Bacaterus / Novel / 10 Novel Cinta Sedih yang Bikin Kamu Berurai Air Mata

10 Novel Cinta Sedih yang Bikin Kamu Berurai Air Mata

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hidup menawarkan banyak pelajaran yang tidak bisa kita dapat di ruang-ruang formal seperti kampus atau sekolah. Dasarnya, pelajaran hidup bisa kita petik dari mana saja tanpa kecuali, bahkan dari sesuatu yang bersifat hiburan sekalipun. Cara kita mencari hiburan bisa sangat beragam. Untuk sebagian orang, membaca novel bisa menghadirkan kenikmatan tersendiri.

Apa kamu suka membaca novel? Umumnya, para pembaca novel menyukai novel-novel yang bertemakan cinta. Ada yang menyenangkan, tetapi ada juga yang menyedihkan. Kali ini, kita akan membahas tentang novel cinta sedih. Barangkali kamu ingin memetik pelajaran dari kisah yang menyedihkan. Inilah 10 rekomendasi novel cinta sedih yang berurai air mata.

1. Critical Eleven – Ika Natassa [2015]

Critical Eleven - Ika Natassa

* sumber: i.gr-assets.com

Pernikahan adalah sesuatu yang didambakan hampir semua orang. Kita sering diperlihatkan tentang betapa indahnya pernikahan. Menjalani hidup dengan orang yang dicintai, membina keluarga kecil yang bahagia, dan membesarkan buah hati dengan penuh cinta. Melalui novel Critical Eleven, Ika Natassa bercerita tentang sisi lain dari pernikahan.

Ini tentang Ale dan Anya, mereka saling mencintai tanpa harus diragukan lagi. Sebagai pasangan muda, mereka berbahagia dengan hidup yang sama-sama mereka dambakan. Namun, sebuah kejadian mengubah segalanya. Mereka tidak berpisah, namun semuanya sudah telanjur berubah. Akankah mereka bertahan di dalam hubungan pernikahan? Baca novelnya, yuk!

2. Dear John – Nicholas Sparks [2006]

Dear John - Nicholas Sparks

* sumber: i.gr-assets.com

Apa yang kita tahu tentang ketulusan dalam mencintai seseorang? Rasanya kita masih harus banyak belajar dari John Tyree melalui novel cinta sedih yang berjudul Dear John. Dia seorang pemberontak yang tidak punya tujuan hidup lalu memilih untuk menjadi tentara. Hidupnya berubah waktu dia bertemu dengan Savannah Lynn Curtis.

Savannah adalah rumah tempat John pulang setelah bertugas untuk negara. Melalui surat-suratnya, Savannah memberi John semua yang dia butuhkan di dunia ini. Tidak ada yang menyangka peristiwa 911 di New York akan terjadi lalu mengubah dunia, termasuk dunia John dan Savannah. Apa yang terjadi pada mereka? Semuanya tertuang di novel ini.

3. The Fault in Our Stars – John Green [2012]

The Fault in Our Stars - John Green

* sumber: i.gr-assets.com

Rasanya sebagian besar orang sudah tahu cinta macam apa yang tertuang dalam novel ini. Pastinya, bukan cerita cinta pada umumnya karena ini tentang Hazel Grace. Dia masih remaja dan menderita kanker tiroid akut. Ibunya ingin dia tumbuh bahagia seperti remaja lainnya. Maka, ibunya meminta dia untuk pergi ke support group penderita kanker.

Di sanalah Hazel Grace bertemu dengan Augustus Waters, seorang pemuda yang menarik perhatiannya lalu membuatnya jatuh hati. Hubungan mereka punya kedalaman yang berbeda dengan hubungan kita pada umumnya. Kalau ingin tahu sedalam apakah hubungan mereka, kamu bisa membaca novel ini di waktu luangmu.

4. Re: – Maman Suherman [2014]

Re - Maman Suherman

* sumber: ebooks.gramedia.com

Sebenarnya cinta itu untuk siapa sih? Apakah cuma untuk mereka yang berpenampilan menarik dengan kehidupan yang cukup baik? Bolehkah kalau seorang pelacur yang merasakan cinta dengan caranya sendiri? Ya, novel ini berkisah tentang Re, seorang pelacur lesbian. Dia bukan orang jahat, tetapi dalam kisah ini, dunia yang begitu jahat kepadanya.

Diceritakan dari sudut pandang Maman, seorang mahasiswa yang kala itu bekerja sebagai sopir Re. Hubungan mereka dan hal-hal yang mereka alami cukup ampuh menampar kita berkali-kali. Baca novel ini di waktu luang dan usahakan sendirian, karena setelahnya hatimu akan dibuat patah oleh kisah di dalamnya.

5. Waktu Aku Sama Mika – Indi [2009]

Waktu Aku Sama Mika - Indi

*

Novel ini agak unik dibanding novel cinta sedih lainnya. Pertama, karena diangkat dari kisah nyata. Kedua, karena gaya penulisannya yang seperti catatan harian. Dua hal itu memudahkan pembaca untuk merasa dekat dengan cerita yang tertulis di dalamnya. Kita seolah diajak masuk ke dunia baru yang belum pernah kita datangi sebelumnya.

Ini tentang Indi, gadis berumur 15 tahun yang menderita skoliosis. Dia jatuh cinta kepada Mika, yang berusia 22 tahun dan mengidap AIDS. Di dalam novel ini tertuang kisah tentang mereka. Indi bilang itu adalah salah satu bagian terindah dari hidupnya. Namun, para pembaca bilang kalau novel ini membuat mata mereka panas.

6. Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H) – Ariadi Ginting [2011]

Sepasang Kaos Kaki Hitam (SK2H) - Ariadi Ginting

* sumber: cdn.gramedia.com

Sebelum menjadi novel, Sepasang Kaos Kaki Hitam adalah cerita yang melegenda di forum SFTH Kaskus. Tidak heran karena cerita yang tertuang di sana bukan cerita biasa. Ini tentang Ari, perantau yang baru datang ke sebuah kota. Dia tinggal di sebuah rumah kos. Penghuni kamar sebelahnya adalah seorang wanita yang gemar memakai kaos kaki hitam.

Ari tidak tahu atau bahkan tidak mengira kalau wanita itu akan mengisi banyak hal atas hidupnya. Kisah mereka tidak diawali dengan kejadian menggemaskan. Sebaliknya kisah mereka diawali dengan kejadian menegangkan. Bagaimana kisah mereka selanjutnya? Baca saja novelnya.

7. Forgiven – Morra Quatro [2010]

Forgiven - Morra Quatro

* sumber: i.gr-assets.com

Untuk yang mengikuti perkembangan novel lokal, nama Morra Quatro pasti tidak asing lagi. Ia adalah salah satu penulis lokal paling produktif yang sudah banyak menghasilkan karya. Kalau kamu menyukai novel ini, niscaya kamu akan memburu karya Morra yang lain. Ini tentang Karla yang sudah bertahun-tahun bersahabat dengan Will.

Bagi karla, Will adalah yang pertama, satu-satunya, dan tak terlupakan. Bagi Will, Karla adalah tempatnya menyimpan mimpi dan rahasia yang tidak diketahui orang lain. Tidak heran kalau kepergian Will menghancurkan Karla demikian hebat. Kenapa Will pergi? Bagaimana Karla menghadapinya? Selengkapnya bisa kamu simak di novelnya, ya!

8. Montase – Windry Ramadhina [2012]

Montase - Windry Ramadhina

* sumber: i.gr-assets.com

Dunia yang diangkat di dalam novel ini adalah dunia film. Tepatnya dunia Rayyi, seorang mahasiswa IKJ yang juga anak dari produser film terkenal. Dunia yang unik, terutama untuk novel fiksi lokal. Ini bukan cuma tentang Rayyi, tetapi juga tentang Haru Enomoto. Haru adalah mahasiswi asal Jepang yang mengambil jurusan film dokumenter seperti Rayyi.

Bukan hanya sebidang, tetapi Haru adalah pesaing terberat Rayyi ketika mengikuti seleksi yang diadakan oleh Greenpeace. Hubungan mereka tidak hanya tentang persaingan yang melibatkan ego, tetapi juga melibatkan hati. Sebelumnya, Rayyi belum pernah dibuat jatuh sedalam itu oleh seorang wanita. Bagaimana kisahnya? Baca novelnya, ya!

9. Unforgettable – Winna Effendi [2012]

Unforgettable - Winna Effendi

* sumber: i.gr-assets.com

Tokoh wanitanya adalah seorang penulis yang buku-bukunya laris. Namun, dia lebih suka bersembunyi di balik gemerlapnya dunia perbukuan. Dia tidak ingin terlihat oleh siapa-siapa, termasuk oleh pembacanya sendiri. Pria itu adalah pengecualian, dia ingin dilihat oleh pria itu. Pria itu memang melihatnya di sebuah kedai wine.

Dia seorang eksekutif muda yang tidak punya kesempatan untuk bermimpi. Dia hanya dituntut untuk menjadi pria bertanggung jawab yang disenangi dunia. Malah, dia juga menuruti ketika orang tuanya menjodohkan dia dengan seorang wanita. Semuanya berubah ketika dia bertemu dengan wanita itu. Bagaimana perjalanan hati mereka? Kisahnya ada di novel ini.

10. Jakarta Sebelum Pagi – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie [2016]

Jakarta Sebelum Pagi - Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

* sumber: i.gr-assets.com

Jakarta selalu menyimpan daya tarik di balik kerasnya kota itu. Di dalam novel ini, Jakarta memberikan cerita lain yang ia punya. Kali ini, ia melibatkan Emina yang setiap hari mendapat mawar, hyacinth biru, dan melati yang diantar dengan balon perak ke balkon apartemennya.

Emina mencoba mencari si pengirim yang agak seperti penguntit itu. Pencarian itu membuat Emina bertemu dengan gadis kecil penuh misteri di toko bunga, kamar apartemen tanpa suara, dan setumpuk surat cinta berisi cerita-cerita yang terlewat di hadapan bangunan tua Kota Jakarta. Mau tahu kelanjutannya? Novel ini tidak akan membuat kamu menyesal.

Itulah 10 rekomendasi novel cinta sedih yang bisa membuat pembacanya berurai air mata. Di antara judul-judul novel di atas ada yang sudah diangkat ke layar lebar yang cukup menarik untuk ditonton. Salah satunya adalah The Fault in Our Stars yang dibintangi oleh Shailene Woodley, aktris cantik yang juga membintangi film seri Divergent.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *