Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Desember 2018

Siapa di sini yang suka baca novel? Novel apa yang kamu suka? Novel bahasa Indonesia atau bahasa Inggris? Selain menambah wawasan, membaca novel berbahasa Inggris juga cara yang cukup asyik untuk mengasah kemampuan kita dalam berbahasa Inggris.

Memang ada banyak novel luar negeri yang sudah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Membaca yang itu nggak akan mengurangi kisah dan pesan yang dibawa novelnya. Namun, nggak ada salahnya kalau membaca novel berbahasa Inggris.

Dengan membiasakan diri membaca novel berbahasa Inggris memungkinkan kita untuk punya lebih banyak pilihan. Sering terjadi ada novel yang bagus tetapi belum ada terjemahan bahasa Indonesia. Namun, novel yang bagus pasti ada versi bahasa Inggrisnya, meskipun penulisnya berasal dari negara lain yang nggak memakai bahasa Inggris.

10 Novel Bahasa Inggris untuk Remaja

1. Serial Harry Potter – J.K Rowling

Serial Harry Potter - J.K Rowling

Siapa sih yang nggak kenal serial satu ini? Bisa dibilang inilah salah satu novel fantasi paling terkenal di dunia. Kalau kamu suka dunia fantasi, pastikan untuk membaca novel yang satu ini, ya. Pasalnya, novel ini bagus untuk melatih imajinasi dan kemampuan berbahasa Inggris kamu.

Ceritanya tentang dunia sihir. Banyak hal-hal menarik yang bisa kamu temukan di sini. Imajinasimu akan dimanjakan. Cerita di dalam novel ini akan membawamu masuk ke dunia sihir dengan penceritaan yang sangat menarik. Novel ini bersambung, kalau kamu menyukai novel pertama, pasti kamu akan berburu novel-novel berikutnya.

2. A Street Cat Named Bob – James Bowen

a Street Cat Named Bob - James Bowen

Novel yang satu ini malah sudah diadaptasi menjadi film. Cukup membuktikan kalau ceritanya menarik. Kisahnya juga unik dan agak jarang ditemui yang sebagus ini. Meskipun menyiratkan pesan-pesan yang bermakna dalam, ceritanya tetap mengalir dan mudah disimak.

Novel ini bercerita tentang seorang pria yang hidupnya berantakan, lalu hidupnya diselamatkan oleh seekor kucing jalanan. Pria itu memberi nama kucingnya Bob. Bersama Bob, dia mulai menata hidupnya kembali. Sebuah hubungan yang unik dan manis, kan?

3. The Fault in Our Stars – John Green

The Fault in Our Stars - John Green

Kisahnya tentang remaja 16 tahun penderita kanker bernama Hazel yang dipaksa menghadiri kelompok pendukung. Di sana, dia bertemu dan jatuh cinta dengan August Waters yang berusia 17 tahun. Dia seorang mantan pemain basket yang kakinya diamputasi.

Apakah ceritanya klise? Nggak, karena yang menulis adalah John Green. Bahkan novel ini sudah diadaptasi menjadi film dan laris. Cukup membuktikan kalau memang ceritanya sangat layak untuk disimak. Pesan-pesan di dalamnya dituturkan dengan bahasa yang cantik dan dalam. Intinya, kisah ini akan menyentuh hatimu berkali-kali selama kamu membacanya.

4. The Hate U Give – Angie Thomas

The Hate U Give - Angie Thomas

Isu yang diangkat di dalam novel ini agak sensitif tetapi juga penting. Tokoh utamanya, Starr Carter, seorang gadis kulit hitam berusia 16 tahun. Dia harus menyeimbangkan dua dunia yang bertolak belakang. Lingkungan kumuh tempatnya lahir dan tumbuh, serta SMA bergengsi di pinggiran kota tempatnya bersekolah.

Keseimbangan itu berantakan ketika Starr menjadi satu-satunya saksi dari tragedi penembakan sahabatnya. Apa yang bisa dikatakan Starr bukan hanya bisa menghancurkan lingkungannya. Kemungkinan besar, itu bisa membuatnya terbunuh.

Cerita yang menarik untuk disimak kalau kamu ingin tahu kehidupan remaja di tempat lain yang jauh dari tempat tinggalmu. Kisah remaja bukan cuma soal drama cinta monyet saja, tetapi juga ada sebagian remaja yang hidup bersama kisah kelamnya.

5. Looking for Alaska – John Green

Looking for Alaska - John Green

Kalau yang menulis adalah John Green, hampir bisa dipastikan ceritanya nggak akan membosankan. Di dalam novel ini, naratornya seorang remaja dengan segala kenakalan dan keliarannya. Namun, yang menulis adalah John Green, jangan ragukan kehebatan dia bermain metafora dalam dialog dan monolognya.

Ini tentang Pudge, seorang remaja yang hidupnya membosankan. Semuanya berubah di sekolah berasrama itu. Hidupnya jungkir balik, kadang gila, tetapi nggak pernah membosankan. Di sana, ada Alaska yang cantik, lucu, kacau, dan sangat memikat. Alaska menarik Pudge ke dunianya, dan sesudahnya semua nggak pernah sama lagi.

6. My Grandmother Asked Me to Tell You She’s Sorry – Fredik Backman

My Grandmother Asked Me to Tell You She's Sorry - Fredik Backman

Kamu suka cerita petualangan? Novel ini cocok banget buat kamu. Berbeda dengan novel petualangan biasanya, sebab kisahnya lumayan dalam. Karakter utamanya seorang anak perempuan berusia 7 tahun yang cerdas sekaligus lugu. Dia mempunyai hubungan yang spesial dengan neneknya yang sangat gaul.

Elsa yang cerdas itu, berusaha menyampaikan pesan-pesan yang ditinggalkan oleh neneknya yang telah meninggal. Kalau kamu berkesempatan untuk membaca novel ini, bersiaplah karena hatimu akan tersentuh berkali-kali oleh seorang Elsa.

7. Crazy Rich Asians – Kevin Kwan

Crazy Rich Asians - Kevin Kwan

Novel ini sangat terkenal sejak diluncurkan. Sudah banyak cerita yang mengangkat kisah orang-orang kaya beserta segala kegilaannya. Namun, yang berbeda dari novel ini adalah orang-orang kaya yang diangkat merupakan orang Asia.

Ceritanya dituturkan dengan sangat mengalir, lucu, sekaligus bikin geleng-geleng kepala. Kalau kamu ingin tahu bagaimana cerita hidup orang-orang kaya di Asia, cobalah baca Novel ini. Kamu akan berkenalan dengan Nicholas Young dan keresahannya menjadi bagian dari orang kaya tersebut sehingga memilih untuk menjadi pemuda biasa saja di depan Rachel, pacarnya di Amerika.

Sebagian besar ceritanya berlatar di Singapura, tempat keluarga besar Nick Young tinggal. Diceritakan bahwa Nick menjadi seorang dosen di Amerika dan berpacaran dengan Rachel yang nggak tahu kalau keluarga nick kaya. Nggak cuma kaya, karena mereka adalah crazy rich Asians.

8. China Rich Girlfriend – Kevin Kwan

China Rich Girlfriend - Kevin Kwan

Menyambung dari buku pertamanya, yang kedua ini nggak kalah seru. Kevin Kwan sangat pandai dalam menyusun kata yang ringan tetapi tetap punya rasa. Ada lucu, jengkel, tengil, campur aduk.

Di novel kedua ini Rachel menemukan Ayah kandungnya. Dia juga bertemu dengan adik kandungnya, terungkap kalau ternyata Ayah Rachel termasuk orang super kaya yang cukup dihormati. Konflik bergerak ketika Rachel diundang ke China untuk berkenalan dengan keluarga Ayah kandungnya. Di sana, Rachel melihat kehidupan orang-orang super kaya China.

9. Rich People Problem – Kevin Kwan

Rich People Problem - Kevin Kwan

Masalah klasik orang kaya itu apa, sih? Jelas, harta warisan. Di buku ketiga ini, ceritanya seputar itu. Setelah Ah Ma meninggal, para anggota keluarga yang terkait sibuk menanti warisan tentang siapakah yang berhak mendapat warisan paling besar.

Satu hal yang menarik, bahwa Nick yang semula nggak peduli dengan kekayaan orang tuanya, sekarang ikut terlibat. Uniknya, Nick bukan menginginkan warisan itu karena harta tetapi dia ingin menyelamatkan kenangan masa kecilnya. Rumah peninggalan Ah Ma, tempat bersejarah untuknya.

10. To All The Boys I’ve Loved Before – Jenny Han

To All The Boys I've Loved Before - Jenny Han

Ceritanya tentang seorang Lara Jean yang nggak pernah bilang-bilang kalau lagi naksir seseorang. Tapi, dia menulis surat, lalu disegel, dan dimasukkan ke dalam sebuah kotak. Nggak ada seorang pun yang tahu tentang surat itu.

Suatu hari, kotaknya menghilang dan surat-surat itu terkirim ke orang-orang yang dimaksud. Bisa dibayangkan gimana gemasnya? Orang-orang itu membaca isi hati Lara Jean yang nggak pernah diungkapkan. Lalu, bagaimana Lara Jean menghadapinya? Baca saja, ya! Ceritanya ringan tetapi sangat menghibur!

Dari beberapa novel yang disebutkan di atas, ada yang menarik minatmu? Atau kamu punya tambahan novel bahasa Inggris lainnya yang cocok untuk remaja? Kamu boleh menambahkan novel bahasa Inggris rekomendasimu di kolom komentar.

Kalau kamu masih belum percaya diri karena kemampuan bahasa Inggrismu, ada baiknya kamu mulai mencoba novel berbahasa Inggris segera. Tidak apa-apa kalau kamu perlu bantuan kamus dan butuh waktu lebih lama untuk membacanya. Bukan masalah, jalani saja prosesnya. Lama-lama kamu akan terbiasa, kok!