Bacaterus / Novel / Wajib Dibaca! 10 Novel Detektif Terbaik Sepanjang Masa

Wajib Dibaca! 10 Novel Detektif Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Apakah kamu penggemar novel detektif? Novel genre ini biasanya bersifat fiksi dan mengandung unsur misteri. Dalam novel yang bergenre misteri umumnya ceritanya tentang prosedur kepolisian, cerita detektif, kejahatan, spionase, misteri ilmu medis, thriller, fiksi spekulatif, dan misteri ruang tertutup.

Beberapa penulis novel detektif ternama seperti Agatha Christie, Sir Arthur Conan Doyle dan Edgar Alan Poe sudah menghasilkan beberapa karya yang dikenal banyak orang dan bahkan menjadi favorit sepanjang masa. Selain ketiga penulis itu, masih banyak lagi penulis novel detektif. Jika kamu sedang mencari judul-judul novel detektif untuk bacaan di waktu senggang, simak ulasan novel detektif berikut.

1. A Study in Scarlet (A. Conan Doyle)

A Study in Scarlet

Tokoh Sherlock Holmes dan Dr. Watson, sahabat karibnya, diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Karakter Holmes sangat penting dalam pengembangan genre novel. A Study In Scarlet merupakan novel yang menjadi kemunculan pertama tokoh Holmes dalam novel karya Conan Doyle.

A Study in Scarlet mengisahkan cerita pembunuhan dan balas dendam yang diceritakan dari sudut pandang orang ketiga. Gaya ini merupakan yang pertama dalam cerita misteri. Yang menariknya, misteri itu dipecahkan sepenuhnya oleh penalaran deduktif dan kecerdasan dari sang detektif, sesuatu yang baru di era Victoria.

Ceritanya dimulai ketika Watson kembali dari Perang Anglo-Afganistan Kedua. Kemudian Watson bertemu dengan Holmes di Rumah Sakit Bartholomew. Saat Watson mencari tempat tinggal, kebetulan Holmes juga sedang mencari orang untuk berbagi sewa flat. Mereka akhirnya mulai menjadi partner saat Holmes menerima permintaan menjadi konsultan dalam kasus pembunuhan terbaru.

2. The Hound of the Baskervilles (A. Conan Doyle)

The Hound of the Baskervilles

Novel detektif tak akan lengkap tanpa memasukkan Sherlock Holmes dalam daftar novel detektif terbaik.  Salah satu kisah Sherlock yang terbaik adalah “The Hound of the Baskervilles”. Diceritakan Sir Charles Baskerville meninggal dalam keadaan yang mencurigakan, meskipun dokter ahli korener menyatakan bahwa Sir Charles meninggal karena sebab alami.

Seorang dokter bernama Mortimer kemudian meminta bantuan Holmes dan Dr Watson untuk memberikan perlindungan atas nyawa keponakannya, yaitu putra Baskerville. Dia mengklaim bahwa ada seekor anjing terlatih yang legendaris, tapi jahat, yang mengintai seluruh keluarga. Seperti kebanyakan novel Sir Arthur Conan Doyle, segala hal tak seperti penampakannya.

The Hound of the Baskervilles yang ditulis tahun 1902 adalah yang paling terkenal dari novel-novel yang ditulis oleh Sir Arthur Conan Doyle. Novel ini ditulis selama periode sepuluh tahun saat Holmes dibunuh oleh Doyle sebelum akhirnya dibangkitkan lagi ketika dia bertemu Profesor Moriarty di Reichenbach Falls. Apakah anjing pemburu raksasa tersebut benar-benar meneror orang di Dartmoor?

3. The Murder of Roger Ackroyd (Agatha Christie)

The Murder of Roger Ackroyd

Seperti halnya Sir Arthur Conan Doyle, Agatha Christie pun termasuk dalam penulis novel detektif ternama yang paling produktif dan populer dalam genre ini. Namun novel “The Murder of Roger Ackroyd” yang ditulis tahun 1926, Agatha Christie melanggar semua pakem yang biasa dia terapkan, tapi ceritanya memiliki akhir yang luar biasa.

Novel ini dianggap sebagai salah satu novel terbaik dan kontroversial dari Agatha Christie. Tokoh utama dalam novel ini bernama Hercules Poirot. Poirot adalah seorang dokter yang hidup membujang hingga usia paruh baya. Dia tinggal bersama kakak perempuannya. Poirot seorang dokter desa yang gemar berkebun dan hidup bersahaja.

Satu hari dia bertemu dan berkenan dengan tetangga baru bernama Roger Ackroyd yang bercerita bahwa dia baru saja mendapatkan warisan. Saat larut malam, Ackroyd tiba-tiba meninggal setelah dia beristirahat dan misteri pun dimulai. Yang menarik dari cerita ini adalah detail-detail yang diberikan Poirot pada tetangganya yang membuat pembaca  menebak pembunuh sebenarnya.

4. A is For Alibi (Sue Grafton)

A is For Alibi

Setting novel ini di Santa Barbara, California. Kisah detektif karya Sue Grafton ‘A is for Alibi’ memakai racun sebagai motifnya dan racun yang dipilih adalah bunga mentega atau oleander yang dihancurkan. Banyak usaha yang telah dilakukan oleh pembunuh untuk menyembunyikan kejahatan mereka, karena racun ini telah dibuat menjadi tablet dan disamarkan sebagai pil antihistamin yang tidak berbahaya.

Penyelidik wanita bernama Kinsey Milhone adalah tokoh utama dari karya Sue Grafton dan pembaca bisa terlibat dalam penyelesaian kasus ketika dia berusaha menyelesaikan kejahatan keji ini. Grafton mengutip cerita pembunuhannya dari cerita tentang ex-suaminya setelah perceraian yang berantakan. Fakta yang sederhana, tapi mengerikan  membuat pembaca  terpikat sampai halaman terakhir.

5. Knots & Crosses (Ian Rankin)

Knots & Crosses

Novel detektif yang sangat mendalam ini tokohnya terdiri dari pengedar narkoba besar bernama Michael Rebus. Dia memiliki seorang saudara lelaki bernama John Rebus yang seorang polisi. Saudaranya sedang diselidiki oleh protagonis utama cerita ini yang bernama Jim Stevens, seorang jurnalis.

Berlatar dunia kriminal di Edinburgh, Skotlandia, Stevens berusaha untuk mengetahui seberapa banyak John Rebus mengetahui tentang kegiatan kriminal yang dilakukan saudaranya dan pembunuhan dua gadis muda. Dalam novel yang memfokuskan pada cerita masa lalu juga masa sekarang tokoh utama, pembaca terus menebak sampai kata terakhir. Benar novel untik penggemar misteri pembunuhan.

6. The Poisoned Chocolate Cases ( Anthony Berkley)

The Poisoned Chocolate Cases

Setelah Mr Bendix menerima hadiah sekotak cokelat dari orang yang misterius, dia memutuskan untuk membawanya pulang cokelat tersebut untuk istrinya. Setelah mencicipi beberapa buah cokelat di dalamnya, Nyonya Bendix mendadak jatuh sakit dan sedihnya sampai meninggal. Scotland Yard berusaha mengeliti kejahatan ini selama lebih dari setahun, tetapi benar-benar tak ada hasil.

Roger Sheringham, yang merupakan bagian dari kelompok penyelesai kejahatan amatir, masuk dalam kasus ini dan mencoba untuk mengetahui fakta. Tiap orang yang terlibat yang berjumlah 6 orang bekerja secara independen satu sama lain dengan menggunakan teknik yang berbeda. Ini adalah tour detektif yang membuat pembaca terpesona, karena keterampilan deduktif para detektif tersebut.

7. The Big Sleep (Raymond Chandler)

The Big Sleep

Novel karya Raymond Chadler ini sudah diadaptasi menjadi film sebanyak dua kali di tahun 1946 dan 1978. Di tahun 1999, The Big Sleep masuk sebagai salah satu buku dalam “100 Books of the Century” dan menduduki posisi ke-96. Pada tahun 2005, novel ini kembali masuk dalam “List of 100 Best Novels” di majalah Time.

The Big Sleep menceritakan tokoh detektif bernama Philip Marlowe. Novel ini terkenal karena tingkat kerumitannya juga karakter saling silang antara satu sama lain. Selain itu, rahasia cerita diungkap selama sepanjang cerita. Judulnya adalah kata halus untuk kematian. Pada halaman terakhir novel ini merujuk pada perenungan tentang “Sleep the big sleep”.

8. The Moonstone (Wilkie Collins)

The Moonstone

Menurut para sarjana bahasa, The Moonstone dianggap sebagai buku detektif pertama dalam bahasa Inggris. Novel ini merupakan karya epistolary yang berarti ditulis dalam bentuk dokumen berurutan, dalam novel ini dokumen yang digunakan adalah surat. Ini merupakan gaya penulisan yang lazim dalam literatur pertengahan abad kesembilan belas.

Awalnya novel ini adalah serial dalam majalah Charles Dickens, All The Year Round. Ketika novel The Moonstone diterbitkan, genre novel ini disebut “novel sensasi”. Sekarang orang-orang menyebut karya-karya ini sebagai novel misteri atau novel suspense.

Dalam novel ini, moonstone adalah berlian besar. Novel ini menceritakan tentang seorang perempuan yang dapat warisan berupa berlian kemudian berlian itu dicuri darinya. Jadi, sepanjang novel ini, misteri berputar pada siapa yang mencuri berlian dan mengapa.

9. The Maltese Falcon (Dashiell Hammett)

The Maltese Falcon

The Maltese Falcon merupakan novel detektif yang terbit pada tahun 1930-an. Awalnya merupakan cerita serial pada majalah Black Mask yang dimulai dengan edisi September 1929. Cerita dalam novel ini dinarasikan dari sudut pandang orang ketiga eksternal. Tak ada deskripsi apa pun yang muncul dari pikiran atau perasaan tokoh internal, hanya apa yang mereka katakan, lakukan, dan apa yang terlihat.

Karakter utama novel ini adalah Sam Spade, yang merupakan seorang detektif swasta di San Francisco. Dia bermitra dengan Miles Archer. Miss Wonderley mempekerjakan mereka untuk mengikuti jejak Floyd Thursby. Dia melarikan diri bersama saudara perempuannya. Archer mengambil tugas itu tapi dia ditemukan mati tertembak begitu juga Thursby sehingga Spade jadi tersangka.

10. And Then There Were None (Agatha Christie)

And Then There Were None

Novel ini terjual hingga sekitar 100 juta kopi. And Then There Were None merupakan misteri tersendiri dan bukan bagian dari cerita seri. Dalam sebuah wawancara, Christie mengatakan bahwa And Then There Were None merupakan novel yang paling sulit untuk ditulis.

Diceritakan sepuluh orang asing yang memiliki sedikit kesamaan terpikat dengan sebuah rumah besar di lepas pantai Devon milik U.N.Owen yang misterius. Ketika makan malam, diputarlah sebuah rekaman dan suara pembawa acara yang tak nampak itu menuduh tiap orang menyembunyikan rahasia tentang kesalahan mereka. Malam itu, Tony Marston, mantan pengemudi ditemukan terbunuh oleh sianida.

10 judul novel detektif yang diulas di atas adalah jajaran novel terkenal dalam genre cerita kejahatan dan detektif. Bagi yang kamu yang senang cerita misteri dan penyelesaian sebuah kasus, pasti pernah membaca salah satu novel yang dibahas tadi. Kira-kira novel karya siapa yang pernah kamu baca? Apakah kamu tertarik dengan untuk membaca judul yang lainnya?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *