magicians king adalah buku terlaris New York Times. Buku ini menceritakan tentang Quentin dan teman-temannya, raja dan ratu di Fillory. Akan tetapi, kehidupan mewah mereka bukanlah seperti kehidupan di surga.

Quentin dan teman lamanya, Julia, menyewa sebuah kapal berlayar yang ajaib dan berangkat menuju wilayah luar yang sangat liar serta jauh dari kehidupan kerajaan mereka. Bagaimana cerita selanjutnya? Ayo segera baca buku ini sampai selesai!

Itulah 10 daftar buku bergenre fantasi yang wajib dibaca. Cerita dalam buku-buku di atas penuh dengan khayalan dan juga terdapat unsur sihir yang membuat para pembacanya dapat berimajinasi dengan seru.

Adakah salah satu dari 10 buku di atas yang pernah kalian baca? Jika kalian sudah pernah membaca buku-buku di atas, ayo segera ceritakan dan bagikan pengalaman seru kamu pada saat membaca buku tersebut di kolom komentar.

Oh iya, kalau kamu ingin tahu rekomendasi novel bergenre thriller terbaik, Bacaterus sudah pernah merangkumnya di artikel ini. Selamat membaca, good readers!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Suka membaca, menulis, mewarnai, menyukai hewan kura-kura, penggemar band asal Australia 5 Seconds of Summer (5SOS) dan suka banget sama Rilakkuma :D

2 Comments

  1. Rozak at - Reply

    Bagus artikelnya, tapi ada lagi novel fantasi terbaik.. dibuat oleh nicholas flamel namanya “The Secrets of Imortal Nicholas Flame” dan itu bukunya sudah sampai 6 buku lohh 🙂

    • Bacaterus
      Bacaterus at - Reply

      Terima kasih atas masukannya. 😊

Leave A Comment